Jumat, 12 Oktober 2012

ILMU JIWA

Sepertiga massa Planet 55 Cancri e adalah berlian, juga grafit.

Sebuah planet penuh “harta karun” telah ditemukan oleh para ilmuwan. Permukaannya dipenuhi dengan batu mulia.
Planet yang diberi nama 55 Cancri e dikategorikan sebagai Bumi Super (super-Earth),  memiliki radius dua kali lipat Bumi, delapan kali lebih berat dari planet yang dihuni manusia.
Sementara permukaan Bumi ditutupi air dan granit, Planet 55 Cancri e diduga ditutupi berlian dan grafit sebagaimana berlian, ia adalah bentuk alotrop karbon.
Sebuah studi terbaru menyimpulkan, setidaknya sepertiga massa planet tersebut, atau setara dengan tiga kali berat Bumi, adalah berlian.
Ini adalah kali pertamanya astronom bisa mengidentifikasi apa yang diduga sebagai planet berlian yang mengorbit di sekitar bintang yang mirip Matahari. Setelah penemuannnya pada 2004 lalu.  Namun, tak seperti Bumi, ia dipenuhi unsur kimia.
“Ini adalah kali pertama kami melihat dunia berbatu yang memiliki unsur kimia yang secara fundamental berbeda dari Bumi,” kata kepala peneliti, Nikku Madhusudhan. “Permukaan planet ini ditutupi grafit dan berlian, alih-alih air dan granit.”
Planet berlian ini mengorbit bintangnya dengan kecepatan super cepat, dalam waktu 18 jam, jauh lebih cepat dari Bumi yang mengorbit Matahari dalam waktu 365 hari.
Dengan suhunya yang luar biasa panas, 3.900 Fahrenheit atau 2.148 derajat Celcius, planet itu tak mungkin ditinggali.
Planet 55 Cancri e adalah satu dari lima planet yang mengorbit pada bintang 55 Cancri, yang berada dalam jarak 40 tahun cahaya dari Bumi. Ia bisa terlihat dengan mata telanjang di konstelasi Cancer. Akan lebih baik lagi jika dilihat menggunakan teropong atau teleskop.
Planet ini kali pertama diobservasi saat mengorbit ke bintangnya tahun lalu, memungkinkan para astronom untuk mengukur radiusnya untuk pertama kali,
Informasi tersebut, dikombinasikan dengan estimasi massanya memungkinkan Madhusudhan dan timnya memperkirakan susunan kimianya.
Penelitian menunjukkan, planet itu tak punya kandungan air sama sekali, mayoritas komposisinya adalah karbon (berlian dan grafit), besi, silikon karbida, dan mungkin, sejumlah silikat.
“Sebaliknya interior Bumi kaya oksigen, namun miskin karbon, kurang dari seperseribu massanya,” kata penulis lain, ahli geofisika dari Yale, Kanani Lee.
Identifikasi planet kaya karbon itu sebagai Bumi Super berarti, planet berbatu yang jaraknya jauh itu tidak bisa lagi dianggap memiliki komposisi mirip dengan Bumi.
Sementara, David Spergel, profesor astronomi etua ilmu astrofisika di Princeton University mengatakan, “Bumi Super yang kaya berlian itu adalah salah satu contoh temuan ‘harta’ yang menanti kita saat kita memulai eksplorasi planet di bintang-bintang terdekat.”
Laporan temuan tersebut telah diterima untuk segera dipublikasikan dalam jurnal Astrophysical Journal Letters.






BAKTERI CIUMAN INI MENYEBABKAN KERONTOKAN GIGI


Menularkan bakteri yang mengakibatkan masalah mulut serius.
Hindari mencium binatang kesayangan untuk menghindari penularan bakteri.
Menurut pakar psikologis, sebuah ciuman memang dapat membangkitkan suasana hati. Berciuman bahkan digunakan sebagai kegiatan untuk menjunjukkan afeksi. Namun tidak untuk ciuman yang satu ini. Mencium binatang kesayangan.
Beberapa dari Anda mungkin sering mencium atau membiarkan binatang peliharaan Anda mencium bagian mulut. Para ahli kesehatan mengungkapkan, jika ciuman ini dapat menularkan penyakit gusi serius melalui bakteri yang ditularkan dari mulut binatang.
Seperti ditulis dalam jurnal Archives of Oral Biology, bakteri-bakteri ini juga dapat berkembang menjadi penyakit periodontitis, peradangan jaringan mulut. Parahnya, penyakit ini juga dapat membuat tulang rahang membusuk yang mengakibatkan kerontokan gigi.
Terutama  anjing, binatang ini banyak menderita periodontitis, meskipun hanya sekitar lima persen yang akan mengembangkan penyakit serius. Peringatan ini menyusul penelitian yang dilakukan di Jepang pada para pemilik anjing.
Para peneliti menemukan jenis mikroba anjing yang menjangkit manusia. Sekitar 16 persen para pemilik anjing tertular mikroba ini. Mereka mengaku memiliki kontak hubungan yang sangat dekat dengan anjingnya.
Sebenarnya resiko kontaminasi ini dapat diminimalisir dengan selalu memperhatikan kesehatan gigi binatang peliharaan. ”Berbagai jenis bakteri pada anjing dan kucing adalah tipe yang sama dari bakteri pada manusia. Jika para pemilik ini menjaga kebersihan mulut pada hewan peliharaan mereka, seperti menyikat gigi, mulut hewan peliharaan benar-benar dapat menjadi lebih bersih daripada mulut manusia.” papar Dr Paul Maza, dari Fakultas Kedokteran Hewan di Universitas Cornell, seperti dikutip Daily Mail.





MUMI MENINGGAL KARENA TAK TAHAN  MENANGGUNG SAKIT GIGI


Untunglah zaman sekarang sudah ada dokter yang siap sedia mengobati sakit gigi. Zaman dulu, sakit gigi yang rasanya mirip sakit hati itu tidak mendapat pengobatan yang layak. Rasa nyeri yang tak tertahankan ini bahkan bisa berujung kematian, seperti yang dialami mumi dari Mesir ini.
Sebuah mumi dari zaman Mesir Kuno ditemukan meninggal gara-gara sakit gigi. Dari hasil penyelidikan diketahui bahwa sekitar 2.100 tahun yang lalu, mumi tersebut dulunya adalah seorang pemuda yang tinggal di Thebes. Ia diduga meninggal akibat infeksi yang berasal dari gigi berlubang.
Dengan menggunakan CT scan, para peneliti yang dipimpin Andrew Wade dari University of Western Ontario berupaya merekonstruksi mayat pemuda yang usianya diperkirakan sekitar 20 – 30 tahun ini. Hasilnya menemukan bahwa hampir seluruh gigi pemuda ini berlubang. Akibatnya, ia akan merasakan rasa nyeri yang tak terkira.
Di zaman Mesir kuno, ilmu kedokteran gigi sudah ada walaupun tidak secanggih sekarang. Bukti sejarah telah menemukan bahwa manusia di zaman batu menggunakan lilin lebah untuk menambal gigi. Dokter gigi sendiri sangat dibutuhkan di Mesir karena gandum kasar yang diproduksi dapat membuat gigi aus dan menimbulkan banyak penyakit.
Sayangnya, masalah yang dialami pemuda ini adalah masalah yang luar biasa bagi dokter gigi di masa itu. Bahkan di zaman sekarang dengan perkembangan teknologi dan teknik pengobatan terbaru pun, kerusakan gigi yang dialami pemuda ini dapat mengakibatkan risiko kesehatan yang serius.
Spesialis gigi waktu itu mencoba melakukan berbagai upaya untuk meringankan penderitaan pasiennya. Artikel yang dilansir Medical Daily, menjelaskan bahwa spesialis gigi nampaknya mencelupkan sepotong kain ke dalam cairan seperti jus ara atau minyak cedar untuk membuat lapisan yang melindungi seluruh permukaan gigi.
Cara ini diharapkan dapat menghalangi partikel makanan agar tidak mengenai rongga yang dapat menyebabkan rasa nyeri. Mungkin cara ini bisa meredakan rasa nyeri si pemuda. Tapi selang beberapa minggu kemudian, si pemuda meninggal akibat infeksi yang ditimbulkan dari sakit giginya.
Dalam laporan yang dimuat International Journal of Paleopathology, para peneliti menjelaskan bahwa teknik ini merupakan contoh awal metode pelapisan gigi. Saat ini, teknik yang lebih modern akan dilakukan untuk mengobati sumber penyakit, tidak hanya sekedar melapisi gigi pasien.





TERNYATA MAKAN BUAH DAN SAYUR SEGAR BISA LEBIH BAHAGIA


Hampir tiap saat buah dan sayuran ada di meja makan. Kaya serat, vitamin dan mineral. Jenisnya beragam dan bisa dikonsumsi kapan saja. Kedua bahan makanan ini memang diketahui bisa membantu penurunan berat badan dan meredam stres.
Sayur dapat diolah menjadi berbagai masakan, bisa juga dimakan segar sebagai lalapan atau salad. Sedangkan buah lebih sering dimakan segar atau dibuat jus dan campuran salad. Tekstur dan rasanya berbeda-beda, ada yang empuk, renyah, manis, asam dan pahit.
Menurut sebuah penelitian kesehatan dari University of Warwick, ditemukan orang yang banyak makan sayur dan buah (7 porsi sehari), jadi lebih bahagia. Penelitian ini melibatkan 80.000 orang di Inggris dan diamati kebiasaan makannya.
Penyebab stres bermacam-macam, bisa berasal dari makanan seperti ikan dan daging. Kandungan asam lemak aracinoid acid (AA/ARA) yang tinggi ini, bisa menyebabkan perubahan mood. Saat stres muncul energipun terkuras. Kandungan gula alami dalam buah akan meningkatkan jumlah energi di tubuh, untuk mengurangi stres dan depresi.
Selain itu, sayur dan buah juga baik dimasukkan dalam menu diet. Seratnya yang tinggi dapat menyehatkan sistem pencernaan untuk mencegah sembelit dan diare. Meskipun dikonsumsi dalam jumlah banyak tidak akan bikin gemuk dan memberi rasa kenyang lebih lama.





10 ORANG TERPINTAR DIDUNIA TAHUN 2012


Apa yang membuat seseorang dikatakan pintar? Dari Intelegence Quotient (IQ)-nya, atau kecakapan dan prestasinya? Berikut 10 orang terpintar di dunia yang hidup di tahun 2012 ini.
Bila dinilai dari IQ, ada 50% orang di dunia ini memiliki nilai IQ antara 90-110, kemudian 2,5% ber-IQ jongkok di bawah 70, 2,5% bernilai IQ > 130 dan dikategorikan superior. Hanya 0,5% yang memiliki IQ > 140 dan dikatakan hampir jenius atau jenius.
Berikut 10 orang terpintar di dunia 2012 versi SchoolScholar.org yang dilansir dari Huffington Post:
Stephen Hawking

Stephen Hawking (70) adalah nama yang paling terkenal dalam daftar ini. Dia meletakkan dasar-dasar teori fisika, menemukan teori Black Hole dan menulis buku yang membantu manusia memahami alam semesta.
Dan itu dilakukannya di tengah penderitaannya yang mengidap penyakit saraf motorik Amyotrophic lateral sclerosis (ALS) yang membuatnya lumpuh, hingga untuk bicara saja harus dibantu oleh alat.
Menurut mantan istrinya, Jane, Stephen adalah ateis. Namun Stephen mengatakan dia tidak religius dalam akal sehat orang normal. Stephen percaya bahwa alam semesta ini diatur oleh hukum alam dan sains.
“Hukum itu bisa jadi dikeluarkan oleh Tuhan namun Tuhan tidak ikut campur dalam hukum itu,” demikian kata Stephen.
Dia juga tidak mempercayai adanya surga dan kehidupan setelah mati dan mengatakan bahwa surga dan kehidupan setelah mati adalah cerita-cerita peri dari orang-orang yang takut akan gelap.
Kim Ung Yong

Kim Ung Yong (50) adalah seorang insinyur sipil dari Korea, mantan anak kecil terpandai di dunia versi Guinnes Book World of Records dengan nilai IQ 210.
Saat umur 4 tahun saja, IQ-nya mencapai 200 dengan tes yang diberikan untuk anak umur 7 tahun. Saat balita itu Kim Ung Yong bisa memecahkan soal diferensial kompleks dan integral kalkulus, menghapal 2 ribu kata dalam bahasa Inggris dan Jerman.
Kim yang sempat bekerja di NASA AS saat remaja ini kembali ke negaranya dan memutuskan berpindah bidang dari fisika ke bidang teknik sipil. Kim sudah menelurkan 90 makalah tentang hidrolik di jurnal-jurnal ilmiah.
Paul Allen

Paul Allen (59) adalah salah satu pendiri Microsoft yang menggunakan otaknya untuk memperoleh kekayaan.
Dengan kekayaan US$ 14,2 miliar atau sekitar Rp 136 triliun, Paul Allen yang ber-IQ 170 ini masuk jajaran orang terkaya ke-48 di dunia sekaligus salah satu dermawan.
Rick Rosner

Dengan IQ 192, tentu Anda tidak menduga jika Rick Rosner (52) berprofesi sebagai penulis naskah di TV untuk Jimmy Kimmel.
Selain itu Rick juga pernah menjalani profesi sebagai penari telanjang, pelayan bersepatu roda, tukang pukul dan model telanjang.
Garry Kasparov

Garry Kasparov (49), seorang grandmaster catur yang menjadi juara dunia catur pada usia 22 tahun. Kendati demikian, Garry pernah dikalahkan main catur oleh Deep Blue, program permainan catur buatan IBM.
Garry yang ber-IQ 190 ini pensiun dari dunia catur pada 2005. Kini Garry terjun ke politik dan menjadi penulis. Dia berancang-ancang mengikuti pencalonan presiden Rusia.
Sir Andrew Wiles

Sir Andrew Wiles (59) merupakan matematikawan dan profesor penelitian dari Oxford University. Dia terkenal karena memecahkan teori paling sulit di bidang matematika, Teorema Terakhir Fermat.
Teori yang dikemukakan oleh Pierre de Fermat pada abad ke-17 ini tidak terpecahkan selama 357 tahun, sebelum akhirnya dipecahkan oleh Andrew yang ber-IQ 170 ini.
Teorema ini mengatakan:
untuk n > 2, tidak ada bilangan bulat bukan nol x, y, dan z yang memenuhi persamaan x^n + y^n = z^n
Andrew juga mendapat 15 penghargaan dalam matematika dan sains
Judith Polgar

Ayah Judith Polgar (36) membesarkan kedua anaknya dengan berteori bila anak dilatih kemampuan khusus sejak dini dia akan membuat prestasi yang istimewa.
Terbukti, Judith yang ber-IQ 170 ini menjadi anak terpandai, dan mengalahkan grand champion catur dunia termuda saat itu Boby Fischer, pada usia 15 tahun.
Christopher Hirata

Christopher Hirata (30) termasuk orang jenius karena sudah berkuliah di California Institut of Technology (Caltech) pada usia 14 tahun. Dan pada usia 16 tahun, dia sudah bekerja di NASA dalam proyek ke Mars. Christopher yang ber-IQ 225 ini sudah menyabet gelar PhD pada usia 22 tahun dari Princeton University.
Terrence Tao

Terrence Tao (37) dulunya menjadi anak terpandai dengan IQ 230. Pada usia balita dia mulai belajar matematika dengan menonton acara Sesame Street.
Pada usia 2 tahun dia sudah bisa berjalan dan berbicara, serta menghitung aritmatika dasar.
James Woods

James Woods (65) adalah seorang aktor film dan TV di Amerika Serikat yang jenius, ber-IQ 180. James sudah terdaftar di kelas aljabar linear di UCLA saat SMA, dan kemudian diterima di Massachusets Institute of Technology (MIT). Di MIT dia mengikuti kelas akting dan kemudian drop out (DO).
Jadi akan jadi seperti apa karirnya bila dia meneruskan kuliahnya. Sebagai aktor, James sudah memenangkan 3 Emmy Award dan 2 nominasi piala Oscar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar