Jumat, 13 Januari 2012

MOTIVASI ALA PAK MARIO

HEMAT BBM, MESIN AWET, TUNGGANGAN NGACIR


Tips dibawah ini ditujukan buat anda dan terutama saya sendiri, dalam rangka menghemat BBM dan membuat mesin lebih awet. Apa aja sih caranya supaya hemat BBM ? Banyak cara yang bisa kita lakukan, diantaranya dengan mengubah cara berkendara kita dan memperlakukan kendaraan sebaik mungkin. Daripada cape-cape terus menuntut penurunan BBM, lebih baik kita cari solusi minimal buat diri kita sendiri bagimana mensiasati tingginya harga BBM di negeri tercinta ini. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan pada kendaraan yang kita miliki diantaranya :

Cek Tekanan Ban
Sepele,tapi besar manfaatnya dalam menekan konsumsi bensin. karena kalo tekanan angin kurang,sesuai riset,dapat menimbulkan keborosan BBM 10-15%. Jadi pastikan tekanan ban di motor kesayangan selalu tepat sebelum mengendarainya.
Cek Kondisi Roda
Contoh dari kelurusan putaran,kelancaran putaran roda dan lainnya, sebab bila putaran roda berat atau tak presisi, jelas akan memperlambat laju motor. Pemicunya pelek tidak center(speleng),bearing roda aus,atau kurang pelumasan dan sebagainya.
Atur Jarak Main Rem.
Sebab, “bila rem sampai menempel,tentu akan bikin lari motor jadi berat, sehingga pemakaian bensin tidak sesuai sama jarak tempuh motor”. makanya,atur jarak main tuas rem motor baik depan maupun belakang minimal 1/3 dari jarak main tuas secara keseluruhan.”Jangan telalu rapat, karena dikhawatirkan kampas rem jadi menempel”.
Pelumas.
Daya lumas oli yg baik,mampu membuat kitiran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar sempurna. Hal ini akan menciptakan power mesin lebih optimal, sehingga lari motor lebih cepat(jarak tempuh jauh), namun bensin hemat. Ingat penggantian oli yang rutin dan tak melebihi batas servis yg di anjurkan(tiap 2.000-2.500KM), akan membuat performa mesin selalu segar dan putaran-nya lancar.
Setel Klep.
Celah klep terlalu longgar atau rapat bisa bikin tenaga mesin turun. Pengendara pun cenderung membetot gas lebih dalam demi meraih akselerasi cepat. Efek-nya,BBM banyak terpakai,untuk itu,kerenggangan komponen ini kudu disetel tepat, sesuai spesifikasi motor masing”.
Setel Kopling.
Ini juga berpengaruh terhadap konsumsi BBM. Setelanya jangan sampai terlalu sensitif. Maksudnya,saat tuas kopling ditekan,gigitan kampas kopling jadi cepat ngelos. Hal ini bikin kopling mudah selip saat gas di pelintir. Lari motor pun jd tertahan,tp putaran mesin meninggi. Selain itu, pastikan pula kondisi kampas kopling masih berperforma baik. Bisa sudah tipis/aus segeralah ganti baru.
Busi.
Umur kerja busi,efektifnya sampai jarak tempuh 6.000-7.000KM. Lebih dari itu, performa busi mulai menurun. Hasil pembakaran di ruang bakar juga ngedrop. Alhasil pemakaian BBM menjadi boros, sebab campuran gas jadi tak terbakar dengan sempurna.Tenaga mesin pun loyo. Oh ya,bila umur busi masih efektif,rajin2 lah dibersihkan saat servis rutin, sebab bila elektroda busi sampai diselimuti kerak,bisa menurunkan kualitas percikan busi. Selain itu,atur pula kerenggangan elektroda busi sesuai spesifikasi yang di anjurkan.
Filter Karburator.
Dari data hasil riset pada honda vario keluaran mei 2007(jarak tempuh 14.000Km)komponent ini sudah cukup tebal di tumpuki debu. Padahal filter jenis viscous element yg di anut-nya tak boleh di bersihkan atau disemprot angin bertekanan. Sebab akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya.Bila tampak kotor kudu diganti baru. Tapi yang berbahan busa,masih bisa dicuci. Nah,saat sebelum filter karbu di ganti, konsumsi BBM vario itu dalam pemakaian normal hanya 34-35km/liter. Namun setelah di ganti baru,konsumsi BBM tembus 38km/liter. Tarikan motor pun jauh lebih enteng dibanding sebelum ganti filter.
Servis/Setel Karburator.
Tahapan ini dianjurkan tiap kali servis rutin guna menghindari spuyer atau saluran bensin tersumbat kotoran. Sehingga selalu didapap efek pengabutan bahan bakar yg sempurna. Selain itu,setelan ketinggian pelampung,sekrup udara atau pilot air screw juga sangat mempengaruhi hasil pembakaran mesin. Bila dilakukan tepat,dapat memperbaiki power mesin hingga 0,5dk,dan tentu berdampak bikin irit konsumsi BBM.
Menaikan Kompresi. Ini langkah meningkatkan torsi mesin di putaran bawah. Jadi saat berakselerasi awal, rider tidak perlu buka gas terlalu dalam, bensin pun irit. Tentu proses peninggian kompresi mesin tak ekstrem harus papas head, melain kan cukup mengurangi ketebalan paking atau mengganti pistone berdome tinggi.
Upgrade Sistem Pendinginan.
Stabilitas suhu mesin sangat mempengaruhi performa dapur pacu. Makanya, akali dengan memasang oil cooler. Untuk motor penganut sistem pendingin cair kayak honda vario, CBR 150, kawasaki ninja dan lainnya,bila ingin sihu radiator dan mesin tetap terjaga ideal saat motor terjebak macet,bisa menambahkan kipas pendingin.
Upgrade Mesin.
Tahapan ini ditujukan buat motor berjam terbang tinggi, sebab komponen bergerak di dalam mesin pasti banyak yang aus. Misal ring piston lemah, clearence piston sudah terlalu longgar dan lainnya. Cukup mengembalikan kepresisian komponen2 itu jadi normal lagi. Maka selain tenaga mesin meningkat, pemakaian BBM juga lebih irit.
Upgrade Pengapian.
Sudah disinggung, busi berperan penting bagi tenaga mesin. Nah, ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas percikannya. Contoh adopsi peranti pengapian berspesifikasi high performance macam booster koil atau koil racing. Langkan ini sudah di buktikan mampu membuat irit konsumsi BBM di motor.
CDI Racing.
Meningkatkan power mesin sekaligus ngirit bensin, lewat mengatur ulang timing pengapian.Umumnya dibikin lebih maju dari timing standartnya. Paling gampang, ganti otak pengapian dengan CDI tipe racing. Dari hasil test,penerapan langkah ini terbukti mengefisiensikan pemakaian BBM hingga 15% lo.
Ringan-kan Beban Motor.
Motor yg berat,bikin lari ikut berat. Pengendara jadi sering memilintir gas dalam2 saat mau berakselerasi cepat. Jadi sebaiknya hindari pemakaian aksesoris berlebihan yg dapat membuat bobot motor bertambah. Gunakan variasi yg berbobot enteng/ringan. Misal pelek alumunium,swing arm dan sebagainya.
Pakai Fuel Saver & Power Booster.
Tak haram lo, jika mau aplikasi part2 pengirit bensin kayak:
Power Speed, sebab berdasarkan hasil riset, part semacam ini memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 30%. Kabar baiknya Power Speed juga bisa Meningkatkan Tenaga Mesin,Mengurangi Getaran Pada Mesin,Meningkatkan kwalitas Bahan Bakar dari Premium serasa Pertamax, Menyempurnakan proses pembakaran pada mesin yang dapat mengurangi dan mebersihkan kerak, Dapat digunakan pada kendaran yang menggunakan bensin maupun solar, Mengurangi Emisi Gas Buang (CO), dan Membuat Mesin Lebih Awet. Urusan harga, Power Speed juga gak bikin kantong bolong lo :-).
Cara Berkendara.
Kesemua cara ngiritin BBM ini akan percuma bila tak dibarengi cara berkendara yg benar!!. Kalo anda masuk suka kebut2an, sering memblayer gas saat motor berhenti, sering main selip kopling, memanaskan kendaraan terlalu lama dan lain2nya. Sebaiknya, jalankan motor dengan kalem, mengurut gas perlahan-lahan waktu berakselerasi, memposisikan perseneling pada kondisi kecepatan dan putaran mesin yang pas, dijamin konsumsi BBM anda akan jauh lebih irit dan mesin anda juga lebih awet tentunya.

Seandainya 1 kendaraan bisa berhemat 1-2 liter per hari, bayangkan berapa banyak mobil/motor yg tertolong. Dan dengan ini kita juga turut serta menghemat Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui GO GREEN…. Silahkan anda coba karena manfaat yang dihasilkan akan sangat besar buat kita semua.







Mario Teguh : Brave Heart

Sahabat Indonesia, Dalam kesempatan yang berbahagia ini ijinkanlah saya kembali menyampaikan resume acara Mario Teguh Business Art (MTBA) di Televisi O’Chanel Edisi Kamis 19 Februari 2009 dengan topik “BRAVE HEART”., Bahasan ini sangat luar biasa, karena mengajarkan kita untuk menjadi orang yang berani, dengan tahapan-tahan yang anggun, berikut resume yang bisa kami tulis tulis:

Kita berbicara Brave Heart atau hati yang berani, karena banyak sekali orang yang mencapai kehidupan yang berkelas hanya karena menggunakan keberanian. Apabila kemampuan tidak lebih penting dari penggunaannya, maka keberanianlah yang membuat orang menggunakan kemamapuan.

Super Point 1:
Setiap orang akan mati, tetapi tidak setiap orang benar2 hidup.

Berapa banyak orang yang hidupnya hanya siap2. Siap2 menjadi pribadi yang hebat, nanti kalau dihargai. Siap2 menjadi karyawan yang baik, nanti kalau dibayar lebih baik. Siap2 menjadi bahan yang mengabdi, nanti kalau atasannya baik, dsb.

Pertanyaannya sejak kapan kita hidup?
Sudah dari dulu, tetapi belum mengisi kehidupan dengan hal2 yang menjadikan kita hidup penuh.

Ada dua kata yang sangat berbeda artinya:
Perbuahan keberuntungan membutuhkan keberanian, tetapi pengubahan keberuntungan mensyaratkan keberanian.
Perubahan keberuntungan adalah Sesuatu yang terjadi kepada diri kita,
Pengubahan keberuntungan adalah upaya kita dalam bereaksi terhadap yang terjadi.

Yang terjadi terhadap anda, tidak lebih penting daripada yang terjadi didalam diri anda.
Semua orang bisa terkena masalah atau mirip, tetapi yang membedakan adalah reaksinya.
Ada orang yang dihina dan direndahkan, tetapi kalau reaksinya baik, maka akan kelihatan yang menghinanya-lah yang sesungguhnya rendah.

Tidak ada orang besar yang disakiti orang kecil, hanya orang yang sekelas yang melakukan itu.
Maka jadilah orang yang berani sehingga apapun yang terjadi kepada anda menghasilkan reaksi yang baik sekali.

Jalan kedepan yang paling baik adalah:
1. Bekerjaah dengan pikiran yang melihat baiknya.
2. Hatinya yang sabar, karena orang sabar itu sedang menunggu sesuatu.
3. Lakukanlah sesuatu yang baik sehingga ada alasan untuk sabar.

Kalau anda letih dengan yang rasional dan logis, berpihaklah kepada yang tidak rasional dan tidak logis. Lakukanlah hanya lakukan yang terbaik didalam yang tidak rasional.
Tuhan itu tidak bisa anda rasionalkan dan tidak bisa anda logikakakn, DIA sangat tinggi kualitasnya didalam irasionalitas dan ketidak logisan.

Salah satu bukti irasionalitas Tuhan adalah banyak orang yang tidak ganteng tapi punya istri cantik, banyak orang yang tidak pandai tetapi kaya, banyak orang pangkatnya tinggi padahal tidak bisa apa2.

Tuhan itu sangat berwenang sekali, kalau itu sudah terjadi pada orang lain, mintalah untuk kita. Berdo’alah kepada Tuhan, “Tuhan.. saya tidak pandai, tapi hebatkan saya, Saya tidak begitu banyak mengerti, buat tetap saya berhasil. Saya tidak tampan, buat saya tetap populer”. Semakin anda sedih karena permintaan anda, semakin mudah didengar.

Super Point 2:
Kesalahan adalah biaya yang harus dibayar, untuk mencapai ketepatan hidup.

Untuk bisa tepat dalam hidup, kita harus bersedia menerima resiko salah. Karena tepat dan salah itu adalah dua sisi dari mata uang yang sama. Jadi orang yang menghindari kesalahan berarti menjauhi ketepatan.

Kalau kita sedang menunju kepada ketepatan sudah otomatis ada kemungkinan salah. Orang yang ikhlas menerima kesalahan sebagai cara dan bagian biaya untuk mencari yang tepat, dia tidak melihat penderitaan dari kesalahan, tapi dia melihat janji yang ada dari semua yang salah ini.

Penyesalan itu adalah kekuatan yang membuat anda melakukan yang seharusnya dilakukan.

Sebetulnya kesombongan itu tidak ada kalau dilihat oleh orang yang sama mampunya.
Hanya orang yang lemah dan kecil, yang melihat orang yang baik yang percaya diri sebagai orang sombong.

Modal paling penting untuk berwirausaha adalah bukan uang, tetapi KETERDESAKAN. Orang harus terpaksa, baru menggunakan semua kemampuan yang ada untuk bertahan hidup.

Berani itu adalah tetap melakukan meskipun takut, tetap melakukan meskipun tidak tahu, tetap melakukan meskipun tidak siap, tetap melakukan meskipun orang meragukan anda.

Kita itu merasa takut dan kecil hati karena tidak tahu apa yang akan terjadi nanti. Tetapi justru ada orang yang karena tidak tahu nanti, dia membesarkan hati, menguatkan pendirian, dia terus berdo’a karena dia tidak tahu apa yang akan terjadi nanti.

Mulai saat ini lakukanlah, semakin takut semakin berdo’a, semakin takut semakin bersiap2, semakin kecil hati semakin menyegerakan tindakan. Karena sebagian masalah itu besar karena kita yang membesarkannya.

Yang mengeluh sekarang ini adalah orang yang melihat penderitaannya akan berlanjut. Dan orang yang sombong sekarang ini adalah orang yang melihat penderitannya pasti berlanjut. Yang selalu baik itu orang yang melihat penderitaan itu sementara, karena keluhan kita itu sementara.

Kesombongan itu tidak boleh ada menjadi kesyukuran yang baik, karena keberhasilan itu juga sementara. Tuhan yang melebihkan kita, akan mengurangi kita, karena kita mengurangi kepantasan untuk dilebihkan. Pastilah anda tetap membangun pribadi yang pantas bagi keberhasilan.

Orang yang berani itu bukan orang yang berani mati, tetapi berani hidup dengan sepenuhnya. Orang yang betul2 berani adalah orang yang berani memikul beban dari kehidupan ini, menghadapi yang mungkin terjadi yang tidak sesuai dari yang diharapkannya, lalu beraksi dengan baik, menggunakan sebaik-baiknya sikap dalam seburuk-buruknya keadaan.

Harus ada yang kita utamakan dalam hidup ini. Orang yang mengejar dua kelinci sekaligus, tidak akan mendapat kedua-duanya, karena kedua kelinci ini tidak akan lari kearah yang sama. Lebih baik benar2 fokus dalam satu bidang, daripada menjalani dua profesi tapi tidak ada yang dijalani dengan sepenuhnya.

Salahlah tentang banyak hal, tetapi pastikan kalau anda berhasil satu bisa membayar dari kerugian semua kesalahan anda.

Lama itu pendapat bagi orang yang belum pernah mengalami, besabarlah dalam berproses karena itu sifatnya sementara.

Super Tips :
Anda harus semakin berani, saat semakin banyak orang takut.

Semakin banyak orang takut sebetulnya kita juga ikut takut. Jadi memberanikan diri dikalangan orang yang takut, menjadikan kita hanya sedikit berani dibandingkan mereka. Kalau yang sedikit ini kita utamakan, kita akan menjadi pribadi yang menonjol. Pribadi yang berani akan cemerlang tampil dimasa yang sulit.

Orang itu terkadang ditempatkan pada keadaan yang tersudut, supaya tidak ada cara lain kecuali untuk maju.

Banyak orang mengeluh ketika dia merasa yakin karena kemudian hasilnya gagal. Maka mulai malam ini marilah kita ganti kata YAKIN dengan HARAPAN BAIK. Karena yakin itu mengabaikan kemungkinan2 do’a itu tidak akan didengar. Berbeda dengan Berharap, karena berharapan itu sudah berupa do’a. Tanpa menyebut do’a anda sudah berdo’a, saat mengganti kata yakin dengan berharapan baik.

Semakin menderita orang, semakin percaya kepada sesuatu yang tidak bernilai. Jadi waktu anda bingung, ingat bahwa anda harus jadi orang besar, ingat bahwa anda harus jadi orang yang bernilai.

Orang bernilai itu tidak harus berkedudukan tinggi atau kaya raya sekarang, tetapi dia membesarkan anak2 yang hebat. Membangun hubungan yang mesre dengan istrinya, menghormati orang tua, santun dengan tetangga.

Kalau anda ragu akan apapun jadilah orang baik. Yakinlah pada tugas anda untuk menjadi pribadi yang bernilai.

Anda adalah bukti keberhasilan orang tua anda, kalau anda tidak berhasil membesarkan anak anda minimal seberhasil anda, anda tidak seberhasil orang tua. Padahal harapan orang tua, kita bisa membesarkan cucunya yang lebih berhasil dari dia.

Jangan coba2 menularkan keberanian, karena itu tidak akan bisa. Yang bisa anda lakukan adalah memaksa orang agar bisa bertindak seperti berani.

Jadi berlakulah anda seperti anda berani, lalu kalau benar2 dengan itu anda disebut berani. Setelah itu anda akan mendapat hadiah dari keberanian, yaitu sesuatu yang tidak akan pernah anda dapat kalau anda jadi penakut.

Jadilah pribadi yang sedikit sekali yang ditakutinya. So, biasakan diri kita diisi oleh yang memberanikan diri, dengan cara mensedikitkan hal2 yang anda sebut menakutkan.

Demikianlah resume “BRAVE HEART”. Jika sekiranya didapati kekurangan sudilah kiranya para sahabat meluangkan waktu menambahkan untuk menyempurnakannya.









5 Hal Yang Dapat Merubah Kekalahan Menjadi Kemenangan

Perbedaan antara sukses dan gagal terletak pada Setback (Kemunduran), rintangan, hal-hal yang mengecilkan hati, dan situasi-situasi lain yang mengecewekan.

So.. ini tips buat anda yang ingin merubah kegagalan anda menjadi sebuah kemenangan yang hakiki :

Pelajarilah kemunduran (setback) untuk menempuh jalan ke arah keberhasilan. Jika anda kalah atau rugi, belajarlah dari kekalahan atau kerugian anda itu dan berusahalah untuk menang di lain waktu.
Milikilah keberanian untuk menjadi pengkritik diri anda sendiri. Carilah kesalahan-kesalahan dan kelemahan-kelemahan anda, lalu perbaikilah. Ini akan membuat anda menjadi pribadi yang profesional.
Jangan Sekali-kali menyalahkan “Nasib Buruk”. Cari dan temukanlah apa yang menyebabkan kegagalan itu terjadi, sebab jika hanya bisa menyalahkan maka hal itu tidak akan pernah membawa anda pada tujuan anda.
Gabungkanlah ketekunan dan experimen-experimen baru. Jangan merubah tujuan anda dan jangan pula membenturkan kepala anda pada tembok. Cobalah pendekatan-pendekatan baru serta buatlah experimen-experimen.
Ingat, bahwa selalu ada segi baik/positif dan hikmah dalam setiap situasi. Temukan, ketahuai, dan lihatlah segi positifnya dan hilangkan rasa keputusasaan dalam diri.











Mario Teguh: Membangun Kehidupan Berkualitas Surga

Sahabat Indonesia, Sebelumnya mohon maaf, karena kemarin mudik keluar kota selama 4 hari, kami tidak bisa mengetengahkan resume dari siaran MTBA O’Chanel, hal ini dikarenakan terbatasnya jangkauan O’Chanel ke kota kami. Tapi Alhamdulillah, kali ini kami bisa kembali menyampaikan resume acara Mario Teguh Golden Ways (MTGW) di MetroTV Edisi Ahad 15 Februari 2009 dengan topik “MEMBANGUN KEHIDUPAN BERKUALITAS SURGA”. Tema ini terinspirasi dari sebuah lagu yang berjudul CLOSE TO HEAVEN. Berikut resume yang berhasil saya catat:

Surga itu hanya satu ciuman penuh kasih sayang

Kehidupan ini penuh tanda, ada tanda bahwa kita mendekati surga, ada tanda kalau yang kita lakukan, menjauhkan kita dari kehidupan yang baik.

Setiap detik kalau kita tidak mendekati kebaikan kita menjauhi kebaikan.

Sehingga orang yang sadar dan berada dalam waktunya, dan selalu menjaga perjalanan menuju kedalam yang baik, dia berhak bagi kehidupan yang berkualitas surga.

Super Point:

Bila anda berlaku sebagai pribadi yang anda inginkan, lalu anda berlaku seperti dia, anda akan menjadi pribadi yang anda lakukan.

Kita akan menjadi yang kita lakukan, maka berhati-hatilah dalam melakukan. Karena itu yang menjadi pembatas jadinya kita.

Rencana yang paling baik adalah rencana yang bisa segera dilaksanakan.

Bukan besarnya, bukan kompleks-nya tetapi rencana yang segera bisa terlihat wujudnya dalam tindakan nyata.

Karena keberhasilan tidak berada dialam rencana, keberhasilan itu berada dalam alam tindakan.

Super Point:

Perasaan damai itu bersama dirinya sendiri, banyak orang tidak merasa damai dengan dirinya sendiri.

Kalau mau damai, anda harus berlaku jujur kepada diri sendiri. Kalau ingin menjadi orang besar, berlakulah yang pantas bagi kebesaran. Kalau ingin jadi pribadi yang dikedepankan, berlakulah yang pantas untuk dikedepankan.

Banyak orang meninginkan satu hal, dia melakukan hal lain, untuk yang lain, tapi sama sekali bukan untuk kebesaran dan kebaikan bagi kehidupannya.

Karena kita sama2 tidak mengenal diri kita,bagaimana kalau kita sibuk mengenalkan diri yang kita inginkan?
Saya capek, tapi kan saya ingin kelihatan kuat
Saya mengantuk, tapi kan saya mau kelihatan segar
Saya pemarah, pendendam, pembenci, tapi kan saya mau kelihatan anggun.

Berarti apapun yang berada didalam diri, itu urusan pribadi kita.
Tapi tampil-lah menjadi sebaik-baiknya pribadi.Kalau ada seorang yang kecil, yang tidak dikenal, tidak diperhatikan, tetapi melakukan hal2 disekitarnya menjadi naik. Apapaun yang disentuhnya naik kualitasnya. Orang2 yang lebih besar, akan tertarik untuk memberikan wilayah yang lebih besar untuk dinaikkan.

Jadi apapun yang ada dalam rencana anda, jadikan segera sebagai BUKTI bahwa anda berkualitas.

Jadilah bukti dari yang anda yakini. Apabila anda yakin semangat itu penting, jadilah orang yang bersemangat. Apabila anda yakin tepat waktu itu penting, jadilah anda selalu tepat waktu.

Seandainya setiap jiwa bersedia berpihak kepada yang membahagiakan, tidak berpihak kepada yang kita rasakan penting bagi kita sesaat dan hanya sekarang.

Berpihaklah kepada yang membaikan yang memuliakan, karena kualitas hidup kita adalah pilihan, maka pilihlah sikap2 terbaik dalam seburuk-buruknya keadaan.

Kalau kita berdusta untuk mengambil keuntungan dari orang lain, dengan tujuan mencederai, apapun yang dilakukan menjadi tidak baik. Karena kebenaran itu membutuhkan cara yang penuh hormat dalam menyampaikannya. Jadi kebenaran yang disampaikan dengan mengabaikan rasa hormat kepada orang lain, menjadi sebuah keburukan.

Kalau kita bisa menemukan cara yang lebih baik dan sedikit kreatif kita akan bisa mengurangi kebohongan.

Apakah anda membutuhkan kemarahan dan kebencian sebagai jalan untuk mencapai kehidupan yang baik dan berbahagia?

Tidak mungkin, karena kata Kholil Gibran “Bagaimana mungkin anda akan mencapai keindahan, Kalau cara2mu tidak cantik”

Jadi kalau anda ingin pasangan anda berlaku indah, berlakulah indah.

Kita mendapatkan dari yang kita upayakan, tidak mungkin kita mendapatkan selain dari itu. Maka upayakanlah keindahan dalam wajah, dalam suara, dalam gerakan tangan dan dalam cara2 kita mendengarkan atau meberikan pendapat.

Indah sekali bagi orang2 yang mengindahkan orang lain.

Kalau anda mau pilih sahabat, pilihlah sahabat yang baru pulang dari neraka.
Orang yang baru pulang dari neraka, akan menjadi orang yang baik sekali. Dia ingin hidup selama mungkin dengan penuh pemanfaatan bagi orang lain. Akan berbeda dengan orang yang pulang dari surga, karena dia tahu indahnya surga, tidak mau kembali dalam keadaan buruk.

Jadi kalau anda berada dalam lingkungan yang membutuhkan perbaikan, jadilah contoh mengenai perbaikan.

Jangan sepelekan kekuatan satu dua orang yang berupaya menularkan kebaikan, karena dibalik orang2 yang melakukan kebaikan, ada kekuatan yang maha besar, yang sangat berkepentingan bagi keberhasilan orang baik.

Jadi bagaimana kalau kita mengetahui yang benar, lalu mencintai yang benar, bukan karena takut kesalahan, tetapi memang menemukan keindahan dari kebaikan.

Hati kita akan gelisah pada detik pertama kita beroprasi diluar kebenaran.

Pada detik pertama kita berbohong, pada detik pertama menjelek2kan orang lain, memfitnah, hati langsung gelisah.

Kegelisahan hati ini adalah mekanisme kasih sayang. Jadi orang yang gelisah ini harus senang karena dia sedang disentuh oleh tangan kasih sayang Tuhan. Dengan gelisah berarti sedang didorong kedalam hak yang membahagiakan.

Jangan ukur kasih sayang yang berada dalam rumah, karena tidak adanya target untuk disayangi.

Jadikanlah umat seluas-luasnya umat, sebagai target kecintaan anda, dan lihat nanti bagaimana Tuhan mencintai anda.

Seorang yang berkedudukan tinggi, harus berhati-hati karena tidak dibutuhkan banyak hal untuk menjadikan mahkota itu turun dan menjadi jerat bagi leher. Mahkota yang diturunkan sedikit, lalu ditarik kebelakang agak mengagetkan, menjadi hadiah bagi pemimpin yang lupa terhadap pemuliaan dirinya.

Semakin tinggi kita naik, seharusnya semakin tahu banyak sekali kualitas kehidupan orang yang bergantung padanya.

Pemimpin akan jauh lebih efektif kalau dia tahu apa yang harus dilakukannya untuk meringankan beban orang lain.

Kalau kita tidak meyakini adanya surga, marilah kita yakini adanya down payment bagi adanya neraka.

Sudah ada ujung2 dari neraka itu yang sudah sampai kedunia, yaitu dalam bentuk gelisahnya, tidak bisa tidurnya, sakitnya orang yang berlaku tidak benar.

Kalau tanda2 kehidupan neraka itu ada, pastilah ada tanda2 kehidupan surga. Hanya kita telah dilatih peka untuk melihat penderitaan. Seperti kalau anda membiarkan anak anda, memonoton sinetron yang isinya penghianatan istri kepada suami atau penghianatan suami terhadap istrinya, anda sedang mendidik anak anda untuk sensitif kepada yang tidak baik.

If I am So Busy, Why Aren’t I Rich.
Kalau saya sedemikian sibuk, mengapa saya belum kaya.

Jadi kalau begitu, cek kesibukan anda. Karena ketidak tepatan kesibukan, tidak memperbaiki kualitas apapun dari yang anda lakukan.

Hanya dua kesalahan dalam hidup:
Satu, salah memilih dari yang dikerjakan. Kedua, megerjakannya dengan salah.
Lebih parah lagi sudah mengerjakan sesuatu yang salah, dengan cara yang salah.

Bila anda ingin menjadi pribadi pengubah keadaan, menjadikan kehidupan dunia anda berkualitas surga, Melihatlah kesekitar anda, dengan mata yang mencari cara2 yang lebih baik, Lalu perhatikan apa yang terjadi.

Kalau yang anda upayakan selalu cara2 yang lebih baik untuk hidup, perhatikan apa yang terjadi.

Demikianlah resume “MEMBANGUN KEHIDUPAN BERKUALITAS SURGA”. Jika sekiranya didapati kekurangan, sudilah kiranya para sahabat meluangkan waktu menambahkan untuk mengoreksi serta menyempurnakannya.









Mario Teguh: Stand By Me

Sahabat Indonesia, Dalam kesempatan yang berbahagia ini ijinkanlah saya kembali menyampaikan resume acara Mario Teguh Golden Ways (MTGW) di MetroTV Edisi Ahad 8 Februari 2009 dengan topik “STAND BY ME”. Dalam sebuah hadits disebutkan “Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain ” (HR. Bukhari). Topik Stand By Me adalah bahasan super untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sebanyak-banyaknya orang, berikut resume yang berhasil saya catat:

Orang akan belajar sesuatu dengan hebat kalau jelas untuk apa.
Kalau berenang untuk menyelamatkan diri akan jauh lebih baik daripada berenang untuk skor.

Pointer 1:
Berdirilah bersamaku karena aku mengenal wajah dari masa depanku

Banyak orang sampai dimasa depan yang salah karena dia tidak pernah menggambarkannya.

Bedirilah disampingku karena kalau ada keraguan mengenai masa depanmu, engkau akan sampai dimasa depanku saat aku menyapanya. Karena masa depanmu akan berdiri disebelah masa depanku, itu sebabnya berdirilah bersamaku.

Rahasia kepemimpinan bisnis sesungguhnya adalah rahasia kepemimpinan apapun. Yaitu melihat sesuaatu di masa depan dengan jelas sebelum yang dilihatnya jelas bagi semua orang.

Tapi berapa banyak dari kita telah melihat sesatu dimasa depan dengan jelas, tapi melambatkannya dengan ragu, takut disanggah, dan takut salah. Mulai sekarang jadilah pribadi yang patut ditiru oleh orang karena anda telah melihat sesuatu dengan jelas kedepan, ajak mereka yang belum jelas masa depannya berdiri disebelah anda.

Keberhasilan berpihak dengan sangat ramah kepada orang yang logikanya tajam dan sensitif rasanya.Kalau tajam logikanya dia tidak membutuhkan bantuan untuk menemukan sesuatu yang logis, yang menarik baginya untuk dikerjakan dimasa depan. Kalau hatinya peka, dia akan melihat penderitaan dari banyak orang. Dan semua jalan menuju kepemimpinan adalah jalan pelayanan, dan tidak ada pelayanan ayang tidak mengangkat orang dari penderitaannya.

Pointer 2:
Bedirilah disampingku karena aku sedang menjadikan diriku pribadi yang pantas bagi yang kuinginkan.Banyak orang menginginkan sesuatu tetapi tidak mengupayakan kepantasan bagi yang diinginkannya.

Walaupun engkau telah sampai dipintu pagar rumah masa depanmu, masih belum diizinkan masuk apabila engkau tidak memantaskan diri untuk memasukinya.

Masyarakat mengkelas-kelaskan kita, pangkat dikelas-kelaskan, gaji dikelas-kelaskan. Jangan berhenti dan beristirahat sampai orang menaruh anda di kelas yang terhormat. Pantaskanlah diri bagi yang ingin dicapai.

Jadilah penunjuk, sebab orang yang jadi penunjuk mewakili Tuhan yang menunjukan. Ambilah peran menunjukan karena anda menjadi alat yang menunjukan yaitu Tuhan. Orang2 yang membukakakn jalan selalu hidupnya lebih baik.

Kalau anda tidak tahu, bantu orang untuk tahu, kalau anda tidak yakin, bantu orang untuk yakin, kalau anda tidak jelas bantu anda untuk memperjelas. Untuk itu lihatlah betapa hebatnya kita kalau kita melakukan sesuatu untuk. Semakin hebat untuknya, semakin hebat yang kita pelajari.

Orang yang berdiri dibawah sumber sinar salah, akan melihat dirinya salah.
Jadikanlah apapun yang ada dalam diri anda sebagai perhiasan, sehingga tanpa mengetahui anda emas atau kuningan, anda akan ditempatkan ditempat2 yang indah, karena anda berlaku seperti emas.

Kalau kita mengetahui konsep kemampuan, sesungguhnya tidak ada orang lemah. Tanpa peningkatan kemampuan, tetapi kalau lingkungannya meningkat hormatnya, dia diletakkan ditempat2 yang baik.

Orang yang dihormati tetapi tidak mampu, akan diserahkan banyak orang yang dibawahnya, yang lebih mampu untuk dipimpinnya.

Mungkin saja kita sudah mempunyai kemmapuan cukup, tetapi yang belum adalah peningkatan penghormatan kepada kemampuan kita. Itu sebabnya jadilah pribadi Indonesia yang anggun, berbahasalah yang baik, tersenumlah ramah, tangan anda terbuka menyambut, lihatlah semua orang sebagai potensi untuk dilayani. Bila anda bersikap demikian orang akan menghormati anda dan menempatkan anda di tempat2 yang baik.

Dalam hidup ini bukan menang atau kalah yang jadi ukuran. Kalau kita pemain kecil menanglah, tetapi kalau anda menstrategikan kebesaran bagi diri anda sendiri, menangkanlah orang lain.Dan cara terbaiknya adalah mengalah, mengalah itu bukan kalah, mengalah itu mengijinkan orang menang. Tidak ada yang lebih besar dari itu. Kalau anda memang benar, mengapa anda tidak damai, dan menjelaskan bahwa anda benar?.

Kalau anda benar dan anda tahu benar, cukuplah itu untuk anda, lalu berlakulah yang anggun. Anda menjadi salah, kalau anda berusaha menjelsaskan anda benar kepada yang mengira anda salah. Kadang tidak ada gunanya menjelaskan anda benar, tetapi berlaku benar itulah obat dari segala pendapat.

Pointer 3:
Berdirilah bersamaku karena aku selau melebihkan yang kulakukan, agar aku menjadi pribadi yang dilebihkan.Apabila ada yang kurang dari yang kau lakukan, berdirilah didekatku karena yang kulebihkan mudah2an mencukupkanmu.Sadarlah bahwa orang2 yang melebihkan bagi orang lain, akan menjadi pribadi yang dilebihkan. Orang2 yang merasa untung mendapatkan sesuatu dan mengurangkan yang dikerjakannya, selalu orang yang dalam hidupnya dikurangi kwalitasnya.

Banyak orang menginginkan dan memimpikan sesuatu, padahal ada orang lain sudah hidup dalam impiannya.

Kalau anda ingin tertulari sesatu, dekatkanlah diri anda kepada orang yang mempunyai kecepatan maju, dengan kwalitas perjalanan yang lurus.

Tempatku berdiri sekarang, dengan tempatku berdiri dimasa depan dihubungkan dengan waktu, apabila aku berada didalam waktuku secara penuh, jalanku ada. Mungkin tidak lurus dan tidak selalu mudah, tetapi jalanku jelas.

Kemapanan adalah musuh pertumbuhan, semakin anda mapan, semakin anda menolak pertumbuhan. Maka orang2 yang tidak stabil mudah meledak menjadi orang besar. Perhatikan sejarah, semua orang yang mencatatkan namanya dengan baik adalah pribadi yang tidak stabil, yang disiksa oleh kontradiksi dalam dirinya, tetapi yang tidak lama2 mengeluh dalam kekurangannya, dan menggunakan ketidakstabilannya sebagai tenaga,untuk menjadikan dirinya pelayan yang baik bagi keuntungan orang lain.

Jadi mungkin bukan ketidakstabilannya kita, tetapi apa yang bisa kita ambil dari instabilitas itu, untuk menjadikan pribadi yang mendatangkan perubahan.

Pribadi kita adalah pribadi yang secara konstan dinilai oleh orang lain, untuk itu evaluasilah nilai kita bagi orang lain.

Ada orang yang berkarisma, ada orang yang berwibawa
Karisma -> pemberian dari Tuhan
Wibawa -> tanggung jawab pribadi

Tanggungjawab kita adalah menjadi pribadi yang dihormati karena tatacara kita. Kalau tatacara kita baik akan mengundang orang berdiri dekat dengan kita agar tertulari tatacara yang baik.

Pribadi2 yang baik karena tata caranya mudah menerima karisma. Karena dia telah menyediakan wadah bagi kemuliaan.

Pointer 4:
Bedirilah bersamaku karena aku telah berdamai dengan masa laluku, jangan kau ulangi penderitaan masa lalumu yang terjadi sekali itu.Engkau hidup dalam hari ini, dan masa lalumu adalah pelajaran. Bagimana mungkin engkau menapaki jalan masa depanmu dengan jari2mu yang terkoyak pedih oleh kesalahanmu dimasa lalu. Kesalahanmu telah menjadikanmu pribadi yang lebih kuat, hari ini. Maka jadilah pribadi yang menjadikan masa depan yang baik, apapun masa lalumu.

Jadilah priadi yang tidak terlalu banyak berbicara, tapi banyaklah bekerja yang membuat orang kagum terhadapa kita.

Sibuklah menjadi pribadi yang selalu mencari sesuatu untuk dikagetkan kepada orang. Jadilah pribadi yang mengejutkan.Tidak mungkin tidak kita melihat keatas karena sesuatu yang naik semakin tinggi semakin kelihatan bawahnya. Pemimpin semakin tinggi bukan baiknya dilihat oleh orang2 dibawahnya, tapi yang dilihat adalah yang dilakukannya jelek.

Banyak pemimpin karena tidak jelas apa yang akan dilakukannya, dia berbicara tentang kejelekan yang ada pada lawannya. Karena satu2nya cara untuk membuktikan dirinya baik dengan membuktikan orang lain tidak baik.

Kalau anda betul2 bernilai, anda tidak khawatir mengenai nilai baiknya orang lain, karena anda membangun nilai lebih pantas sebagai pemimpin.

Tetapkanlah anda sebagai sahabat bagi kebaikan orang lain, lalu perhatikan apa yang terjadi.

Demikianlah resume “STAND BY ME”. Jika sekiranya didapati kekurangan, sudilah kiranya para sahabat meluangkan waktu menambahkan untuk mengoreksi serta menyempurnakannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar