Sabtu, 13 April 2013

ILMU JIWA

MANFAAT NGULET SAAT BANGUN TIDUR


Setiap pagi setelah bangun tidur, hampir semua orang merasa terdorong untuk melakukan peregangan alias ngulet. Tahukah kamu manfaat ngulet setelah bangun tidur?
Selain membuat orang merasa lebih baik, peregangan atau ngulet saat bangun tidur benar-benar membuat orang menjadi ‘bangun’. Tak hanya itu, masih ada beberapa manfaat lain dari kebiasaan ngulet.
Berikut manfaat ngulet yang biasa dilakukan saat bangun tidur, seperti dilansir Livestrong:
1. Otot lebih fleksibel
Setelah tidur sepanjang malam, orang sering terbangun dalam keadaan kaku dan otot tegang. Hal ini biasanya disebabkan karena melakukan posisi berbaring yang sama dalam waktu yang lama.
Setelah terjaga, kamu secara tidak sadar akan meregangkan tubuh untuk mengembalikan fleksibilitas di tangan, belakang leher dan kaki. Otot yang lebih fleksibel akan membuat kamu terbangun lebih mudah dan bersemangat menjalani tugas sehari-hari.
2. Fleksibilitas sendi
Penyebab kekakuan tubuh adalah kurangnya aktivitas fisik sehari-hari, kelebihan berat badan, pola makan yang buruk, pola tidur yang tidak baik dan lingkungan yang dingin atau lembab, menurut Healthy Back Institute.
Peregangan di pagi hari membantu meningkatkan jangkauan gerak sendi, serta kekakuan yang sering menyertai orang yang tidak aktif dan kegemukan. Penurunan fleksibilitas pada sendi dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami arthritis atau memiliki keseimbangan yang rendah, yang dapat mengakibatkan cedera.
3. Meningkatkan sirkulasi darah
Peregangan di pagi hari secara dramatis meningkatkan sirkulasi darah. Ketika melakukan pereganga, darah akan bergerak lebih cepat dan beredar ke otot-otot. Sirkulasi darah yang baik akan membantu kamu untuk bergerak dan melakukan fungsi aktivitas sepanjang hari.
4. Menghilangkan stres
Peregangan juga membantu menghilangkan stres dan ketegangan. Kadang-kadang sulit untuk beranjak dari tempat tidur di pagi hari, terutama bila kamu harus menghadapi hari yang menegangkan.
Melakukan beberapa menit peregangan di pagi hari akan membantu meredakan ketegangan dan memungkinkan kamu menghadapi hari yang lebih positif.





SAAT CINTA BERUBAH JADI BENCI



Cemburu dan rasa dikhianati karena merasa diselingkuhi membuat BS (36) gelap mata. Ia pun tega menyiksa, membunuh, dan memotong-motong jasad perempuan yang pernah ia cintai, DS (32). Cinta yang dibina bertahun-tahun pun runtuh menjadi benci dan memicu amarah yang membara.
Cinta yang berubah jadi benci hingga tega bertindak keji di luar kemanusiaan bukan hanya dilakukan BS, melainkan juga pelaku mutilasi lain seperti Very Idham Henyansyah alias Ryan yang kasusnya terungkap pada 2008. Pria ini tega membunuh sedikitnya 10 orang, beberapa di antaranya dimutilasi dan punya hubungan asmara dengannya.
Cinta, cemburu, marah, dan benci, apa pun orientasi seksualnya, merupakan perilaku yang dihasilkan otak sosial manusia. Otak sosial ini merupakan kombinasi dari kemampuan pikir atau logika yang berpusat di korteks (lapisan terluar) otak serta pengelolaan emosi yang berpusat di sistem limbik.
Munculnya cinta di otak jauh lebih kompleks dibanding perasaan yang lain karena melibatkan lebih banyak komponen otak, hormon, dan zat kimia otak (neurotransmitter).
Helen Fisher penulis The Drive to Love: The Neural Mechanism for Mate Selection dalam buku The New Psychology of Love, 2008, menyebut cinta muncul dalam tiga tahapan berbeda di otak, mulai dari dorongan seksual, ketertarikan, dan keterikatan. Setiap tahapan melibatkan hormon, neurotransmitter, dan bagian otak berbeda.
Keterikatan mendorong otak memproduksi hormon oksitosin. Hormon ini membawa rasa keterikatan di antara dua orang yang saling mencinta hingga lahir rasa senang dan bahagia. Saat cinta berkurang dan muncul benci, produksi oksitosin berkurang.
”Otak tak dapat ditipu dengan cinta pura-pura,” kata Sekretaris Jenderal Masyarakat Neurosains Indonesia (INS) yang juga dosen Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Taufiq Pasiak, Sabtu (9/3).
Rasa peduli yang ditunjukkan seseorang kepada pasangan karena barang-barang mahal yang diberikan, tak bisa merangsang otak memproduksi oksitosin.
Cemburu, menurut Christine R Harris dalam The Evolution of Jealously pada American Scientist Volume 92 Nomor 1, 2004, adalah emosi negatif yang muncul saat hubungan seseorang dengan orang lain yang spesial terancam oleh adanya pesaing lain. Cemburu menjadi penyebab kematian terbesar ketiga di luar kecelakaan.
Meski cemburu adalah emosi bawaan, ekspresi pada setiap orang berbeda sesuai dengan kemampuan sosial kognitif dan tumbuh kembangnya. Inilah yang membuat cemburu yang tidak wajar (morbid jealousy) tidak membedakan jenis kelamin yang merasakan.
Menurut Taufiq, cinta tidak bisa berubah seketika menjadi benci. Untuk muncul benci, harus ada stimulus berkelanjutan yang mengikis rasa cinta.
Benci dapat muncul karena cemburu, amarah, atau bosan. Cemburu merupakan basis munculnya benci yang paling berbahaya. Cemburu yang tidak wajar berbeda jauh sifatnya dengan cemburu yang sering dianggap sebagai bumbu sebuah hubungan. ”Cemburu paling berbahaya karena bisa membuat seseorang dikontrol oleh emosinya, bukan logikanya,” ujarnya.
Pertahanan diri
Dasar cinta adalah memberi rasa tenang dan bahagia. Jika rasa itu terancam, seperti hadirnya cemburu atau rasa dikhianati karena diselingkuhi, maka otak dengan cepat membentuk sistem pertahanan diri untuk menjaga rasa tenang dan bahagia tetap ada. Respons pertahanan diri itu berupa bertarung menghadapi ancaman (fight) atau melarikan diri (flight).
Saat sistem pertahanan diri terbentuk, hormon kortisol sebagai penanda stres diproduksi. Energi dalam diri pun terpusat hingga tubuh siap melakukan tindakan fisik, baik itu memukul maupun berlari.
Ketika energi terpusat, seseorang bisa melakukan hal-hal yang tak mungkin dilakukan dalam kondisi normal, seperti melompati tembok tinggi hingga membunuh orang dengan sadis.
”Respons bertarung ini merupakan respons binatang yang masih ada dalam diri manusia ketika berevolusi,” katanya.
Namun, cara bertarung tidak selalu mewujud dalam tindakan kasar. Perilaku kekerasan, seperti memukul, menendang, hingga membunuh biasanya ditunjukkan oleh mereka yang logikanya tidak terbentuk alias tidak terdidik baik. Jika logika berjalan, yang muncul adalah kata-kata makian hingga pengusiran.
Peneliti Pusat Kesehatan Mental Masyarakat, Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada, Rahmat Hidayat, mengatakan, ketika cinta begitu posesif hingga tak mampu membedakan antara diri sendiri dan orang lain, maka rasa kehilangan yang muncul akan menjadi akut.
Ketakutan akut inilah yang mendorong muncul kekejian karena tindakan yang diambil hanya didasarkan atas pilihan menghilangkan atau kehilangan.
Kekejian tindakan yang dilakukan seseorang sangat bergantung pada kematangan kontrol diri. Seseorang yang emosinya matang jika marah tidak akan bersikap seperti anak-anak, seperti membanting benda-benda di sekitarnya. Mental pelaku mutilasi yang umumnya belum berkembang membuat mereka mudah membunuh, bahkan memotong tubuh orang yang pernah dicintai.
”Berubahnya tatanan kehidupan membuat banyak anak terlambat mengalami kematangan psikologis. Pada saat bersamaan, kematangan seksual justru terjadi lebih cepat,” katanya.
Psikiater dan Ketua Jejaring Komunikasi Kesehatan Jiwa, Pandu Setiawan, Senin (11/3), mengatakan, pola pertahanan diri tiap orang sangat bergantung pada pola asuh dan tumbuh kembang sejak kecil. Selain faktor biologis dan psikologis, kematangan jiwa juga ditentukan oleh kondisi sosial.
Perilaku pelaku mutilasi yang menyimpang dari norma sekitarnya umumnya sudah terdeteksi. Namun, masyarakat sekitarnya umumnya tidak peduli karena menganggap bukan urusan mereka.
Selain itu, pelaku bisa melakukan tindakannya karena ada model. Inilah yang membuat tayangan kekerasan perlu dibatasi agar tak justru mendorong seseorang berbuat keji.
Mereka yang menunjukkan respons bukan dengan kekerasan, kata Taufiq, bukan berarti lemah. Orang itu justru mampu memperhitungkan untung rugi, benar salah, konsekuensi hukum, hingga penghormatan atas moral dan nilai.
”Sayangnya, anak Indonesia tidak dididik membuat keputusan berdasar logika. Keputusan yang diambil lebih banyak didasarkan atas naluri,” ujarnya. Inilah yang membuat kasus-kasus mutilasi di Indonesia lebih mudah terungkap dibanding kasus serupa di luar negeri.





BANYAKNONTON TV,SPERMA BISA BERKURANG



Bila Anda ingin memiliki sperma yang berkualitas dan berkuantitas, kurangilah waktu duduk di depan televisi atau video games. Penelitian menunjukkan, gaya hidup kurang aktif akan menurunkan jumlah sperma.
Beberapa penelitian pernah mengaitkan antara obesitas dan pola makan tinggi lemak dengan berkurangnya jumlah sperma. Dalam studi teranyar yang dilakukan tim dari Harvard School of Public Health ini menemukan kaitan antara gaya hidup sedentari (kurang aktif) dengan jumlah sperma.
Selama penelitian yang melibatkan 189 pria sehat berusia 18-22 tahun itu diketahui, pria yang sering menonton TV (sekitar 20 jam atau lebih dalam seminggu), memiliki jumlah sperma 44 persen lebih rendah daripada pria yang tidak menonton TV.
Sementara itu pria yang sering berolahraga (15 jam seminggu), baik olahraga intensitas sedang atau berat, memiliki jumlah sperma lebih banyak dibanding pria yang berolahraga kurang dari 5 jam setiap minggu.
Audrey Gaskin yang melakukan riset ini, menegaskan bahwa hidup aktif akan meningkatkan kualitas sperma. Meski begitu penelitian Gaskin ini tidak melihat kaitan antara penurunan jumlah sperma dengan kesuburan.
Olahraga dianggap akan melindungi sel sperma dari kerusakan oksidatif sehingga konsentrasi sperma meningkat. Penelitian ini dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine.





TEORI CINTA, 4 TEORI YANG MENJELASKAN TENTANG CINTA



Cinta adalah emosi dasar manusia, tetapi memahami bagaimana dan mengapa hal itu terjadi bukanlah hal yang mudah. Bahkan, untuk waktu yang lama, para ilmuwan beranggapan bahwa cinta hanyalah sebuah ilmu tidak bisa mengerti. Tapi jangan khawatir, kita tetap bisa memahami apa itu cinta. Berikut ini adalah 4 teori cinta yang menjelaskan perbedaan antara cinta, suka (menyukai) dan ikatan emosional, mari kita simak;
Cinta

1. Suka Vs Cinta

Psikolog Zick Rubin menjelaskan bahwa cinta yang romantis terdiri dari tiga unsur, yakni : keterikatan (attachment), kepedulian (caring) dan keintiman (intimacy). Keterikatan adalah kebutuhan untuk menerima perhatian dan kontak fisik dengan orang lain. Kepedulian (caring) adalah kemampuan yang anda miliki untuk menghargai dan memberikan kebahagiaan untuk orang lain. Sedangkan keintiman (intimacy) mengacu pada kebutuhan untuk berbagi pemikiran, keinginan dan perasaan dengan orang lain.
Skala Rubin tentang CintaBerdasarkan definisi tersebut, Rubin merancang skala tentang menyukai dan mencintai (Rubin’s Scales of Liking and Loving). Skala ini mengungkapkan apakah seseorang mencintai atau hanya sebatas menyukai. Dalam sebuah studi, Rubin meminta sejumlah responden untuk mengisi skala, berdasarkan bagaimana perasaan mereka kepada pasangan dan teman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perasaan terhadap teman memiliki skor tinggi pada skala menyukai dan perasaan terhadap pasangan memiliki nilai tinggi pada skala mencintai.
Cinta bukanlah konsep yang konkret dan karena itu sulit untuk diukur. Namun, Rubin’s Scales of Liking and Loving menawarkan cara untuk mengukur perasaan cinta yang kompleks.

2. Kasih Sayang Vs Gairah

Menurut profesor psikologi Universitas Hawaii, Elaine Hatfield, ada dua tipe dasar cinta, yaitu cinta kasih sayang (compassionate love) dan gairah cinta (passionate love). Cinta kasih sayang ditandai dengan adanya saling keterikatan, saling menghormati, menghargai, kepedulian dan kepercayaan. Kasih sayang biasanya tumbuh berkembang dari perasaan saling pengertian dan rasa saling menghargai satu sama lain.
Cinta?Sedangkan cinta yang dilandasi gairah (passionate love) ditandai dengan emosi yang intens, daya tarik seksual, kecemasan dan afeksi. Ketika cinta terbalaskan (reciprocated love), orang merasa gembira dan bahagia. Namun jika cinta tak terbalaskan (unreciprocated love), akan menyebabkan perasaan sedih, berkecil hati dan bahkan putus asa.
Hatfield menunjukkan bahwa cinta yang didasari oleh gairah adalah fana, karena dipengaruhi fungsi fisiologis pada manusia. Seperti anda merasa bergairah jika berada di depan seorang wanita cantik atau lelaki keren. Menurut Hatfield, idealnya, cinta adalah hubungan yang menggabungkan antara kenyamanan dan kasih sayang dengan gairah itu sendiri. Sehingga hubungan antara pasangan akan bertahan lama dan terhindar dari masalah selingkuh maupun perceraian.

3. Teori Roda Warna tentang Cinta

Pada tahun 1973, John Lee dalam buku klassik-nya The Colors of Love, menganalogikan tipe cinta dengan teori tentang roda/lingkaran warna (color wheel/color circle), yakni sebuah ilustrasi abstrak tentang keterkaitan antara warna-warna primer, warna sekunder dan warna komplementer (lihat penjelasan color wheel disini).
Color WheelSama seperti ada tiga warna utama, Lee menjelaskan bahwa ada tiga tipe utama dari cinta, yaitu adalah Eros, Ludos dan Storge. Eros adalah perasaan cinta kepada seseorang yang dianggap paling ideal. Ludos menganggap cinta sebagai sebuah permainan, sedangkan storge menganggap cinta sebatas persahabatan.
Sama halnya dengan analogi color wheel, cinta juga merupakan kombinasi antara Eros, Ludos dan Storge. Kombinasi tersebut antara lain;
  1. Mania (Eros + Ludos) = Cinta yang obsesif (Obsessive love);
  2. Pragma (Ludos + Storge) = Cinta yang realistis dan praktis (practical love);
  3. Agape (Eros + Storge) = Cinta tanpa pamrih (Selfless love)

4. Teori Segitiga tentang Cinta

Cinta segitiga yang dimaksud disini bukan yang sering kita dengar; adanya pihak ketiga dalam sebuah hubungan. Melainkan tiga komponen cinta (triangular theory of love) menurut Robert Sternberg. Sternberg menjelaskan bahwa ada tiga komponen cinta, yaitu : keintiman (intimacy), gairah (passion) dan komitmen (commitment).
  1. Keintiman – Yang meliputi perasaan keterikatan, kedekatan, keterhubungan, dll.
  2. Passion – Yang meliputi antara cinta yang romantis dan daya tarik seksual.
  3. Komitmen – Yakni keputusan untuk tetap bersama pasangan dalam waktu yang panjang.
triangular theory of love
Kombinasi yang berbeda dari ketiga komponen menghasilkan berbagai jenis cinta. Misalnya, kombinasi keintiman dan komitmen dalam cinta kasih penuh kasih sayang (compassionate love), sedangkan kombinasi gairah dan keintiman menyebabkan gairah cinta (passionate love).
Sternberg memperkenalkan istilah cinta sempurna (consummate love) untuk menggambarkan kombinasi antara keintiman, gairah dan komitmen. Hubungan yang dibangun pada dua individu akan lebih sempurna jika didasarkan pada kombinasi ketiganya. Meskipun begitu, Sternberg menyangsikan adanya cinta yang sempurna di dunia ini, bagaimana dengan anda?
Ada beberapa teori-teori cinta yang belum admin lampirkan. namun beberapa teori cinta diatas paling tidak bisa menjelaskan tentang cinta yang selama ini dianggap barang “abstrak”.




WANITA LEBIH GAMPANG CEMAS


Dibandingkan dengan pria, ternyata wanita lebih sering merasa panik dan cemas setiap harinya. Secara umum, perasaan tersebut lebih banyak dialami wanita yang berusia muda atau pertengahan.
Menurut survei tahun 2010 – 2011 yang dilakukan pusat pencegahan dan pengendalian penyakit, AS (CDC), sekitar 22 persen wanita mengaku mereka merasa khawatir, cemas, dan panik setiap hari atau setiap minggunya. Pada pria, hanya 16 persen yang merasakan demikian.
Berbeda dengan wanita berusia muda yang kerap merasa cemas dan panik, wanita yang berusia lanjut justru secara umum merasa lebih bahagia dan tidak terlalu stres.
Dalam penelitian yang dilakukan CDC itu para partisipan ditanyakan, “seberapa sering Anda merasa khawatir, cemas, atau panik?, Apakah setiap hari, minggu, bulan, beberapa kali dalam setahun, atau tidak pernah?”
Pada pria berusia 18-44 tahun, sekitar 17 persen kerap mengalami perasaan panik dan cemas. Sementara pada pria dari kelompok umur 45 dan 64 tahun sekitar 18 persen





LAWAN STRES PASCA LIBURAN,DG 4 TIPS INI



Liburan panjang di akhir tahun tentunya disambut dengan suka cita bagi para pekerja, pengusaha, hingga anak-anak. Tapi tak jarang orang yang mengalami stres pasca liburan, atau biasa disebut dengan post-holiday blues sehari sebelum bekerja, atau ketika masuk kantor di hari pertama.
Liburan seharusnya bisa menyegarkan pikiran, bukan menambah permasalahan ke depannya nanti. Untuk itu, Anda perlu memerhatikan tips yang dikutip dari smh agar tubuh dan pikiran tetap segar ketika kembali bekerja.
1. Jaga Stamina
Bagaimana Anda bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan semangat kalau fisik tidak fit? Satu atau dua hari sebelum kembali bekerja, pastikan Anda tidur berkualitas dan makan serta minum dengan porsi yang cukup (tidak kurang atau berlebihan). Satu lagi yang terpenting, fitnes atau latihan fisik. “Sekadar jalan-jalan di sekitar kompleks rumah atau jogging bisa mengubah mood Anda ketika mengalami post-holiday blues,” ujar Shannah Kennedy, seorang life coach.
2. Buat Rencana & Jadwal Aktivitas
Merencanakan dan menjadwalkan kegiatan untuk beberapa minggu atau bulan ke depan akan membuat Anda tidak ‘kaget’ ketika berjibaku lagi dengan kesibukan di kantor. Siapkan tugas-tugas apa yang akan Anda kerjakan untuk jangka pendek (sehari atau dua hari setelah masuk kerja) dan cek kembali apakah ada pekerjaan yang belum diselesaikan.
3. Buat Kenangan Selama Liburan
Mengabadikan momen-momen selama liburan bisa menghindarkan Anda dari stres pasca liburan. Bisa dengan meng-upload foto di Facebook, membuat scrapbook berisi lembaran foto, membuat tulisan tentang perjalanan selama liburan dan sebagainya.
4. Jalan-jalan Keluar
Pergi ke mall, pusat perbelanjaan atau sekadar jalan-jalan ke taman kota untuk menyegarkan pikiran sehari sebelum masuk kerja. Bisa juga dengan makan di luar, nonton di bioskop atau sekadar hang out bersama teman-teman.






4 TRIK AGAR TAMPAK LEBIH MUDA


Mendengar kata muda, pasti Anda langsung terpikirkan oleh bayangan kulit wajah yang kencang, bebas kerutan wajah, dan warna kulit tubuh yang jauh dari flek-flek hitam. Namun, awet muda tak selalu berkaitan dengan fisik. Yang lebih penting attitude kita yang awet muda, dan itu bisa kita raih dengan beberapa cara berikut.
Ikuti perkembangan teknologi. Anda memang tidak tumbuh dalam masa di mana twitter tengah sangat berkembang. Akan tetapi, pemanfaatan teknologi sekarang ini mampu mendorong Anda melek terhadap apa yang tren sekarang ini, dan mengetahui apa yang disukai generasi muda sekarang. Setidaknya, Anda pun harus tahu cara membatasi diri di dunia maya. Melek teknologi boleh, asal jangan kebablasan ya.
Ikuti acara di lingkungan sekitar. Tidak ada kata terlambat untuk melakukan aktivitas yang biasa Anda lakukan ketika masih berusia 20-an. Mengikuti acara lomba lari marathon bersama komunitas, atau ikut pertandingan futsal bersama teman sekantor (meskipun Anda tak tahu cara menendang bola) dapat menyegarkan tubuh dan membantu membangkitkan suasana hati Anda menjadi bahagia.
Berperilaku seperti kakak bagi anak perempuan Anda. Tidak ada salahnya Anda membangun kedekatan dengan anak melalui menjadi sahabat, dan teman curhatnya. Kedekatan yang Anda bangun akan menjadikan Anda bersama makin dekat dan terlihat seperti adik-kakak. Dengan begitu, tidak ada salahnya jika orang akan beranggapan Anda tampak muda sama seperti anak perempuan Anda.
Tetap melek tren fashion tanpa memaksakan diri. Ketika Anda membeli sebuah kardigan, usahakan mencoba warna pakaian yang cerah. Jangan takut meski warna tersebut merupakan yang sedang tren saat itu, seperti oranye atau hijau zamrud. Dengan begitu, pemilihan warna pakaian lah yang membuat Anda tampak lebih muda. Anda tidak memaksakan diri untuk mengikuti tren busana itu sendiri, karena belum tentu cocok untuk perempuan seusia Anda.






7 RAHASIA MEMBANGUN PERSAHABATAN SEJATI



Terkadang kita susah membagi rahasia bersama keluarga atau pasangan. Itulah saat ketika kita membutuhkan sahabat. Agar persahabatan bisa abadi selamanya, simak rahasia membangunnya seperti yang dilansir dari Mag for Women berikut ini.
Jujur
Jujur adalah syarat utama dalam membangun persahabatan. Dengan adanya kejujuran, Anda dan sahabat akan semakin terhubung dalam ikatan batin yang kuat.
Mengatasi kesalahpahaman
Segala bentuk kesalahpahaman sebaiknya lekas diselesaikan. Sebab jika dibiarkan, kesalahpahaman yang tampaknya sepele bisa menghancurkan persahabatan.
Minta maaf
Tidak ada satu orang pun yang sempurna di dunia ini. Jadi jangan takut minta maaf jika berbuat salah. Sebaliknya, jika sahabat yang bersalah, maafkan dia.
Terima kasih
Selain minta maaf, mengucapkan terima kasih terkadang juga masih sering diabaikan oleh sebagian orang. Padahal ucapan terima kasih benar-benar bisa membuat persahabatan semakin kuat.
Saling menolong
Rahasia membangun persahabatan abadi adalah berusaha untuk menolong sahabat dalam hal yang positif. Jika Anda juga selalu ada untuknya, sahabat pasti akan melakukan hal serupa.
Jangan berburuk sangka
Kecurigaan dan buruk sangka pada sahabat identik dengan rasa iri yang tinggi. Hilangkan perasaan itu ketika sahabat ternyata gagal memenuhi harapan Anda. Lebih baik tanyakan langsung daripada mengira yang tidak benar.
Jangan sinis
Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Terima hal itu dan jangan melihat dunia dengan kacamata negatif. Daripada sinis, lebih baik jujur dan apa adanya pada sahabat demi menjaga persahabatan yang abadi.
Itulah rahasia membangun persahabatan abadi. Apakah saat ini Anda telah menemukan sahabat sejati?






10 CARA MINTA MAAF KEPADA IBUMU



Terkadang karena ego masa remaja, anak kerap kali berbuat salah pada ibunya. kesalahan-kesalahan seperti tidak ijin ke luar rumah, pulang larut malam atau berkata kasar bisa membuat hati ibu terluka. Bagaimana cara minta maaf paling efektif ,
berikut 10 cara terbaik untuk minta maaf ke ibu seperti dilansir wikihow.com
1. Langkah cepat adalah meminta maaf padanya, meski usaha yang satu ini tidak bisa langsung berhasil
2. Katakan padanya kalau kamu tidak sungguh-sungguh melakukan kesalaham itu. Dijamin ibu pasti akan berpikir untuk memaafkanmu.
3. Jika kamu benar-benar merasa bersalah menangislah dan katakan yang seharusnya ditangisi itu adalah kesalahanmu.
4. Ketika kamu semakin merasa sedih peluklah ibu dengan erat dan katakan kalau kau tidak akan mengulanginya lagi.
5. Jangan mengelak dan membantahnya lagi ketika kamu sedang meminta maaf. Jika ingin berdalih cari waktu yang tepat. Kalau kamu melakukannya seakan-akan kamu merasa benar.
6. Katakan juga alasanmu pada ayah. ayah akan membantumu untuk mendapatkan maaf ibu.
7. Jika belum berhasil, beri waktu pada ibumu untuk berpikir dan tetaplah di dekatnya.
8. Jangan takut jika dia nantinya akan memarahimu karena dia memang merasa terluka. Jika kamu melawannya justru dia akan meninggalkanmu.
9. Tips ini memang efektif tapi ingat waktulah yang menyembuhkan luka.
10. Buktikan kalau kamu menyesal dan tunjukan perbaikan dirimu. Dia akan melihatnya dan akan segera memaafkanmu.






BAYI BISA MAKIN CERDAS JIKA MENGONSUMSI INI



Omega-3 telah dikenal sejak lama sebagai nutrisi penting bagi perkembangan otak. Itulah sebabnya, ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi suplementasi Omega-3 dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan asam lemak esensial ini dalam tubuh, yang umumnya sangat kurang didapatkan dari pola makan sehari-hari, agar perkembangan otak dari janin yang dikandungnya dapat berlangsung optimal.
Bayi-akan-Makin-Cerdas-Jika-Anda-Memberinya-Nutrisi-Ini

Sekilas tentang Omega-3

Omega-3 merupakan asam lemak esensial yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berfungsi dengan baik. Salah satu manfaat paling penting dari Omega-3 adalah efek anti peradangan yang dimilikinya. Banyak penyakit, seperti penyakit jantung dan arthritis, sangat berkaitan dengan proses peradangan. Omega-3 dapat mengurangi peradangan, sehingga mampu mencegah berbagai penyakit kronis tersebut.
Meski penyakit-penyakit kronis tersebut paling sering menyerang orang dewasa, bukan berarti bayi Anda tidak membutuhkan Omega-3. Omega-3 sangat penting bagi kesehatan anak, bahkan sejak mereka belum lahir (masih berupa janin dalam kandungan). Berikut ini beberapa manfaat pentingnya:
Perkembangan Otak. Beberapa penelitian menemukan bahwa makanan bayi yang diperkaya dengan asam lemak Omega-3 yaitu DHA, menunjukkan adanya peningkatan pada koordinasi tangan dan mata, respon dan perhatian terhadap lingkungan, kemampuan bersosialisasi, dan skor tes kecerdasan.
Penelitian juga menemukan bahwa anak usia 4 tahun yang terlahir dari ibu yang mengkonsumsi suplemen Omega-3 (EPA dan DHA) selama hamil dan bulan pertama menyusui, mendapatkan skor tes kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak-anak yang terlahir dari ibu yang tidak mengkonsumsi suplemen EPA dan DHA.
Turunkan Risiko Asma. Sebuah penelitian di tahun 2008 menemukan bahwa anak-anak dan remaja yang terlahir dari ibu yang mengkonsumsi suplemen Omega-3 selama hamil ternyata memiliki risiko mengalami asma yang lebih rendah.
Penunjang Pertumbuhan. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa ketika formula susu dan makanan bayi ditambahkan dengan Omega-3, ini dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak bayi yang lahir prematur.
Cegah Kelahiran Prematur. Di tahun 2003, sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi telur yang diperkaya dengan Omega-3 ternyata memiliki risiko lebih kecil melahirkan prematur dibandingkan dengan para wanita yang tidak mengonsumsi telur.
Selain itu, ada beberapa kondisi kesehatan pada anak-anak yang diyakini mampu diatasi dengan konsumsi suplementasi Omega-3.
ADHD (Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder). Penelitian menunjukkan bahwa suplementasi asam lemak Omega-3, terutama dengan dosis EPA yang lebih tinggi, terbukti efektif dalam perawatan anak yang mengalami ADHD.
Anak yang menderita ADHD umumnya memiliki level Omega-3 dalam tubuhnya yang lebih rendah daripada normal, sehingga suplementasi Omega-3 akan membantu dalam hal perbaikan perilaku, penurunan hiperaktivitas, serta peningkatan perhatian anak terhadap lingkungan.
Depresi. Minyak ikan sering digunakan dalam perawatan depresi pada orang dewasa, dan ada beberapa penelitian serupa yang dilakukan pada anak-anak. Sebuah studi pada tahun 2006 menemukan bahwa suplementasi minyak ikan mampu mengurangi gejala depresi pada anak usia 6 – 12 tahun secara signifikan.
Diabetes. Sebuah penelitian mengamati anak-anak yang memiliki risiko tinggi terkena Diabetes Tipe 2. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang banyak mengkonsumsi Omega-3 dalam pola makannya sehari-hari mengalami penurunan risiko penyakit ini.
Asma. Omega-3 mampu mengurangi peradangan di saluran pernafasan. Sebuah penelitian terhadap 29 anak penderita asma menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi minyak ikan selama 10 bulan mengalami lebih sedikit gejala asma daripada mereka yang tidak mengkonsumsi minyak ikan.
Omega-3 merupakan salah satu dari sekian banyak nutrisi esensial bagi tumbuh kembang anak. Jadi, sayangi anak-anak Anda dengan memberikan nutrisi penting ini dalam jumlah cukup setiap harinya






TRIK AGAR TIDAK LAMA LAMA MENJOMBLO



Menjadi seorang jomblo itu gampang-gampang susah. Gampangnya semua bisa dilakukan sendiri tanpa ada yang mengatur.
Ini-Caranya-Biar-Tidak-Terlalu-Lama-Menjomblo
Susahnya adalah menikmati malam minggu sambil nonton DVD seorang diri, atau kongkow bareng sesama jomblo di café sambil melihat pasangan bermesraan di ujung ruangan.
Tidak menyedihkan memang, tapi manusia diciptakan untuk berpasangan, jadi kenapa harus jomblo jika Anda bisa mendapatkan pasangan?
Nah, bagi Anda yang saat ini sedang berusaha mencari tambatan hati, berikut 5 tip dari Sharyn Wolf, seorang pakar psikoterapis dan penulis buku Guerilla Dating Tactics: Strategies, agar Anda tidak lagi menjomblo.

Ngobrol dengan 5 Wanita Asing Setiap Hari

Cara ini dapat membangun kepercayaan diri sekaligus belajar bagaimana cara berkomunikasi secara sopan dan efektif pada wanita. Tentunya cara ini juga bisa membuat insting Anda lebih responsif setiap ada wanita baru yang coba Anda dekati. Bahkan, secara otomatis memori Anda akan bekerja dan melakukan tugas terbaiknya untuk mendapatkan si dia. So, perbanyaklah ngobrol dengan wanita berbeda.

Bawakan Tas Belanjaan Tetangga

Sedikit konvensional memang, tapi cara ini masih memberikan dampak positif pada perubahan status Anda. Ingat, bahwa tetangga wanita Anda pasti punya teman wanita. Dan sebagian wanita sangat senang menjadi mak comblang. Ini adalah peluang bagi Anda.
Tunjukkan bahwa Anda adalah pribadi yang santun dan penuh hormat terhadap wanita. Maka dijamin dalam waktu dekat, Anda akan berhasil mengumpulkan beberapa nomor handphone dari relasi tetangga Anda.

Berpura-pura Bahwa Anda Sudah Dikenalkan Padanya

Cara ini membutuhkan sedikit keberanian dan mungkin perlu beberapa latihan sebelum Anda benar-benar luwes melakukannya. Berpura-pura bahwa Anda sudah pernah dikenalkan, dengan begitu otak Anda akan memerintahkan Anda untuk mengubah sikap dari ‘berburu’ menjadi ‘mengobrol’. So, efek yang didapatkan terkesan lebih halus sehingga dapat membuat teman wanita Anda merasa nyaman.
Dan yang lebih penting, teman wanita Anda akan merasa bahwa Anda berbeda dari pria-pria lain yang sedang menggodanya, sehingga ia bisa lebih santai dan rileks bersama Anda.

Ajak Makan Malam

Kini saatnya Anda mengajaknya untuk makan malam bersama. Kebanyakan wanita suka dengan suasana makan malam yang santai dan nyaman. Untuk memberikan kesan pertama, ajak dia ke rumah makan berkelas yang menyediakan menu favoritnya. Jangan mengajaknya ke rumah makan yang sepi dan remang-remang, karena ini bisa membuatnya ketakutan. Ingat, dia baru mengenal Anda.

Jangan Menginterogasinya

Karena Anda berdua baru saling mengenal, maka beberapa pertanyaan mungkin akan terkesan menginterogasi dan membuatnya merasa sedang dievaluasi.
Jika Anda ingin komunikasi berjalan lancar dan ingin mengenal satu sama lain, jangan terlalu banyak bertanya, tapi ceritakan tentang diri Anda dan berbagilah bersamanya. Misalnya, “saya anak kedua dari tiga bersaudara, kalau kamu?” si dia akan lebih nyaman menjawab pertanyaan-pertanyaan semacam ini.






JADI PRIA ROMANTIS ITU MUDAH,INI LHO CARANYA



Tanyakan pada semua wanita yang Anda jumpai di muka bumi ini tentang tiga tipe pria idaman yang selalu mereka dambakan untuk dijadikan pasangan hidup. Pasti salah satunya adalah pria romantis!
Jadi-Pria-Romantis-itu-Mudah.-Ini-Lho-Caranya!
Ironisnya, tidak semua pria romantis bisa menunjukkan bahwa mereka benar-benar romantis. Entah mengapa, kebanyakan pria gampang ‘tersesat’ ketika hendak mencari jalan untuk menghadirkan suasana romantis saat kencan bersama pasangannya.
Nah, jika Anda kehabisan ide untuk memunculkan suasana romantis bersama pasangan, semoga 5 ide berikut ini bisa menjadi referensi yang tepat untuk menunjukkan betapa Anda adalah pria paling romantis di dunia, seperti dikutip Men’s health.

Hangatkan dengan Lilin

Sampai detik ini, lilin masih menjadi simbol kehangatan cinta yang bisa Anda hadirkan untuk menciptakan suasana romantis. Cara ‘kuno’ ini dapat menghangatkan dan mencairkan suasana yang kaku saat kencan. Kemas pencahayaan lilin dalam sebuah candle light dinner yang tak terlupakan.
Tidak perlu pergi ke restoran mahal, datang saja ke café atau kedai makanan yang bersahabat dengan isi kantong Anda, dan hadirkan suasana romantis dengan menyalakan sebatang lilin di meja Anda berdua.

Manjakan di Bawah Taburan Bintang

Jika pasangan Anda mulai jenuh dengan candle light dinner di dalam ruangan, sesekali Anda boleh menjamunya dengan candle light dinner di luar ruangan. Rencanakan makan malam romantis di bawah taburan bintang, baik di kebun, taman, atau tempat lain yang bisa melihat cahaya bintang gemerlapan.
Minta sahabat Anda untuk menjadi pelayan dengan menuangkan minuman dan menyajikan makanan untuk si dia. Lengkapi dengan tuxedo kalau perlu. Ide kreatif ini akan membuat si dia merasa diperlakukan istimewa dan melihat Anda sebagai manusia paling romantis di dunia.

Bangkitkan Memori dengan Album Kenangan

Temukan koleksi foto-foto Anda berdua di masa awal kencan dulu dan susun dengan rapi di dalam sebuah album kenangan khusus. Ini akan membangkitkan kenangan dan menghadirkan kembali kemesraan yang tergambar dari foto-foto tersebut.

Kejutan Penuh Cinta

Wanita adalah makhluk yang sangat tergila-gila dengan kejutan. Celakanya, para pria selalu kehabisan ide untuk mengejutkan pasangannya. Ucapan selamat ulang tahun jam 12 malam tentu bukan lagi kejutan yang mengherankan.
Berbeda jika Anda mendatangi rumahnya di pagi buta, mengetuk jendela kamarnya, dan membawa kue ulang tahun lengkap dengan lilin dan kadonya. Well, Anda tinggal menunggu kecupan hangat darinya bahkan sebelum ia sempat mencuci muka.

Jadikan Si Dia Pusat Perhatian

Wanita mana pun selalu bermimpi akan dilamar dengan cara yang romantis oleh kekasihnya. Tentu yang ada di pikiran Anda adalah berlutut di hadapannya sambil mempersembahkan cincin berlian yang Anda beli dari tabungan Anda. Yup, ini hanya berhasil di film saja. Mengapa tidak mencoba sesuatu yang baru?
Misalnya, melamarnya di tempat umum dan menjadikannya pusat perhatian. Gunakan fasilitas Big Screen saat acara nonton bareng, atau melamarnya lewat channel radio favoritnya, atau jika Anda cukup kaya gunakan papan reklame di pinggir jalan yang bertuliskan lamaran Anda, dan Anda siap berada di sampingnya, memegang cincin, dan bersiap mendapatkan jawaban, “iya, aku bersedia”.
Nah, tunggu apa lagi? Segera manjakan si dia dan jadilah pria paling romantis malam ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar