Selasa, 08 Mei 2012

ILMU JIWA

8 CARA AGAR LEBIH BAHAGIA  SAAT BEKERJA

Hampir setiap orang pernah merasakan kejenuhan kebosanan dengan pekerjaan yang mereka lakukan.  Seringkali, rutinitas dalam pekerjaan pekerjaan menjadi jebakan yang dapat berujung pada stres dan tekanan. Apabila tidak dilakukan upaya mengatasinya, hal ini tentu sangat memengaruhi performa dan prestasi kerja seseorang.
Jika Anda mulai mengalami masa-masa sulit di tempat kerja atau merasa kurang puas terhadap hasil kerja, saatnya bagi Anda untuk melakukan perubahan.  Setidaknya ada 8 cara yang dapat dipertimbangkan untuk membuat hari-hari Anda di tempat kerja menjadi lebih bahagia. Berikut  ini adalah pemaparannya :
1. Atur kehidupan kerja Anda
Jika aktivitas kerja Anda sering membuat Anda merasa stres dan kewalahan, sekarang saatnya untuk menenangkan dengan membuat segalanya lebih terorganisir. Pertama, pastikan Anda tiba beberapa menit lebih awal di tempat kerja untuk memberikan Anda sedikit waktu dalam mengatur tugas-tugas Anda untuk hari itu dan mempersiapkan mental. Kedua, menata ruang/ meja kerja dengan membereskan segala barang yang berserakan. Kemudian, buatlah daftar rencana kegiatan yang akan Anda lakukan pada hari itu (berdasarkan prioritas).
2. Kenakan busana yang meningkatkan mood

Banyak dari kita yang diharuskan untuk memakai seragam atau mematuhi aturan pakaian untuk bekerja. Jika Anda memiliki lebih banyak kebebasan untuk berpakaian, cobalah untuk mengenakan pakaian atau aksesoris yang dapat meningkatkan mood dan kepercayaan diri Anda. Dengan menambahkan sesuatu yang istimewa pada pakaian kerja akan membuat hari Anda lebih berwarna.
3. Melakukan beragam variasi tambahan

Variasi merupakan bumbu kehidupan, dan ini perlu dilakukan ketika Anda memulai rutinitas sehari-hari dalam pekerjaan Anda. Rutinitas yang sama setiap hari akan membuat Anda cepat bosan. Jadi cobalah membuat setiap hari sedikit berbeda dengan cara apapun yang Anda bisa. Misalnya, melakukan tugas-tugas rutin dalam urutan yang berbeda, berbicara dengan orang baru atau mengambil rute yang berbeda untuk bekerja (atau mungkin menggunakan mode yang berbeda dari transportasi, seperti bersepeda, jika Anda mampu).
4. Hiasi meja kerja

Penelitian telah menunjukkan bahwa pekerja yang menambahkan hiasan pada ruang kerja/meja mereka, 40 persen lebih bahagia ketimbang mereka yang tidak melakukannya. Meskipun Anda mungkin tidak memiliki kewenangan untuk menghias atau mengatur ulang seluruh ruang kantor, Anda bisa melakukan dengan cara yang sederhana misalnya, membeli beberapa alat tulis bagus, memasang foto, kalender lucu atau sepotong kecil karya seni, atau menaruh tanaman kecil pada meja kerja Anda.
5. Tetap aktif di kantor

Jika hari kerja Anda membuat Anda tak bersemangat, cobalah memberi rangsangan pada diri Anda dengan melakukan beberapa latihan sederhana ketika istirahat makan siang. Latihan ini baik untuk meningkatkan harga diri, melepaskan stres, dan juga melepaskan zat kimia di otak seperti endorphin dan anandamide yang dapat meningkatkan mood dan membuat Anda merasa bahagia. Jika tempat kerja Anda memiliki fasilitas untuk mandi, lakukan setelah Anda makan siang.
6. Makan camilan yang bikin happy

Sediakan beberapa camilan sehat di atas meja kerja Anda. Mengapa? Karena, nutrisi tertentu dalam makanan dapat mempengaruhi perasaan seseorang. Ada beberapa makanan yang dapat mendorong rasa bahagia seperti kenari (asam lemak Omega-3), pisang (mengadung serotonin yang memproduksi tryptophan dan magnesium. Serotonin memiliki efek untuk meningkatkan suasana hati, menenangkan dan mengurangi depresi). Pastikan camilan Anda mengandung karbohidrat kompleks untuk memperlambat pelepasan energi dan menjaga tingkat gula darah tetap rendah untuk mencegah depresi dan kelelahan.
7. Berpikir positif dan ramah terhadap rekan kerja

Terlepas dari apakah Anda sedang stres, cobalah tetap mengadopsi sikap positif dan ramah ketika berbicara dengan rekan kerja Anda. Bahkan meskipun mereka kerap tidak memiliki pemikiran yang sama dengan Anda! Cobalah untuk menyelesaikan setiap konflik, menghindari gosip dikantor, dan memperlakukan setiap orang sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Penelitian menunjukkan bahwa memberikan senyum benar-benar dapat membuat seseorang lebih bahagia, jadi cobalah untuk memberikan senyum setiap Anda bertemu dengan orang di kantor.
8. Menghargai kenyataan bahwa Anda memiliki pekerjaan

Cobalah memberikan sesuatu yang terbaik dari apa yang Anda miliki dan mengidentifikasi hal apa saja yang dapat membuat Anda merasa lebih bersemangat untuk bekerja. Misalnya, bercita-cita untuk memperoleh posisi atau jabatan yang lebih baik dalam pekerjaan. Dengan adanya target yang Anda buat, ini akan membuat memacu semangat Anda saat  bekerja.






JANGAN SEPELEKAN 7 GANGUAN TIDUR INI



Tak hanya memicu kantuk di siang hari, gangguan tidur juga mempengaruhi produktivitas.
Apakah Anda sering mengalami kesulitan tidur akibat lelah dengan segudang aktivitas? Atau sering terbangun dan gelisah di tengah malam? Jika iya, mungkin Anda menderita salah satu dari gangguan tidur yang lazim terjadi.
Indentifikasi jenis gangguan tidur yang Anda alami. Gangguan tidur tidak hanya menyebabkan kantuk di siang hari, tetapi juga dapat mengganggu produktivitas, psikologis, dan kesehatan secara menyeluruh.
Berikut tujuh tipe gangguan tidur yang lazim terjadi, seperti dilansir situs Health Me Up.

1. Insomnia
Orang yang menderita insomnia memiliki kesulitan dalam merangsang tubuh untuk tidur. Gangguan tidur ini paling lazim terjadi, bersifat transisional atau primer.
Insomnia transisional merupakan gangguan tidur yang umumnya dipicu stres akibat aktivitas yang padat. Ketika stres sudah teratasi, gangguan tidur pun sirna. Sedangkan insomnia primer memiliki pengaruh jangka panjang dan sulit diobati.
Insomnia memiliki dampak negatif pada suasana hati dan konsentrasi. Perubahan ke gaya hidup sehat dan menjaga kondisi psikologis dapat membantu mengatasi kondisi ini.
2. Sleep Apnea
Kondisi ini ditandai dengan kesulitan bernapas saat tidur sehingga memengaruhi kualitas tidur. Bagi penderita, sangat disarankan untuk memeriksakan kondisi tubuhnya, karena kondisi ini biasanya berkaitan dengan penyakit paru-paru, tekanan darah tinggi, bahkan depresi.
3. Periodic Limb Movement Disorder (PLMD)
Sering mengalami gerak spontan saat tidur? Itu pertanda Anda menderita PLMD. Orang yang menderita kondisi ini memiliki kesadaran sedikit tentang kondisinya. Orang-orang terdekatlah yang biasnaya pertama mengetahuinya.
Kondisi ini dapat diobati dengan obat-obatan yang digunakan dalam pengobatan penyakit Parkinson. Stimulan seperti alkohol dan kafein dapat memperburuk gejala ini.
4. Restless Legs Syndrome
Kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya sensasi yang tidak lazim di kaki sehingga Anda terdorong untuk mengerakkan kaki secara terus menerus. Mereka yang mengalami kondisi ini memiliki intensitas gerakan yang berbeda-beda.

5. Narcolepsy
Orang yang mengalami kondisi ini biasanya akan merasa sangat mengantuk di siang hari dan hanyut dalam tidur siang selama berjam-jam. Mereka dapat mengalami ‘kelumpuhan’ saat tertidur pulas. Konsumsi antidepresan, perubahan gaya hidup, dan menjaga kondisi psikologis sangat membantu.
6. Sleep Walking
Kondisi ini biasanya ditandai dengan tidur sembari melakukan aktivitas yang lazim dikerjakan saat sadar seperti berjalan, menyikat gigi, atau keluar dari rumah. Mereka cenderung tidak menyadari apa yang mereka lakukan hingga orang lain memberitahu mereka.
7. Delayed sleep phase disorder
Orang dengan kondisi ini membutuhkan lebih banyak waktu untuk tidur, akibatnya mereka sulit bangun pagi. Dikata normal jika mengalaminya sesekali. Namun, perlu mendapat perhatian serius jika mengalaminya setiap hari. Gejala gangguan ini biasanya dimulai pada masa kecil atau masa remaja.





8 TIPS SEDERHANA UNTUK ATASI RASA MALU, MINDER, DAN KURANG PERCAYA DIRI



Pernahkah kita merasa tidak yakin, tidak percaya diri ataupun minder juga malu karena kita memiliki kekurangan atau bahkan kelemahan yang menghambat kita dalam mewujudkan impian dan harapan kita? Manusiawi bila pernah kita alami hal hal tersebut diatas, namun bagaimana upaya dan tips untuk mengatasinya mari kita simak dan renungkan bersama 8 Tips hal dibawah ini. Mudah mudahan bisa membuat Anda semakin percaya diri tidak lagi minder dan memberikan keyakinan lebih pada diri Anda
Apa yang menyebabkan kamu merasa minder dan rendah diri ?? :
Karena merasa banyak kekurangan? Karena merasa tidak mampu melakukan apa yang orang lain bisa lakukan? Kita tidak harus selalu memandang ke atas. Kita juga tidak perlu menjadi orang lain. Jadilah diri sendiri dan itu sudah cukup menyenangkan. Mengenali potensi diri dan mengembangkannya adalah cara terbaik untuk meningkatkan rasa percaya diri. Jadi tidak perlu yang namanya malu atau minder.

Siapa saja orang orang yang buat kamu malu dan minder?:
Orang orang yang baru kamu kenal? Orang orang yang menurut kamu punya derajat lebih tinggi dari kamu? Oke, mulailah dengan mengubah cara berfikir kamu. Setiap manusia adalah sama. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing bahkan untuk orang orang yang kamu anggap sempurna. Mereka sama seperti kamu, seperti saya, maka tidak ada alasan untuk merasa minder.

Berhentilah memikirkan kekurangan-kekuranganmu:
Terimalah diri kamu apa adanya. Jadikan kekurangan kamu sebagai kelebihan. Tukul Arwana, adalah contoh yang tepat dalam hal ini. Lihat, bagaimana dia memaksimalkan kekurangannnya menjadi kelebihan yang justru tidak dimiliki orang lain. Selalu menutupi kekurangan hanya akan membuat kamu semakin terpuruk dalam sikap minder dan rendah diri.

Memperluas pergaulan:
Bergaullah dengan orang orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Pelajari cara cara mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Cara mereka berkenalan dengan orang baru, cara mereka memperlakukan orang lain, cara menyikapi sebuah masalah, cara mengatasi situasi, dan lain lain. Banyak hal yang bisa kamu pelajari dan praktekan sendiri.

Mulailah belajar bertanya kepada orang baru:
Belajar bertanya? Yups, bagi orang orang yang bukan pemalu bertanya kepada orang baru bukan sebuah masalah besar. Tapi, keadaan berbeda dengan orang orang pemalu. Rata rata dari mereka jarang sekali memulai pembicaraan atau sebuah pertanyaan. Hal ini hanya bisa dimengerti oleh orang yang sama sama pendiam.

Perhatikan penampilan:
Mulailah memperhatikan penampilan kamu terutama saat keluar dari rumah. Penampilan yang baik dan maksimal dapat membantu kamu meningkatkan rasa percaya diri. Kamu tidak akan merasa minder dan malu saat bertemu dengan orang lain karena kamu sudah tampil All out. Menampilkan yang terbaik. Silakan baca artikel saya 8 Tips Agar Tampil Menarik.

Selalu bersikap tenang
Kesalahan utama orang orang pemalu adalah kurangnya self control (pengendalian diri). Terutama jika berada dalam situasi yang tertekan dan asing. Grogi, cemas, salah tingkah, berkeringat adalah beberapa indikasi seseorang sedang berada dalam tekanan. Sebenarnya hal itu bisa diatasi dengan beberapa tips ringan. Mengambil nafas dalam dalam dan menghembuskannya secara perlahan akan membuat kita merasa sedikit lebih rileks dan tenang. Singkirkan imajinasi negatif kamu mengenai apa yang sedang kamu hadapi. Hilangkan pemikiran bahwa orang orang sedang memperhatikan kamu dan berfikir negatif tentang kamu. Faktanya, semua berjalan biasa biasa saja tidak seperti apa yang kamu pikirkan. Semua hal negatif kamu itu hanya ada dalam imajinasi kamu saja

Coba sesuatu yang baru:
Sering mencoba hal-hal baru akan lebih membuka wawasan serta pandangan kamu tentang hidup dan kehidupan. Yang pada akhirnya akan memberi kita sebuah pemahaman bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Semua manusia adalah sama. Kita punya kekurangan mereka juga. Mereka punya kelebihan kita pun memilikinya. Mereka bisa, maka kita juga bisa..! “Keterbatasan hanyalah sebuah kesalahan dalam cara kita berfikir.” Seharusnya kita tidak memiliki satu pun alasan untuk merasa minder dan rendah diri..!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar