Selasa, 08 Mei 2012

ILMU JIWA

HATI HATI, BERSEPEDA BISA BIKIN MATI RASA DIKELAMIN PEREMPUAN

Selama ini sepeda seringkali dikaitkan dengan masalah kesehatan seksual laki-laki seperti mempengaruhi kualitas sperma yang dimilikinya. Lalu adakah efek kesehatan seksual bagi perempuan?
Peneliti dari Yale School of Medicine yang dilaporkan tahun 2006 menemukan pesepeda perempuan memiliki sensasi genital yang kurang dibanding dengan pelari perempuan. Hal ini menunjukkan ada risiko masalah seksual yang mungkin terjadi.
Beberapa perempuan yang bersepeda atau melakukan olahraga sepeda statis kadang mengalami mati rasa. Hal ini karena pedal sepeda dirancang sehingga berat badan bertumpu pada ujung sadel yang dapat menekan saraf dan pembuluh darah di daerah kelamin.
Dalam studi terbaru, peneliti Yale mencoba mencari tahu apa faktor yang menyebabkan rasa nyeri dan mati rasa bagi pengendara sepeda perempuan. Sekitar 48 perempuan terlibat dalam studi ini dan diminta bersepeda minimal 10 mil seminggu.
Peneliti menemukan semakin rendah setang sepeda maka seorang perempuan harus membungkuk ke depan atau sehingga memaksanya menempatkan beban atau tekanan yang lebih besar pada daerah jaringan lunak yang disebut perineum dan mengalami penurunan sensasi di dasar panggul.
“Hal ini menunjukkan bahwa ada faktor-faktor risiko yang bisa dimodifikasi terkait dengan pengendara perempuan. Untuk itu lebih baik atur posisi sehingga bisa mengurangi tekanan dan sensasi yang hilang di dasar panggul,” ujar Dr Marsha K Guess dari Yale School of Medicine, seperti dikutip dari NYTimes, Senin (2/4/2012).
Dampak kesehatan seksual lain yang bisa dialami oleh pengendara sepeda perempuan adalah munculnya infeksi di kulit, pembengkakan kronis serta ketidaknyamanan di daerah kelamin.
Hal lain yang didapatkan adalah pengendara sepeda dengan postur tubuh yang maju sekitar 30 derajat ke depan bisa mengalami pengurangan suplai darah ke alat kelamin sebesar 70 persen yang tentu saja mempengaruhi kesehatan seksualnya.
Hasil studi yang dipublikasikan secara online dalam The Journal of Sexual Medicine ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut lagi terhadap efek jangka panjangnya bagi pesepeda perempuan.
Meski begitu ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi efek ini bagi pengendara sepeda perempuan yaitu:
1. Tempatkan sadel pada posisi yang tepat, sehingga bisa merasa nyaman. Sesuaikan ketinggian dan posisi sadel dengan tubuh dan setang sepeda.
2. Usahakan posisi setang sepeda jangan terlalu rendah yang memaksa tubuh untuk membungkuk.
3. Gunakan celana yang empuk.
4. Setiap 10 menit bersepeda sebaiknya berdiri dari sepeda sehingga memberikan daerah genital istirahat dari tekanan.





5 CARA MEMINTA MAAF YANG INGIN DIDENGAR PASANGAN
 

Ketika berbuat salah, terkadang terbersit perasaan gengsi untuk meminta maaf pada pasangan. Kalaupun permintaan maaf itu terucap, pasangan bisa merasa ucapan tersebut tulus. Tentunya pasangan akan enggan memaafkan kalau Anda terkesan seperti tidak serius.
Ucapan permintaan maaf seperti apa sebenarnya yang harus Anda katakan agar pasangan merasa itu tulus? Dr. Jennifer M. Thomas melalui bukunya, ‘Five Language of Love’ memaparkan kalimat maaf apa saja yang sebenarnya ingin didengar pasangan, seperti dikutip psychologytoday:
1. Ekspresi Penyesalan: Aku minta maaf
Ucapan maaf di atas sebaiknya jangan hanya diucapkan ketika Anda ketahuan berbuat salah. Ucapkan kalimat tersebut bukan diiringi kata ‘Aku minta maaf jika…’ tapi dengan kalimat ‘Aku minta maaf karena kemarahanku, kemalasanku, dan lain-lain, membuat hubungan kita memanas’. Saat meminta maaf, Anda bisa meminta pasangan menambahkan poin apa yang seharusnya Anda sadari kalau itu salah. Tunjukkan betapa Anda telah menyesal.
2. Menerima Tanggung Jawab: Aku memang salah
Saat mengucapkan permintaan ini, sebutkan apa kesalahan yang telah Anda lakukan dan terimalah kalau memang Anda salah. Memang rasanya lebih mudah mengatakan kalimat ‘kamu yang benar’ ketimbang ‘aku yang salah’. Tapi percayalah kalimat kedua akan lebih membuat pasangan percaya kalau Anda memang meminta maaf dengan tulus.
3. Perbaiki Kesalahan: Apa yang Bisa Aku Lakukan?
Ketika meminta maaf, jangan hanya mengekspresikan penyesalan saja. Tunjukkan juga kalau Anda memang ingin memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan.
4. Penyesalan: Aku tidak akan mengulanginya lagi
Penyesalan di sini berarti Anda benar-benar menunjukkan kalau sikap yang Anda lakukan tersebut tidak akan diulangi lagi. Kalau memang sikap atau perkataan Anda menyebabkan masalah, terlibatlah dalam mencari solusi untuk mengatasinya. Jangan mencari alasan atas kesalahan Anda misalnya dengan mengatakan, ‘aku baru saja melalui hari yang buruk’. Berikan solusi bagaimana agar apa yang Anda lakukan itu tak terulang lagi di masa depan.
5. Minta Dimaafkan: Apakah kamu mau memaafkanku?
Saat mengajukan permintaan maaf dan berdamai, Anda harus bersabar. Pasangan bisa saja butuh waktu atau klarifikasi lebih jelas, meski Anda sudah menunjukkan empat tahapan sebelumnya.
Apakah semua tahapan meminta maaf itu bisa membuat Anda dimaafkan? Berdasarkan riset yang dibuat Thomas dalam penulisan bukunya itu, reaksi orang terhadap permintaan maaf itu berbeda-beda.
“Saat kami meneliti 500 orang dan bertanya apa yang mereka ingin dengar dalam sebuah permintaan maaf, jawaban itu terbagi dalam lima kategori. “Aku awalnya berpikir, satu dari lima kategori itu akan paling banyak dipilih. Aku juga berpikir pasti jawabannya adalah aku minta maaf. Tapi kenyataannya, tidak ada satupun dari lima kategori itu yang presentasenya lebih dari 28%,” jelas Thomas.






6 SIKAP YANG BUAT WANITA TERPURUK SAAT JATUH CINTA


Saat sedang menaruh hati pada seorang pria, Anda merasa sangat bahagia dan terkadang lupa segalanya. Setiap hari hanya pria itu yang ada di pikiran. Memberikan yang terbaik untuk seorang pria merupakan sesuatu yang bisa membuat perasaan menjadi senang. Tidak salah memang, tapi lebih baik pikirkan kembali apakah terlalu memprioritaskan pria dan cinta tidak merugikan Anda?
Boleh saja membahagiakan pasangan, tapi Anda juga harus memikirkan diri serta lingkungan sekitar. Dikutip dari Madamenoire, berikut enam alasan mengapa putusnya hubungan percintaan dapat membuat wanita terpuruk.
1. Selalu Berharap Dia Kembali
Putus cinta adalah hal yang lumrah bagi setiap pasangan. Namun, wanita sering tidak ikhlas dengan hubungan yang kandas di tengah jalan karena merasa dialah masa depannya. Bahkan, tidak sedikit wanita yang mengharapkan waktu akan membawa si pria kembali lagi bersama Anda.
Hidup terlalu singkat untuk diam pada posisi yang sama. Anda harus move on supaya menemukan orang yang tepat. Anda bisa melakukan berbagai hal tanpa dirinya. Carilah kegiatan atau pergi dengan teman-teman agar dapat melupakan mantan serta menemukan seseorang yang bisa mengisi kekosongan hati Anda. Jika jodoh, Anda pasti dipertemuakan kembali. Ingat, Tuhan selalu mempunyai rencana indah untuk hidup Anda.
2. Tidak Dapat Membuka Hati
Setelah putus, Anda bergaul dengan beberapa pria yang baru ditemui. Pria-pria tersebut mewarnai hari Anda setiap hari. Akan tetapi, Anda tidak berani membuka hati dengan salah satu dari mereka. Anda masih mengharapkan mantan. Jika hal ini dilakukan, Anda akan merasa putus asa dan sulit bahagia.
3. Dia adalah Hidup Anda
Pasangan merupakan sahabat terbaik dalam hidup. Setelah sekian tahun bersama, Anda merasa dia adalah hidup Anda. Dengan keyakinan itu, Anda mengesampingkan teman-teman, pekerjaan dan hanya dia yang utama. Hubungan seperti ini tidak sehat bagi Anda serta pasangan. Coba seimbangkan antara hubungan percintaan dan lingkungan sekitar Anda.
4. Terlalu Cepat Memberikan Segalanya
Setelah beberapa bulan kencan dengan seorang pria, Anda menghabiskan uang dan waktu untuk memberikan sesuatu yang spesial demi langgengnya hubungan kalian. Namun, jangan terlalu cepat memberikan segala milik Anda. Jangan sampai dia hanya memanfaatkan Anda. Butuh mempelajari banyak hal tentang dirinya sebelum Anda menghabiskan waktu serta uang untuk pria yang tidak tepat.
5. Tanpa Cinta, Hidup Tidak Ada Artinya
Saat single, Anda berusaha keras untuk menemukan pria yang tepat. Anda merasa bahwa semua manusia diciptakan berpasangan. Oleh karena itu, Anda terus mencari pria terbaik. Padahal Anda tidak akan bisa menebak kehidupan di masa depan. Daripada bersikeras mencari seorang pria, lebih baik gunakan waktu untuk berteman dengan banyak orang, mengembangkan bakat dan menjalani aktivitas secara wajar dan teratur.
6. Tidak Ada Aturan Dalam Cinta
Ketika sedang jatuh cinta dengan seorang pria, Anda merasa semua hak dia adalah milik Anda. Anda percaya bahwa cinta mengalahkan segalanya. Ini menjadi suatu yang mudah mempengaruhi perasaan wanita. Mereka cenderung posesif. Coba pikirkan lagi apakah sikap Anda baik bagi diri sendiri dan tidak merugikan orang lain.






6 KEBIASAAN WAJIB DIPAGI HARI AGAR SEMANGAT SEHARIAN



Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat Anda semangat menghadapi hari. Misalnya dengan melakukan beberapa hal ini. Seperti yang dikutip dari Times of India, berikut enam kebiasaan di pagi hari yang wajib dilakukan agar selalu fokus dan semangat.
1. Melihat Warna Terang
Para ahli mengatakan, warna terang dapat membuat mata lebih segar dan ‘melek’ ketika Anda bangun tidur di pagi hari. Anda akan merasakan adanya peningkatan energi secara tiba-tiba, yang membuat semangat sepanjang hari.
Sebagai rekomendasi, cobalah menaruh benda seperti lampu meja, sarung bantal, atau bingkai foto berwarna oranye di samping tempat tidur. Untuk pilihan lainnya, Anda bisa memakai busana berwarna fuschia atau meminum jus jeruk saat sarapan.
2. Hindari Menekan Tombol ‘Snooze’
Semakin sering Anda menekan tombol tunda pada alarm, maka Anda akan semakin tak bersemangat. Hal ini dikarenakan, ketika menekan tombol ‘snooze’ otak menyadari fakta bahwa Anda bisa tidur 5 menit lagi, sehingga otak cenderung masuk ke dalam mode tidur lelap, sekali lagi. Inilah yang membuat Anda lesu dan menguap sepanjang hari.
3. Visualisasi Jadwal Seharian
Menggambarkan rencana di benak, akan membuat Anda lebih fokus dan bersemangat. Menurut para pakar, hal tersebut bisa bantu Anda menjalani rencana dengan lebih siap. Tanyakan pada diri, apa yang membuat Anda bersemangat hari ini, secara otomatis Anda pun jadi terangsang untuk mau berpikir ke depan dengan cara yang positif.
4. Minum Air
Meminum banyak air saat bangun dapat membantu tubuh menyimpan cadangan mineral yang hilang pada malam hari. Menurunnya kadar mineral dapat membuat Anda lelah secara fisik dan mental. Oleh karena itu, atur kadar air dalam tubuh dengan meminum delapan hingga 10 gelas dalam sehari.
5. Terpapar Sinar Matahari
Sesegera mungkin Anda terpapar sinar matahari, secepat itu pula kadar melatonin (hormon yang membuat Anda mengantuk) berkurang. Sebagai rekomendasi, awali hari dengan duduk di teras rumah, sambil membaca koran dan sarapan pagi.
6. Melakukan Aktivitas Fisik
Selain beberapa cara di atas, memulai hari dengan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik selama 45 menit seperti berlari kecil, berjalan di taman dapat mengurangi rasa pusing akibat bangun pagi. Selain itu, olahraga membuat Anda di luar ruangan membuat Anda lebih mudah terpapar sinar matahari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar