Jumat, 07 Oktober 2011

PEMILIHAN GIGI PALSU

Masing-masing jenis gigi memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam tulisan ini akan diuraikan kekurangan dan kelebihan setiap jenis gigi tiruan.

Gigi tiruan lepasan akrilik

Gigi tiruan akrilik merupakan gigi tiruan yang paling sering dan umum dibuat pada saat ini, baik untuk kehilangan satu atau seluruh gigi. Gigi tiruan ini mudah dipasang dan dilepas oleh pasien. Bahan akrilik merupakan campuran bahan sejenis plastik yang manipulasinya mudah, murah, ringan dan bisa diwarnai sesuai dengan warna gigi dan warna gusi. Akan tetapi mudah menyerap cairan dan juga mudah kehilangan komponen airnya. Sehingga bila tidak dipakai, gigi tiruan akrilik harus direndam dengan air dingin supaya tidak mengalami perubahan bentuk. Gigi akrilik pun mudah terpengaruh perubahan warna. Misalnya warna dari makanan dan minuman, sehingga jenis gigi tiruan ini memerlukan perawatan yang lebih seksama, seperti selalu menyikatnya dengan sikat gigi lunak. Jangan menyikat gigi tiruan dengan sikat gigi yang keras karena akan mengakibatkan keausan.

Akrilik juga mudah mengalami keausan, sehingga dengan pemakaian normal pun, dalam beberapa tahun gigi tiruan jenis ini harus diganti.

Untuk mengurangi risiko keausan, maka gigi tiruan akrilik bisa dikombinasikan dengan gigi tiruan porselen. Landasan maupun gigi buatan dari akrilik juga mudah patah, sehingga landasan gigi tiruan akrilik harus dibuat lebih tebal dan lebih luas. Hal itu mengakibatkan ketidaknyamanan, karena tertutupnya langit-langit akan mengganggu kontak lidah dengan langit-langit. Selain itu juga mengganggu bicara.

Apabila kehilangan gigi hanya di bagian belakang dan tidak terlalu banyak, daerah langit-langit yang berkontak dengan lidah dapat dibebaskan dari akrilik, tetapi bila gigi hilang terlalu banyak dan meliputi gigi depan, hal itu tidak dapat dilakukan. Untuk mengurangi ketebalan dan luasnya landasan, maka dapat digunakan gigi tiruan kerangka logam.

Gigi tiruan kerangka logam

Gigi tiruan ini terdiri dari landasan gigi tiruan dari logam sedang gigi buatannya dari akrilik atau porselen. Karena bahan logam cukup kuat, landasan gigi tiruan kerangka logam dapat dibuat lebih tipis dan lebih kecil sehingga si pemakai akan lebih nyaman. Kontak lidah dengan langit-langit tidak terlalu terganggu.

Logam yang dipergunakan merupakan campuran logam khusus yang memerlukan manipulasi lebih rumit, sehingga gigi tiruan ini lebih mahal dari gigi tiruan akrilik. Apabila patah pada bagian logam, tidak dapat disambung seperti akrilik, tetapi harus dibuat ulang. Akan tetapi apabila patah hanya gigi akriliknya saja bisa disambung/diganti akriliknya saja. Karena landasan logam harus dicoba dulu ketepatannya sebelum dipasang gigi-giginya, maka kunjungan pasien ke dokter gigi lebih banyak dari pemasangan gigi akrilik. Karena kekuatan logam, landasan gigi tiruan tidak terlalu terganggu oleh keadaan cairan/makanan di dalam rongga mulut, yang terpengaruh hanya bagian gigi buatannya.

Gigi tiruan mahkota/jaket

Gigi tiruan mahkota atau umum disebut jaket merupakan gigi tiruan yang dibuat untuk gigi yang belum dicabut tetapi mengalami kerusakan yang parah sehingga sudah tidak bisa ditambal lagi, tetapi syaraf giginya belum mati. Gigi yang rusak tersebut dikurangi sedemikian rupa dengan bentuk tertentu, kemudian diganti dengan bahan akrilik/porselen/ kombinasi logam-porselen yang menyerupai selubung/jaket yang bentuk dan warnanya disesuaikan dengan gigi sebelumnya atau menggunakan gigi sebelahnya sebagai panduan. Gigi tiruan ini tidak dapat dilepas oleh pasien karena ditempelkan langsung ke gigi dengan semen khusus.

Bahan gigi tiruan ini tergantung pada posisi dan kondisi giginya. Jaket porselen biasanya diberi penguat logam, jadi pengurangan gigi harus lebih banyak daripada akrilik. Keuntungan jaket porselen, warnanya lebih baik serta tahan aus dibanding akrilik. Tetapi lebih mahal karena proses pembuatannya lebih rumit.

Gigi tiruan pasak

Gigi tiruan pasak adalah gigi tiruan yang mengganti gigi yang belum dicabut tetapi mahkota gigi sudah rusak dan syaraf gigi sudah terinfeksi atau sudah mati, tetapi akar giginya masih utuh. Untuk membuat gigi pasak, terlebih dulu harus dilakukan perawatan syaraf dahulu sampai steril dalam beberapa kunjungan, sesudah itu baru dilakukan pembentukan konstruksi pasak. Gigi tiruan pasak terdiri dari bagian logam yang ditanam ke dalam akar gigi serta bagian di luar gigi sebagai pendukung mahkota. Setelah disemen ke dalam akar gigi, dibuat mahkota jaket seperti yang telah dikemukakan sebelumnya.

Gigi tiruan mahkota dan jembatan

Merupakan gigi tiruan untuk kasus kehilangan satu atau beberapa gigi yang tidak dapat dilepas sehingga pasien lebih nyaman, dan terhindar dari risiko gigi tiruan hilang. Tidak mengandung landasan yang akan mengganggu pengecapan lidah. Gigi tiruan ini terdiri dari pontik, yaitu pengganti gigi yang hilang serta penyangga. Penyangga gigi tiruan ini menggunakan gigi asli disebelahnya yang masih ada, dengan cara mengurangi/menggerinda gigi asli tersebut dengan bentuk seperti untuk membuat mahkota/jaket. Kemudian mahkota dibuat di gigi tersebut dan disambungkan dengan gigi yang diganti. Apabila gigi yang diganti lebih kecil dari gigi penyangga, gigi penyangga bisa hanya pada satu gigi. Bahan yang digunakan bisa dari akrilik dan porselen. Akan tetapi untuk gigi-gigi belakang yang tidak terlalu terlihat lebih baik digunakan bahan logam untuk kekuatan dan mencegah keausan.

Implan

Implan adalah gigi tiruan yang dibuat dengan menanamkan pasak khusus ke dalam tulang rahang yang telah kehilangan gigi. Fungsinya sebagai penyangga gigi tiruan. Untuk kehilangan satu gigi, pasak implan yang ditanam hanya satu, tetapi bila lebih bisa beberapa buah. Persyaratan untuk pembuatan implan ini lebih berat dibanding dengan gigi tiruan lain.

Diantaranya kesehatan umum pasien harus betul-betul prima serta tidak mempunyai penyakit-penyakit yang melemahkan seperti diabetes, kelainan tulang, dll. Struktur tulang untuk tempat ditanamnya pasak tersebut harus memunyai ketinggian tertentu serta kondisinya masih baik. Pasak implan dipasang melalui prosedur pembedahan sampai terjadi proses penyembuhan serta terdapat hubungan antara tulang dengan logam pasak. Apabila itu terjadi, maka setelah 6 bulan baru dipasang sekrup penyambung antara pasak dan mahkota dengan membuka lapisan mukosa gusi di ujung atas pasak.

Setelah sekrup terpasang ditunggu sampai sembuh luka jaringannya, kemudian dipasang pasak untuk penyangga mahkota, baru setelah itu dipasang mahkotanya. Dengan prosedur ini, pembuatan implan memerlukan waktu lebih dari 6 bulan, serta biaya yang lebih mahal karena memerlukan bahan-bahan khusus, seperti jenis logam pasak khusus yang dapat merangsang pertumbuhan tulang di sekitar pasak implan. Selain itu peralatan yang dipakai pun khusus dan memerlukan sterilitas tinggi. Keuntungannya gigi tiruan implan adalah tidak perlu dibuka/dilepas, dan tidak memerlukan gigi penyangga. Jadi dapat dipasang pada pasien yang telah kehilangan seluruh giginya. Seperti halnya mahkota dan jembatan, tidak ada daerah langit-langit yang tertutup landasan gigi tiruan. Sehingga persepsi rasa seperti gigi asli.

Pemakaian gigi tiruan tidak hanya mengganti gigi yang hilang, tetapi berfungsi sebagai pemelihara jaringan yang masih ada, yaitu jaringan gigi, gusi dan tulang. Sehingga pemakai gigi tiruan harus betul-betul memerhatikan kebersihan gigi tiruan dan gigi aslinya.

Pada pemakaian jaket, pasak, mahkota dan jembatan kebersihan di daerah gusi harus diperhatikan. Bila terjadi kerusakan gigi di daerah gusi akan mengakibatkan terjadinya kebocoran di daerah tersebut. Kebocoran lama-kelamaan akan menggerogoti bagian dalam gigi tiruan tersebut sehingga mahkota tidak terdukung. Gigi bisa tiba-tiba patah dan mahkota tidak dapat dipertahankan sehingga gigi harus dicabut.

Pemilihan setiap jenis gigi tiruan ini pada akhirnya tergantung dari kondisi dan situasi mulut pasien dan pertimbangan dokter gigi. Apabila semua jenis gigi tiruan ini memungkinkan, pertimbangan pun harus disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda

Gigi Varplas

Gigi bagus anti pecah ulet dan menarik, kwalitas America. Gigi ini yg lebih nyaman dipakai karena lebih menempel pada gugi, jadi serasa pakai gigi asli.

Hub: SUCIPTO 085646833214 or 082142831890




ANTISIPASI GIGI LINU


Prinsip perawatan gigi linu atau sensitif dapat dibagi menjadi tiga:
1.Desensitasi saraf gigi (mengurangi sensitivitas saraf gigi). Misalnya dengan pasta gigi yang mengandung kalium nitrat.
2.Menutup tubulus dentin (tabung-tabung kecil yang menyusun dentin) dengan melakukan penambalan, pembuatan mahkota, dan bedah periodontal (transplantasi gusi).
3.Menyumbat tubulus dentin dengan menggunakan bahan-bahan seperti natrium fluorida, kalium oksalat, strontium klorida, dan glutaraldehid.

Sedangkan macam-macam bahan yang dapat digunakan untuk perawatan gigi linu diantaranya:
1.Pasta gigi desensitasi. Pasta gigi ini dibagi menjadi dua macam berdasarkan cara kerjanya. Pertama dengan mengurangi sensitivitas saraf gigi, kedua dengan memberikan sumbatan pada tubulus dentin.
Bahan-bahan desensitasi yang umum digunakan diantaranya kalium nitrat, strontium klorida, fluoride, tumbuhan obat (misal: myrrh, chamomile, dan peppermint).
2.Kalsium hidroksida. Penggunaan bahan ini kurang mendapat dukungan.
3.Iontophoresis. Merupakan suatu perawatan gigi sensitif dengn cara mengaplikasikan arus listrik untuk memasukkan ion fluoride ke dalam dentin. Dengan teknik ini, fluoride yang diperoleh gigi dua sampai enam kali lebih banyak dibandingkan aplikasi fluoride secara topikal. Namun biayanya dapat dikatakan relatif cukup mahal.
4.Laser. Perawatan gigi linu dengan menggunakan teknologi laser, diantaranya adalah dengan menggunakan laser gallium-aluminum-arsenium, laser CO2, ataupun laser NdYAG.
5.ACP. Penggunaan amorphous calcium phosphate (ACP) dapat membentuk kristal hidroksi apatit pada email dan membentuk sumbatan pada daerah prisma email.

Apabila gigi sangat sensitif lebih dari tiga atau empat hari, bereaksi terhadap suhu panas dan dingin dari makanan atau minuman, sebaiknya Anda menemui dokter gigi Anda untuk mengetahui masalahnya dan cara mengatasinya.

pasang behel atau kawat

gigi merongos atau kemajuan, agar gigi dapat mundur cara yang ditempuh ialah dengan pasang behel/kawat/warplass namun biaya yang dikeluarkan agak mahal, akan tetapi apalah arti sebuah uang dibanding dengan penampilan kita yang tidak percaya diri, solusi satu satunya dengan pasang behel tersebut seperti gambar dibawah ini









TIPS MERAWAT GIGI BEHEL




Banyak yang bilang Pasang behel bisa bikin kurus, males makan, sering sariawan.

Sebenarnya penderitaanya cuma 2 minggu pertama kok krn mulut ga terbiasa dengan benda asing di gigi kita, jadi bisa timbul sariawan. Tapi bisa disiasati dengan wax ortho (berupa lilin untuk menutupi bagian yang tajam).

Saat sariawan juga harus siap obat sariawan seperti albothyl atau kenalog dipakai malam hari. Tapi saat ini sudah ada kok tekhnologi merapikan gigi terbaru yang tidak bikin sariawan, seperti pake behel biasa yaitu Invisalign.

Untuk masalah males makan itu karena pada saat gigi ditarik pasti rasanya ngilu2 kalo gigit sesuatu, terutama di awal2 kontrol. Tapi setelah beberapa hari pasti udah ga lagi, apalagi makanannya enak lupa deh kalo pake behel hihihi…

Biar Behel kita awet hindari makanan yang keras-keras seperti kacang ,wortel mentah, batu, kayu loh loh salah ya hehehe.. Kalo makan juga sebaiknya dipotong terlebih dahulu, jangan memotongnya pake gigikita soalnya behel kita bisa lepas sebelum waktunya.

Kenapa sih repot amat yah, secara behel ga bisa dipakai lagi kalo uda dicopot karena uda ada lemnya, jadi harus diganti baru. Kadang ada dokter yang baik yang ga mencharge biaya tambahan dengan copotnya behel, tapi ada juga yang mencharge biaya lumayan.. Sayang khan… (2008-06-06) Heii ada berita bagus nich, kemarin ngobrol dengan Drg ku , ternyata behel bisa dilepas dan dipasang lagi kok asal behelnya tidak rusak/ bengkok ( coba perhatiin deh, ada 4 behel yang punya sayap :) kaya burung aja, punya sayap hihi ). Pernah ada pasiennya mau menikah, jadi behelnya dicopot dulu… udah selesai pestanya dipasang lagi deh.. Syukurlah jadikita ga perlu khawatir yah, kalo sewaktu-waktu behelnya perlu dilepas.. Biasanya dokter pakai alat untuk membakar lem yang ada di behel, secara behel tahan panas jadi ga rusak.. Setelah lemnya lepas dipakai lagi deh… :)

Sikat Gigi Khusus & Pasta Gigi

Sikat gigi yang dipakai khusus untuk orthodontik bentuknya kecil dan bulu sikatnya halus…

Selain itu ada sikat tambahan untuk sela2 gigi, karena orang yang pake behel biasanya terbentuknya karang gigi menjadi lebih cepat.

Disarankan juga pakai dental floss jika perlu.

Untuk pasta gigi yang dipakai sebaiknya yang mengandung Baking Soda dan Perlindungan ekstra terhadap gigi berlubang . Pokoknya pilih yang komplit deh biar lebih bersih, ga cepet bolong, dan ga ada karang gigi lagi…

Kenapa harga behel mahal?

Behel yang kita pakai itu mengandung stainless steel dikombinasikan dengan nickel titanium http://en.wikipedia.org/wiki/Dental_braces .Yang jelas logam ini tahan panas, tahan dingin, tahan karat. Selain itu barang-barangnya masih diimport, bikin hrgnya jadi melambung. Macem-macemnya Time brackets dari American Orthodontics, SmartClipTM Brackets dari 3M Unitek, SPEED, atau Damon brackets.




PENTINGNYA KECANTIKAN GIGI

DAPATKAN DISKON 10% Di TEMPAT KAMI

” CIPTO DENTAL”
Jasa / Pelayanan :
1. Merapikan Gigi dengan Behel / Kawat Gigi ( Orthodontic )
2. Pasang Gigi Tiruan / Palsu ( Prosthodonsia )
3. Bleaching / Perawatan & Pemutihan Gigi ( Estetic Dentistry )
( dengan dokter gigi yang sudah berpengalaman).

1. BEHEL ( ORTHODONTIC )

GIGI MAJU/MUNDUR BISA DIRAPIKAN !!!

Orthodontic (Behel), merupakan cara cepat dalam merapikan dan mengatur posisi gigi untuk dimajukan ataupun dimundurkan agar tampil indah dan sempurna secara permanen.

Hanya Sekitar 8 bulan sudah dapat dirasakan hasil / perubahannya.
HARGA PEMBUATAN DAN PEMASANGAN BEHEL :
DENGAN Dokter Gigi yang sudah berpengalaman.
1. Bracket Metal : Rp 5.000.000,- Harga paket, biaya kontrol gratis, selama perawatan.
2. Bracket Porselen (Mirip Gigi Asli) : Rp 3.000.000,-
3. Bracket Transparan : Rp 3.000.000,-

BEHEL dgn Variasi HELLO KITTY dan MICKI MOUS

MODEL BEHEL BINTANG

CONTOH BEHEL LEPASAN
(Potongan Harga Pemasangan apabila Pasang Behel Rahang Atas & Bawah secara Bersamaan)

HARGA PEMASANGAN KAWAT GIGI BIASA / BEHEL LEPASAN.
1. Model Lurus : Rp 1.000.000,- ( ortho biasa ) untuk Rahang atas dan Rahang bawah.
2. Model Pagar : Rp 1.500.000,- ( behel lepasan / behel fasien). untuk Rahang Atas dan Rahang Bawah.

Sistem Pembayaran :
Selain Tunai dapat dilakukan sebanyak 3 (tiga) kali yaitu :
- 50% pada saat cetak dan ukur rahang
- 30% pada saat pemasangan
- 20% pada saat kontrol pertama (1-2 Minggu setelah Pemasangan)

2. PASANG GIGI TIRUAN / PALSU ( PROSTHODONSIA )

Gigi Tiruan (Palsu) digunakan sebagai pengganti gigi anda yang telah tanggal karena mengalami kerusakan gigi.
Bahan Gigi Tiruan (Palsu) bermacam-macam, antara lain terbuat dari bahan Plastik, Akrilik, dan Porsellen.

Harga bervariasi berdasarkan bahan yang dipakai :
1. Bahan Plastik harga Rp 75.000/gigi.
2. Bahan Akrilik harga Rp 150.000/gigi.
3. Bahan Porselen harga Rp 250.000/gigi.

Harga merupakan biaya pembuatan berikut pemasangannya.

D i j a m i n K u a t & A w e t – Garansi 2 tahun
Kami Menggunakan bahan dengan kualitas terbaik sehingga kami beri GARANSI perbaikan & ganti baru apabila Gigi Tiruan tersebut tidak nyaman dipakai

3. PASANG VALPLAST ( GUSI LENTUR )

Valplast atau biasa disebut Gusi Lentur merupakan Gusi Buatan hasil olah laboratorium. Gusi buatan ini cukup elastis sebagai penyangga gigi tiruan yang dicetak sesuai dengan ukuran gusi anda sehingga sangat memberikan kenyamanan bagi gusi pada saat anda menikmati makanan keras sekalipun.

Harga pembuatan dan pemasangan Valplast, Rp 500.000,- untuk gigi pertama, selanjutnya per gigi hanya Rp. 300.000,-


Gigi super kuat dan anti pecah, serta anti BAU !!

DIJAMIN !!

4. PERAWATAN & PEMUTIHAN GIGI ( BLEACHING / ESTHETIC DENTISTRY )

Adalah salah satu keahlian kami untuk merawat dengan membersihkan gigi anda dari karang gigi. Memutihkan gigi tanpa merusak lapisan email pada gigi anda.
Membuat anda tampil lebih percaya diri dengan gigi tampak lebih putih alami.
Harga Perawatan mulai Rp 350.000,-

Konsultasikan permasalahan dan keinginan anda kepada kami agar kami dapat memberikan layanan terbaik bagi anda.
Hub:SUCIPTO

No Hp :085646833214 or 082142831890

CATAT NOMOR TELEPON KAMI dan Segera Hubungi untuk mendapatkan Informasinya Selengkap Mungkin. Penjelasan ,pemasangan kontrol rutin dapat ke LAB MINI DENTAL jalan Gubeng Masjid Timur SGO 4H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar