Jumat, 13 Januari 2012

MOTIVASI ALA PAK MARIO

Mario Teguh:Walking At The Speed Of Running


Sahabat Indonesia, Dalam kesempatan yang berbahagia ini ijinkanlah saya kembali menyampaikan resume acara Mario Teguh Business Art (MTBA) di Televisi O’Chanel Edisi Kamis 5 Februari 2009 dengan topik “WALKING AT THE SPEED OF RUNNING”., Bahasan ini menjadi cambuk bagi kita yang selalu nyaman berada di zona aman, berikut resume yang berhasil saya tulis:

Berjalan dengan kecepatan berlari itu hanya bisa dicapai oleh orang yang mempunyai pilihan2, perasaan, pikiran dan tindakannya tepat.

Kita melihat orang lain berlalri hanya kalau kita lambat. Orang merangkakpun bagi orang yang tidak bergerak itu orang lari. Apalagi kalau orang bekerja keras dalam ketepatan perasaan, ketepatan pikiran dan ketepatan tindakan.

Pointer1:
Kesegeraan adalah kwalitas yang membuktikan nilai dari kwalitas yang lain.

Kenyataan yang kecil itu bernilai lebih tinggi daripada rencana yang besar tetapi yang tidak segera ditindak lanjuti.

Kesungguhan anda untuk berubah itu tidak lebih penting dari kesegeraan anda untuk berubah. Kesungguhan anda untuk menjadi pribadi yang berhasil, itu tidak lebih penting dari kesegeraan anda untuk menjadi pribadi yang berhasil.

Orang hanya disebut tergesa2 kalau salah. Kalau orang tepat tidak ada orang yang akan mengatakan dia salah.

Orang yang sudah terbiasa bekerja keras, cepat dan tepat tidak akan pernah terlalu cepat, dia akan selalu pas.

Ada hadiah yang baik sekali bagi orang yang segera salah, yaitu segera tahu kalau dia salah, sehingga dia akan segera untuk memperbaiki.

Kalau dia lama tidak melakukan apapun, dia akan mendapat hukumannya yaitu dia tidak akan pernah tahu dia benar atau salah.

Orang yang Play Save adalah makanan empuk bagi orang yang agresif, dia akan tersingkirkan dengan gerak cepat mereka. So, Play Save Is Very Unsave.

Kalau kita mau berjalan pasti kita selalu menemui orang yang menolak kita. Kemudahan untuk disetujui adalah kwalitas pribadi pembuka jalan. Pribadi pembuka jalan mempunyai kemampuan khusus yaitu kemampuan untuk disetujui.

Terpengaruh itu adalah merubah pendapatnya untuk sama dengan pendapat kita. Jadi orang yang berpengaruh itu membuat orang lain sependapat dengannya.

Mengapa ada orang yang berjalan saja keceptannya seperti orang berlari?, karena dia tidak berlama2 untuk membuat orang setuju. Karena dia terampil membuat orang setuju atau mungkin namanya, kewenangannya, pangkatnya, tampilannya telah membuat orang setuju sebelum memeinta orang setuju.

Tempat dimana keberhasilan bisa dicapai tanpa kekecewaan namanya adalah alam impian. Apabila harapan anda lebih tinggi dari kenyataan, maka jarak ini disebut dengan kekecewaan. Itu sebabnya orang yang tersiksa dengan jarak ini, tersemangati untuk bekerja melampaui harapannya.

Orang yang bahagia itu karena yang diacapainya lebih tinggi dari yang diaharapkannya, kelebihannya disebut keberhasilan. Jangan hindari kekecewaan karena itu tanda bahwa anda harus bekerja lebih keras.

Sesuatu yang disebut keinginan itu memeiliki satu tongkat yang tidak kelihatan. Sehingga setiap kali kita mendekatinya dia akan terdorong lebih jauh. Bagi orang yang tidak mengerti tongkat ini disebut kekecewaan, bagi orang yang mengerti ini disebut harapan.

Kalau anda khawatir karena yang akan menjadi pimpinan anda adalah seorang teman, maka batalkan saja istilah teman itu, karena pasti itu bukan teman. Karena kalau dia teman anda, anda akan sambut dia dengan suka cita. Kalau anda membangun kwalitas hidup, anda harus menjadi pribadi yang bersahabat dengan lingkungan.

Super Point 2:
Menyenangkannya perjalanan adalah pengundang rekan seperjalanan.

Kalau perjalanan anda menyenangkan akan banyak orang yang tertarik untuk berjalan bersama anda.

Keluarga adalah tempat terbuktikannya kesenangan. Kalau anda berfikir ukuran kesenangan adalah banyaknya harta, banyak orang kaya sekarang hidup tidak bahagia. Menyenangkan dalam keluarga itu tidak harus kaya. Kalau kita kenali konsep kesenagan seperti itu, kita tidak mensyaratkan banyak hal, kita hanya mensyaraktkan indahnya hati.

Kalau kita berbicara kalimat berjalan dengan kecepatan berlari adalah perjalanan yang dibandingkan dengan perjalanan orang lain. Perbandingan itu perlu karena orang dapat mengukur ketepatan dari arah perjalanannya, dia juga akan mengukur ketepatan cara.

Pembandingan itu tidak harus membuat kita merasa lebih rendah atau lebih tinggi dari orang. Pembandingan itu untuk mengukur bahwa kita butuh perbaikan, atau sudah baik dan masih mungkin memerlukan perbaikan.

Keindahan dari konsep ini adalah kita tidak menggunakan keberhasilan kita sebagai keuntungan kita diatas orang lain, atau kurangnya kita sebagai penghinaan terhadap diri sendiri.

Hidup sepenuhnya adalah hidup apa adanya, lalu melakukan perbaikan yang maksimal dari semua yang kurang dalam apa adanya.

Sebagian orang itu merasa sudah berhasil hanya karena dia punya ide.
Kita itu menilai diri kita dari yang kita pikir bisa kita lakukan,
Orang lain menilai kita dari yang sudah anda lakukan.

Cari hal kecil yang kalau berhasil menuntun ke hal yang lebih besar. Jangan pernah melakukan apapun yang tidak mempunyai ukuran besar dimasa depan.

Pointer 3:
Indahnya tempat sampai adalah pembangun keinginan.

Tempat sampai itu harus indah, karena itu akan membuat kita ingin.
Kalau anda ingin membangun keinginan, indahkanlah tempat yang ingin anda capai itu.

Kalau mau kecewa bukan karena tidak tercapainya keinginan, kecewalah pada diri sendiri yang tidak bersungguh-sungguh membangun kemampuan untuk sampai.

Kalau anda ingin membangun kwalitas kepemimpinan pribadi, bangunlah kemmapuan untuk mengundang orang berjalan bersama anda, menjadi penyelesai, menjadi penerus, atau menjadi pebuka jalan bagi anda juga.

Orang yang sedih karena dikecilkan oleh satu dua orang adalah ornag yang tidak cukup banyak teman. Besarkan orang yang mengenal anda, besarkan orang yang mengenal kebaikan anda.

Tidak mungkin anda bisa menyenangkan semua orang, karena standard orang untuk membuat mereka senang tidak akan sama. Pastikanlah yang anda lakukan baik bagi orang lain, walaupun tidak semua yang baik orang sukai. Tetapi dengan berjalannya waktu lama2 orang akan belajar, suka atau tidak suka kalau baik itu penting bagi orang.

Kehidupan ini adalah sebetulnya maraton yang dibentuk oleh lari 100 meteran. Nyatanya alasan perjalanan adalah pembangun ketabahan.

Untuk membuat pribadi yang mudah disetujui oleh orang lain adalah Buat orang yang anda hadapi melihat bahwa anda adalah pribadi yang menguntungkannya.

Pribadi yang paling indah tempatnya disurga adalah pribadi2 yang bermanfaat bagi orang lain. Bagaimana mngkin anda menghindari kemanfaatan padahal anda ingin mencapai kemuliaan.

Wise Card:
Kalau anda membandingkan diri bandingkanlah dalam 3 hal:

Apa yang sudah dikerjakan
Apa yang sudah dihasilkan
Apa yang sudah dicapai, semakin jauh capaiannya semakin tidak untuk dirinya sendiri.

Perintahnya adalah pengembangan diri, agar menjadi pribadi2 yang pantas bagi pelayanan yang besar. Hal ini dilakukan supaya kita bisa berjalan dengan betul2 kecepatan berlari.

Yang membuat kita ini tumbuh menjadi pribadi yang bukan kita adalah kita mencapai sesuatu yang bukan pantasnya untuk kita.

Jadilah pribadi yang langkah biasanya adalah langkah fenomenal bagi orang lain. Perubahan kecilnya adalah perubahan fenomenal bagi orang biasa. Pikirkanlah caranya, memang tidak selalu mudah, tapi kalau anda mencari anda akan ketemu. Maka berdo’alah malam ini karena kalau anda meminta anda akan diberi.

Demikianlah resume “WALKING AT THE SPEED OF RUNNING”. Jika sekiranya didapati kekurangan sudilah kiranya para sahabat meluangkan waktu menambahkan untuk menyempurnakannya.








Tips Menjadi Pribadi Siap Kerja ala Mario Teguh.

Mengawali sebuah karir pada suatu perusahaan atau instansi pemerintahan adalah masih menjadi idaman, bagi sebagian besar calon tenaga kerja baru. Keahlian dan pengetahuan dasar sesuai bidang ilmunya tentu sudah dikuasai. Tetapi perlu diketahui, untuk menjadi pribadi siap kerja, tidak hanya masalah itu saja yang harus diperhatikan. Kita ini mahluk sosial, harus pula memperhatikan lingkungan sekitar, guna mendukung karir yang kita impikan. Ada Tips menarik untuk Menjadi Pribadi Siap Kerja dari Sang Inspirator kita Bp Mario Teguh, berikut point-point-nya:

Jadilah Pribadi yang Diterima, yaitu pribadi yang aman dan tidak berbahaya bagi senior anda, bersikap sewajarnya dan natural serta jangan mengurangi kebaikan Anda.
Jadilah Pribadi yang Disukai, yaitu pribadi yang sudah mulai diajak makan siang bersama, bersenda gurau atau bahkan mendapat hadiah dari senior Anda. Nasihatnya, jangan mudah tersinggung, mudahlah membantu, ikhlas memuji, tulus meminta maaf dan sportif.
Jadilah Pribadi yang Dipercaya, yaitu pribadi yang dianggap penting, sering dimintai saran, usulan bahkan nasihat oleh atasan. Nasihatnya, jadilah orang yang dipercaya orang besar, jujur dalam memberikan pendapat dan dalam melakukan segala hal, dukung atasan dengan cara yang sesuai norma dan buatlah ia terkesan pada Anda.
Jadilah Orang yang Dihormati, yaitu orang yang terus berlaku jujur, karenanya karyawan yang dihormati akan banyak hal yang didapat seperti gaji bagus, fasilitas jempolan dan peluang sukses yang cemerlang di depan Anda.

Saya pikir ke-empat Tips diatas, tidak hanya berlaku bagi orang yang pertama kali masuk dunia kerja saja, tapi berlaku bagi setiap kita apapun profesi-nya. Pribadi yang bisa diterima, Pribadi yang disukai, Pribadi yang dipercaya dan menjadi orang yang dihormati. Sudahkah kita berusaha menjadi pribadi seperti ini?










Mario Teguh: Black Magic Woman

Sahabat Indonesia, Dalam kesempatan yang berbahagia ini ijinkanlah saya menyampaikan resume acara Mario Teguh Golden Ways (MTGW) di MetroTV Edisi Ahad 1 Februari 2009 dengan topik “BLACK MAGIC WOMAN”., Sebuah tema super untuk menjadikan wanita super di mata pria-nya, resume-nya sebagai berikut:

Yang dibicarakan disini adalah langkah2 cinta untuk menguasai pria anda. Program yang membicarakan cara2 magic untuk menjadikan suami anda bergantung kepada anda. Sehingga pria anda tidak punya pilihan lain untuk tertarik kecuali kepada anda.

Pernikahan disebut menua apabila tidak ada lagi kejutan2 baru.
Jadi kalau wanita ingin mempertahankan ketertarikan suami, lakukanlah secara teratur hal2 yang mengejutkannya. lakukanlah hal2 yang tidak biasa didapatnya,karena anda bersaing dengan wanita yang super dalam hidupnya, yaitu ibunya.

Ibu pria anda mencurahkan seluruh hidupnya, untuk menjadikan pria anda menjadi pria paling tampan di dunia ini. Maka anda tidak boleh menyepelekan perlakuan padanya. Untuk itu kejutkan dia dengan sesuatu, buat dia melihat anda dengan mata paling lebar.

Pria anda itu bisa ayah anda, bisa suami atau anak laki2 anda. Apapun yang anda lakukan, tidak ada yang anda lakukan pada satu jiwa yang tidak berbekas padanya. Maka pastikan anda melakukan sesuatu yang menjadikan pribadi yang tidak bisa kembali ke pribadi biasanya. Karena wanita yang mengejutkan prianya, prianya belajar untuk tidak mengharapkan apapun, karena dia tahu wanitanya akan mengejutkannya.

Kalau anda ingin menguasai pria anda, penguasaannya itu harus membuat pria bahagia dikuasai. Pria akan senang sekali dikuasai oleh wanita yang mebesarkannya.

Janganlah membebani suami dengan hal2 yang tidak perlu. Lihat suami anda sebagai raja, lalu patutkanlah baginya hal2 yang hanya dipikirkan raja.

Menikah itu adalah langkah kebersamaan, yang sering kehilangan nilai dari kebersamaannya, karena turunnya kwalitas persahabatan antara pria dan wanita itu.

Maksimalkan kebersamaan anda dengan pria anda, hadirlah terus dalam kehidupannya. Bukan sebagai pengganggu, tapi sebagai peng-indah dari kebersamaannya.

Jika pria anda pulang bekerja, buat pria anda merasa sangat terlayani. Simapanlah dulu segala keluahan dan masalah, biarkan dia merasakan dahulu nikmatnya pulang. Besarkan keberhasilannya dengan mengaguminya. Kalau dia sedih anda menyediakan pangkuan yang lunak bagi kecil hatinya. Kalau anda lakukan seperti ini, anda akan dilibatkan dalam rencana2 keberhasilannya.

Berbicara kepada pria anda, bukan mengurangi banyaknya bicaranya, tetapi bagimana bila cara bicara anda lebih musikal. Jadikanlah cara2 anda indah dalam memperlakukan pria anda.

Kalau wanita pengoda berusaha menggoda suami anda, jangan salahkan mereka karena mereka melakukan hal2 yang tidak anda lakukan. Jagalah penampilan anda seperti penampilan anda sebelum menikah dengannya, lakukanlah hal2 yang suami sukai, yang sebelumnya belum anda lakukan.

Kadang2 pria dan wanita menganggap seimbang itu sama besarnya, dan itu awal dari konflik. Seimbang itu bukan besarnya, tetapi indahnya timbangan. Jika suaminya bekerja berat, istrinya tidak harus membebaninya, lakukanlah hal2 yang meringankan. Jadilah istri yang selalu bersedia menjadi penghibur bagi suaminya. Dalam keseimbangan itu bukan besar beratnya, tetapi bagaimana perannya.

Sebuah atap hanya akan berdiri tegak, kalau ditopang oleh dua pilar yang saling menghormati keterpisahannya. Menikah bukan harus menjadikannya jadi satu, ada hak2 yang harus kita hormati. Kebersamaan anda harus terpisah penuh hormat, saling menghormati.

Seberapa besarkah ketergantungan pria yang bisa diserahkan pada wanita?
Sangat bergantung kepada wanitanya.
Memaksimalkan ketergantungan pria anda kepada anda. Lakukanlah sebanyak mungkin hal yang biasa dilakukannya untuk mengurus dirinya sendiri. Sampai kepada titik dimana dia tidak bisa melakukan apapun untuk dirinya sendiri tanpa anda.

Anda akan sangat lelah pada tahap ini, karena anda akan memikul dua kemandirian. Tapi lihatlah hadiahnya, dia tidak mandiri lagi. Setelah itu anda hanya memikul satu kemandirian, kemandirian anda dan pria anda betul2 menyerahkan diri padanya. Andalah yang menyiapkan penampilan terbaiknya didunia. Ketika suami keluar rumah dengan penampilan terbaiknya, orang bilang itu karena anda.

Berapa banyak orang menikah dengan biaya yang mahal, tetapi pada bulan2 berikutnya diisi dengan kepalsuan, suapaya tidak keliahatan cerai. Wanita hebat adalah wanita yang merajakan suami.

Kalau anda jenuh dengan keberadaan suami di rumah, karena alasan kurang kreatif. Karena banyak suami tidak kreatif untuk membuat istrinya tertarik, maka tugas istri harus bantu dia untuk membuat dia kreatif. Tetapi dengan keberadaan suami di rumah, itu paling tidak anda mempunyai suami yang berprilaku sangat dekat kepada anda. Banyak suami yang menipu tetang keberadannya diluar, untuk itu lebih baik suami itu kelihatan meskipun mebosankan.

Bagaimana motivasi untuk melakukan perubahan karakter building pada istri?. Karakter orang tidak boleh diatasi, karena itu melawan. Yang bisa diatasi adalah dengan menyayanginya. Orang itu bisa berubah dengan cepat kalau dia merasa disayangi. Banyak suami menuntut istrinya berubah, tanpa dia mencontohkan perubahannya itu, begitu juga sebaliknya. Jadi jangan pernah menuntut yang tidak pernah anda lakukan sendiri. Indahkanlah diri anda, jangan pernah menilai dia tidak baik, sebelum anda menjadikan diri menajdi pria terbaik baginya.

Apabila ada satu juta orang, sebetulnya ada satu juta orang yang unik, tetapi ada 900 ribu orang yang meniru dan berusaha tidak beda dari orang lain.

Kalau anda ingin jadi wanita yang membuat pria anda tidak pergi dari rumah, lakukan hal berikut: Selalu temukan cara2 untuk tampil sebersih udara pegunungan, seharum taman di surga, semerdu Barbara Streisand, se-happy anak rusa, se-rapih taman tulip di Amsterdam, se-cantik yang bisa ditolong, dan se-penyayang orang yang ada mau-nya.

Apabila suami dan anak2 manja kepada anda, itu tandanya anda sedang diperhatikan oleh hati-hati yang sangat berkasih sayang disurga. Itu bukan penderitaan tapi itu beban yang cantik.

Dipundak anda terdapat suatu tugas mulia, yang menjadikan pria indonesia untuk menjadi hebat karena anda. Maka nasihatnya, Bersungguh-sungguhlah untuk menjadikan diri anda sebab bagi kebahagiaan pria anda, lalu perhatikan apa yang terjadi.

Demikianlah resume “BLACK MAGIC WOMAN”. Jika sekiranya didapati kekurangan, sudilah kiranya para sahabat meluangkan waktu menambahkan untuk mengoreksi serta menyempurnakannya.







Otak Adalah Bank Pikiran Anda


Tahukah anda, diantara keajaiban otak yang kita miliki, otak kita bisa berperan layaknya sebuah Bank. Ya, karena setiap hari anda memasukkan deposito pikiran dalam “
“Bank Pikiran” Anda. Apabila anda duduk dan berfikir, atau kalau anda sedang menghadapi suatu masalah, sesungguhnya secara tidak langsung anda berkata kepada Bank Ingatan anda: “Apa yang telah saya ketahui mengenai hal ini?”

Bank ingatan anda akan segera memberikan jawaban kepada anda, beberapa keterangan tentang situasi yang anda depositokan dimasa-masa lalu.

Penghitung dalam Bank Ingatan anda sangat bisa dipercaya. Tak pernah ia memberikan keterangan yang salah. Jika anda bertaya kepadanya “Saudara Penghitung, saya akan mengambil beberapa pikiran yang saya depositokan dimasa lalu, yang membuktikan bahwa saya merasa rendah diri terhadap siapapun”, maka ia akan mengatakan: “Tentu Tuan, Ingatlah bagaimana anda gagal dua kali ketika anda mencoba sesuatu?, Ingat apa yang dikatakan guru kelas anda ketika anda sekolah dasar tentang anda, yang tidak pernah bisa mengerjakan pekerjaan rumah…Ingat apa yang dikatakan teman-teman sekerja anda, tentang kemalasan anda…Ingat….”

Dan penghitung itu akan terus-menerus berkata, dan menggali hal demi hal yang mengingatkan anda, bahwa anda tidak mampu mengerjakan sesuatu.

Tapi…, pergilah ke Penghitung Bank Ingatan anda itu, dan berkata kepada kepadanya: “Saudara Penghitung. Saya mengahdapi masalah sukar, dan belum tahu bagaimana mengambil keputusan. Bisakah anda memberikan pikiran2 yang membuat saya yakin dan percaya kepada diri sendiri?”

Dan penghitung itu menjawab. “Tentu, Tuan. Ingat akan keberhasilan Tuan dalam menghadapi situasi yang sama pada tanggal sekian….Ingat betapa besar kepercayaan Mr.X kepada anda…..Ingat apa kata teman-teman Tuan tentang kelebihan Tuan….Ingat………..”

Penghitung yang sangat pekal sekali itu memberikan pikiran2 yang anda perlukan. Karena Bank itu adalah Bank Anda.

Jadi salah satu cara yang harus anda optimalkan dari Bank Pikiran Anda adalah, berusahalah untuk hanya menyimpan pikiran2 positif dalam Bank Ingatan Anda. Jangan biarkan pikiran2 negatif melemahkan mental anda. Jangan mau mengingat-ingat peristiwa2 dan situasi2 yang tidak meng-enakan.

Bagaimana dengan Anda, sudahkan mengoptimalkan Bank Pikiran Anda dalam menghadapi masa2 sulit anda?









Mario Teguh: Super Second Career

Sahabat Indonesia, Dalam kesempatan yang berbahagia ini ijinkanlah saya menyampaikan resume acara Mario Teguh Business Art (MTBA) di Televisi O’Chanel Edisi Kamis 29 Januari 2009 dengan topik “SUPER SECOND CAREER”., bahasan ini merupakan pendalaman dari bahasan sebelumnya Career’s Handcuff, resume-nya sebagai berikut:

Pointer 1:
Karir kedua bukanlah pekerjaan sampingan, karena karir kedua adalah tangga naik pelayanan yang berasal dari hati kita, memenuhi pikiran kita dan menggunakan semua kekuatan kita.

Kalau pekerjaan pertama anda tidak memenuhi ketiga kriteria ini, dan pekerjaan kedua malah termasuk kategori ini, maka pekerjaan kedualah yang sebenarnya sebagai pekerjaan utama. Banyak orang berhasil di pekerjaan kedua yang disikapi dengan hormat.

Tidak ada sesuatu itu disebut kecil kalau potensinya besar, tidak ada sesuatu disebut besar kalau potensinya kecil. Dalam mendalami pekerjaan, anda harus melihat potesninya dan harus melihat apa yang akan anda capai dimasa depan.

Suatu karir disebut baik bila memenuhi tiga kriteria utama:

Pekerjaan anda harus memenuhi kecintaan hati anda.
Memberikan kebebasan bagi diri anda, baik kebebasan waktu maupun kebebasan finansial
Batas pertumbuhannya tidak mempunyai batas pertumbuhan

Ada dua macam keyakinan:

Meragukan, yaitu dia sangat yakin sebelum melakukan, tetapi pada pertengahan jalan dia akan kehilangan keyakinan.
Orang yang takut, tidak yakin sebelum memulai, tetapi dia berusaha terus untuk tetap melakuakan, dan dalam proses melakukan itu dia membangun keyakinan.

Banyak orang yang sudah yakin terhadap karirnya tetapi dia tidak merasa yakin terhadap keyakinannya.

Setiap propesional yang bekerja selalu melalui jendela2 kesempatan yang sangat mengundang. Jendela2 kesempatan ini mengundang dia untuk loncat dalam karirnya. Tapi masalahnya berapa lama orang untuk berfikir dalam untuk meloncat itu, karena banyak orang takut kalau meloncat nanti tidak jatuh di kaki, tapi malah jatuh dikepala.

Banyak orang berhenti bekerja, melakukan kesalahan fatal, dia tidak lagi berharap ke Tuhan, melainkan berharap keada proyek. Itu sebabnya banyak orang berhenti bekerja dan ber-wiraswasta gagal, karena dia tidak berharap kepada Tuhan tapi berharap ke hal2 lain selain Tuhan.

Pekerjaan utama kalau tidak bisa memebuat anda melihat ke masa depan, sebenarnya itu pekerjaan sampingan, dan yang anda lakukan besar nanti itulah yang utama.

Pointer 2:
Orang yang naik itu adalah dia yang tidak lagi pantas bagi tempatnya sekarang.

Apapun pekerjaan anda baik pegawai negeri, pegawai swasta ataupun wiraswasta, pastikan anda segera tidak lagi pantas bagi pekerjaan anda sekarang.

Dalam memilih pekerjaan, jangan pikirkan berapa banyak yang bisa anda capai dengan itu. Tetapi berapa ahlinya anda dalam bidang itu, berapa besar yang anda hasilkan, berapa banyak orang yang bisa anda untungkan.

Kalau anda memikirkan karir yang sesungguhnya, tidak pernah anda akan memikirkan uang, tapi anda memikirkan alasan mengapa orang membayar. Karena orang membayar itu karena anda untungkan. Jadi pikirkanlah karir atau pekerjaan yang isinya adalah penguntungan bagi orang lain.

Buatlah orang lebih mampu. Metoda ini kelihatannya merugikan anda, tetapi pada hakekatnya sangat menguntungkan anda, sebab ketika anda membuat orang lebih mampu, anda akan dikayakan. Jangan hitung uangnya, hitunglah mengapa anda dibayar.

Pointer 3:
Pekerjaan yang baik akan menghebatkan anda.

Kalau anda bekerja dibidang IT, pekerjaan tersebut membuat anda menjadi yang terhebat di Indonesia. Kalau anda bekerja di Travel Agen, pekerjaan itu membuat anda jadi Travel Agen terhormat di Indonesia.

Banyak orang bekerja disuatu pekerjaan tanpa pernah tahu dia akan jadi penting, bahkan dipekerjaan itu saja. Jadi jangan pilih pekerjaan yang tidak menjadikan anda hebat.

Anjuran:
Berhenti membuktikan bahwa pekerjaannya adalah pekerjaan yang tepat. Karena banyak orang dalam hidupnya, menyesuaikan dengan pekerjaannya. Karena pekerjaan yang baik keluar dari hati anda, mengisi semua pikiran anda dan mempengaruhi tindakan anda.

Bagaimana mungkin pekerjaan tersebut baik bagi anda, kalau anda lupa, anda tidak ingat, anda mengeluh, dan tidak membuat anda menggunakan semua kekuatan dalam pekerjaan itu.

Berapa banyak orang yang tidak mau bekerja keras karena mau dibayar lebih. Berarti pekerjaan itu bukan pekerjaan hebat dan bukan pekerjaan utama anda, meskipun itu satu2nya pekerjaan, tetapi itu bukan karir.

Orang2 yang bersemangat mencapai karir yang baik, akan mencari orang2 yang diatas dia, yang telah berpengalaman. Dia berkakir pada yang dia sukai, lalu mencari orang2 yang sudah pengalaman di bidang ini, untuk dijadikan mentor.

Banyak orang muda merasa tidak perlu mentor, padahal mentor itu sangat perlu, karena bisa memperpendek perjalanan anda, dan menghindarkan anda dari kesalahan yang telah dibuatnya dulu.

Jangan merasa nyaman dengan sesuatu yang masih bisa ditingkatkan.
Bekerja keraslah sekarang, bukan untuk menghemat, tapi untuk membesarkan pendapatan.

Banyak orang berpikir, dengan double income akan semakin memperbesar pendapatan. Tetapi perlu diingat satu income yang fokus akan lebih besar dari dua income yang tidak fokus.

Kalau anda berprofesi dengan double career, maksimalkan dan sibukan diri anda, sehingga anda sangat sibuk dengan pekerjaan ini, dan pada akhirnya mengharuskan anda untuk fokus pada salah satunya.

Kalau ada orang tanya mau jadi apa? Jadilah yang terbaik, mungkin pekerjaan kita bukan pekerjaan yang terbaik di dunia, tetapi anda bisa tetap menjadi pribadi terbaik dalam melakukannya.

Anda itu dihargai bukan karena pekerjaannya, tetapi anda dihargai karena anda melakukannya dengan hebat. Lihatlah diri anda, apakah diri anda menggunakan semua kekuatan, untuk melakukan yang terbaik dari yang anda kerjakan.

Kalau anda berdoa dan berserah kepada Tuhan, jangan pilih2 lagi dalam pekerjaan, berfokuslah untuk menjadikan pekerjaan hebat dipekerjaan itu.

Jangan pernah berfikir bahwa pekerjaan anda sekarang sudah final. Kalau ada kesempatan yang lebih baik, kuncinya lakukan saja. Kalau pekerjaan tersebut datang dari hati anda, dan memenuhi pikiran anda, maka lakukan saja. Kalau anda tidak tahupun dalam pekerjaan itu, anda akan dibimbing untuk jadi tahu.

Apapun alasannya, orang yang sering berpindah-pindah kerja, dia akan selalu jadi pemula didalam pekerjaannya. Dia tidak akan pernah betul-betul ahli. Tekunilah pekerjaan secara serius, kalau salahpun, salahlah dengan serius supaya tahu yang betul.

Mencoba itu baik, yang tidak boleh itu coba-coba. Karena mencoba itu melakukannya dengan serius, sedangkan coba-coba itu sebaliknya.

Ada 5 tanda bahwa pekerjaan kita adalah pekerjaan yang tepat:

Anda bergembira dalam melakukannya.
Anda tumbuh menjadi lebih mampu, lebih pandai dan lebih ahli dibidanngya.
Anda dikenali dengan baik, dihargai dengan baik, ditempatkan ditempat yang baik, digaji dengan baik, dan dihormati dengan baik.
Apabila anda jatuh, anda jatuh kedepan. Orang jadi lebih tahu anda padahal anda salah, atasan jadi lebih senang karena niat anda baik.
Anda dapat melihat impian-impian hati anda melalui pekerjaan anda. Anda jadi lebih tahu arah dan tahapan dari pekerjaan anda.

Jangan kecilkan cita-cita anda, hanya karena yang anda dapat sekarang kecil. Besarkan pekerjaan anda, keinginan anda untuk mencapai hasil itu, karena besarnya cita-cita anda.

Tips untuk meyakinkan orang terdekat ketika kita beralih ke second career yang lebih menjanikan:

Siapkan-lah kehebatan, suapaya mereka tenang, karena mereka akan terawat kalau kita pindah kerja.
Pada awalnya, lakukanlah secara rahasia.
Bualaht mereka tahu, bahwa kita sedang tumbuh baik di karir ke dua.

Tips Bagi seorang atasan, agar bisa memotivasi bawahanya supaya lebih fokus terhadap tugas-tugs nya.

Pastikan anda menikmati pekerjaan anda, dan terlibat langsung didalamnya. Karena banyak bawahan melihat atasan seperi tidak suka kepada pekerjaanya.
Pastikan anak buah anda tahu, bahwa dalam rencana keberhasilan anda, terdapat rencana keberhasilan anak buah anda.

Jangan pernah mencuri waktu dan sarana dari pekerjaan utama. Karena kalau ada yang kurang ikhlas dari yang anda lakukan, maka akan mengurangi rejeki anda.

Wise Card:
Bersiap-siaplah untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang menjadi kecintaan anda, walaupun keliahatannya kecil dan tidak berarti, tetapi penyelesaiannya akan menguntungkan orang-orang yang anda layani.

Pekerjaan kita itu dihargai bukan karena rencananya tetapi karena penyelesaiannya.

Ketika pekerjaan kecil itu selesai, bersiaplah untuk masuk ke proses berikutnya yang mungkin juga kecil, tapi selesaikan. Hal ini terus anda lakukan, sampai anda membangun kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan yang lebih besar. Pada akhirnya pekerjaan kecil yang anda lakukan akan menjadi sesuatu yang besar, yang bernilai dan berdampak. Dampak itu efek, berarti efektif kalau anda melakukannya dengan sungguh-sungguh.

Rahasia yang Pak mario lakukan, sampai umur 35 tahun, tidak bekerja untuk mencari uang. Tapi waktu tersebut digunakan untuk menghebatkan diri, menggunakan apa yang dipelajari, untuk mengejar keahlian dibidang itu, berapapun bayarannya diterima. Umur 35-40 Tahun mencari uang dengan tegas tidak mau lagi ditawar, karena anda sudah ahli dan mempunyai nilai jual yang tinggi. 40 tahun keatas tidak lagi mencari uang, tetapi dicari uang.

Pertanyaan-nya kalau tidak cari uang, dapat uang tidak? dapat, tapi bukan tujuan utama anda.

Demikianlah resume “SUPER SECOND CAREER”. Jika sekiranya didapati kekurangan sudilah kiranya para sahabat meluangkan waktu menambahkan untuk menyempurnakannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar