Selasa, 08 Mei 2012

ILMU JIWA

4 RAHASIA PRIA YANG PERLU DIKETAHUI

Mereka ingin belajar bagaimana menjalin hubungan dengan seorang wanita.
Makhluk bernama pria memang kadang membuat penasaran kaum wanita. Tak hanya soal sikapnya yang kadang acuh-acuh butuh, tapi juga soal perilakunya sehari-hari. Apalagi, jika si pria ini adalah incaran Anda.
Benarkah pria menyimpan banyak rahasia? Cari tahu di artikel berikut seperti dikutip dari laman Cosmopolitan.
Pria Senang Nonton Film Komedi Romantis
Bukan berarti pria akan kehilangan sisi maskulin jika mereka senang menonton film komedi romantis, seperti ‘The Break-Up’ atau ‘Love Actually’. Kaum Adam ini rela menonton film jenis ini karena mereka ingin belajar bagaimana menjalin hubungan dengan seorang wanita. Mereka juga ingin lebih mengerti bagaimana karakter seorang wanita.
Pria Selalu Berpikir Soal Seks
Sejak bangun tidur hingga tidur kembali di malam hari, pria selalu berpikir soal seks. Lewat penelitian yang dilakukan oleh tim dari Ohio State University, Amerika Serikat, seperti dilansir oleh Daily Mail, yang melibatkan 160 wanita dan 120 pria berusia 18 hingga 25 tahun, diketahui bahwa rata-rata pria dua kali lebih sering memikirkan seks dibandingkan wanita.
Wanita memikirkan seks sebanyak 10 kali dalam satu hari. Sementara pria jauh lebih sering, yaitu 19 kali.
Pria Senang Mengintip Wanita
Berterima kasih kepada teknologi yang membuat pria makin mudah mengintip kehidupan wanita incarannya. Demi memuaskan keingintahuannya soal wanita sasarannya, mereka tak segan untuk mencari data lewat Google, Twitter, atau Facebook. Dengan begitu, mereka tahu karakter wanita incarannya, musik favoritnya, hobinya, dan juga lingkungan pergaulannya.
Pria Malu Punya ‘Tas Pinggang’
Bukan berarti pria selalu ingin berpenampilan seperti Matthew McConaughey yang sempurna dengan perut kotak-kotak yang seksi. Pria pun ternyata takut jika si dia mengeritik soal beer belly mereka yang menyembul saat mengenakan T-shirt. Makanya, pria pun kadang menjauhi ajakan untuk makan junk food saat kencan. Bukan karena tak suka, tapi lebih ingin tampil sempurna di hadapan wanita pujaannya.





SULITNYA MEMAKSA PRIA MEMINTA MAAF


Pria memang mempunyai sikap atau kebiasaan yang kadang tidak bisa dimengerti wanita.
Isi hati pria tak mudah ditebak. Wanita harus pintar-pintar membaca pikiran mereka dan menerjemahkannya dengan cermat. Kata-kata itu menunjukkan bahwa perlu pemahaman tersendiri menghadapi sosok pria.
Menurut Barbara dan Allan Pease dalam buku ‘Why Men Can’t Have a Clue and Women Always Need More Shoes’, pria memang mempunyai sikap atau kebiasaan yang kadang tidak bisa dimengerti wanita. Bahkan, seringkali membuat jengkel.
Ego pria setinggi langit. Pria paling kesal saat kepergok melakukan kesalahan atau merasa tidak lebih pintar dari pasangannya. Karenanya, “maaf” mungkin menjadi kata sakral yang tak bisa sembarang disebut oleh mereka.
Bagi pria, “maaf” bukan sembarang kata yang bisa diucap berkali-kali. Mereka akan meminta maaf cukup sekali untuk mengakui kesalahannya.
Masalahnya, kaum wanita seringkali justru ingin mendengar kata tersebut berulang-ulang, seolah-olah ingin menghukum pasangannya. Ada baiknya, Anda tidak terlalu mempermasalahkan hal ini. Biasanya, dia mengungkapkan permintaan maafnya lewat perbuatan.
Ingat karakter alamiah pria yang tak suka diatur. Semakin dipaksa untuk melakukan atau mengatakan sesuatu, pria justru semakin menunjukkan penolakan. Butuh pendekatan tersendiri untuk meminta pria mengubah kebiasaan yang mungkin tak Anda suka.
Argumen itu diperkuat dengan sebuah studi di Kanada yang mengungkap bahwa wanita meminta maaf sebesar 35 persen lebih sering daripada pria. Wanita lebih rela meminta maaf untuk meredakan konflik.







5 TANDA SI DIA COCOK JADI PASANGAN


Tak ada yang sempurna, tapi Anda bisa menemukan seseorang yang sempurna bagi Anda!
Sebagian wanita mungkin bermimpi mengalami kisah komedi romantis dalam kehidupan cinta mereka: menemukan seorang pasangan yang sempurna. Namun, di kehidupan nyata kadang sulit memperoleh pria idaman.
Naluri memang bisa membantu menentukan apakah kekasih adalah seorang yang tepat untuk Anda. Tapi, pikirkan lagi sebelum Anda mengambil langkah penting dalam hubungan atau melangkah pada hubungan yang lebih serius.
Ada lima tanda-tanda kekasih memang pantas Anda jadikan pendamping dalam jangka panjang, seperti dikutip dari One Moment:

Kalian saling menghormati

Ingin mencari kecocokan paling dasar di antara kalian? Rasa hormat harus berada di daftar teratas. Dia harus menghormati Anda seperti Anda melakukannya.
Tanda dia menghormati pasangan antara lain:
- Bersedia berkompromi
- Mendengarkan kekhawatiran dan perasaan Anda
- Meminta pendapat Anda mengenai sesuatu
- Menghargai Anda
- Turut bahagia ketika Anda berhasil
Jika pasangan seringkali menganggap pendapat Anda tak penting atau memperlihatkan rasa tak senang atau cemburu atas prestasi Anda, sebaiknya teliti kembali seberapa besar rasa hormat dalam hubungan kalian.
Dia memiliki kualitas yang Anda inginkan

Idealnya, Anda harus tahu kualitas apa yang Anda inginkan dari pasangan. Ini agar tidak menyebabkan masalah serius dalam hubungan di masa depan. Tulis 10 daftar kualitas yang Anda inginkan, kemudian coret yang dirasa tidak begitu penting. Pada akhirnya, mungkin Anda memiliki 5 kualitas yang tak bisa ditawar.
Lalu bandingkan dengan kualitas kekasih Anda. Jika dia tak sesuai dengan daftar  tersebut, bisa jadi dia tak cocok bagi Anda.
Walaupun tak ada yang sempurna, jangan mengubah standar yang telah Anda tetapkan agar cocok dengan pasangan saat ini. Sebab, bisa jadi Anda tak dapat mengubahnya. Tapi Anda juga harus ingat, tak ada orang yang sempurna, selama itu menyangkut kualitas yang dapat dinegosiasikan.
Nilai-nilai yang kalian miliki
Apa nilai-nilai yang Anda miliki dalam kehidupan antara lain keyakinan, pandangan mengenai keluarga atau anak-anak? Ini penting diajukan untuk membantu menentukan apakah dia seorang yang tepat sebagai pasangan hidup.
Nilai biasanya sejalan dengan item yang tak bisa dinegosiasikan. Jika Anda dan dia tak memiliki nilai yang sama, pertimbangkan hal ini sebagai sinyal bahaya dalam jangka panjang.
Bila Anda mempertimbangkan mengorbankan nilai yang Anda miliki, maka Anda pada dasarnya mencoba untuk mengubah diri. Hal ini bukan pertanda baik dalam suatu hubungan! Bicarakan dengannya untuk mencocokkan nilai yang kalian miliki. Bila dia tak memiliki nilai atau tak dapat menyebutnya itu sebuah pertanda buruk.
Intuisi Anda mengatakan “Ya”

Anda tak boleh mengabaikan intuisi, namun intuisi juga bukan penentu. Anda bisa menggunakan insting sebagai panduan ketika mempertimbangkan untuk menjalani hubungan lebih serius.
Intuisi adalah sesuatu yang lebih dari sekedar ketertarikan secara fisik. Perasaan ini memberi tahu apakah dia seorang yang cocok atau tidak. Intuisi bisa menjadi bahan pertimbangan bersamanya.
Anda bisa jadi diri sendiri bersamanya

Anda tidak akan menghargai seorang pria yang berusaha mengubah Anda atau tak menyintai Anda dengan segala kelemahan yang dimiliki. Jadi, jika Anda bisa menjadi diri sendiri saat bersamanya, mungkin dia orang yang tepat. Ini berarti ia tidak hanya menerima kebaikan dan kelebihan Anda, tapi juga kelemahan dan kesalahan yang Anda perbuat.
Saat menjadi diri sendiri, Anda merasakan kebebasan dan kepercayaan diri bahwa ia menerima Anda apa adanya, sama seperti yang Anda lakukan kepadanya.






3 DAMPAK STRES TERHADAP HIDUP



Perempuan dengan level kortisol yang tinggi bisa mengalami masalah dalam ovulasi, sehingga kemampuannya untuk hamil jadi terganggu.
Hidup di zaman modern membuat Anda tidak akan bisa terlepas dari stres. Pada taraf tertentu, stres memang bisa memberi pengaruh positif terhadap diri Anda. Namun, jika terlalu berlebihan, dampaknya akan menjadi negatif. Tidak hanya jiwa Anda yang selalu merasa tertekan, tubuh juga ikut menderita karenanya. Ketahui dampak negatif stres terhadap tubuh dan bagaimana cara mengatasinya:

1. Stres membuat berat badan mudah naik

Ketika stres, tubuh Anda melepaskan hormon kortisol, yang akan memberikan dorongan energi secara cepat untuk memberi respons berupa melawan atau malah menghindar. Namun jika Anda selalu didera stres dalam jangka waktu yang lama, kortisol akan terus-menerus dilepaskan, dan ini akan menyebabkan berat badan mudah naik. Menurut studi yang dimuat pada jurnal Obesity, hormon kortisol dapat membuat lemak cenderung disimpan di daerah perut. Selain itu, Anda juga jadi lebih sering ngemil. Keduanya bisa menurunkan laju metabolisme dan juga meningkatkan kadar gula darah.
“Untuk itu, Anda perlu mengetahui dengan jelas, apa saja pemicu stres utama dalam hidup Anda,” kata ahli nutrisi Charlene Giovanelli-Nicolson. Setelahnya, cobalah memiliki semacam food diary untuk mencatat apa saja yang Anda makan begitu kondisi emosional sedang terganggu akibat stres.
2. Stres menurunkan kadar fertilitas
Studi yang dilakukan oleh Emory University menemukan bahwa wanita dengan level kortisol yang tinggi bisa mengalami masalah dalam ovulasi, sehingga kemampuannya untuk hamil jadi terganggu. Selain itu, stres berlebihan juga bisa berpengaruh buruk pada wanita yang sedang mengandung. Sebagai solusinya, para peneliti menyarankan untuk melakukan terapi berbicara. Sebab, dengan berbicara dengan orang lain, wanita dapat meredakan stres yang dialami, sehingga kemungkinan hamilnya otomatis akan meningkat.
3. Stres menumpulkan dorongan seks
Penasihat masalah seks dan asmara, Elna Rudolph menyatakan, ketika wanita sedang stres, mereka hanya akan berpikir bagaimana cara melalui semua ini dengan selamat. Sedikit sekali yang sampai sempat terpikir untuk melampiaskannya melalui kegiatan yang menyenangkan, salah satunya bercinta.
“Kortisol itu sebenarnya membantu, namun bila Anda mendapatkannya sesekali. Sementara jika terus-menerus, kondisi hormon Anda secara keseluruhan menjadi tidak seimbang,” papar Rudolph.
Ketidakseimbangan hormon ini akan berpengaruh juga terhadap libido Anda. “Jika seks sudah menjadi prioritas terakhir dalam pikiran Anda, itu berarti otak butuh waktu untuk mengingat kembali betapa menyenangkannya aktivitas ini,” kata Rudolph.
Untuk itu, cobalah perbanyak waktu istirahat untuk mengendurkan saraf yang tegang, atur kembali hidup Anda, dan luangkan lebih banyak waktu untuk berduaan dengan pasangan. “Berendam air hangat bisa membantu Anda mengingat kembali pengalaman bercinta yang paling tak terlupakan, juga membangkitkan imajinasi untuk merencanakan acara bercinta berikutnya. Tanpa Anda sadari, aktivitas seks bisa menjadi salah satu cara paling alami untuk meredakan stres!” tambah Rudolph.







INI TANDA PRIA PLAY BOY YANG HARUS DIWASPADAI



kemampuan untuk memikat wanita, namun tidak banyak dari mereka yang benar-benar bisa setia. Tipe pria yang hanya menggoda wanita tanpa ingin serius sering dijuluki playboy.
Tentu Anda tidak ingin terjerat dalam bujuk rayu si pria playboy tersebut. Sebelum memutuskan untuk berhubungan lebih jauh dan memakai perasaan lebih dalam, sebaiknya kenali dulu si pria, apakah dia tipe playboy atau benar-benar serius dengan Anda. Seperti dilansir All Women Stalk, ini dia 4 tanda pria playboy.
1. Punya Banyak Teman Wanita
Tidak masalah pria memiliki teman wanita, namun jika terlalu banyak gadis yang dekat dengan pria, maka Anda perlu waspada. Jika satu hari banyak gadis menelepon si dia, jangan langsung percaya ketika dia mengatakan bahwa gadis-gadis tersebut temannya. Bisa jadi wanita tersebut masih didekati si pria.
2. Berbicara Banyak Tentang Fisik Anda
Wanita mana yang tidak senang akan pujian. Namun ketika si dia lebih banyak memuji tubuh Anda, berhati-hatilah. Apalagi, jika si pria banyak membahas seks, kemungkinan besar si dia hanya ingin mempermainkan Anda.
3. Tidak Menanyakan Kehidupan Pribadi Anda
Playboy tidak hanya sombong dan percaya diri, tapi mereka juga narsis. Biasanya playboy hanya membicarakan kelebihannya sendiri, tanpa ingin tahu dan menanyakan kehidupan Anda. Ia pun akan berbicara dengan lembut dan manis pada wanita incarannya. Itu semua untuk mendapatkan simpati dari Anda.
4. Punya Banyak Mantan Kekasih
Tanda lain pria playboy adalah suka gonta-ganti pacar, sehingga ia memiliki banyak mantan kekasih. Cari tahu kehidupan masa lalunya, ketika dia punya banyak kekasih dan tanda-tanda yang disebutkan di atas ada di dirinya, sudah jelas ia pria playboy, yang ingin menjadikan Anda ‘korban’ selanjutnya.







INILAH CARA MENJAUH DARI SAKIT MENTAL


Mempunyai mental stabil adalah salah satu kunci untuk bisa bertahan hidup dalam menghadapi segala rintangan. Ketika hal buruk terjadi dalam hidup, orang-orang tersebut biasanya mampu untuk bangkit kembali dan tetap produktif.
Ketahanan mental juga dipengaruhi pengalaman hidup masing-masing orang. Kesehatan mental atau emosional mengacu pada kesejahteraan psikologis secara keseluruhan. Hal tersebut termasuk cara menilai diri sendiri, menjaga kualitas hubungan, kemampuan untuk mengelola perasaan, dan menghadapi kesulitan.
Kesehatan mental yang baik bukan hanya tidak adanya masalah kesehatan mental. Mental atau emosional yang sehat adalah yang jauh atau bebas dari depresi, kegelisahan, atau masalah psikologis lain. Kesehatan mental mengacu pada adanya karakteristik positif.
Sebagian orang mungkin tidak memiliki perasaan negatif, namun masih perlu melakukan hal-hal yang membuat merasa positif untuk mencapai mental yang sehat.
Berikut cara untuk selalu menjauhi sakit mental seperti dikutip dari HelpGuide :
1. Memiliki rasa kepuasan yang tidak terlalu tinggi.
2. Semangat untuk hidup dan kemampuan untuk tertawa dan bersenang-senang.
3. Memiliki tujuan baik dalam kegiatan dan hubungan.
4. Fleksibilitas untuk belajar hal baru dan beradaptasi dengan perubahan.
5. Keseimbangan antara bekerja dan menghibur diri.
6. Kemampuan untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang memuaskan.
7. Percaya diri.
Menjaga kesehatan fisik adalah langkah pertama untuk menjaga kesehatan mental dan emosional. Pikiran dan tubuh saling berhubungan. Ketika meningkatkan kesehatan fisik, secara otomatis akan berdampak positif pada kesehatan mental.
Misalnya, olahraga tidak hanya memperkuat jantung dan paru-paru, tetapi juga melepaskan endorfin, yaitu bahan kimia kuat yang memberikan energi kita dan meningkatkan suasana hati.
Cara untuk menjaga kesehatan fisik yang sekaligus akan berdampak pada kesehatan mental antara lain:
1. Cukup istirahat
Untuk memiliki kesehatan mental dan emosional yang baik, penting untuk merawat tubuh, termasuk cukup tidur. Kebanyakan orang membutuhkan 7-8 jam tidur setiap malam agar dapat berfungsi optimal.
2. Pola makan yang baik
Pola makan juga mempengaruhi energi dan suasana hati.
3. Olahraga
Olahraga tidak hanya memperkuat jantung dan paru-paru, tetapi juga melepaskan endorfin, yaitu bahan kimia kuat yang memberikan energi kita dan meningkatkan suasana hati.
4. Mendapatkan sinar matahari yang cukup setiap hari
Sinar matahari dapat meningkatkan suasana hati, jadi cobalah untuk mendapatkan setidaknya 10-15 menit paparan sinar matahari per hari.
5. Batasi alkohol dan menghindari rokok
Alkohol dan rokok adalah stimulan yang tidak wajar dapat membuat merasa baik dalam jangka pendek, tetapi memiliki konsekuensi jangka panjang negatif bagi suasana hati dan kesehatan mental.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar