Selasa, 08 Mei 2012

ILMU JIWA

 5 HAL YANG BAIK DIKONSUMSI SAAT STRES BERAT


Stres karena beban pekerjaan yang berat dan tekanan dari berbagai pihak dapat menyebabkan depresi pada seseorang. Akibatnya seseorang akan diliputi perasaan sedih, sering merasa kelelahan, kehilangan semangat hidup dan pola tidurnya terganggu.
Ada banyak macam obat untuk mengatasi depresi, akan tetapi semua jenis obat tentu mempunyai efek samping yang berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka panjang. mengatasi depresi dapat dilakukan dengan cara yang lebih sehat, misalnya dengan meningkatkan nutrisi pada otak.
Berikut 5 jenis makanan yang dapat mengurangi depresi seperti dikutip dari naturalnews, Senin(26/3/2012) antara lain:
1. Minyak Ikan
Berdasarkan penelitian tahun 2002 yang ditampilkan dalam Archives of General Psychiatry menunjukkan bahwa orang yang depresi seringkali kekurangan asam lemak yang dikenal sebagai EPA.
Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan EPA dalam tubuh. Omega-3 juga terakndung dalam biji kenari, biji rami dan ikan salmon atau tuna.
2. Beras Merah
Beras merah mengandung vitamin B1, vitamin B3 dan asam folat. Beras merah merupakan jenis makanan yang dapat melepaskan glukosa ke dalam aliran darah secara bertahap, sehingga dapat mengendalikan perubahan mood.
Beras merah mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, juga berserat tinggi yang dapat memperlancar sistim pencernaan dan menurunkan kolesterol.
3. Ragi
Ragi mengandung vitamin B1, B2, B3, 16 asam amino dan 14 mineral. Asam amino penting bagi sistem saraf, yang membuat ragi dapat mengatasi depresi. Ragi dapat dicampurkan ke dalam jus yang dikonsumsi sehari-hari.
4. Oatmeal
Oatmeal mengandung asam folat, asam pantotenat dan vitamin B6 dan B1 yang dapat membantu menurunkan kolesterol, melancarkan saluran pencernaan dan mengendalikan mood.
5. Kubis
Kubis banyak mengandung vitamin C dan asam folat. Mengonsumsi kubis dapat mencegah stres, infeksi dan penyakit jantung, serta banyak jenis kanker, menurut American Association for Cancer Research.
Selain dari makanan, depresi atau stres berat juga dapat diatasi dengan melakukan beberapa hal berikut:
1. Beraktivitas di pagi hari agar terkena sinar matahari.
Sinar matahari pagi adalah obat yang ampuh untuk mengatasi depresi.
2. Terlibat dalam latihan rutin minimal tiga kali per minggu.
Latihan mengontrol mood dan cara berpikir yang positif.
3. Menonton acara komedi.
Tertawa karena hal-hal lucu merupakan obat yang baik untuk orang depresi.
4. Konsumsi suplemen makanan herbal yang berkualitas untuk mendapatkan obat yang lebih alami dari dunia tanaman.






CARA BANTU SI ANAK PEMALU AGAR MUDAH BERTEMAN



Sifat setiap anak tentu selalu berbeda satu dengan yang lain. Ada yang agresif, mudah bergaul juga periang. Bagaimana jika si kecil termasuk anak yang pemalu?
Anak yang memiliki sifat pemalu biasanya sulit saat harus berbicara dengan anak lain, atau terus-terusan menundukkan kepala saat diperkenalkan dengan orang baru. Ketertutupan anak akan menghalanginya untuk bersosialisasi. Anak pemalu biasanya akan membatasi interaksi mereka terhadap orang lain, tidak mampu mengatasi risiko sosial dan hasilnya mereka tidak memiliki kepercayaan diri dalam kehidupan sosial.
Kesulitan untuk beradaptasi dalam sebuah kelompok dan mendapatkan teman baru biasanya menjadi masalah yang kerap dialami si anak pemalu. Kabar baiknya, Anda bisa membantu si kecil merasa lebih nyaman dalam bersosialisasi dengan meningkatkan dan mempraktikkan keterampilan kompetensi sosial. Caranya seperti yang dilansir oleh Galtime berikut.
1. Melatih Kontak Mata
Saat Anda berbicara dengan si kecil katakan kepadanya, “Tatap mataku” atau “Lihat aku”. Dengan kesadaran untuk menguatkan kemampuannya dan menerapkan metode ini secara teratur, si kecil akan terbiasa melakukan kontak mata dalam berbicara.
Tip: Jika anak Anda takut untuk memandang langsung mata lawan bicaranya, katakan padanya untuk melihat batang hidung pembicara. Dengan sedikit latihan, si kecil biasanya tidak lagi membutuhkan teknik ini dan akan lebih berani untuk memandang mata lawan bicaranya.
2. Ajarkan Percakapan Pembuka dan Penutup
Buatlah sebuah daftar bersama anak Anda tentang kalimat pembuka percakapan sehari-hari yang dapat ia gunakan saat berkomunikasi. Misalnya, apa yang dapat ia katakan dengan orang yang sudah ia kenal, orang dewasa yang belum pernah ia temui, teman yang sudah lama tidak bertemu, murid baru di sekolah atau teman bermain bersama di sekitar rumah. Kemudian latih percakapan yang dibuat secara bergantian, sampai anak Anda merasa nyaman untuk melakukannya sendiri.
Tip: Mempraktekkan kemampuan bercakap-cakap melalui telepon jauh lebih aman bagi anak-anak pemalu daripada bertatap muka.
3. Melatih Interaksi Sosial
Persiapkan anak Anda untuk acara sosial yang akan dihadiri dengan menjelaskan bagaimana settingnya, apa yang diharapkan dan siapa saja yang hadir. Kemudian bantu ia untuk mempraktikkan bagaimana bila bertemu dengan orang lain, table manners, kemampuan percakapan dasar dan bahkan bagaimana mengatakan selamat tinggal dengan baik.
4. Praktekkan dengan Teman yang Lebih Muda
Philip Zimbardo, seorang terapis, menyarankan untuk mengajak anak Anda bermain dengan teman atau saudara yang lebih muda untuk beberapa waktu. Bagi remaja, cobalah menjadi pengasuh bayi atau anak kecil di rumah tetangga atau saudara. Cara ini baik bagi anak untuk mempraktekkan kemampuan bersosialisasi (memulai pembicaraan, menggunakan kontak mata) jika ia malu mencobanya dengan teman sebayanya.
5. Atur Kesempatan Bermain Berdua
Dr. Fred Frankel, seorang Psikolog dan pengembang UCLA Social Skills Training Program menyarankan kesempatan bermain berdua dengan teman merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan diri sosial pada anak. Anak Anda dapat mengundang seorang temannya untuk berkunjung dan bermain agar mereka bisa lebih saling mengenal dan melatih kemampuan menjalin pertemanan. Sediakan makanan ringan dan jaga agar kegiatan ini tidak terganggu oleh kakak/adiknya dan TV.






5 HAL YANG BISA BANGKITKAN GAIRAH TANPA HARUS MIKIR JOROK



Gairah seks bisa bangkit kapan saja saat terlintas pikiran jorok di kepala. Namun beberapa hal yang tidak ada hubungannya dengan seks kadang juga bisa membangkitkan gairah tanpa harus berpikir jorok, setidaknya tidak secara langsung.
Hal-hal yang sepintas tidak berhubungan itu antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari Menshealth.com,
1. Twitter
Sebuah survei yang dilakukan oleh situs biro jodoh OKCupid pada tahun 2011 membuktikan, orang-orang yang rajin ‘berkicau’ di twitter setiap hari biasanya 2 kali lebih sering melakukan masturbasi. Kecenderungan ini membuktikan bahwa orang yang kecanduan twitter memiliki gairah seks lebih tinggi.
Psikolog dari Amerika Serikat, Dr Kat Van Kirk menanggapi hasil survei ini dengan komentar positif. Menurutnya hal itu cukup masuk akal, karena saat terhubung ke internet maka seseorang akan lebih mudah menemukan rangsang visual berupa gambar atau video seksi.
2. Bau Lavender dan Buah Labu
Dalam sebuah penelitian, para peneliti dari Smell and Taste Research Center di Chicago mengungkap ada 24 jenis bebauan yang bisa membuat gairah seks lelaki terangsang. Dari sekian banyak bebauan, yang memberikan efek paling dahsyat adalah kominasi bau lavender dan buah labu.
Penelitian sebelumnya mengatakan, buah labu khususnya labu kuning memang memiliki kandungan yang berkhasiat meningkatkan aliran darah di bagian alat vital laki-laki. Namun untuk mendapatkan efek tersebut, buah labu tidak harus dimakan sebab ternyata baunya sudah cukup merangsang.
3. Krisis Ekonomi
Ketika harga-harga kebutuhan pokok makin tidak terjangkau, isi dompet mungkin akan sangat berkurang tetapi tidak dengan isi celana para lelaki. Bahkan menurut penelitian, makin sedikit isi dompet maka dorongan untuk bercinta justru akan meningkat.
Omri Gillath, PhD, seorang psikolog sosial mengatakan bahwa naluri itu dimiliki manusia sejak zaman purba. Pada masa itu manusia susah cari makan dan umurnya tidak panjang, sehingga satu-satunya cara untuk melestarikan spesies agar tidak punah adalah dengan lebih sering berhubungan seks.
4. Rasa Takut
Dalam sebuah eksperimen di University of British Columbia, sekelompok lelaki diminta mengisi kuesioner di atas jembatan tinggi. Meski lebih ketakutan dibandingkan saat mengisinya di atas jembatan kecil, para partisipan justru lebih cepat merespons ketika didatangi asisten berpakaian seksi.
Kesimpulan dari penelitian itu adalah, makin dihantui rasa takut maka ketertarikan para lelaki terhadap perempuan berpenampilan seksi cenderung meningkat. Menurut para peneliti, rasa takut mempengaruhi komposisi hormonal di otak yang membuat gairah seks mudah terangsang.
5. Warna Merah
Bagi kebanyakan orang, warna merah selalu melambangkan keberanian dalam banyak hal termasuk yang berhubungan dengan gairah seksual. Tak heran jika banyak orang akan menganggap, warna merah adalah warna paling seksi setidaknya di mata para lelaki.
Sebuah penelitian di Journal of Personality and Social Psychology edisi tahun 2008 membuktikan, laki-laki cenderung menilai perempuan lebih seksi ketika memakai baju merah. Penilaian itu bisa berubah tanpa disadari ketika perempuan yang sama tampil lagi beberapa saat kemudian, dengan model baju yang sama namun warnanya berbeda.




KETAKUTAN PRIA KALA KENCAN PERTAMA


Bukan hanya wanita yang merasa gugup saat kencan perdana. Pria pun bisa stres!

Pria akan tampil sekeren dan sesempurna mungkin saat kencan pertama dengan wanita incarannya. Tapi tahukah Anda pria juga sama gugupnya dengan wanita?
Saat mulai saling mengenal lewat kencan pertama, ada beberapa hal yang diam-diam  membuat pria stres, seperti dikutip Cosmopolitan:
Anda berbeda dari apa yang dia harapkan

Semua orang berharap kencan pertama akan menjadi sesuatu yang sempurna. Dia akan bersikap manis dan romantis, hingga berjanji akan menelepon Anda. Tapi kenyataannya, sebagian pria tak pernah lagi menghubungi, karena di matanya Anda berbeda dari harapannya.
Solusi:
Steve Nakamoto, pakar hubungan dan penulis ‘Men Are Like Fish’ menyatakan, kencan tak ubahnya seperti berbelanja. Bertindak tak sesuai dengan harapannya bukan berarti Anda tak masuk kategorinya. Jadi, sebaiknya ungkapkan perasaan gugup Anda yang membuat tingkah Anda agak aneh atau berlebihan. Setelah itu, pembicaraan kalian akan mengalir lebih santai.
Dia bukan satu-satunya pria yang membuat Anda tertarik

Di kencan pertama pria lebih tertekan untuk membuat pasangannya merasa tertawan. Sehingga, wajar dia khawatir memiliki saingan lain yang dapat mencuri perhatian Anda.
“Dia tak punya cara mengetahui apakah Anda serius atau hanya mencari selingan,” kata Nakamoto. Bila selama kencan, Anda terlihat tak tertarik atau sangat sibuk memandang sekeliling, dia akan berpikir Anda hanya mencari incaran lain. “Dia merasa terlihat sebagai seorang yang bodoh.”
Solusi:
Bila berkencan di tempat yang ramai, usahakan agar selalu fokus padanya. Yakinkan dia bahwa Anda benar-benar tertarik padanya dengan memberikan komentar pada hal-hal yang dia katakan. Lalu minta dia menguraikan sedikit agar Anda benar-benar terlibat dalam pembicaraan “Ini membuatnya merasa memberi kesan yang baik pada Anda,” ujar Nakamoto.
Dia menyentuh Anda terlalu cepat

Kontak fisik dengan seorang wanita untuk pertama kali sangat menegangkan bagi seorang pria. Dr Paulus Dobranksy, penulis ‘The Secret Psychology of How We Fall In Love‘ mengungkap, meletakkan tangan di lengan atau menyentuh tangan Anda bisa membuatnya berkeringat.
“Dalam kencan, pria tahu ada hal-hal yang tak boleh dilakukan. Dia khawatir tak dapat mengikutinya,” katanya. Ada pertempuran dalam setiap pria, antara ingin menyentuh dan bersikap sopan. Jika tak mendapat respon yang dia cari, akan menjadi hal yang memalukan baginya.
Solusi:
Dekati ia dengan sebuah pukulan atau sentuhan ringan. Jika Anda merasa si dia terlihat canggung mendekati, itu merupakan sinyal dia sebenarnya ingin melakukan kontak.
Dobransky mengatakan, “Jika kalian duduk berhadapan, sentuh kakinya dengan kaki Anda, atau sentuh tangannya saat sedang mengambil roti. Ini menandakan, Anda mengizinkan dia menyentuh Anda.”
Anda takkan berkencan lagi dengannya

Bahkan sebelum kencan kalian berakhir, si dia telah mengira-ngira akankah ada kencan selanjutnya? Bagi pria, berkencan sama seperti karier. Dobransky mengatakan, “Dalam benaknya, pria merasa memiliki tugas di kencan pertama, yaitu mengesankan Anda. Jika melakukannya dengan baik dia akan mencapai tujuannya dan menjalani kencan berikutnya. Bila menyangka tak berhasil, hal ini akan memukul egonya.”

Solusi

Jika Anda tak merasa cocok dengan pasangan kencan, bukan urusan Anda menenangkan hatinya. Tetapi jika Anda tertarik, berikan petunjuk bahwa Anda menikmati kencan bersamanya.
Seperti menyebutkan restoran baru atau film yang menarik ditonton bersama di lain waktu. Menurut Nakamoto, cara ini menandakan Anda telah merancang kencan kedua. “Bila mengatakannya di pertengahan kencan, akan jauh lebih baik. Pria akan lebih rileks dan kalian akan mencairkan kejanggalan kencan pertama seketika,” ujarnya. (hp).






PRIA MEMIKIRKAN INI PADA PENAMPILAN WANITA



Maxi dress elegan yang membalut tubuh Anda, belum tentu membuat pria nyaman.
Bagi kaum hawa, hati- hati untuk urusan penampilan. Jika tidak ingin terlihat “ajaib”, tata penampilan Anda dengan benar. Kenakan heels hanya untuk acara formal, smokey eyes saat undangan kencan, atau lipstik merah untuk menunjukkan sisi seksi Anda. Para pria mempunyai pandangan sendiri saat pertama kali melihat penampilan Anda. Berikut penilaian mereka tentang penampilan wanita.

Pixie Haircut

Dimata pria, wanita yang menggunting rambutnya dengan model super pendek adalah wanita yang tomboy. Para pria senang dengan kepribadian seperti ini karena biasanya orang- orang tomboy lebih asik untuk menemani mereka saat melakukan kegiatan petualangan dan menantang, atau sekedar olahraga bersama.
Lipstik Merah
Seksi, berani dan mahal, adalah penilaian pertama ketika para wanita memoleskan lipstik merah untuk menghias bibir. Jadi jika Anda ingin terlihat sebagai pribadi yang berani, pakai lipstik warna merah ini. Tetapi sebagian pria juga tidak menyukai hal ini, meraka lebih tertarik pada wanita yang menggunakan lipstik warna nude atau warna alami lainnya yang mengesankan kelembutan.
Smokey Eyes
Nah bagaimana para pria ini berpendapat, saat melihat wanita dengan riasan smokey eyes? Efek eyeshadow sewarna yang membuat mata lebih dapat “berbicara” ini membuat mereka jatuh cinta, dibandingkan dengan eyeshadow warna- warni yang justru terlihat seperti pelangi.
Cukup dengan mata yang memancarkan sinar seperti ini, wanita terlihat lebih percaya diri. Tidak percaya? Coba saat Anda harus menghadiri acara formal bersama pasangan, dijamin mereka akan terus menggandeng Anda.
Kuku warna cerah
Warna biru muda, ungu terang, pink, dan kisaran warna yang ada di permen lollipop mengundang daya tarik tersendiri. Para pria berfikir, wanita- wanita yang menghias kuku- kukunya dengan warna terang adalah sosok yang fun dan menyenangkan saat diajak berbicara untuk masalah yang tidak terlalu serius. Jangan salah, pria dibalik kemejanya lengan panjangnya juga memiliki sisi humoris, dan mereka butuh lawan bicara yang lucu juga.
Alis Tebal
Hanya satu kata yang terucap saat pria- pria ini melihat wajah tegas dengan alis tebal, dengan bentuk rapi tentunya. Keren!. Tapi tergantung juga pada raut wajahnya, pada wajah yang melankolis meskipun beralis tebal, tetap saja kelembutan yang terpancar.
Maxi Dresses
Saat mengenakan maxi dress, para wanita harus benar- benar dapat menyesuaikan acaranya. Jika untuk kencan saja mengenakan gaun panjang, mereka akan berpikir Anda adalah pribadi yang sangat serius dan tentu saja tidak memberikan kenyamanan untuk pria. Sebaiknya kenakan dress panjang saat berlibur di musim panas, ini akan menunjukkan bahwa Anda adalah wanita yang sempurna.

Heels

Di luar negeri, kebanyakan wanita mengenakan sepatu flat untuk melakukan aktifitasnya di luar ruangan, berjalan kaki atau bekerja aktif. Dengan mengenakan sepatu datar, wanita terlihat sangat percaya diri.
Heels hanya digunakan saat bertemu dengan klien dan acara semi formal atau formal lainnya. Anda terlihat sangat seksi. Tapi jangan pernah mengenakan sepatu berhak tinggi ini di taman kota jika Anda tidak ingin terlihat “aneh” di mata pria.








PRIA JUGA BUTUH KEJUTAN MANIS


Saat memberikan hadiah, ikuti trik ini agar pemberian lebih berkesan.
Memilih hadiah spesial untuk pria bukanlah hal yang mudah. Anda akan selalu dibayangi dengan pertanyaan apakah mereka akan menyukainya atau tidak. Karena, jika tidak menyukai apa yang diberikan, mereka tidak akan pernah memakainya. Tapi, kalau mereka sangat menyukai apa yang telah diberikan, mereka bisa menggunakan sesering mungkin.
Jika Anda berencana memberikan hadiah spesial kepada pasangan Anda, ada baiknya Anda mengikuti langkah-langkah berikut agar tidak salah pilih nantinya.
1. Siapkan budget
Sebelum hunting hadiah di, siapkan dulu budget untuk membelinya. Ingat, kalau barang-barang kebutuhan pria mayoritas lebih mahal dibandingkan batang-barang kebutuhan wanita. Apalagi, mereka akan lebih senang mendapatkan hadiah berupa barang yang dapat dipakai daripada hanya sekedar pajangan. Contohnya, seperti barang-barang yang dapat menunjang penampilan, hobi, atau pekerjaannya.
2. Cari tahu
Sebelum menetapkan apa yang akan Anda beli, ada baiknya Anda mencari tahu apa hobinya, toko favoritnya, atau barang-barang yang sedang diincarnya.
Kalau Anda memutuskan untuk memberikannya pakaian atau aksesoris pria, cari tahu ukurannya dan bagaimana gayanya sehari-hari. Salah satu brand terkenal dari Jerman, Camel Active, bisa menjadi pilihan tepat. Label ini mengusung gaya busana bagi pria maskulin yang suka petualangan. Selain busana, merek ini juga menyediakan tas multifungsi dan beragam aksesoris yang dapat menunjang kegiatan adrenalin pasangan Anda.
Pria juga paling senang diajarkan cara berpakaian, Anda bisa menjadi stylist pribadi untuk pasangan. Misalnya saja untuk tampilan vintage, pilih jaket  bergaya bomber dengan warna biru, nila, khaki, nuansa militer kehijauan, atau putih yang dipadankan dengan kaos dan celana.
3. Berikan dengan sedikit kejutan
Siapa sih yang tidak suka dengan kejutan? Berikan kejutan manis seperti memasakkan menu masakan favoritnya dalam acara makan malam romantis saat memberikan hadiah. Atau, kirim hadiah spesial tersebut bersamaan dengan video pesan cinta Anda untuknya. Jangan lupa, berikan kecupan manis ketika Anda bertemu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar