Jumat, 13 Januari 2012

MOTIVASI ALA PAK MARIO

Pura-pura itu sesuatu yang perlu


Salam super, salam sejahtera saya sampaikan kepada anda semuanya, sungguh tidak terasa minggu ke-2 di bulan pertama tahun 2009 ini sudah terlewati. Sebagian dari kita sedang berlari kencang demi menggapai resolusi dan cita-cita di tahun ini. Tetapi sebagian yang lainnya belum menentukan arah atau bahkan tidak tahu sama sekali akan lari kemana. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang sudah menentukan arah, dan dalam kecepatan berlari, atau sedang menambah kecepatan untuk mengejar apa yang yang menjadi impian kita.

Mengapa impian? Karena impian kita semua tiada lain selain menjadi dan tetap menjadi orang baik. Bukankah demikian? Satu pointer yang saya suka dari Pak MT adalah “bahwa ilmu yang tidak pernah menua adalah kebaikan”. Apa maksudnya? Maksudnya adalah, menurut hemat saya, bahwa kebaikan selama ini sudah ada dan akan selalu ada untuk kita jabat erat-erat, sementara kita berproses, bertumbuh dan berkembang, ke arah kebaikan tentunya.

Apa yang anda pikirkan jika anda mendengar sebuah nasihat seperti ini?
“Berpura-puralah seolah-olah sudah menjadi orang baik”

Loh… kok kita malah harus berpura-pura ? bukankah pura-pura itu menipu ?
Jangan salah sangka dulu, karena pada kalimat tersebut mengandung pesan kuat, bahwa pribadi ini dengan rendah hati, menyadarai bahwa dirinya belum sampai pada target yang baik. Dan mohon dibedakan dengan kalimat “pura-pura baik” yang memiliki makna sifat negatif karena mengandung kepalsuan.

Jadi intinya jika kita belum menjadi apa yang kita inginkan (yang baik tentunya), maka berlakulah seolah-olah sudah menjadi atau akan menjadi pribadi yang kita inginkan tersebut. Apabila kita konsisten pura-pura seolah-olah sudah menjadi, lama-lama kita kita akan menjadi terbiasa. Dan tanpa kita sadari, kita sudah menjadi pribadi yang kita inginkan tersebut.

Pura-pura adalah cara untuk membangun
kualitas pribadi yang lebih dewasa
yang lebih tinggi kelasnya.
Karena orang-orang yang berada pada kelas dibawah,
tidak memiliki kualitas-kualitas untuk ditampilkan
pada pergaulan kelas diatasnya.

Berpura-pura tidak negatif,
Karena berpura-pura adalah cara untuk membayar dimuka
sesuatu kedewasaan yang kita belum miliki.

Berpura-pura untuk tidak takut, tidak nervous
tampil di lingkungan yang lebih senior,
bukan sebuah dosa, bukan sebuah penipuan
tetapi upaya penyelamatan diri,
sehingga kita bisa tampil pada kedewasaan yang belum kita miliki.

Pura-pura itu sesuatu yang perlu,
dan mohon dibedakan dari kepalsuan

(MT START POINT)

Bagaimana dengan anda? Apakah Anda memiliki pengalaman berpura-pura seolah-olah sudah menjadi orang baik ?








Tips Agar Tambah Semangat Kerja

Adakalanya ketika kita beraktifitas dalam bekerja, semangat kerja menurun gak karuan. Rasa jenuh, dan bad mood sering disebut sebagai biangkeladi faktor utama menurunnya semangat dalam bekerja ini. Tetapi jangan salah, tidak sedikit hal ini disebabkan hanya karena kebiasaan buruk kita, dalam mengkonsumsi makanan. Berikut adalah tips sehat mengatur makanan yang kita konsumsi, agar semangat kerja tetap terjaga:

Minumlah air putih yang cukup
Terkadang karena terlalu sibuk bekerja, kita suka lupa akan minum air putih. Padahal perlu diingat dehidrasi bisa membuat badan lemas loh. Tidak harus sih minum air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari tetapi yang terpenting selalu minum air putih saat haus dan ditambah dengan beberapa gelas. Gantilah kebiasaan minuman soda atau jus dengan minum air putih.

Hindari makanan berat
Pada hari kerja, dan jam makan siang, sebaiknya Anda membiasakan memilih makanan yang tidak terlalu berat kalorinya atau ganti saja dengan salad. Sesudahnya, cukup minum segelas air putih atau teh herbal agar tidak mengantuk dan tetap segar sampai sore hari.

Biasakan makan cemilan yang sehat
Biasakan untuk memilih cemilan sehat seperti buah apel, yogurt berkadar lemak rendah, roti bakar dengan selai kacang, dll. Makanan kecil yang kaya mineral ini dapat membuat kita tetap bersemangat sampai jam pulang kantor.

Selingilah dengan olahraga ringan
Sesekali gerakkan badan dengan kombinasi berjalan cepat dan lambat. Tinggalkan meja, jalan berkeliling kantor untuk beberapa menit dan kembali lagi bekerja. Tidak lebih dari 10 menit, waktu yang diperlukan agar badan kembali segar..








TOMBO ATI

Sahabat Indonesia, Ketahuilah, dalam setiap tubuh itu ada segumpal daging. Jika daging itu baik, maka baiklah seluruh tubuh itu dan jika ia rusak maka rusaklah seluruh tubuh itu.Ketahuilah, Itu adalah hati.(HR. Bukhari dan Muslim).

Bahasan super dalam acara Mario Teguh Golden Ways (MTGW), pada hari Minggu, 11 Januari 2009 ini mengangkat tema super, “Tombo Ati“. Tanpa panjang lebar lagi, berikut rangkuman yang berhasil saya tulis:

Kita semua membutuhkan transisi mental, seperti memasuki tahun baru ini, tidak boleh berada dalam kondisi mental yang sama.

Pointer 1:
Sebetulnya hati kita mempunyai kemapuan untuk mengobati dirinya sendiri, bila kita mengikhlaskannya. Tetapi kita mempunyai cara2 pikir cara2 bersikap yang membatalkan diri dalam mengobati dirinya sendiri.

Hati tahu apa yang diingikannya, tetapi sering kita batalkan dengan apa yang kita pikirkan.

Kita merayakan hari, bukan harinya yang dirayakan, tetapi merayakan pribadi baru yang lebih mampu dan lebih bersungguh2.

Kalau orang hanya merayakan harinya, tetapi tidak melihat kepantasan dirinya, untuk memasuki masa yang baru, dia akan masuk ke masa yang baru dengan kemampuan yang lama. Sehingga dia akan mengulangi penderitaan atau kesalahan2 lamanya.

Bukan perayaannya yang penting, tetapi perubahan pribadinya didalam masa itu.

Kalau kita memulainya dengan kesalahan, maka kita akan mengakhirinya dengan penyesalan.

Kalau kita mengawalinya dengan kebaikan, maka kita akan diuji dengan kesulitan.

Hati ini mempunyai mekanisme yang selalu bergerak menuju kedamaian, kalau dia minggir karena tertekan, tersingkirkan, termarjinalkan, dia akan selalu mencari damai.

Cara mengerti bahwa yang kita lakukan itu salah adalah menguji melihat kedamaian.
Alarm bagi kebaikan itu adalah kegelisahan di hati.

Bukti bahwa kebenaran itu hak dan benar adanya, orang jahatpun mengharuskan orang lain berlaku baik padanya.

Mengapa hati itu demikian penting?

Orang yang pendidikannya tinggi, IQ-nya tinggi, modalnya besar akan membatalkan itu semua kalau hatinya malas.

Hati akan menentukan digunakannya kekuatan. Hati yang perkasa memungkinkan pribadi lemah menjadi jendral yang dihormati lawan.

Kenapa hati perlu dipelihara?

karena sesuatu yang baikpun kalau tidak dipelihara akan rusak. Hati itu adalah target bergerak.
Karena hati itu target bergerak, kita harus memperbaharui bidikan kita setiap saat.

Orang yang mengatakan orang lain yang berani itu tidak punya hat,i karena dia terlalu tersadar dengan lemah hatinya sendiri.
Seingga orang yang punya keberanian dianggap tidak punya hati, karena yang punya hati tidak berani.

Tidak ada orang yang dilahirkan berani, kehidupan kita adalah proses memberanikan diri.

Cara mengetahi rencana Tuhan adalah melihat baiknya, karena tidak ada yang diinginkan Tuhan kecuali memuliakan kita.
Sehingga apapun yang terjadi adalah proses pemuliaan.

Tuhan disebut penyayang, karena sejauh-jauhnya kita berada dikiri, masih diberikan kesempatan untuk kembali ke jalan yang benar.

Kalau orang berhenti berharap, dia telah membatalkan sipat Tuhan, yang maha pemaaf, yang maha memungkinkan, yang maha memberi.

Apabila anda menasehatkan sesuatu yang belum anda alami, segera setelah itu anda dibuat untuk mengalami. Tuhan megharapkan kita menjadi pribadi yang mulia, yang berbicara tentang sesuatu yang kita ketahui.

Ikhlaskanlah diri anda, bahwa anda sedang tumbuh, apabila kita ikhlas bahwa kita sedang tumbuh, kita bahkan akan tertawa saat melakukan kesalahanpun.

Kalau anda ikhlas bahwa anda sedang tumbuh, anda tidak akan menghakimi diri, ketika melakukan kesalahan, akan segeran berbalik arah untuk memperbaikinya.

Jangan takut melakukan kesalahan, karena perbaikannnya akan sering.
Orang yang menghindari kesalahan itu tidak tumbuh. Karena salah dan benar adalah dua sisi dari koin yang sama.

Orang yang menghindari salah dia menghindari benar, jadi kalau begitu nikmatilah prosesnya.

Lemparkan koin anda sekarang, perbaiki kemungkinan salahnya dengan belajar, bersahabat dengan orang2 baik, berdo’alah, senangkanlah banyak orang.

Bergaulah dengan orang baik, sehingga mereka mencerminkan yang membaikkan kita.

Orang lain apapun reaksinya adalah perintah kepada kita untuk memperbaiki diri. Berterimakasihlah kepada musuh anda, karena dia mencurahkan seluruh hidupnya untuk mencari kesalahan kita.

Untuk itu jaga sahabat2 anda untuk dekat. Tetapi jaga lawan2 anda lebih dekat lagi, karena mereka memberikan masukan paling jujur tentang apa yang harus kita perbaiki.

Ada dua tujuan dari budi pekerti: satu tujuan kemanusiaan, yang kedua tuuan ke-Tuhanan,

Tujuan kemanusiaan adari budi pekerti adalah agar kita menjadi manusia yang berguna bagi orang lain.
Tujuan ke-Tuhanan dari budi pekerti agar kita menjadi kekasih Tuhan.

Kalau kita menjadi kekasih Tuhan apa yang tidak dimungkinkanNya bagi kita,

dan karena tujuan budi pekerti kita adalah demi kebaikan sesama, maka yang dimungkinkan Tuhan adalah untuk keuntungan orang lain.

Jadi budi pekerti adalah tindakan baik, yang didasari oleh tindakan baik.

Pribaadi yang terobati dalam semuanya ada tiga kata2nya:
Dengan Nama Tuhan, Karena Tuhan, Untuk Tuhan.

Karena hidup dan mati kita untuk Tuhan, maka kita akan dapat banyak hal yang dimiliki Beliau.

Hadiah pertama bagi orang yang melakukan kebaikan adalah kebaikan.

Orang sebesar apapun badannya, kebesarannya ditentukan oleh segumpal daging yang namanya HATI.

Jadi kalau begitu, besarkanlah anak2 dengan membesarkan hatinya, besarkanlah diri dengan membesarkan hati.

Hati tidak ada yang kuat, jangan dilemah2 kan dengan rasa takut tentang sesuatu yang belum tentu terjadi.

Hati itu dibesarkan dengan yang baik dan dengan yang positif.
Pribadi yang membesarkan hatinya pantas memimpin siapapun dan apapun.

Untuk melatih hati kita berperasaan, dilatih supaya hati menjadi PEKA.

Karena kita melihat dengan pikiran dan mendengar dengan hati.
Pastikan orang yang betemu anda, pulang dengan perasaan lebih baik daripada saat bertemu anda.

Pamrih itu selalu ada, dan pamrih yang paling indah adalah kecintaan Tuhan kepada kita. Karena hadiah pertama bagi orang yang melakukan kebaikan adalah kebaikan.

Yang namnya pertimbangan itu ada batasnya, karena kita menggunakn variabel2 yang kita ketahui.
Sehingga kalau ada pertimbangan yang kurang, kita akan mebuat keputusan yang salah.

Ada satu cara teknis pertimbangan yang lengkap, yang disebut RASA.
Jadi kalau begitu orang yang melatih ketepatan keputusannya bukan melatih pikirannya, melainkan melatih PERASAANNYA.

Percayai perasaan lalu lakukan, kalau salah kita akan tahu, kalau betulpun kita tahu.

Tuhan berbicara kepada anda lebih banyak melalui hati, maka percayalah pada hati.

Kesimpulan:

Akan terbuka lorong pengawasan yang lebar dan terang sekali, yang menghubungkan langit, dengan pribadi yang berguna bagi orang lain/sesamanya.

Cara untuk menempuhnya ada dua cara sederhana:

Gunakanlah keikhlasan sebagai kekuatan dari pekerjaan anda dan Keberserahan sebagai kekuatan penantian dari hasil anda, lalu perhatikan apa yang terjadi.






Affiliate Marketing


Affiliate Marketing? Apaan sih itu?

Affiliate marketing adalah salah satu bagian dari internet marketing, dan ini bisa menjadi salah satu sumber penghasilan dari internet.
Affiliate marketing pada dasarnya merupakan model bisnis komisi, yaitu membayar jasa seseorang hanya jika mereka berhasil menjual.

Merchant atau affiliate merchant adalah orang atau perusahaan yang memiliki produk/jasa yang mereka pasarkan melalui internet.

Sementara orang-orang yang tidak memiliki produk/jasa untuk dijual, bisa bekrjasama dengan affiliate merchant tersebut dalam menjualkan produknya. Dari setiap produk yang bisa terjual, mereka akan mendapatkan komisi.

Orang-orang yang menghasilkan uang dengan cara tersebut di atas di sebut affiliate marketers atau affiliate. Mereka juga kadang sering disebut associates atau program partners.
Seandainya kita mendaftarkan diri pada affiliate program milik affiliate merchant, itu artinya kita mendaftarkan diri menjadi bagian dari anggota sales online mereka.

Sebutan lain bagi affiliate program adalah Associate Programs, Bounty Programs, Referrer Programs, Partner Programs atau Revenue Sharing Programs. Pada dasarnya semuanya sama, Hanya beda nama saja.

Apakah Affiliate Marketing itu Halal?

Jelas.. halal, sah dan legal, karena pada dasarnya anda menjualkan produk orang lain, baik fisik maupun jasa. Ketika anda berhasil menjualkan produk dimaksud, anda mendapatkan komisi dari produk yang berhasil anda jual. Yang tidak halal itu kalau didalamnya ada unsur RIBA atau ada unsur KEBOHONGAN. Misalnya anda menjual produk, dan anda meyakinkan konsumen bahwa produk yang anda jual itu bisa terbang, tetapi pada kenyataannya, setelah orang terpengaruh untuk membeli produk anda, ternyata produk itu tidak bisa terbang samasekali, nah.. disini ada unsur KEBOHONGAN. Yaah… yang namanya kebohongan sih jangankan ada akad jual belinya, mgobrol2 biasapun kalau ada unsur bohongnya sudah jelas dosa-nya.







4 Azas Kepemimpinan Menuju Pemimpin Yang Lebih Baik

Setiap kita adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan diminta pertanggungan jawab atas apa yang dipimpinnya. Benarkah setiap kita adalah pemimpin?, Betul sekali, setiap kita adalah pemimpin, minimal pemimpin bagi diri kita sendiri. Lalu bagaimana supaya kita bisa menjadi pemimpin yang baik?, ada banyak faktor yang mempengaruhi untuk menjadi pemimpin yang baik, tetapi setidaknya disini kita akan membahas 4 Azas Kepemimpinan Menuju Pemimpin yang Lebih Baik. Apa saja azas2 tersebut? Berikut point2-nya:

Bertukar pikiran dan pendapat dengan orang yang ingin anda pengaruhi. Tak begitu susah membuat orang melakukan apa yang anda inginkan kalau anda melihat sesuatu hal itu dari kacamatanya. Bertanyalah pada diri sendiri sebelum bertindak : “ Apa yang akan saya lakukan kalau saya jadi dia ? “.

Terapkan dalil prikemanusian dalam berurusan dengan orang lain,. Bertanyalah pada diri sendiri :” Bagaimana caranya untuk melaksanakan ini dengan berperikemanusian?” dalam segala sesuatu yang anda kerjakan, ingatlah bahwa kita harus mendahulukan orang lain. Perlakukanlah orang lain seperti halnya anda ingin diperlakukan orang lain, maka anda akan mendapatkan imbalannya.

Berfikirlah dan hayati kemajuan, yakinlah akan kemajuan, dan doronglah diri anda kearah kemajuan. Berfikirlah mengenai perbaikan dalam segala sesuatu yang anda lakukan. Tetapkan ukuran-ukuran yang paling tinggi dalam segala hal anda lakukan, tidak lama kemudian maka bawahan-bawahan anda akan cenderung meng-copy tindakan atasannya. Tapi usahakanlah untuk tetap menjadi diri sendiri, dan cobalah ini menjadi semboyan anda “ Dirumah, dikantor, dan lingkungan sekitar yang akan selalu saya usahakan adalah kemajuan”.

Luangkan waktu untuk berbincang-bincang dengan diri sendiri, dan gunakanlah daya pikir anda yang unggul. luangkanlah suasana senggang yang sunyi, gunakanlah saat-saat sunyi ini untuk membebaskan tenaga kreatif anda dalam memecahkan masalah-malasah pribadi dan masalah-masalah bisnis. Karena itu sempatkanlah sekurang-kurangnya 30menit untuk berfikir, gunakan teknik berfikir yang dipakai oleh para pemimpin-pemimpin besar. Berbincanglah dengan diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar