Selasa, 08 Mei 2012

ILMU JIWA

PUTUS CINTA TAPI TIDAK GALAU , BAGAIMANA CARANYA?


Putus cinta bisa membuat seseorang menjadi sedih, patah hati, terpuruk dan juga galau. Terkadang wanita tetap mempertahankan hubungannya yang buruk dan tidak sehat karena mereka takut melalui masa-masa galau menjadi single. Padahal, mereka sudah tidak nyaman menjalani hubungan dan berharap bisa segera melanjutkan hidup. Adakah cara menghindari galau setelah putus cinta? Ini dia cara meminimalisir perasaan galau setelah putus cinta.

1. Pikirkan Baik-baik Sebelum Putus
Sebelum memutuskan untuk berpisah, pikirkan baik-baik keputusan Anda. Bayangkan bahwa Anda memang mampu menjalani hidup dengan kehidupan sendiri. Pastikan masalah yang ada dalam hubungan sudah sangat tidak bisa ditolerir. Jangan sampai Anda salah ambil keputusan.
2. Jaga Jarak Sebelum Putus
Setelah yakin akan berpisah, jangan langsung menuturkan bahwa Anda ingin mengakhiri hubungan. Anda harus sedikit demi sedikit mengambil jarak dengannya. Cara ini bisa sebagai percobaan Anda menjalani hidup tanpanya. Menjaga jarak juga membuat Anda dan dia tidak merasa kaget setelah putus nanti. Namun, jangan terlalu lama dalam menjaga menjaga jarak, paling lama satu bulan.
3. Jangan Mengasihani Diri Sendiri
Sedih sudah pasti akan dirasakan, namun jangan mengasihani diri sendiri. Anda malah akan semakin terpuruk dan sulit melanjutkan hidup jika memanjakan perasaan sedih dan merana.
4. Jangan Mengingat-ingat Kejelekannya
Sakit hati Anda tidak akan usai jika terus mengingat-ingat masalah dan kejelekan mantan. Sangat membenci dan dendam dengan mantan juga bukan solusi yang tepat untuk bisa move on. Jadi, berhentilah mengingat segala keburukannya.
5. Jangan Mengenang yang Indah-indah
Bukan berarti juga Anda mengenang yang indah-indah bersama sang mantan. Memikirkan masa-masa bahagia ketika Anda bersama dulu, malah membuat Anda menjadi labil. Keinginan ‘balikan’ pun bisa muncul jika terus mengingat yang hal yang indah-indah.
6. Keluar Rumah
Daripada mengambil cuti dari kantor dan memilih berdiam diri di rumah karena tidak fokus bekerja, sebaiknya manfaatkan cuti Anda untuk berlibur atau menyibukkan diri. Ajak rekan kerja atau sahabat-sahabat Anda pergi untuk karaoke atau sekedar ngopi-ngopi setelah jam kerja.
7. Berpikir Positif
Memang sulit berpikir positf  ketika perasaan masih kacau balau, tapi Anda harus berusaha melawannya. Pikirkan masa depan yang lebih baik. Tulislah di selembar kertas, apa yang ingin Anda gapai dan lakukan ke depannya. Seperti, kursus masak, melanjutkan sekolah lagi atau ingin membentuk tubuh menjadi lebih indah. Apapun itu Anda harus fokus kepada kehidupan Anda di masa depan.






TERNYATA WANITA LEBIH PANDAI BERBOHONG DARIPADA PRIA



Kebohongan ditentukan level hormon testosteron tinggi di otak.
Pria kerap diidentikkan sebagai gender yang pandai berbohong. Para ahli menemukan, wanita sebenarnya lebih pandai merangkai kecurangan. Ini karena kaum hawa lebih teliti terhadap konsekuensi kebohongan mereka.
Temuan ini hadir dalam dalam pertemuan panel “The Algorithm Method: Love in Social Media Age“. Salah satunya mempertanyakan dampak sosial media terhadap kebohongan.
Ternyata, media sosial semisal Twitter dan Facebook belum mampu memfasilitasi kecurangan, menurut ahli hubungan dan antropolog Helen Fisher, Ph.D. “Tidak cukup bukti bahwa teknologi dan media sosial penyebab kecurangan, ” kata Fisher.
Fisher mengungkap, otak menyimpan indikator kebohongan yang tidak berubah selama 2.000 tahun. Bila seseorang memilikinya, maka kecenderungan orang tersebut akan selalu berhobong.
Tingkat hormon testosteron tinggi merupakan indikator kebohongan. Saat pasien disuntik dengan testosteron, tidak hanya menaikkan gairah seks, tetapi juga kecenderungan narsisme mereka.
“Kebohongan wanita lebih sulit dideteksi karena secara alami mereka berpikir lebih kontekstual. Wanita memerhatikan visi dalam jangka panjang dan meneliti konsekuensinya sebelum bertindak,” katanya seperti dilansir Yourtango.






 MALAM MINGGU TANPA PACAR.LAKUKAN 6 KEGIATAN INI?




Malam minggu sendiri di rumah? Jangan sedih! Anda tetap bisa menikmati malam minggu tanpa kehadiran kekasih. Justru, akan ada banyak manfaat yang didapat dengan menghabiskan malam minggu di rumah. Dikutip dari msn, ini dia beberapa kegiatan yang bisa dilakukan si single saat banyak orang asyik berkencan.
1. Mengenal Diri Sendiri
Gunakanlah waktu luang ini untuk mengenal diri Anda sendiri. Tulislah jurnal harian dan habiskan waktu Anda dengan menonton koleksi DVD. Pahamilah kebiasaan dan perilaku Anda sendiri agar bisa berbaur dengan teman-teman.
2. Hemat
Siapa bilang tidak pergi ke bioskop atau makan bersama pacar saat malam minggu adalah hal yang menyedihkan? Dengan berdiam di rumah, Anda dapat menyaksikan semua tayangan TV kabel tanpa harus mengeluarkan uang. Pastinya sangat menyenangkan dapat menghemat uang bukan?
3. Tetap Sehat
Banyak remaja menghabiskan malam minggunya dengan berpesta sampai larut malam. Jangan iri dengan kegiatan di luar sana karena Anda tidak perlu tidur larut malam yang dapat mengakibatkan metabolisme tubuh terganggu. Makanan yang Anda konsumsi juga lebih terjaga dan sehat.
4. Tidur yang Nyenyak
‘Malam minggu malam yang panjang’, istilah tersebut dapat Anda artikan sebagai malam yang panjang untuk istirahat. Setelah padat dengan kegiatan kantor, gunakanlah satu hari tersebut untuk menyegarkan tubuh dan pikiran agar hari esok dapat lebih bersemangat.
5. Melakukan Hal Baru
Bukannya tidak populer atau tidak punya teman, Anda memang hanya ingin menghabiskan malam minggu ini di rumah dengan bereksperimen seperti membuat masakan baru dari buku resep. Anda pun dapat mengundang teman ke rumah untuk ikut memasak atau sekedar mencicipi masakan Anda.
6. Nikmati Kesendirian
Jangan menargetkan kapan status jomblo berakhir. Nikmatilah kesendirian Anda dengan tidak mengganggu orang lain. Percayalah, malam-malam berikutnya akan lebih menyenangkan dengan kehadiran kekasih baru, tetapi jangan terlalu terobsesi mendapatkannya.






4 LANGKAH BANGKIT DARI PERCERAIAN


Tak ada satu pun pasangan yang menginginkan perceraian. Tak heran ketika perceraian harus terjadi, perempuan mengalami frustrasi. Akan tetapi, jangan biarkan frustrasi akibat perceraian ini membuat Anda terpuruk. Percayalah bahwa dengan kekuatan diri sendiri, Anda bisa bangkit tanpa harus bergantung pada orang lain, dan tidak takut menghadapi masa depan.
Salah satu tantangan terbesar yang harus dilalui dari suatu perceraian adalah berkomitmen untuk menjadi bahagia, dan melanjutkan kehidupan demi anak-anak. Menurut Alison Patton, konsultan dan mediator keluarga dalam artikelnya, What Smart Women Do After Divorce, ada beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan untuk memulihkan diri dan bangkit setelah perceraian:
1. Tidak merendahkan diri sendiri
Hindari mengasihani diri sendiri, bahkan ketika sedang mendengar omongan dari orang sekitar. Pada tahun pertama, wajar bila Anda masih memikirkan kerugian yang dialami, menangis, sakit hati, bahkan meratapi perceraian tersebut. Namun, hal ini tak boleh terus berlanjut. Berhentilah melihat diri Anda sebagai korban yang patut dikasihani, agar rasa sakit akibat perceraian tak terus melekat.
Hal ini memang tak mudah, dan perasaan negatif tak akan lenyap begitu saja. Namun putus asa dan tetap bersedih juga bukan jalan keluar yang baik. Lebih baik Anda curhat pada teman. Teman bisa jadi “pelampiasan” yang tepat, namun jangan jadikan mereka pendengar segala keluh-kesah Anda. Sebisa mungkin hindari bergabung dalam kelompok yang senasib, karena mereka akan membuat Anda lebih sulit untuk bangkit. Bergaullah dengan teman-teman yang tidak terpaku pada rasa sakit, melainkan pada optimisme pada masa depan.
“Manfaat tambahan dari langkah ini adalah Anda bisa menjadi panutan untuk anak-anak, terutama perempuan, bagaimana memulihkan diri dari krisis kehidupan,” tukas Alison.

2. Menerima kenyataan

Salah satu hal yang paling terasa usai perceraian adalah berkurangnya pendapatan, sehingga Anda harus lebih ketat mengatur pengeluaran. “Jika biasanya Anda bergantung pada mantan suami untuk memenuni kebutuhan hidup, kini Anda harus mengatur keuangan Anda sendiri,” sarannya.
Ketika menghadapi kenyataan ini, ada dua cara yang direkomendasikan Alison. Pertama, menerima kenyataan bahwa Anda harus mengubah gaya hidup Anda, dan kedua, mencari cara untuk meningkatkan pendapatan melalui pekerjaan tambahan, atau berwirausaha.
3. Menyusun rencana 10 tahun ke depan
Single mom umumnya akan mengkhawatirkan masa depan anak-anaknya. Untuk menghindari kekhawatiran ini, sebaiknya rencanakan masa depan Anda dengan melakukan pengelolaan hingga 10 tahun ke depan. “Kita harus lebih bijaksana untuk menggunakan aset pribadi, dan fokus pada tujuan jangka panjang. Kurangi pengeluaran, tambah penghasilan, dan pikirkan tujuan jangka panjang untuk anak-anak,” tukasnya.
4. Berkomitmen dan introspeksi
Perempuan yang cerdas mampu belajar dari kesalahan di masa lalu dan menyalurkan energi pasca perceraian untuk melanjutkan kehidupan. Anda harus mampu menentukan kembali prioritas hidup Anda. Saat menikah, identitas perempuan melekat pada diri suami. Contoh gampangnya, Anda lebih dikenal dengan sebutan Bu Aris misalnya (merujuk pada nama suami). Ketika bercerai, Anda tak bisa lagi memakai nama itu, sehingga merasa identitas Anda ikut hilang.
“Perempuan cerdas menggunakan perceraian sebagai kesempatan untuk tumbuh dan semakin menjadi pribadi yang matang. Mereka belajar dari kesalahan, mencurahkan waktu dan energi untuk menemukan siapa mereka, dan apa yang mereka inginkan untuk masa depan,” ujarnya.
Proses ini memang membutuhkan waktu, kesabaran, dan konsistensi. Namun ketika berhasil melakukannya, Anda akan mampu tumbuh menjadi pribadi yang stabil, percaya diri, dan lebih bahagia.






5 PERLAKUAN ISTRI YANG BISA CEGAH SUAMI BERSELINGKUH


Retaknya sebuah hubungan sering disebabkan karena kehadiran orang ketiga. Begitu perselingkuhan terjadi, rasa percaya Anda terhadap pasangan pun terkoyak seketika. Namun yang mengejutkan, dalam sebuah survei terungkap bahwa sekitar 80 persen orang yang berselingkuh masih mencintai pasangannya. Alasan terbesarnya karena ada peluang, tak tahan godaan, butuh tantangan, atau pekerjaan yang membuat stres.
Perselingkuhan memang suatu hal yang cukup rentan terjadi dalam pernikahan. Tapi Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mencegah pasangan berselingkuh. Simak caranya, seperti yang dikutip dari Hello Beautiful.
1. Berikan yang Terbaik
Berusahalah mengendalikan ego Anda. Jadikan kepentingan pasangan lebih dahulu daripada kepentingan pribadi. Layani suami sebaik-baiknya. Tidak hanya kebutuhan seks, tapi membahagiakan pasangan dalam segala hal. Jika suami merasa sangat dicintai, dan merasakan kehangatan di rumah, dia tidak akan berpikir untuk mencari kenyamanan lain di luar sana.
2. Kenal dengan Teman-Teman Pasangan
Jika Anda berarti dalam hidupnya, pasti pasangan akan mengenalkan Anda ke semua rekan-rekan kerjanya. Tidak ada satu pun yang disembunyikan oleh suami. Bahkan, ketika pergi bersama teman kantor, Anda akan diajak untuk mendampingi suami. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengenal semua kerabat pasangan.
Berhati-hati pula jika suami bertemu kembali dengan mantan kekasih atau mantan istri. Terutama, kalau suami pernah mempunyai anak dari wanita sebelum Anda. Lebih baik Anda meminta agar selalu menemani dia jika ingin bertemu mantan supaya tidak ada peluang untuk berselingkuh.
3.Berikan Pasangan Konsekuensi
Jangan mengancam pasangan agar dia tidak ‘mencurangi’ Anda. Lebih baik berikan peringatan lembut bahwa Anda tidak dapat percaya lagi kalau mengetahui pasangan selingkuh. Bersikap tegas jika dia melanggar komitmen yang telah kalian sepakati. Tetap jaga komunikasi dengan pasangan dan selalu mengevaluasi hubungan pernikahan kalian.
4.Jadikan Pasangan Sebagai Orang yang Paling Spesial
Pria berselingkuh tidak melulu karena seks, tapi lebih kepada ego mereka. Coba introspeksi diri, mungkin Anda kurang perhatian atau tidak membuat pria merasa spesial dalam hidup Anda. Tunjukan kasih sayang pada suami dan buat dia merasa dicintai. Dengan demikian, suami akan menjaga komitmen kalian serta bertindak yang terbaik untk kebahagiaan Anda.
5.Perhatian Kecil
Perhatikan hal-hal kecil yang diinginkan pasangan. Kebanyakan, pria lebih baik bertindak sendiri daripada meminta bantuan kepada istrinya. Namun, Anda harus peka akan hal tersebut. Misalnya, sepatu suami sudah mulai rusak. Suami tetap memakai dan tidak meminta Anda menggantikannya. Coba inisiatif memberikan dia sepatu yang baru. Cari tahu apa yang suami butuhkan walaupun dia tidak mengatakannya. Perhatian Anda akan membuat pasangan merasa beruntung memiliki Anda dan tidak akan tergoda oleh wanita lain.






JAUHI PRIA SEPERTI "INI' SEJAK KENCAN PERTAMA



Posesif dan obsesif adalah dua sifat pria yang harus dihindari.
Saat bertemu dengan teman kencan, tidak cukup dengan hanya melihat dari penampilannya yang memikat. Telusuri juga apakah pribadinya juga sekeren penampilannya? Jika ternyata mereka termasuk pribadi yang “aneh”, ini pasti akan mengurangi rasa simpatik Anda terhadapnya. Lalu apa yang harus dilakukan ketika kita merasakan kejanggalan tersebut? Berikut adalah tipe- tipe pria yang harus dihindari menurut  Steve Nakamoto, seorang pakar dalam relationship.
- Posesif
Pada beberapa pria, ini sering kali terjadi. Jika mereka merasa “klik” dengan Anda sejak kencan pertama, terkadang mereka menunjukkannya dengan cara yang berlebihan. Sttt…sebenarnya mereka merasakan ketakutan jika Anda akan melirik pria lain yang ada di ruangan saat Anda makan malam bersama.
Secara tidak sadar, para laki- laki ini akan sibuk sendiri dengan berbagai cara mereka agar perhatian Anda tetap fokus kepadanya. Jika Anda termasuk pribadi yang bebas, perhatian dan perlindungan yang berlebih seperti ini mungkin alkan sangat mengganggu, kecuali memang Anda adalah orang yang senang mendapat perhatian.
- Berbicara dengan sentuhan
Kontak fisik dengan lawan jenis adalah hal yang wajar pada pasangan, tetapi tidak untuk pasangan yang baru melakukan kencan pertama. Jika pada awal pertemuan pasangan Anda sudah berusaha menyentuh diluar batas kewajaran, dapat dipastikan bahwa mereka adalah orang yang berorientasi pada fisik.
Menurut Dr Paulus Dobranksy, penulis The Secret Psychology of How We Fall in Love, seorang wanita justru akan jatuh cinta dengan pria yang melakukan sentuhan fisik romantis dan sopan, seperti menggandeng tangan.
- Sangat mengharap kencan selanjutnya
Ketika seorang pria mengalami ketertarikan, Ia Akan langsung menyusun strategi untuk melancarkan tujuannya. Biasanya mereka akan meminta waktu Anda untuk melakukan kencan berikutnya atau sekedar pertemuan santai.
Para pria ini memiliki target untuk mengukur perkembangan hubungan, namun sering kali mereka tidak menyiapkan diri, jika ternyata gagal untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Jika Anda tidak tertarik, segera tunjukkan sejak awal pertemuan dengan cara yang tidak menyinggung.
- Menghilang begitu saja
Setiap orang pasti akan menyiapkan segala sesuatunya dengan baik untuk undangan kencan pertamanya. Mungkin juga Anda sudah berharap banyak dengan kesuksesan pada pertemuan awal ini dan memikirkan hubungan kedepannya. Bagaimana jika yang terjadi adalah sebaliknya? Pria ini tiba- tiba menghilang tanpa menghubungi Anda kembali sejak pertemuan pertama.
Seperti di katakan Steve Nakamoto, bahwa cara berpikir laki- laki ini seperti melihat iklan. Misalnya jika Anda mengenalnya melalui seorang teman, dan mereka telah mendengar kampanye dasyat tentang Anda, sebenarnya ini malah menjadi boomerang.
Mereka menginginkan ini adalah hal yang sebenarnya, jika ternyata  mereka merasa Anda tidak sesuai dengan yang diiklankan, secara otomatis mereka akan berbalik arah meninggalkan Anda. Jadi, tidak perlu memikirkannya, segera lupakan dan cari yang lain!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar