Selasa, 12 Juni 2012

ILMU JIWA


BENARKAH JANTUNG BERHENTI BERDETAK SAAT BERSIN?

Bersin adalah salah satu respons alami yang terjadi di tubuh. Ada anggapan bahwa saat bersin maka jantung pun akan berhenti berdetak. Benarkah seperti itu?
Beberapa hal diketahui bisa menyebabkan orang bersin seperti adanya iritasi pada hidung akibat debu, lada, bubuk atau serbuk sari, infeksi virus seperti flu, inhalasi dengan obat kortikosteroid dan paparan sinar matahari (dikenal dengan refelks bersin fotik).
Tapi kabar mengenai jantung berhenti saat orang bersin adalah tidak benar, tekanan dalam dada saat orang bersin hanya mengubah tekanan pada denyut jantung tapi tidak membuatnya berhenti, seperti dikutip dari Menshealth.about, Senin (12/9/2011).
Bersin diawali dengan sensasi menggelitik di ujung saraf yang mengirim pesan ke otak untuk membersihkan lapisan hidung. Sebelum bersin orang akan menarik napas dalam-dalam dan mengencangkan otot-otot dada.
Tekanan dalam paru-paru akan meningkat lalu menutup mata dan terjadilah bersin. Adanya perubahan tekanan ini membuat irama detak jantung menjadi berubah sehingga beberapa orang menganggap jantungnya berhenti saat bersin.
Saat bersin beberapa bagian tubuh akan terlibat seperti otot di wajah, tenggorokan, dada dan perut. Hal ini memungkinkan bagi laki-laki yang masih muda untuk bersin lebih kuat daripada orang yang tua atau perempuan karena memiliki kerangka tubuh yang lebih kecil.
Berikut ini beberapa fakta menarik lainnya mengenai bersin yaitu:
  1. Bersin adalah refleks otomatis yang tidak bisa dihentikan ketika sudah mulai bersin
  2. Orang tidak akan bisa bersin saat sedang tidur karena saraf yang terlibat dalam kegiatan refleks juga beristirahat
  3. Sekitar 18-35 persen orang mengalami bersin saat terkena cahaya terang secara tiba-tiba
  4. Saat bersin, lendir atau benda-benda asing yang ada di mulut dan hidung akan keluar dengan kecepatan 100 mil per jam dan mengeluarkan 100.000 kuman ke udara
  5. Donna Griffiths dari Worcestershire, Inggris memegang serangan bersin terpanjang yaitu selama 978 hari antara Januari 1981 sampai September 1983. Awalnya ia bersin setiap menit lalu ia mengalami bersin setiap 5 menit


7 MANFAAT MEMEGANG PAYUDARA( ISTRI YANG SAH)

 INI UNTUK KESEHATAN, BUKAN ‘PORNO’:
1. Megang Payudara bisa menjaga keseimbangan sistem kardiovaskular. Saat Anda memegang Payudara pasangan dalam waktu yang lama, detak jatung bisa meningkat hingga 110 per menit. Ini bisa menjadi latihan yang bagus bagi kesehatan jantung.
2. Megang Payudarapun bisa membuat berat badan Anda tetap stabil atau bahkan berkurang. Hal ini dikarenakan, memegang Payudara selama 5 menit dapat membakar 12 kalori.
3. Megang Payudara juga dapat mencegah produksi hormon stres, glukokortikoid. Hormon itulah yang menyebabkan tekanan darah tinggi, lemah otot dan insomnia.
4. Ingin wajah lebih kencang? Kalu begitu, jangan ragu untuk lebih sering memegang Payudara. Dengan memegang Payudara, lebih dari 30 otot wajah bergerak sehingga berguna untuk meningkatkan aliran darah ke kulit wajah dan menghaluskan kulit.
5. Selama ini memegang Payudara dianggap sebagai hal yg tidak sopan. Tetapi pada kenyataanya, memegang Payudara dpt bikin kita awet muda, merupakan obat alami yang dapat mengatasi awet muda dapat merangsang sistem kekebalan tubuh, hasilnya adalah produksi antibodi yang mampu melindungi Anda dari virus. Proses ini disebut cross-imunoterapi.
6. Setelah memegang Payudara wanita, biasanya nafas menjadi lebih cepat. Rata-rata setelah memegangnya, orang akan menghirup dan membuang nafas 60 kali dalam satu menit. Sedangkan dalam keadaan normal, hanya 20 kali tiap satu menit. Menghirup dan membuang nafas lebih sering akan mencegah berbagai gangguan di paru-paru.
7. Memegang Payudara lebih dari 3 menit akan merangsang tubuh menghasilkan rantai kimiawi yang akan menghancurkan hormon penyebab stress….





APA ITU HIPNOTIS?


Apa itu hipnotis?
Kata “Hipnotis” pertama kali diperkenalkan oleh James Braid, seorang dokter ternama di inggris yang hidup antara tahun 1795 – 1860.
Sebelum masa Jame Braid, hipnotis dikenal dengan nama Mesmerism / Magnetism.Hipnotis berasal dari kata “hypnos” yang merupakan nama dewa tidur orang yunani.
Namun perlu dipahami bahwa kondisi hipnotis tidaklahsama dengan tidur. Orang yang sedang tidur tidak menyadari dan tidak bisa mendengar suara-suara disekitarnya.
Sedangkan orang dalam kondisihipnotis, meskipun tubuhnya beristirahat (seperti tidur), ia masih bisamendengar dengan jelas dan merespon informasi yang diterimanya.hipnotis telah dipelajari secara ilmiah lebih dari 200 tahun.
Banyak studiklinis dan eksperimental mencoba menentukan apa yang paling unik darihipnotis dibanding fenomena mental lainnya. Keunikan ini perlu dipahamiuntuk merumuskan sebuah definisi hipnotis yang akurat.
Namun sampai sekarang, defisini hipnotis yang diungkapkan setiap tokoh masih berbeda- beda. Semua orang setuju adanya sesuatu yang dinamakan hipnotis, tapi berbeda pendapat mengenai apa itu hipnotis. Beberapa definisi tentanghipnotis yang pernah diungkapnya diantaranya:

hipnotis adalah suatu kondisi yang menyerupai tidur yang dapatsecara sengaja dilakukan kepada seseorang, di mana seseorang yangdihipnotis bisa menjawab pertanyaan yang diajukan, serta menerimasugesti dengan tanpa perlawanan.

hipnotis adalah teknik atau praktek dalam mempengaruhi orang lainuntuk masuk ke dalam kondisi trance hipnotis.

hipnotis adalah suatu kondisi di mana perhatian menjadi sangatterpusat sehingga tingkat sugestibilitas (daya terima saran)meningkat sangat tinggi.

hipnotis adalah seni komunikasi untuk mempengaruhi seseorangsehingga mengubah tingkat kesadarannya, yang dicapai dengan caramenurunkan gelombang otak dari Beta menjadi Alpha dan Theta.



MENGUNGKAP FAKTA TENTANG HIPNOTIS...

Hipnotis kian banyak digunakan untuk keperluan sengaja atau untuk keperluan kesehatan misalnya menghipnotis agar bisa meringankan rasa sakit. Tapi banyak kesalahpahaman tentang hipnotis yang perlu diluruskan.
Kesalahpahaman terbesar hipnotis, seperti dilansir dari mind-bodydynamics.com adalah yang menyebutkan bahwa penghipnotis mempunyai kendali penuh atas orang yang dihipnotis, sehingga dapat melakukan apapun perintahnya.
Hal ini tidaklah benar, karena hipnotis tidak bisa memaksa seseorang untuk melakukan sesuatu yang bertentangan dengannya.
Kesalahpahaman lain hipnosis adalah suatu bentuk ketidaksadaran yang menyerupai tidur. Padahal hipnotis sebenarnya adalah pemusatan perhatian dan dalam keadaan terjaga.
Kesalahpahaman lain adalah bahwa seseorang tidak ingat apapun yang terjadi selama dihipnosis. Hal ini juga tidak benar, karena orang yang dihipnotis menyadari hal-hal yang terjadi di sekitarnya, dan tidak berada dalam keadaan pingsan.
Ada juga yang menyebutkan bahwa hipnotis dapat mengungkapkan rahasia gelap seseorang. Hal ini bisa terjadi jika seseorang memang ingin membuat suatu pangakuan, tetapi tidak akan berlaku jika mereka tak menginginkannya, karena hipnotis tidak bisa memaksakan hal yang bertentangan.
Istilah hipnosis pertama kali digunakan oleh James Braid, ahli bedah dari Skotlandia. Hipnotis umumnya digunakan untuk tujuan kuratif, terutama dalam kasus kecanduan, di mana seseorang tidak dapat berhenti bahkan setelah mencoba berbagai metode.
Selain itu ada juga manfaat lain, seperti hipnotis berat badan, menyembuhkan masalah memori, insomnia, kesedihan, gangguan obsesi kompulsif, gagap, kepercayaan diri, rasa malu, proses persalinan, masalah kulit, berbicara di depan umum, kecemasan, rasa sakit, gangguan kebiasaan, dan lainnya. Hipnotis seperti ini dikenal dengan hipnoterapi.
Seperti dilansir dari Buzzle, tidaklah mudah melakukan hipnoterapi pada seseorang. Cara melakukan hipnoterapi adalah sebagai berikut:
1. Membuat orang merasa nyaman. Posisi duduk, berbaring, atau posisi apa saja yang membuat nyaman. Keadaan nyaman akan membuat orang lebih santai, dan akan mampu berkonsentrasi pada apa yang dikatakan.
2. Berbicaralah dengan suara tenang. Jangan terlalu antusias atau membosankan. Bicara dengan sedikit otoritas, tetapi dengan nada tenang.
3. Mintalah orang yang akan dihipnotis mengambil nafas dalam-dalam dan rileks. Lebih rileks dan buat orang tersebut menyadari setiap organ tubuhnya. Misalnya, suruh orang tersebut fokus pada tangannya dan katakan “Anda sadar hanya pada tangan Anda, rileks, lemas dan lepaskan, benar-benar rileks.” Ulangi untuk semua bagian tubuhnya, dan berikan instruksi yang positif, seperti “Anda melakukan dengan sangat baik.”
4. Pandu orang tersebut untuk lebih rileks dan tampak hampir tertidur. Dapat menggunakan ungkapan-ungkapan seperti “Anda merasa sangat damai.” Langkah ini adalah dimana penghipnotis bisa menyarankan seseorang pada perubahan. Pastikan hanya berikan saran positif, sesuatu yang membuat orang tersebut menjadi lebih baik dari sebelumnya.
5. Selesaikan proses perlahan-lahan. Katakan pada orang yang dihipnotis bahwa Anda akan menghitung hingga lima, dan dalam hitungan kelima dia akan terjaga dan sangat segar.
Hipnotis harus dilakukan dengan izin. Selain menghormati dan alasan etis, juga untuk jaminan kesuksesan, karena hipnotis tidak bisa dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar