Jumat, 12 Oktober 2012

ILMU JIWA


atas izinmu

KEBIASAAN  YANG BISA MEMBUAT PIKIRAN TENANG

Seseorang yang seringkali merasa cemas dan selalu berpikiran negatif akan lebih rentan terhadap stres. Yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan membangun kebiasaan agar Anda dapat lebih tenang menanggapi suatu masalah dan terhindar dari stres.
Berikut 8 kebiasaan sehat yang dapat membuat Anda lebih tenang, seperti dilansir womansday,antara lain:
1. Bernapas dengan perut
Sesekali bernapas dengan perut dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan memicu otak untuk menurunkan konsentrasi hormon stres.
2. Tidur malam yang cukup
Tidur malam yang berkualitas telah dikaitkan dengan penurunan risiko terhadap berbagai penyakit kronis. Kurangnya jam tidur dapat membuat tubuh memproduksi lebih banyak hormon stres yang membuat hari-hari Anda tidak tenang dan penuh kecemasan.
3. Ngobrol dengan orang terdekat
Komunikasi yang baik dapat meningkatkan ikatan sosial dan membuat seseorang merasa mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman-teman. Orang yang sering ngobrol dengan teman-temannya cenderung tidak mudah stres jika menghadapi suatu masalah.
4. Sadar lingkungan
Setiap hari selama satu menit, cobalah untuk lebih dekat dengan alam dan memperhatikan apa yang terjadi pada tubuh dan lingkungan sekitar Anda. Fokuskan pikiran sejenak terhadap lingkungan sekitar, dengarkan detak jantung, dan perhatikan setap hembusan napas Anda agar lebih rileks dan tenang.
5. Mendengarkan musik
Orang yang hobi mendengarkan musik akan segera terbebas dari ketegangan dan mendapatkan ketenangan setelah dirinya mulai memutar musik favorit.
6. Tuliskan isi pikiran Anda
Tulislah pikiran-pikiran negatif Anda terhadap suatu hal atau prasangka buruk yang membebani Anda pada suatu daftar di buku harian. Setelah itu tuliskan hal-hal positif yang bertentangan pada daftar di sebelahnya.
Hal ini dapat mengubah cara pikir Anda secara alami, bahwa setiap hal yang terjadi pada Anda tidak semuanya buruk dan selalu ada sisi positifnya.
7. Banyak bersyukur
Dengan mensyukuri semua nikmat yang didapatkan, seseorang akan selalu merasa puas, percaya diri, tenang, dan terhindar dari kecemasan. Budayakan mengucap syukur kepada Tuhan dan berterimakasih atas kasih sayang yang Anda dapatkan dari orang-orang terdekat seperti orang tua, pasangan, dan teman-teman.






JANGAN KEBANYAKAN MEMBUNGKUK KALAU TAK MAU GAMPANG  DEPRESI



Depresi bisa datang tiba-tiba. Gejala-gejala seperti stres, tertekan, sedih dan sangat tak bersemangat bisa muncul secara bertahap. Seringkali gangguan ini menjebak dan membuat orang jadi tidak produktif. Untuk meringankannya, ada cara yang sangat sederhana.
Melakukan postur tubuh tertentu ternyata dapat memperbaiki suasana hati. Sebuah penelitian yang dilakukan Erik Peper dari San Francisco State University dan Mei Lin dari Taiwan Kaohsiung Medical University menunjukkan bahwa duduk tegak saja sudah dapat membantu meringankan gejala depresi.
Penelitian yang dimuat jurnal Biofeedback ini melibatkan 73 orang perempuan dan 37 orang laki-laki. Sebagian besar di antaranya masih muda dengan usia rata-rata 23,7 tahun. Semua peserta diminta menilai rasa depresi yang dialami beberapa tahun yang lalu.
Para peserta juga diminta menceritakan depresi yang dialami, apakah kronis atau situasional. Keseratus peserta tersebut dipisahkan menjadi 2 kelompok yang melakukan 2 gerakan. Kelompok pertama diminta melakukan gerakan berjalan dengan postur membungkuk, sedangkan kelompok lainnya melakukan gerakan mengayunkan kaki dan tangan berlawanan serta menengadahkan kepala ke atas.
Setelah melakukan postur tersebut, para peserta diminta menilai tingkat perasaan bahagia dan semangatnya. Pada kelompok yang berjalan membungkuk, kebanyakan peserta justru jadi makin tidak bersemangat. Tapi sebaliknya, kelompok yang mengayunkan kaki dan tangan berlawanan justru semakin bersemangat.
“Hampir semua peserta mengaku bahwa mengayunkan lengan dan kaki secara berlawanan membuat perasaan lebih energik, bahagia, positif, atau membangkitkan kenangan masa kecil yang bahagia. Peserta yang membungkuk lebih sering merasa sedih, kesepian, terisolasi, mengantuk, disertai rasa hanya ingin duduk,” kata Lin seperti dilansir Medical Daily.
Lin berpendapat bahwa melakukan gerakan ini bisa jadi lebih efektif dibandingkan antidepresan untuk mengatasi depresi. Nyatanya, banyak orang yang menghabiskan waktunya membungkuk di depan komputer, televisi, dan video game. Oleh karena itu, postur membungkuk harus dihindari jika tak ingin depresi.
“Bisa jadi penurunan aktivitas fisik dan meningkatnya perilaku duduk membungkuk adalah faktor-faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan kasus depresi secara signifikan selama 50 tahun terakhir,” imbuh Lin.
Teori Lin ini bisa jadi keliru. Meskipun demikian, tidak ada salahnya mencoba melakukan gerakan mengayunkan lengan berlawanan sambil menengadah ketika pikiran merasa penat dan jenuh untuk mengusir depresi jauh-jauh.







Ini Dia 5 Hal yang Bisa Buat Orang Bahagia
Uang dan pernikahan, dua hal itu tampaknya kerapkali menimbulkan masalah bagi banyak orang. Namun menurut penelitian, uang dan pernikahan justru bisa membuat seseorang lebih sering tersenyum. Seperti yang dikutip dari Shape, berikut beberapa hal lain yang juga bisa memberikan kebahagiaan.
1. Uang
Berdasarkan penelitian di 2010 yang dipublikasikan pada ‘Proceedings of the National Academy of Sciences’, level kebahagiaan seseorang akan meningkat bersamaan dengan meningkatnya uang yang didapat. Selain itu, Michael Norton, seorang profesor di Harvard Business School mengatakan bahwa uang yang dibelanjakan bukan untuk diri sendiri, melainkan orang lain juga akan mendatangkan kebahagiaan.
2. Meditasi
Beberapa studi menemukan adanya korelasi antara meditasi secara teratur dengan perubahan fisik di otak yang mirip ketika seseorang mengonsumsi obat anti-depresan. Orang yang bermeditas tidak hanya bisa lebih bahagia dari orang lain, tetapi penelitian menunjukkan bahwa otak mereka bisa membuat stres berkurang. Cukup 20 menit waktu meditasi secara rutin, Anda sudah bisa merasakan manfaatnya.
3. Istri Lebih Kurus dari Suami
Dalam sebuat penelitian 2011, para ilmuwan di Tennessee, Amerika mengungkapkan bahwa kehidupan pernikahan akan lebih bahagian jika sang istri bertubuh lebih kurus daripada suami. Ilmuwan itu meneliti masa indeks tubuh atau BMI dari 170 pasangan yang beru menikah untuk mendapatkan kesimpulan tersebut.
Dengan adanya penelitian ini, bukan berarti Anda jadi membandingkan diri dengan suami. Namun ide mendapatkan tubuh fit bersama suami boleh juga untuk dicoba. Tak hanya sehat, keharmonisan rumah tangga pun bisa ikut terbina.
4. Menikah
Sebuah studi terbaru menemukan bahwa pernikahan dapat membuat seseorang lebih bahagia ketimbang dengan mereka yang berstatus single. Penelitian di Michigan, Amerika itu mengungkapkan, orang yang tidak menikah cenderung mengalami penurunan kebahagiaan selama berjalannya waktu, sedangkan mereka yang berstatus ‘kawin’, tidak merasakan hal itu.
5. Bertambah Tua
Ternyata umur tidak hanya sebuah angka. Sebuah situs asal Inggris menemukan melalui jejak pendapat bahwa 70 persen orang dengan usia di atas 40 tahun mengatakan bahwa mereka berada pada masa yang paling bahagia dalam hidupnya. Selain itu peserta survei itu juga merasa telah mencapai kebahagiaan sesungguhnya di usia mereka yang tak lagi muda.







BAHAYA BRA SALAH UKURAN  BAGI  KESEHATAN


Banyak wanita tak menyadari mengenakan bra dengan ukuran yang tak sesuai. Mereka pun tak sadar bahwa kondisi yang terkesan remeh itu bisa memicu masalah kesehatan yang cukup serius.
Bukan semata persoalan estetika, salah memilih ukuran bra bisa memicu keluhan sakit punggung, sakit kepala, gangguan perut dan bahu, kerusakan ligamen, serta postur tubuh bungkuk.
Mengenali tanda-tanda ukuran bra tidak sesuai sebenarnya mudah. Yang paling jamak: tali bra meninggalkan bekas cekungan di kulit yang terlalu dalam, payudara tumpah keluar cup, ada ruang kosong di bagian cup, tali lingkar bra mudah tertarik ke atas, lengkungan kawat tidak sesuai lekukan tulang dada.
Kondisi bra semacam itu tak akan mampu menopang payudara dengan baik. Yang pada akhirnya rentan memunculkan sejumlah keluhan berikut, seperti dikutip dari laman Times of India:
Sesak napas
Tali bra yang meninggalkan bekas terlalu dalam itu artinya ukuran bra terlalu ketat. Kondisi ini akan mengikat otot-otot di bagian dada sehingga rentan memicu gangguan pernapasan.
Gangguan pencernaan
Pemakaian bra yang terlalu ketat juga dapat menyebabkan gangguan yang menghambat aliran sistem pencernaan.
Nyeri punggung
Ukuran bra yang salah juga cenderung akan membuat pelekatannya tidak sempurna. Ini rentan memicu nyeri punggung dan bahu yang dapat membatasi gerakan tubuh dalam aktivitas sehari-hari.
Postur tubuh buruk
Pemakaian bra dengan ukuran yang tak sesuai membuat daya topang payudara tak sempurna. Dalam jangka panjang bisa memicu gangguan postur tubuh yang ditandai dengan ketegangan otot di sekitar dada, bahu, dan punggung.
Lecet
Ini biasanya terjadi ketika Anda mengenakan bra dengan ukuran terlampau kecil sehingga memicu gesekan kasar di kulit. Kondisi ini juga dapat membatasi sirkulasi darah dan oksigen ke bagian-bagian tertentu tubuh Anda. Gesekan dari bra yang ketat juga dapat menyebabkan goresan.
Nyeri dada
Bra yang terlalu sempit juga berpotensi membatasi aliran getah bening dalam payudara. Tak hanya memunculkan rasa nyeri, kondisi ini juga dapat meningkatkan racun pemicu kanker payudara dalam jangka panjang.
Sakit kepala
Pemakaian bra yang terlalu ketat juga dapat memicu gangguan sirkulasi darah sehingga menghambat  asupan oksigen ke otak. Kondisi inilah yang kemudian bisa menyebabkan munculnya sakit kepala.





MINUMAN SEHAT YG BIKIN AWET MUDA



Menjadi tua adalah sesuatu hal yang pasti terjadi pada makhluk hidup, termasuk manusia. Tapi ada sebagian orang yang tampak lebih tua dari usia semestinya karena penuaan dini. Sebaliknya ada pula orang yang masih tampak lebih muda meski usianya sudah tua. Beberapa minuman sehat bisa membantu Anda tetap awet muda.
Mengapa ada orang yang tampak tua padahal usia masih muda? Hal ini terjadi karena banyaknya racun di dalam tubuh. Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya, penting untuk membuang racun asam berbahaya dari tubuh.
Gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang buruk juga menjadi alasan di balik garis-garis halus yang terjadi sebelum usianya. Selain mengonsumsi makanan sehat, Anda juga harus menyertakan beberapa minuman sehat dalam menu diet.
Berikut beberapa minuman sehat yang dapat membuat Anda awet muda, seperti dilansir boldsky,
1. Air putih
Air putih sangat penting untuk membuat tubuh tetap terhidrasi. Air membantu tubuh untuk mendapatkan kulit yang bercahaya dan juga mengurangi penuaan. Hal ini karena air membantu membuang asam dan racun berbahaya dari tubuh, juga membantu melembabkan kulit dan membuka pori-pori. Banyak minum air bisa mengurangi pembentukan garis-garis halus dan juga membantu mendapatkan kulit yang bercahaya dan mengkilap.
2. Teh hijau
Ini adalah salah satu minuman sehat yang tidak hanya baik untuk kulit tapi juga tubuh. Banyak pelaku diet minum 2-4 cangkir teh hijau secara teratur hanya untuk membakar timbunan lemak dalam tubuh mereka. Teh hijau mengandung polyphenols dan EGCG (antioksidan) yang bermanfaat untuk kulit dan rambut. Untuk memiliki rambut tebal, kulit bebas keriput dan sosok yang sempurna, minum secangkir teh hijau secara teratur.
3. Jus tomat
Sayuran ini kaya akan antioksidan. Lycopene (antioksidan) melawan penuaan dan membantu mempertahankan kulit bercahaya dan sempurna. Tomat juga meningkatkan gerakan usus pencernaan dan ini membantu mengeluarkan racun dari tubuh, yang membuat kulit bebas kerut dan bercahaya. Jika Anda tidak suka makan sayuran mentah, olah tomat menjadi jus dan minumlah secara teratur.
4. Cokelat panas
Konsumsi kafein secara terbatas bisa baik untuk jantung. Jika Anda minum secangkir cokelat panas, Anda akan memiliki jantung yang sehat dan kulit bercahaya.
Menurut banyak peneliti, kakao memiliki antioksidan lebih dari kafein sehingga membuatnya menjadi sehat. Studi dari Cornell University menunjukkan kakao memiliki lebih banyak antioksidan daripada kopi, anggur merah dan teh hijau.





REDAKAN STRES DENGAN TEH JAHE



Kaya akan kandungan antioksidan, secangkir teh jahe hangat mungkin menjadi jawaban dari stres yang mengganggu.
Selain diminum, menghirup aroma teh jahe diketahui mampu mengembalikan mood, meredakan stres, menyehatkan pencernaan dan meningkatkan penyerapan makanan.
Asam lambung merupakan bagian penting dalam proses pencernaan dan saat kita sedang stres, produknya kerap terganggu. Untuk mengatasinya, tuangkan air panas dicangkir dan tambahkan irisan lemon dan jahe.
“Jahe bisa berfungsi sebagai perangsang indra pengecap dan memicu sekresi pencernaan,” kata ahli gizi Alice Mackintosh.
Ia menjelaskan, jahe mengandung antioksidan yang kuat yakni gengerol, yang membantu membersihkan zat-zat kimia berbahaya yang diproduksi tubuh saat kita sedang cemas. “Jahe juga bisa menjadi pereda stres,” katanya.
Manfaat jahe lainnya yang tak boleh diremehkan adalah sebagai pereda gejala mual dan muntah di awal kehamilan, mengurangi inflamasi, melawan penyakit pernapasan, dan membantu sirkulasi darah.
Bagi para wanita, jahe juga bisa diandalkan untuk mengurangi nyeri perut saat menstruasi. Caranya, rendam handuk kecil di air hangat yang diberi jahe kemudian letakkan di perut beberapa saat.






WASPADAI KEBIASAAN GIGIT KUKU



Bila Anda merasa punya kebiasaan menggigit kuku, sebaiknya mulai waspada. Bukan tak mungkin, kebiasaan ini adalah salah satu pertanda ada yang salah dengan kesehatan jiwa Anda.
Sebagian besar masyarakat saat ini masih menganggap perilaku menggigit kuku hanyalah suatu kebiasaan buruk namun tidak terlalu membahayakan. Akan tetapi, pandangan ini semestinya diubah. Para ahli kesehatan jiwa atau psikiater di Amerika Serikat kini sudah menilai perilaku menggigit kuku sebagai hal yang mesti dicermati dan diwaspadai.
Seperti dilaporkan Medicaldaily, lembaga kesehatan jiwa American Psychiatric Association’s Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM) mulai tahun depan akan mengkategorikan kebiasaan menggigit kuku sebagai salah satu ciri-ciri gangguan obsesif kompulsif (OCD).
Kebiasaan menggigit kuku menurut kajian pakar kesehatan memang bisa berbahaya bagi kesehatan manusia. Menurut Mayo Clinic, menggigit kuku tidak hanya buruk dari sisi higenitas, namun juga dapat memicu timbulnya infeksi pada kulit, meningkatkan risiko terkena influenza, serta infeksi lain akibat menyebarnya bakteri dari kuku dan jari.
Gangguan obsesif kompulsif (OCD) sendiri dikenal sebagai salah satu bentuk gangguan kecemasan. OCD dapat menyebabkan seseorang terjebak dalam kebiasaan melakukan sesuatu hal berulang-ulang untuk meredam kecemasannya. Banyak penderita OCD terjebak dalam kebiasaan, pemikiran yang membuat dirinya stres, serta ketakutan yang sulit dikendalikan. Mereka terpaksa melakukan ritual tertentu untuk mengendalikan situasi agar mereka kembali nyaman.
Mereka yang punya kebiasaan menggigit kuku secara obsesif, hal ini tidak serta merta disebabkan oleh kukunya, melainkan faktor lain seperti tekanan atau stres. Dalam beberapa tahun terakhir, menggigit kuku belum diklasifikasikan sebagai OCD. Namun, mulai tahun depan penilaian tersebut akan diubah. Mereka yang punya kebiasaan mengigit kuku, mencuci tangan terus menerus atau merasa harus merapikan sepatunya akan dikategorikan sebagai orang yang menderita OCD.
Para ahli menyarankan, apabila Anda termasuk orang yang biasa mengigit kuku, segeralah berkonsultasi dengan dokter atau psikiater.
Untuk menghentikan perilaku menggigit kuku, Anda juga dapat mencoba menghindari penyebab yang memicu kebiasaan tersebut. Misalnya, saat Anda merasa bosan, cobalah cari cara yang sehat untuk mengatasi stres dan kecemasan. Upayakan untuk memelihara kuku selalu dipotong pendek dan rapi, atau menyibukkan tangan dan mulut dengan aktivitas lain seperti bermain musik atau mengunyah permen karet.





WANITA MEMANG INGIN SELALU DIMENGERTI


Saya pernah mendengar slogan sebuah iklan pembalut yaitu ‘karena wanita ingin dimengerti, waktu itu saya hanya mendengarkan saja tanpa memaknai kata itu, sehingga setiap wanita yang saya dekati selalu menjauhi saya, selayaknya saya adalah sosok yang menakutkan yang sedang mendekati mereka. Dan itu saya pikir hal yang wajar aja karena mungkin saya kurang usaha, sehingga saya lakukan tanpa pikir panjang.
Setelah melalui suatu perjalan panjang, akhirnya saya mengulang kembali kata yang pernah dulu diiklankan tersebut, ‘wanita memang ingin dimengerti”.
Dan semua wanita memang ingin dimengerti, seperti seorang wanita pernah mengatakan bahwa dia adalah seorang yang cuek, tapi meskipun cuek, dia tetap butuh perhatian.
Banyak pria yang mengatakan mengerti wanita, namun wanita menjauhi mereka, mengapa? Karena mereka sebenarnya belum mengerti wanita.
Sebagai contoh, seorang yang mengerti wanita pasti akan melakukan apapun asal wanita itu bahagia, tapi kenapa malah dijauhi? Karena selalu bahagia itu membosankan. Banyak alasan seorang pria yang mengatakan bahwa mereka akan memberi warna pada keseharian seorang wanita dengan memberinya kebahagiaan, padahal yang sebenarnya dia hanya memberikan satu warna saja. Jadi jika ingin memberi warna, berilah berbagai warna, ada kebahagiaan, kesedihan, kesenangan, kemarahan, kenyamanan, keharuan, dan lain sebagainya, sehingga seorang wanita merasa sedang diajak berpetualang bersama lewat emosi, dan itu yang dianggap seorang wanita sebagai pengertian buat mereka.
Wanita 88% berpikir menggunakan emosi dan pria 88% berpikir menggunakan logika. Sebenarnya hanya satu saja yang mereka gunakan adalah, wanita dan pria 88% berpikir menggunakan otak. Yang membedakan adalah wanita berpikir menggunakan otak mamalia, dan pria menggunakan otak logika (bisa dibaca pada bagian Brain Power). Jarak antara otak mamalia dan logika sangat dekat karena ada didalam otak itu sendiri, tapi kenapa seorang pria yang mengatakan bahwa dia mengerti wanita malah dijauhi wanita.
Bagaimana wanita itu ingin dimengerti? Tanyalah pada wanita sendiri. Dan saya pikir, wanita pun mungkin tidak bisa menjawabnya.
Kemudian kesalahan pada pria yang akhirnya dapat mengerti wanita, yang mampu menarik perhatian wanita. Mereka menggunakan wanita sebagai alat untuk mainan yang tidak berharga dan dapat dibuang kapan saja. Mengapa? Karena mereka belum mengerti inti dari mengerti wanita.
Jika anda seorang pria yang beralasan ingin mencari seorang wanita yang pas dengan menarik setiap wanita yang anda sukai masuk ke kehidupan anda, kemudian tidak cocok dengan anda, anda lalu membuangnya, sehingga seorang wanita tersakiti. Lebih baik jangan anda tarik mereka masuk, tetapi biarlah diluar, dengan memilih satu yang akan masuk. Yang artinya, jadilah teman, dan jika cocok, maka bawalah dia bersama anda.
Dan jika anda seorang wanita yang ingin dimengerti kemudian merasa tidak puas dengan pengertian yang anda dapat dengan mencari pengertian lain secara sembunyi-sembunyi, yang artinya selingkuh. Anda sebenarnya tidak pantas melakukannya, karena anda telah mencoreng nama wanita itu sendiri menjadi sesuatu yang dengan mudah mengkotori dirinya, dan tidak menunjukkan adanya hijab/halangan yang harus anda taati.
Renungkanlah, dan Jadilah Manusia yang Anda Impikan!!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar