Jumat, 13 Januari 2012

MOTIVASI ALA PAK MARIO

Tak Ada Jalan Pintas


Keberhasilan tak diperoleh begitu saja. Ia adalah buah dari pohon kerja keras. Jangan terlalu berharap pada kemujuran. Tahukah anda apa itu kemujuran? Bukankah, kita tak selalu mampu menjelaskan dari mana datangnya kemujuran.

Sadarilah bahwa segala sesuatu perlu berjalan alami dan semestinya. Pertumbuhan diri adalah proses mendaki tangga. Anda harus melalui anak tangga satu per satu. Tak perlu repot mencari-cari jalan pintas, karena tak ada jalan pintas.

Hargai saja setiap langkah kecil yang membawa anda maju. Ketergesaan adalah beban yang memberati langkah saja.

Amatilah jalan lurus anda. Tak peduli bergelombang atau berbatu, selama anda yakin berada di jalan yang tepat, maka melangkahlah terus. Dan, jalan yang tepat itu adalah jalan yang menuntun anda menjadi diri anda sendiri.









jauhi hutang


Dalam hidup ini, manusia seringkali melakukan hubungan muamalah dengan sesamanya, salah satunya adalah transaksi jual beli. Namun dalam proses jual beli tidak selalu hal itu dilakukan secara tunai atau seseorang tidak punya uang padahal ia sangat membutuhkannya, maka iapun meminjam uang untuk bisa memenuhi kebutuhannya, inilah yang kemudian disebut dengan hutang.

Sebagai manusia, apalagi sebagai muslim yang memiliki harga diri, sedapat mungkin utang itu tidak dilakukan, apalagi kalau tidak mampu membayarnya, kecuali memang sangat darurat, karena itu seorang muslim harus hati-hati dalam masalah utang,

Rasulullah Saw bersabda:

‘Berhati-hatilah dalam berutang, sesungguhnya berutang itu suatu kesedihan pada malam hari dan kerendahan diri (kehinaan) pada siang hari’ (HR. Baihaki)

Bagi seorang muslim, hutang merupakan sesuatu yang harus segera dibayar, ia tidak boleh menyepelekannya meskipun nilainya kecil. Bila seorang muslim memiliki perhatian yang besar dalam urusan membayar hutang, maka ia bisa menjadi manusia yang terbaik.

Rasulullah Saw bersabda:

Sebaik-baik orang adalah yang paling baik dalam membayar hutang (HR. Ibnu Majah).

Namun apabila manusia yang berhutang tidak mau memperhatikan atau tidak mau membayarnya, maka hal itu akan membawa keburukan bagi dirinya, apalagi dalam kehidupan di akhirat nanti, hal ini karena hutang yang tidak dibayar
akan menggerogoti nilai kebaikan seseorang yang dikakukannya di dunia, kecuali bila ia memang tidak mempunyai kemampuan untuk membayarnya,

Rasulullah Saw bersabda:

Hutang itu ada dua macam, barangsiapa yang mati meninggalkan hutang, sedangkan ia berniat akan membayarnya, maka saya yang akan mengurusnya, dan barangsiapa yang mati, sedangkan ia tidak berniat akan membayarnya, maka pembayarannya akan diambil dari kebaikannya, karena di waktu itu tidak ada emas dan perak (HR. Thabrani).











jangan takut digigit gajah



Mario Teguh Golden Ways MetroTV edisi 30 Agustus 2009. Tema yang dibawakan kali ini adalah ‘Jangan Takut Digigit Gajah’. Semoga di bulan yang penuh berkah ini kualitas pribadi kita bisa menjadi lebih baik lagi, dan menjadi jalan kebaikan bagi sesama. Berikut adalah resume yang bisa kami catat:

gigit-gajah

Kita terbiasa menyepelekan yang kecil dan mengkhawatirkan yang besar walaupun belum tentu terjadi. Jadi mungkin cara kita mengkhawatirkan sesuatu yang harus kita sikapi dengan baik, karena cara kita mengkhawatirkan sesuatu lebih melukai daripada sesuatu yang kita khawatirkan.

Semua orang mempunyai mimpi, sebagian orang mimpinya masih ada dan segar, tapi ada orang yang mimpinya sudah dimatikannya, karena kekhawatiran-kekhawatiran dalam hidupnya. Kita semua mempunyai kemampuan yang hebat untuk memimpikan sesuatu, untuk mengkhayalkan kebesaran, untuk menyusun rencana, tetapi semua kekuatan tadi tidak lebih hebat daripada kemampuan kita untuk menunda.

Berapa banyak orang sekarang sebenarnya sedang marah kepada dirinya sendiri, karena tidak tegas memulai, tetapi sangat tegas menunda dan sudah lama.

Orang-orang baik yang bersemangat tetapi yang tersiksa oleh kelemahan hidup akan lama-lama mematikan impiannya. Banyak orang yang mimpinya mati muda padahal dia berencana hidup panjang. Padahal impian adalah satu bentuk perencanaan.

Apabila anda memimpikan sesuatu, anda sedang memantaskan diri bagi sesuatu yang besar didepan. Tapi bagaimana seringnya kita membatalkan itu karena perasaan tidak berhak.

Semua kita punya masalah, tapi setiap orang tidak boleh menganggap masalah orang lain kecil. Karena betapapun kecil masalahnya, telah mencegah pribadi orang itu menjadi orang besar. Sehingga masalah-masalah yang kecil itu mengambil bentuknya yang kuat, karena kita mengijinkannya berperan kuat bagi pelemahan kehidupan kita.

Sehingga untuk semua orang yang mengeluh dan bertanya, mengapa dia tidak menjadi pribadi yang berani, tanyakan ini? “Are you happy?” Biasanya jawabannya ‘No’, Kemudian tanyakan ‘How long are you going to be there?’, “Berapa lama anda akan berada di keadaan seperti itu?”. Banyak orang bersedih dan tahu sudah lama dia bersedih, tetapi tidak punya rencana berapa lama lagi dia akan bersedih.

Tidak ada orang lemah yang mengeluhkan kelemahan, hanya orang kuat yang bisa mengeluhkan kelemahan. Tidak ada orang menegeluhkan kekuatan. Maka jika anda merasa tersiksa, itu pertanda bahwa anda sebetulnya berhak kepada sesuatu yang lebih besar.

Jangan jadikan permintaan kepada Tuhan sebagai opsi terakhir, jika mahluk lain sudah tidak bisa menolong lagi. Dahulukanlah meminta sesuatu kepada Tuhan, setelah itu mintalah saluran. Untuk itu baiklah sama orang, karena silaturahim itu tempat Tuhan menyalurkan rezeki. Semua orang yang hidupnya baik, ia akan baik bagi orang lain, sehingga orang menjadikan jalan lewatnya kebaikan kepadanya.

Menunda dari sesuatu yang baik adalah memperpanjang keadaan yang tidak baik. Berapa banyak orang yang kehidupannya tidak baik dan lemah, tetapi tidak melakukan sesuatu yang baru.

Salah satu sikap yang salah dalam kehidupan ini adalah menganggap bahwa melakukan hal-hal yang sama dengan cara-cara yang sama, mengharapkan mencapai hasil beda.

Mengetahui apa yang harus kita lakukan dan kemudian melakukannya, itu bukan sifat orang biasa. Orang biasa itu sudah tahu apa yang mau dilakukannya, tetapi tetap tidak melakukan yang diketahuinya harus dilakukannya.

Ada orang yang memiliki kemampuan menekan rasa kekhawatiran yang besar sekali. Kekhawatirannya hanya tidak dirasakannya, kekhawatiran itu ada. Kekhawatirannya itu mengakibatkan sesuatu yang harus dilakukan tidak dilakukan. Dia baru merasa khawatir setelah sesuatu itu terlalu besar untuk diabaikan. Karena kekhawatiran yang dibunuh sehingga kita tidak melakukan sesuatu, membuat yang kita khawatirkan berkekuatan besar.

Cara menghilangkan pikiran negatif ketika menghadapi ujian yang diberikan Tuhan kepada kita:
- Jangan berpikiran jelek
- Kalau kita tahu itu hadiah dari Tuhan, kita harus menghadapinya dengan sikap yang indah. Kalau hati kita indah, bahkan kesedihan hatipun akan indah. Syukuri adalah cara terbaiknya, “Terimakasih Tuhan Engkau telah menyedihkan aku, agar aku lebih santun dalam hal ini”.

Hal pertama yang harus diminta tiap hari dalam berdo’a kepada Tuhan adalah minta dimaafkan. Karena kalau kita dimaafkan kita akan langsung naik kelas. Kemudian mintalah sebagai pribadi yang mudah disetujui. Karena orang yang berdo’a itu lebih penting daripada do’anya. Jadi dalam berdo’a itu pastikan kita menjadi orang yang lebih pantas didengar do’anya.

Tuhan itu Maha Pengasih, tidak mungkin Dia taruh keinginan dalam hati seseorang tanpa kewenangan untuk mencapainya. Kita yang mematikan pandangan kita dari kewenangan itu karena takut, tidak percaya bahwa Tuhan itu berperan kalau kita berserah. “Tuhan aku kekasihMu, perankanlah aku”.

Tidak ada orang yang hatinya terlalu kuat. Kalau anda sedang khawatir, jangan pikirkan terlalu banyak. Anda itu menyiram api ke bensin yang namanya takut, gelisah, cemburu, iri dengan pikiran. Hati itu lemah, dan jangan dilemah-lemahkan.

Semua orang-orang yang mencapai kebisaannya, karena menjebak dirinya dalam tugas-tugas yang terlalu besar dari yang tadi dipikirnya bisa.

Pribadi anda itu betapapun tingginya anda sekolah, yang menentukannya adalah andanya. Berapa banyak orang yang sekarang berkarir dibidang yang bukan pendidikannya, karena ternyata pribadinya jauh lebih penting daripada yang diajarkan kepadanya. Jangan sepelekan diri, karena sekecil-kecil-nya diri, ingatlah bahwa Tuhan punya rencana besar. Tuhan itu Maha Besar, tidak mungkin punya rencana kecil bagi yang diciptakannya.

Banyak orang marah dan tersinggung kalau DIMANFAATKAN padahal orang-orang yang berhasil adalah orang-orang yang DIMANFAATKAN. Jadi tampilkanlah diri anda sebaik mungkin agar anda digunakan, dimanfaatkan oleh orangorang yang terbaik dilingkungan anda.

Masalah besar hanya bisa diselesaikan dengan kemauan besar, bukan kemampuan besar. Banyak orang berkemampuan besar, tetapi tidak memiliki kemauan. Tuhan itu Maha Ajaib, banyak keajaiban didalam diri kita ini yang sedang kita sepelekan dengan rasa ragu dan takut.

Seandainya kita ini diberikan kemampuan mengerti harapan orang, kita itu hanya akan mengatakan yang baik baginya, melakukan yang baik baginya, memberikan yang paling diharapakannya. Kita itu banyak mengatakan yang menyinggung perasaan orang, mengambil sesuatu yang melukainya, memberi sesuatu yang menghinanya. Coblah seandainya kita diberikan kepekaan hati.

Perhatikanlah semua orang besar, tidak pernah memerintah, dia mengharuskan semua anak buah mengerti harpannya. Dan semua anak buah yang karirnya baik, adalah anak buah yang tidak harus diperintah, karena mereka mengeti harapan atasannya.

Bagaimana kalau kita menjadikan harapan orang lain sebagai perintah bagi tugas-tugas kehidupan kita?
Anjurannya, jadilah pribadi yang lebih mengerti harapan orang lain, lalu bekerja keraslah atas pengertian itu. Lalu perhatikan apa yang terjadi.

Demikian resume dari acara Mario Teguh Golden Ways dengan Topik “Jangan Takut Digigit Gajah”. Jika sekiranya didapati kekurangan, suatu kebahagiaan bagi kami, apabila sahabat sekalian berkenan mengoreksi serta menyempurnakannya.








20 Cara Membahagiakan Suami Anda


Tidak lengkap rasanya jika ada 20 cara membahagiakan istri anda, tidak ada 20 cara membahagiakan suami anda. Berikut masih dalam buku yang sama, “Nasihat Indah untuk Suami Istri”, karya Syekh Umar Bakri Muhammad, bagaimana para istri memikat suami mereka. Semoga bermanfaat!

1. Anda adalah sekuntum mawar yang sedang bersinar di rumah anda. Buatlah di saat suami anda masuk ke rumah, dia merasa bahwa kecantikan dan keharuman mawar tersebut, tidak bukan dan tidak lain hanyalah untuknya seorang.

2. Bagaimana caranya agar suami anda itu bisa merasa damai dan nyaman, baik dengan perbuatan ataupun dengan kata-kata? Hal itulah yang secara terus menerus anda selalu usahakan untuk suami anda. Untuk kesempurnaannya, lakukan itu dengan sepenuh jiwa.

3. Sopan dan penuh perhatianlah anda ketika berbincang-bincng dan berdiskusi, jauhkanlah perdebatan dan sikap keras kepala untuk mengemukakan pendapat anda.

4. Pahami pula kebenaran dan keindahan prinsip-prinsip islam di balik kelebihan sang suami terhadap anda selaku istri, yang memang terkait dengan kodrat seorang wanita, dan janganlah hal ini dianggap sebagai sesuatu yang dzalim (penindasan).

5. Lembutkanlah suara anda ketika berbicara dengan sang suami dan pastikan suara anda tidak meninggi pada saat dia bersama anda. Diriwayatkan dalam sebuah hadist, bahwa Rasulullah SAW bersabda; “Seorang istri yang menyakiti suaminya di dunia, bidadari calon istrinya di surga akan berkata; ‘Jangan kamu sakiti dia! Semoga Allah memusuhimu. Sesungguhnya di sisimu dia hanya sebagai seorang tamu. Dia akan meninggalkanmu menuju kami’.” (HR. At-Tirmidzi)

6. Pastikan anda bangun pada malam hari untuk melakukan shalat malam secara rutin (qiyamul lail), hal ini akan membawa kecerahan dan kebahagiaan pada perkawinan anda, sungguh mengingat Allah SWT akan membawa ketenangan pada hati anda. “Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati (senantiasa) menjadi tenteram (tenang).” (QS. Ar-Ra’d [13]: 28)

7. Bersikaplah diam ketika suami anda sedang marah dan jangan tidur kecuali dia mengijinkannya. Dalam kitab Shahih (Al-Bukhari) dari Abu Hurairah r.a., ia berkata, Rasulullah SAW bersabda; “Apabila seorang suami memanggil istrinya ke tempat tidurnya, namun si istri menolak untuk datang, lalu si suami bermalam (tidur) dalam keadaan marah kepada istrinya tersebut, niscaya para malaikat melaknat si istri sampai ia berada di pagi hari.”

8. Berdirilah dekat suami anda ketika dia sedang memakai baju dan sepatunya.

9. Buatlah suami anda merasa bahwa anda menginginkan sang suami untuk mengenakan baju yang anda pilih buat dia, pilihlah pakaian itu oleh anda sendiri.

10. Anda harus sensitif dan memahami kebutuhan suami anda, untuk menjadikan pernikahan anda menjadi yang terbaik tanpa menghabiskan waktu anda. Dari Thalaq bin Ali, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda; “Suami mana saja yang memanggil istrinya untuk memenuhi hajatnya, maka si istri harus/wajib mendatanginya (memenuhi panggilannya) walaupun ia sedang memanggang roti di atas tungku api.”

11. Ketika ada perselisihan pendapat, hendaknya anda tidak menunggu agar sang suami meminta maaf kepada anda (jangan jadikan hal ini sebagai prioritas utama harapan anda) mengalahlah demi kebaikan anda dan pasangan, kecuali kalau suami anda secara sadar mengakuinya.

12. Rawatlah penampilan dan pakaian suami anda, biarpun kelihatannya suami anda malas untuk merawat dan memakainya, tapi yakinlah bahwa dia akan menyukainya sebagaimana teman-temannya juga akan menyukainya.

13. Hendaknya anda tidak selalu mengandalkan suami anda untuk berkeinginan melakukan hubungan badan. Sekali-kali anda mulailah lebih dulu, tentu pada saat yang tepat.

14. Di malam hari, jadilah seperti pengantin baru buat suami anda, janganlah anda beranjak tidur lebih dulu dari sang suami, kecuali kalau dirasa sangat perlu.

15. Janganlah menunggu atau mengharapkan balasan dari semua perbuatan dan kebiasaan baik anda, banyak suami karena kesibukan kerjanya, gampang melupakan untuk melakukan hal tersebut, atau secara tidak sengaja lupa untuk menyampaikan penghargaan yang semestinya kepada anda.

16. Hendaknya berbuat sesuai dengan keadaan dan kemampuan keuangan yang ada, dan jangan meminta sesuatu yang berlebihan dan mahal.

17. Ketika suami anda baru pulang dari perjalanan yang lama ataupun bepergian dari tempat yang jauh, sambutlah dia dengan wajah yang ceria dan tunjukkanlah bahwa anda sangat merindukan kedatangannya.

18. Ingatlah selalu bahwa keberadaan sang suami adalah salah satu sarana mendekatkan diri anda kepada Allah SWT.

19. Pastikan Anda untuk selalu memperbaharui dan merubah bentuk penampilan anda, sebagai tanda dan ungkapan kasih anda menyambut suami tercinta.

20. Ketika sang suami meminta sesuatu untuk melakukan hal-hal tertentu, maka pastikan anda melakukannya dengan sigap dan sepenuh hati, jangan sampai anda merasa enggan dan terlihat lamban.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar