Senin, 20 Februari 2012

ILMU JIWA

Istirahatkan Otak 20 Menit untuk Mengingat Sesuatu yang Lupa



, Pada kondisi tertentu orang menjadi lupa apa yang harus dikerjakan atau ingin mengambil sesuatu. Jika mengalami hal tersebut cobalah beri waktu bagi otak untuk istirahat selama 20 menit.

Berdasarkan studi yang dilaporkan dalam Nature Neuroscience, ketika seseorang mencoba mengingat sesuatu secara cepat hal yang dilupakannya, maka ada berbagai informasi yang saling bertolak belakang sehingga mengganggu kemampuan otak untuk mengingat.

Hal ini menunjukkan bahwa otak tidak memiliki kapasitas yang terbatas untuk menyimpan informasi, tapi membutuhkan beberapa waktu untuk mempelajari hal-hal baru sehingga bisa benar-benar menyimpannya.

“Terkadang memori kedua yang masuk ke otak kemungkinan bisa menggangu memori pertama yang sudah ada,” ujar Edwin Robertson D.Phill, profesor neurologi dari Harvard Medical School.



Untuk memastikan bahwa seseorang tidak kehilangan informasi yang penting, maka cobalah untuk mengambil napas dalam-dalam. Robertson menuturkan jika ingin mengingat dua hal yang berbeda atau tidak berhubungan, maka cobalah mengambil istirahat selama 20 menit diantara keduanya.

Dalam studi sebelumnya peneliti menemukan memberikan waktu istirahat selama 20 menit sudah cukup bagi otak merefresh, sehingga bisa berpikir lebih jernih dan mengingat kembali.

Lupa merupakan ketidakmampuan seseorang untuk mengungkapkan apa yang ada di dalam memori otaknya. Umumnya seiring bertambah usia, kemampuan memori otak juga akan menurun.

Selain melakukan istirahat ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan memori dan mengurangi risiko mudah lupa, yaitu tetaplah aktif secara mental, sosial dan fisik, serta mengonsumsi makanan yang bisa menyehatkan otak seperti rendah lemak dan kolesterol tapi kaya akan sayuran berwarna gelap dan juga buah-buah









5 Cara Hindari Ledakan Amarah


Coba trik ini untuk mengurangi kadar emosi yang sedang tinggi.

Mengumpat di jalan penuh emosi, membanting telepon atau meneriaki orang lain, bisa saja terjadi pada Anda saat tak amarah sudah tak tertahankan. Hal ini sebaiknya harus dikurangi atau dihindari.

Anda harus bisa menguasai emosi. Tentunya agar tidak merugikan diri sendiri dan menyakiti orang lain. Menurut Raymond W. Novaco, PhD, dari University of California, yang juga penemu terminologi ‘anger management’ pada 1975, amarah seseorang bisa meledak tiga hingga empat kali tiap minggunya.

Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui bagaimana meredakan emosi secara cepat. Coba saja lima cara ini, yang dilansir dari Oprah.com.

1. Katakan secara verbal
Menurut Novaco, katakan saja kalau Anda sedang sangat emosi. Tetapi bukan dengan umpatan. Misalnya, “Saya sedang sangat kesal dan ini mengaburkan penilaian saya”.

2. Jangan tunggu untuk menarik napas
“Setiap dari kita memiliki ambang kemarahan yang unik berdasarkan bahan kimia alami pada otak, seperti serotonin,” kata Emil Coccaro, MD, ketua departemen psikiatri di University of Chicago.

Kondisi emosi bisa sangat tergantung kadar serotonin tersebut. Olahraga teratur dan praktek relaksasi dapat membantu Anda menurunkan tingkat emosi.

Salah satu praktek relaksasi adalah dengan segera menarik napas dalam-dalam ketika Anda merasa sangat emosi. Jangan biarkan Anda menahan amarah hingga dada terasa sakit. Bayangkan napas masuk dan keluar melalui jantung, sambil berpikir tentang sesuatu yang baik dalam hidup Anda.

3. Puji diri sendiri
Akar dari amarah bisa jadi adalah keraguan terhadap diri sendiri dalam hal menyelesaikan masalah. Ini membuat seseorang tidak percaya diri dan mudah emosi. Jadi, jangan segan memuji diri sendiri, misalnya “Aku hebat dan ini bisa diatasi”, atau “Aku pasti bisa menyelesaikan semuanya”. Ini seperti memotivasi diri agar lebih berpikir positif.

4. Berpikir sesuatu yang lucu
Jika kepala mulai terasa panas, atau emosi sudah meninggi, pikirkanlah sesuatu yang lucu. Ini bisa jadi trik mudah dan cepat mengurangi kadar emosi. Akan lebih baik jika Anda bisa tertawa saat memikirkannya.

5. Bersihkan pikiran
Saat pikiran Anda berisi hal-hal yang penuh prasangka, kekesalan, dan amarah, bersihkanlah dengan trik ‘quick mental note’ . Misalnya jika terjebak dalam kemacetan, Anda pasti berpikir “Menyebalkan”, lalu segera berpikir “Bagaimana kalau aku cari tempat makan terdekat”.







Membiasakan Anak Makan Ikan

Olah ikan dengan kentang goreng dan sayuran.

Sudah sejak lama ikan disebut sangat bermanfaat bagi pembentukan otak dan meningkatkan kecerdasan, bahkan saat anak bertambah besar. Namun, anak-anak umumnya kurang menyukai sajian ikan. Orangtua lah yang berperan dalam mengenalkan ikan kepada anak-anak. Berikut beberapa tips dari dr.Titi Sekarindah, MS, apesialis gizi RS Pertamina yang bisa dilakukan orangtua:

1. Biasakan atau kenalkan anak sejak dini untuk makan ikan. Kalaupun tidak untuk makanan utama, ikan bisa dihidangkan sebagai makanan selingan, misalnya otak-otak atau pempek. Ikan juga bagus dijadikan bekal sekolah. Misalnya dibuat sebagai sandwhich isi ikan.

2. Olah ikan secara benar dan enak, sehingga anak suka. Kadang-kadang, cara memasak yang kurang tepat masih menyisakan bau amis, sehingga anak-anak enggan mengonsumsinya. Jadi, orangtua harus belajar mengolah ikan yang baik.

3. Jika bisa, makan ikan 3 kali seminggu, masing-masing 50 gram.

4. Untuk anak, cari ikan yang durinya tak banyak dan kalau bisa yang dipresto, sehingga anak tidak trauma oleh duri ikan. Anak biasanya tak mau makan ikan lagi setelah terkena duri ikan.

5. Selain ikan, anak juga harus dianjurkan untuk makan yang lain. Ajari anak makan seimbang, terutama buah-buahan, sayuran, dan susu.








10 Karakter Pria yang Perlu Anda Cari


Setiap orang tentu memiliki kriteria tersendiri dalam memilih pasangan. Misalnya, rambutnya harus rapi, baik, ngobrolnya nyambung, atau punya riwayat keluarga yang kembar (kan, sekarang lagi “tren” punya anak kembar). Oke, tapi hati-hati, bisa jadi itu hanya sifat-sifat yang hanya tampak di permukaan. Karakter itu hanya terlihat ketika Anda dan dia dalam keadaan happy. Padahal, pasangan serasi mana pun di dunia ini akan menghadapi masa-masa yang tidak menyenangkan juga.

Karena itu, Anda perlu menguraikan lagi apa yang dimaksud dengan “baik” atau “perhatian” itu. Pastikan bahwa sifat-sifat yang tersembunyi itu pun mampu menjamin rasa aman pada Anda. Berikut adalah hal-hal yang seharusnya Anda tuntut dari pria.

Dewasa
Menjalin hubungan seharusnya tidak hanya didasari oleh rasa cinta. Hubungan yang sehat akan terjadi bila Anda dan si dia sama-sama dewasa, dan siap dengan tanggung jawab yang datang dari cinta. Mendewasakan pria itu bukan tanggung jawab kita. Anda pun harus sadar bahwa Anda tidak perlu menjadi kekasihnya hanya untuk memperbaiki masalah emosi, psikologis, atau bahkan finansialnya. Si dia harus menyembuhkan dulu luka hatinya di masa lalu supaya ia mampu menghadapi tantangan baru dengan lebih percaya diri. Dalam hal ini tugas anda adalah mendukungnya.

Bikin Anda merasa seksi
Anda pasti kesal setengah mati, ketika Anda berusaha keras untuk tampil cantik, ternyata reaksi pasangan adem-ayem saja. Maka, ketika Anda sudah mengerahkan segala daya upaya, tugas para pria adalah menyampaikan bahwa yang Anda lakukan tidak sia-sia. Dari hal kecil seperti memuji pakaian baru yang tampak chic saat Anda kenakan, mengenali bahwa Anda baru trimming rambut, hingga mengingatkan betapa cantiknya Anda (meskipun Anda tidak melakukan perubahan apa pun).

Selera humor
Kita tahu bahwa tertawa adalah obat terbaik, dan menjadikannya sebagai dasar dari suatu hubungan akan memberikan kesehatan jiwa raga dalam jangka panjang. Maka, seorang pria bukan hanya harus bisa membuat Anda selalu tertawa, tetapi juga menghadapi segala masalah dengan senyum (hmm… berat, ya?). Hidup ini mungkin penuh dengan konflik, dan si dia harus bisa menjadi seseorang yang mampu mengubah perasaan Anda yang muram menjadi ceria lagi.

Menjadikan Anda prioritas
Betapa pun penuhnya jadwal suami dengan berbagai acara, Anda harus tetap menjadi prioritasnya. Misalnya, ia memilih untuk merayakan ulang tahun pernikahan dengan Anda meskipun ia diundang makan-makan oleh atasannya. Atau, ia bersedia pulang lebih awal untuk mendampingi Anda ke dokter kandungan, dan mengesampingkan dulu pekerjaannya. Saat itulah Anda tahu bahwa Anda bisa bergantung padanya untuk apa pun. Tidak berarti ia tidak boleh memiliki aktivitas bersama teman-temannya. Ia hanya perlu tahu kapan harus memprioritaskan hubungannya dengan Anda.

Hubungan seks yang “hidup”
Pria tidak pernah berkata “tidak” untuk seks? Ah, belum tentu juga. Ada kalanya ketika ia sedang dilanda stres atau sudah terlalu mengantuk, ia pun tidak akan memikirkannya. Namun, ketika ia dalam kondisi siap untuk bercinta, ia mau melakukan apa saja untuk menyenangkan Anda. Dari mendengarkan apa yang tidak Anda sukai saat berhubungan, hingga mencoba mewujudkan fantasi Anda. Kalau ia tipe pria yang tidak peduli dengan kenyamanan dan keinginan Anda saat bercinta, wow… lupakan saja.

Bikin Anda kangen terus
Ini penting, bagaimana caranya agar Anda masih selalu berbunga-bunga meskipun sudah lama menjalin hubungan dengannya. Ketika tidak bertemu selama seminggu karena ia harus dinas luar kota, mendadak Anda merasa perut Anda mulas, jantung berdebar-debar, dan Anda menyiapkan pakaian Anda yang terbaik untuk menyambutnya. Dia membuat Anda ingin selalu menggenggam tangannya, dan ketika mencium aroma khas tubuhnya, Anda tahu tidak ingin jauh-jauh darinya lagi.

Kebebasan
Kebebasan adalah indikator bahwa seorang pria memercayai Anda. Bentuk kebebasan itu bisa berbagai macam, seperti membebaskan Anda untuk travelling ke luar negeri hanya dengan teman-teman perempuan Anda, membebaskan Anda untuk mencoba karier baru, bahkan membebaskan Anda saat Anda ingin sendiri. Itulah saat ia menghargai dan memercayai segala keputusan Anda, dan memberikan Anda kesempatan untuk berkembang.

Membiarkan Anda menjadi diri sendiri
Apa pun kebiasaan Anda, cara berbusana Anda, dan kelemahan Anda, selalu dimengerti oleh pasangan. Anda tidak pernah merasa harus mengubah diri Anda menjadi seseorang yang dia inginkan. Anda menjadi satu paket yang ia butuhkan, dan pria yang baik pasti akan membuat Anda merasa nyaman dengan kekurangan Anda.

Membuat Anda merasa aman
Hubungan yang sehat pasti membuat Anda merasa aman, dan dicintai sebagaimana adanya Anda. Si dia mampu membuat Anda merasa menjadi the one sehingga Anda tahu ia akan kembali ke rumah meskipun ia baru saja bersenang-senang dengan rekan-rekan kerjanya yang sebagian di antaranya perempuan.

Sabar, murah hati, dan perhatian
Ketiganya merupakan satu paket kebaikan, di mana masing-masing memiliki nilai penting yang sama. Sabar, artinya ia bisa menghadapi konflik dengan tenang, dan memandang tantangan hidup sebagai peluang untuk belajar. Kemurahan hati akan pikiran, semangat, hati, kekayaan, waktu… membuatnya selalu ingin berbagi dengan Anda. Yang terpenting (bagi umumnya perempuan), pria selalu perhatian dengan perasaan, waktu, dan tujuan hidup Anda. Ia selalu perhatian mengenai keputusan-keputusannya yang mungkin akan memengaruhi Anda.








Efek Samping Obat Ini Bikin Orang Selalu Ingin Bunuh Diri

Acomplia

London, Punya tubuh gemuk memang rentan kena penyakit, namun diet dengan obat-obatan juga tidak lebih sehat. Salah satu obat diet yang dijual di internet dilaporkan telah membuat ribuan pemakainya jadi susah menahan keinginan untuk bunuh diri.

Obat diet yang dijual dengan nama dagang Acomplia ini pertama kali dipasarkan di Inggris pada Juni 2006. Beberapa negara termasuk Amerika Serikat sebenarnya tidak menyetujui penggunaannya, karena diduga efek sampingnya bisa mempengaruhi kejiwaan pasien.

Dugaan itu tidak meleset, karena hingga saat ini di Inggris tercatat ada sekitar 1.300 keluhan terkait efek samping obat buatan Sanofi Aventis tersebut. Efek samping tersebut umumnya berupa depresi dan bahkan sebagian besar pasien mengalami keinginan kuat untuk bunuh diri.

Salah satu pasien yang mengeluhkan efek samping tersebut adalah Robert Johnson, mantan pegawai negeri di Kementerian Pertahanan Inggris. Sejak minum Acomplia pada Februari 2008, ia sering depresi dan akhirnya menjadi tidak produktif lalu dipecat dari tempatnya bekerja.

“Sejak saat itu saya selalu dibayangi oleh pikiran-pikiran yang mengatakan bahwa kematian adalah jalan terbaik bagi saya,” ungkap pria 50 tahun yang memiliki 3 anak tersebut, seperti dikutip dari Dailymail,

Karena banyak keluhan yang masuk, pemerintah Inggris sebenarnya telah melakukan penarikan terhadap Acomplia sejak Januari 2009. Namun obat itu masih bisa dibeli lewat intrernet dan hingga Mei 2011 tercatat masih ada sekitar 2.885 pasien baru yang mengeluhkan efek sampingnya.

Medicines and Healthcare Products Regulatory Agency melaporkan, 7 pasien bahkan sudah tewas akibat efek samping obat ini. Salah satu pasien yang mengonsumsi Acomplia dipastikan tewas karena bunuh diri, meski tidak ada cukup bukti bahwa obat tersebut menjadi satu-satunya pemicu.

Salah satu lembaga perlindungan konsumen di Inggris, Leigh Day berniat mengajukan gugatan hukum terkait banyaknya kerugian matrial dan non material yang dialami pasien. Nilai gugatan yang diajukan tidak tanggung-tanggung, yakni 300.000 poundsterling atau sekitar Rp 4,2 miliar.

“Kami belum akan memberikan komentar apapun pada saat ini,” ungkap salah seorang juru bicara Sanofi Aventis yang tidak disebutkan namanya, ketika mengomentari nilai gugatan yang begitu besar tersebut.








Memakilah dengan Kata Halus Agar Orang Tak Stres


Secara tidak disadari orang seringkali mengumpat untuk meluapkan emosi, entah itu emosi marah, sedih atau bahkan gembira. Namun hati-hati bila ingin meluapkan emosi pilihlah kata-kata yang lebih halus agar orang yang dimaki tidak stres, dari pada mengucapkan bodoh bisa diganti dengan tidak pintar.

Penelitian baru-baru ini menunjukkan kata makian yang negatif dapat menimbulkan respon stres, bahkan ketika itu dilakukan orang secara tidak sengaja.

Penelitian ini melihat reaksi orang terhadap kata-kata makian dibandingkan dengan eufismisme (ungkapan yang lebih halus) dengan makna kata yang sama.

Reaksi emosional yang muncul dari kata-kata makian tersebut diakibatkan dari kata-kata yang diucapkan, bukan dari makna yang disampaikan. Itulah kenapa anak-anak dapat mengingat reaksi orangtuanya ketika mengumpat dengan kata-kata kotor sebelum mengerti apa arti kata-kata itu.

“Segala macam emosi berhubungan dengan kata-kata makian, seiring orang itu tumbuh menjadi dewasa,” kata peneliti, Jeff Bowers dari University of Bristol.

Bowers menghubungkan relawan dengan mesin yang akan mengukur tingkat stres dengan cara mengukur banyaknya keringat. Bowers kemudian meminta relawan mengatakan kata-kata makian dan kata-kata eufemisme (ungkapan yang lebih halus) dengan suara keras.

Semua relawan yang terlibat dalam penelitian sangat memahami prosedur penelitian dan seharusnya tidak tersinggung karena sudah diberitahu.

Tapi yang terjadi relawan menunjukkan tingkat stres yang lebih tinggi ketika diminta untuk mengumpat kata-kata kotor daripada ketika diminta untuk mengucapkan kata-kata yang artinya sama tapi dalam bahasa halus (eufemisme).

Bowers mengatakan bahwa perbedaan kadar stres antara kata-kata makian dan eufemisme menunjukkan bahwa manusia tidak hanya menanggapi makna kata dalam makian. Meski maknanya sama, namun karena kata makian lebih berkonotasi negatif orang jadi mudah tersinggung.

“Dalam pandangan kami, eufemisme lebih efektif karena mengganti kata-kata yang menyinggung perasaan dengan kata lain yang mirip secara konseptual. Jika orang merasa tidak nyaman dengan kata-kata tertentu, mereka akan berupaya untuk tidak mengucapkannya, termasuk tidak akan ikut dalam diskusi tentang topik tersebut sama sekali,” kata Bowers.

Kajian Bowers ini menyoroti bagaimana dua kata yang memiliki arti sama dapat memancing respons yang berbeda. “Dalam hal hubungan antar manusia, perbedaan yang halus saja dapat membuat segala perbedaan di dunia,”










Gangguan Jiwa yang Kontroversial

Gangguan jiwa sering dikonotasikan dengan orang gila yang ada di jalanan atau di rumah sakit jiwa. Padahal tak hanya itu, banyak perilaku-perilaku menyimpang lainnya yang tergolong gangguan jiwa, bahkan kontroversial.

Apa saja gangguan jiwa yang kontroversial?

Seperti dilansir dari Livescience, berikut 10 gangguan jiwa kontroverial:

1. Gangguan identitas jenis kelamin

Yang paling kontroversial dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM atau panduan gangguan mental) adalah gangguan identitas jenis kelamin atau disebut dengan dysphoria gender.

Gangguan identitas jenis kelamin yakni ketika seseorang yang memiliki anatomi seks normal tetapi ingin berganti jenis kelamin berlawanan dengan jenis kelamin ketika dilahirkan.

2. Kecanduan seks

Menurut Society for the Advancement of Sexual Health, kecanduan seks ditandai dengan kurangnya kontrol atas perilaku seksual seseorang.

Kecanduan seks bukan sekedar penyakit akibat tak bisa menahan godaan atau rangsangan seksual saja, tapi juga karena ketidakberdayaan untuk mengontrol perilaku.

3. Homoseksualitas

Interaksi seksual pada orang dengan jenis kelamin sama memang telah menjadi kontroversi sejak dulu. Orang yang melakukan hubungan seksual sejenis disebut homoseks, dan dibagi menjadi sebagai gay (pria homoseks) atau lesbian (wanita homoseks).

4. Sindrom Asperger

Sekilas penderita sindrom asperger terlihat normal, tidak memiliki gangguan fisik dan punya tingkat kecerdasan yang normal. Masalah baru timbul ketika penderita harus berinteraksi dengan orang lain.

Penderita sindrom asperger terlihat aneh dan tidak memiliki perhatian dan empati ketika berkomunikasi dengan orang. Penderita tidak tahu arti bahasa tubuh seperti tersenyum, wajah sedih, gembira sehingga orang yang tidak tahu bahwa lawan bicaranya pengidap sindrom asperger akan mengecapnya aneh.

5. Gangguan bipolar

Gangguan bipolar atau disebut juga manik depresi merupakan gangguan suasana hati yang dicirikan dengan perubahan mood secara ekstrem. Penderita bisa merasakan sedih yang luar biasa, lalu dalam kesempatan lain berubah menjadi euforia atau rasa bahagia yang meluap-luap.

Pada fase manik atau gembira, optimisme dan keyakinan diri meningkat dan cenderung tidak realistis. Sebaliknya pada fase depresi penderita merasa gelisah dan tidak bergairah. Tingkat keparahan tertentu dicirikan dengan kecanduan obat terlarang dan keinginan untuk melakukan bunuh diri.

6. ADHD pada dewasa

Perilaku hiperaktif atau ADHD (attention-deficit hyperactivity disorder) selama ini lebih banyak ditemukan pada anak-anak. Tapi ternyata ADHD juga bisa dialami orang dewasa.

ADHD adalah gangguan fungsi eksekutif dari otak, yaitu ketidakmampuan untuk merencanakan, memulai sesuatu pada waktu yang tepat, menghilangkan satu langkah dan langsung mengakhirinya pada waktu yang tepat. Hal ini akibat tidak adanya keseimbangan neurotransmitter di otak.

Orang dewasa dengan ADHD kemungkinan mengalami penyalahgunaan obat atau zat, kecelakaan, kesulitan untuk bekerja secara normal dan juga sulit dalam hal mempertahankan hubungan. Tapi mereka biasanya sangat cerdas, energik, karismatik, kreatif dan mampu fokus pada satu perhatian yang menarik baginya.

7. Gangguan identitas disosiatif atau Dissociative Identity Disorder (DID)

Gangguan identitas disosiatif juga dikenal sebagai gangguan kepribadian ganda.

Kepribadian ganda adalah penyakit kejiwaan yang sulit dideteksi. Orang-orang yang labil, hilang ingatan atau punya masa lalu yang mencekam adalah yang rentan memiliki kepribadian ganda atau multi pribadi.

8. Gangguan kepribadian narsisistik

Seseorang dengan ego meningkat, kebutuhan akan pujian dan kurangnya empati untuk orang lain, inilah yang disebut dengan gangguan kepribadian narsisistik.

Penderita narsistik percaya bahwa mereka lebih unggul daripada orang lain dan kurang memperhatikan perasaan orang lain. Tetapi di balik topeng tersebut terdapat harga diri yang rapuh, rentan terhadap kritik sedikit.

Meskipun gangguan kepribadian narsistik mungkin tampak seperti memiliki kepercayaan diri atau harga diri yang kuat, itu tidak sama. Gangguan kepribadian narsisistik melintasi batas normal kepercayaan dan harga diri dengan berpikir begitu tinggi dari diri sendiri.

9. Iri penis (Penis envy)

Pelopor psikoanalisa pada 1800-an dan awal 1900-an, Sigmund Freud, berpendapat bahwa perbedaan kelamin yang dimiliki pria dan wanita menyebabkan wanita merasa rendah diri. Wanita yang iri dengan alat kelamin pria inilah yang disebutnya iri penis atau penis envy.

10. Penyakit histeria

Pada zaman Victoria, histeria adalah diagnosis bagi wanita yang dalam keadaan marabahaya.

Gejalanya seperti pelepasan emosi yang berlebihan dengan berteriak-teriak, ketidakpuasan, kelemahan, dan gangguan saraf. Histeria biasanya dipicu oleh kecemasan dan depresi.








Si Dia Ternyata Pria Penggoda?


Gerak-gerik pria amat mudah dikenali.

Anda mungkin pernah menangkap basah pasangan sedang melihat sekelebat mata pada perempuan cantik yang berpapasan dengannya, atau yang duduk di belakang Anda. Meski Anda tahu dia tidak ada maksud apa-apa, pasti rasanya kesal juga.

Itu baru yang ketahuan. Bagaimana dengan kelebatan-kelebatan mata yang lain di luar sepengetahuan Anda? Memang sih tidak semua lelaki punya bakat mata keranjang. Namun kenyataannya empat dari lima lelaki cenderung suka dengan penyelewengan alias selingkuh. Hebatnya, mereka pandai menutupi perasaan dan kebiasaannya itu.

Sebelum sakit hati, lebih baik kita melakukan antisipasi. Jadi, bila pasangan mulai menunjukkan sikap nakal, gelisah saat berjalan atau bersama Anda di suatu pesta atau tempat umum lain, Anda bisa segera mengambil tindakan. Untuk itu Anda perlu mempelajari bahasa tubuhnya. Jangan-jangan dia punya bakat mata keranjang.

1. Fokus pada satu objek. Pasangan menunjukkan sikap yang simpatik dan percaya diri walaupun sedang berada di samping Anda. Atau bila pasangan mulai membusungkan dadanya dan mengembuskan nafas berat dengan tatapan yang terfokus pada satu objek saja. Cobalah telusuri ke mana arah pandangnya. Jika pada sosok perempuan menarik di ujung sana, pasti ia sedang melakukan perselingkuhan kecil terhadap Anda.

2. Duduk dengan pede. Masih melanjutkan poin pertama. Coba amati lagi, apakah sikap-sikap tadi dibarengi dengan gerakan duduk dengan penuh keyakinan, lalu bersandar dengan tangan di belakang kepala? Jika ya, itu artinya ia sedang memperlihatkan ketertarikan secara seksual pada perempuan lain yang menjadi fokusnya, tetapi tanpa ingin menyentuh perempuan tersebut.

3. Dada terbusung. Sinyal utama yang dilakukan setiap lelaki saat menggoda perempuan adalah memperlihatkan perubahan peregangan otot-otot dada. Anda bisa melihat sinyal ini saat dia seolah membusungkan dada. Psst… tahukah Anda, gerakan ini sebenarnya secara tidak langsung memberikan sinyal pada objeknya seakan-akan ia adalah orang yang tepat untuk bersandar dan mencari perlindungan serta keamanan.

4. Pandangan agresif. Lelaki juga berusaha menarik perhatian perempuan dengan menggunakan visualnya alias pandangan matanya. Jadi jika ia tertarik pada sosok perempuan di satu sudut, matanya akan cenderung lebih agresif melemparkan pandangan ke arah tersebut. Dan, gerakan ini biasanya terlihat dengan mudah. Uniknya, ia bisa tetap melemparkan godaan sambil menunjukkan sikapnya yang penuh perhatian dan selalu siap melindungi pada Anda. Seolah sikap ini juga siap ia berikan pada perempuan incarannya itu.

5. Tangan di meja. Gerakan lainnya yang bisa diperlihatkan para lelaki saat menggoda perempuan lain adalah meletakkan tangannya di atas meja atau lututnya. Sikap ini ia tunjukkan, seolah mereka siap melakukan apa pun yang diminta dan melayani dengan sepenuh hati. Jadi, jangan berharap dia akan memperlihatkan sikap yang berbahaya. Tidak akan ada sama sekali.

6. Memeluk bagian leher. Tidak hanya itu. Ayunan tulang pinggulnya saat berjalan, caranya berdiri tegak dengan mengangkat tinggi dagunya, atau memeluk bagian belakang lehernya pun bisa menjadi sarana penunjuk kejantanannya pada perempuan yang diincarnya. Secara tidak langsung, gerakan-gerakan ini menandakan bahwa ia mempunyai kemampuan seks yang dahsyat.

7. Sikap bertanggung jawab. Sebagian lelaki ada yang merasa perlu menunjukkan sisi sikap bertanggung jawab, dan siap menanggung beban berat yang dilimpahkan kepadanya sambil melakukan godaan. Sikap ini bisa terlihat dari gayanya membetulkan dasi yang dikenakannya, sambil sesekali melirik pada perempuan yang disukainya.

8. Tawa berwibawa. Ada juga lelaki yang ingin “targetnya” tahu bahwa ia banyak melakukan aktivitas yang maskulin. Sikap ini terlihat antara lain dengan mendemonstrasikan tawanya yang berkesan teratur, berwibawa, dan menunjukkan tawanya yang lembut. Lalu, mengombinasikan suara datar atau sesekali berbicara tenang dan datar, seakan-akan ia sudah menguasai keadaan lawan bicaranya. Nah, kalau kombinasi bahasa tubuhnya adalah ingin menunjukkan sisi lembutnya pada perempuan bahwa ia adalah seorang lelaki pujaan dan calon suami masa depan yang tepat.

Tidak terlalu sulit kan melihat gelagat dan tingkah laku pria jika sedang menggoda perempuan lain? Jika ia sudah berani melakukan hal itu saat bersama Anda, lebih baik pikir-pikir lagi deh kelanjutannya!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar