Jumat, 13 Januari 2012

KATA MUTIARA

Mario Teguh Golden Ways 21 Juni 2009 : Dunia ini Memang Tidak Adil, Tapi Masih Bisa Negosiasi


Sahabat Indonesia, Izinkan kami untuk kembali mengetengahkan resume dari acara Mario Teguh Golden Ways MetroTV edisi Ahad, 21 Juni 2009.

Edisi Mario Teguh Golden Ways (MTGW) kali ini membawakan tema Dunia ini Memang Tidak Adil, Tapi Masih Bisa Negosiasi. Banyak orang mengeluhkan ketidak-adilan kehidupan, tanpa mengetahui bahwa sebetulnya kita masih bisa bernegosiasi untuk kebaikan kita dan keluarga. Acara ini dibuka dengan suara emas-nya Harvey Malaiholo dengan lagu SHE. Berikut resume yang bisa kami catat:

Kita akan mendapatkan apapun kalau kita tahu caranya menjadi pribadi yang disetujui. Kata yang menandakan persetujuan adalah kata ‘Ya’. Orang yang mudah mendapatkan ‘Ya‘ hidupnya akan mudah, tetapi banyak orang yang mudah mendapatkan ‘Tidak’.

Ada 5 Langkah besar yang harus dilakukan untuk menjadi pribadi yang disetujui:
- Tell Well -> Dari keadaan apapun hidup kita, kita akan jauh lebih baik kalau kita bicara lebih baik. Setelah diberitahu belum tentu orang setuju, maka…
- Sell Well -> Jual lebih baik, hampir sama dengan Tell tapi Sell membuat orang setuju yang tidak seyogyanya setuju, ada niatan khusus untuk mempengaruhinya.
- Repeat -> Ulangi, apabila kita ditolak, maka ulangi. Siapapun akan berhasil kalau dia mengulangi lebih lama, daripada orang yang mengulangi penolakannya.
- Reposition-> Ubahlah posisi anda, mungkin dia melihat sisi buruk kita, lakukan perubahan supaya dia melihat sisi baik kita. Kalau masih ditolak, maka gunakan…
- Compromation-> Temukan satu titik yang bisa kita setujui bersama.

Win-win solution sesungguhnya tidak pernah ada, ini hanya ilusi. Tidak mungkin kita berdagang besaran keuntungan dengan partner kita sama, ini tidak akan pernah terjadi. Tetapi negosiasi itu indah sekali, sehingga orang yang untung 500 dengan yang untung 1000 bisa merasa sama-sama untung.

Jadi win-win sebetulnya adalah sikap, bukan timbangan. Yang untungnya lebih kecil, merasa bahwa dirinya pantas menerima sebesar itu, dan mensyukuri apa yang didapat. Sementara dia juga tidak iri kepada partnernya yang mendapatkan lebih besar, karena dia menilai konstribusi partnernya lebih besar dari dia. Kalau kita mau bersikap seperti ini, maka akan damai sekali mengenai pengertian win-win.

Kalau orang lain tidak bisa menolak keinginan kita, apa yang kita minta pasti akan dilakukan-nya. Selama kita tahu cara-nya dan orang tidak bisa mengatakan ‘Tidak’, berarti dia setuju dengan kita. Terkadang cara-cara yang digunakannya tidak lazim, dan kata-katanya tidak masuk akal, tetapi orang mau menyetujuinya.

Jika ada orang yang bergembira ketika ditolak, berarti dia sering menang kalau ditolak.

Pesonal Style sangat menentukan arah hidup kita, ada orang yang kelihatannya seperti lampu 5 watt, ada orang yang kelihatannya seperti lampu 1000 watt, ini disebut personal style dan orang tua sangat berperan dalam mendidikan rasa gagah kepada anak-anaknya. Untuk itu tanamkan kepada anak-anak anda, jika ingin menjadi orang besar bersikaplah seperti orang besar.

Kualitas kepemimpinan kita adalah syarat minimal bagi rizki, jangan menggantungkan rizki kepada siapa yang terpilih nanti. Bahkan siapapun yang terpilih tidak ada hubungannya dengan rezeki kita. Semua ini hanya syarat minimal, supaya hutan tidak digunduli, sungai tdak dicemari, pulau tidak dicuri selebihnya adalah tanggung jawab pribadi untuk berezeki baik. Jangan gantungkan kepada siapapun yang terpilih, gantungkan pada sebaik mungkin pribadi yang berezeki baik.

Eksekutif wanita memang mengalami beberapa hal yang tidak dihadapi pria. Contoh-nya wanita cantik pandai, terkadang harus tampil tidak begitu pandai dihadapan pria. Karena pria takut sekali kepada wanita yang pandai. Mulialah wanita yang bersedia membuat orang lain lebih hebat, dan mengurangkan dirinya.

Berapa banyak wanita yang lebih pandai dari suaminya membiarkan suaminya yang maju. Wanita yang mengalami hal ini sebetulnya tidak perlu mengeluh, karena kemampuan wanita untuk menerima perlakuan kurang itu telah berabad-abad dilatihkan dalam kehidupan.

Yang harus dilakukan oleh wanita adalah:

- Tidak tertawa waktu pria jelek bercanda tentang wanita, wanita yang tertawa bersama pria yang merendahkan wanita, dia akan direndahkan.
- Tidak berkomentar tentang perendahan pada wanita.
- Jangan bergaul dengan wanita perokok, yang mengepulkan asap rokok-nya tinggi2. Ini tidak hanya berlaku bagi wanita tetapi juga pria, hal ini menandakan dia ingin lebih tinggi dari orang lain.

Wanita akan menjadi sangat mulia apabila dia memuliakan dirinya.
Jangan megharuskan hasil, apapun hasil yang didapat itu kewenangan Tuhan. Jangan marahi diri, apabila belum diberikan hasil oleh Tuhan. Kita itu hanya pemilik proses. Jadi muliakan diri dengan menjadi ahli dalam proses kita. Jadilah semulia-mulianya wanita sebagai anak dari orang tua kita, sebagai pendamping dari suami kita, dan sebagai pengisi kehidupan secara keseluruhan.

Kita tidak harus menjadikan anak itu nomor satu, tetapi bangunlah anak dengan kebiasaan seperti juara. Yaitu bangun pagi, tampil rapi, bicara santun dan anggun, belajar dengan baik. Tidak harus dia juara, tetapi itu yang membuatnya juara dalam kehidupan.

Banyak orang yang di sekolahnya juara, tapi mereka bekerja untuk pendapatan kecil. Tetapi banyak anak dari orang tua yang mengerti bahwa anaknya dibangun bukan dari kepandaian menghapal, tetapi sikap terbaik sebagai perwira dimasa depan. Dan rata-rata mereka berhasil pada kehidupan masa depannya.

Integritas adalah kesetiaan kepada yang benar. Banyak orang merasa bisa melakukan sesuatu yang salah untuk membangun kehidupan yang benar. Menyekolahkan anaknya dengan uang haram, membangunkan rumah buat keluarganya dengan uang yang tidak berkah.

Sebagai negosiator ulung dalam kehidupan ini, jangan pernah menawar kebenaran. Telah banyak orang bisa selamat tanpa menyuap, telah banyak orang menjadi hebat dan kaya tanpa mencuri. Hanya karena banyak orang mencuri, tidak menjadikan mencuri benar.

Jadi kalau begitu tetaplah setia kepada yang benar, serahkanlah bayarannya kepada Tuhan, karena semua orang yang memberi uang kepada kita, sebetulnya hanya juru bayar, pemegang rekening utamanya adalah Tuhan.

Karir atau pekerjaan itu bukan karirnya yang baik, karir yang baik adalah yang bisa menjadikan seseorang menjadi orang besar. Jadi kalau kita mencintai pekerjaan, karena pekerjaan itu menjadikan kita menjadi pribadi yang lebih besar.

Dalam proses ini terkadang kita dzalim kepada diri sendiri dan kepada orang lain, tidak mungkin pekerjaan seperti ini menjadikan diri kita menjadi orang besar.

Apapun pekerjaannya sekecil apapaun itu, Tuhan itu sangat berwenang untuk membesarkan orang baik. Jadi apapun pekerjaannya berlaku adil-lah kepada diri sendiri. Jadikanlah apapun pekerjaan kita pembaik kehidupan kita.

Kalau kehidupan kita sekarang adalah memperjuangkan persetujuan, kita mau belajar teknik apapun. Perlu diingat bahwa semua teknik harus mengendap dan menyerap dalam pribadi anda. Pastikan anda tumbuh menjadi pribadi yang mudah disetujui.

Jadikanlah diri anda menjadi pribadi yang mudah disetujui. Lalu perhatikan apa yang terjadi.

Demikianlah resume acara Mario Teguh Golden Ways dengan Topik “Dunia ini Memang Tidak Adil, Tapi Masih Bisa Negosiasi“. Jika sekiranya didapati kekurangan, sudilah kiranya para sahabat meluangkan waktu untuk mengoreksi serta menyempurnakannya.







Hakikat Keyakinan

Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu mendengar ungkapan, “Kamu harus yakin. kalau kamu tidak bisa yakin ya gimana….?”. Apakah yang dimaksud yakin pasti bisa, yakin pasti berhasil, yakin pasti sembuh dan seterusnya?. Maka apa yang disebut dengan yakin dalam ungkapan yang hampir setiap hari, atau bahkan kita pun biasa mengucapkannya?.

Tidak jarang pula kita menemukan seseorang yang begitu bersemangat, antusias dan bergairah dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaannya. Pikirannya dipenuhi oleh pikiran-pikiran positif dan konstruktif. Raut wajahnya senantiasa berseri, karena dia mempunyai keyakinan terhadap apa yang akan diraihnya kelak. Kondisi seperti ini adalah kondisi dimana seseorang sedang mencapai tingat keyainan yang baik dan akan terus membaik, jika mengerti cara memeliharanya.

Tetapi ada juga setelah beberapa waktu lamanya, orang yang semulanya kita temui penuh semangat dan bergairah, selalu berpikiran positif, tiba-tiba semangatnya mengendor, tampak tidak bergairah dalam menyelesaikan pekerjaan. Penampilannya kusust dan lusuh. Pikirannya senantiasa digelayuti oleh pikiran-pikiran negatif dan picik. Akibat keyakinan yang dimilikinya mengenai masa depan sedikit mengabur, diselimuti oleh kabut-kabut keraguan, dan semakin hari semakin bertambah tebal. Situasi seperti ini dapat dikatakan bahwa tingkat keyakinan seorang sedang mengalami penurunan dan akan terus menurun sampai titik yang terendah, jika tidak tahu bagaimana mengatasinya.

Kenapa keyakinan tersebut bisa menaik dan indikasinya semangat berkarya meningkat, sebaliknya bisa menurun dan indikasinya semangat berkarya melemah?. Karena keyakinan itu menyangkut harapan yang akan terjadi di masa datang yang sifatnya adalah ghaib, tidak seorangpun yang mengetahuinya. Selama seseorang yakin terhadap harapan yang akan dicapainya di masa depan, dan ia terus menggali informasi untuk menguatkan keyakinan tersebut, maka selama itu dia akan bersemangat.









HIU KECIL KEHIDUPAN


Ada sebuah kisah menarik tentang upaya nelayan Jepang untuk mempertahankan ikan agar tetap segar sampai ketangan pelanggan.

Akhir-akhir ini sudah sangat sedikit ikan yang ditangkap diperairan dekat pantai, sehingga nelayan harus pergi melaut ke tempat yang agak jauh. Akibatnya ikan yang tiba dipantai sudah tidak segar lagi saat sampai ke pelanggan, hargapun jatuh.

Untuk mengatasi hal ini, paguyuban nelayan disana mengusahakan Freezer (lemari pendingin) dibawa ke atas perahu, agar sekalipun ikan tersebut telah mati namun masih tetap beku dan tidak busuk.

Upaya inipun ternyata tidak juga memuaskan pelanggan penikmat ikan segar, mereka mengatakan cita rasa ikanya sudah berkurang karena ikan nya sudah mati dan dibekukan.

Akibatnya harga ikan-pun makin merosot tajam, karena tidak dalam keadaan hidup.

Langkah berikutnya yang dilakukan para nelayan adalah dengan membawa tanki-tanki besar ketika melaut, ikan-ikan yang telah dijaring selanjutnya akan dimasukan kedalam tanki-tanki dalam keadaan hidup. Merka dijejalkan dalam tanki tersebut.

Setelah sekian lama ikan-ikan tersebut berdesak-desakan dalam tanki, akhirnya ikan-ikan tersebut lemas namun masih tetap hidup saat sampai di pantai. Namun, masyarakat Jepang tetap tidak menyukai ikan-ikan lemas, karena cita rasa ikan lemas beda dengan ikan hidup.

Para nelayan-pun kembali berfikir keras bagaimana supaya ikan-ikan tersebut bisa tetap hidup dan segar saat sampai ke pantai. Upaya berfikir keras merekapun membuahkan hasil. Kini setiap akan melaut, mereka tetap membawa tanki-tanki, namun sekarang isi ikan pada tanki tersebut dikurangi, sehingga ikan tidak berdesakan.

Dan uniknya lagi para nelayan memasuk-kan seekor hiu kecil kedalam tanki tersebut. Ikan hiu tersebut memang memakan ikan-ikan tankapan, namun tidak banyak. Sedangkan ikan-ikan yang lain berlari dari kejaran hiu tersebut.

Alhasil, ikan-ikan tersebut dalam kondisi siaga dan ketakutan saat sampai ke pantai. Sehingga pelangganpun merasa puas memperoleh ikan yang hidup dan segar.

Tantangan dan masalah merupakan tanda bahwa kita hidup demikian seorang filsuf pernah bertutur. Moivasi akan memberikan kita keinginan dan dorongan maksimal. Pelatih akan memberikan cara kita menghadapi tantangan, dan gabungan antara motivasi dengan pelatihan akan memberikan ide-ide kreatif untuk melewati tantangan. Diatas itu semua komitmen, disiplin, dan tanggung jawab akan membekali kita dalam menghadapi masa-masa sulit kehidupan.







Mario Teguh Golden Ways 14 Juni 2009: Hati Emas Pemimpin


resume dari acara Mario Teguh Golden Ways MetroTV edisi Ahad, 14 Juni 2009.

Edisi Mario Teguh Golden Ways (MTGW) kali ini adalah edisi khusus yang diberi nama GOLDEN HEARTS dengan Topik Hati Emas Pemimpin, karena kita memang sebaiknya berfokus pada kualitas hati dari para calon pemimpin kita, karena kita akan menyerahkan hati kita kepada yang terbaik hatinya. Pada kesempatan ini MTGW menghadirkan Bintang Tamu pasangan Capres-Cawapres Jusuf Kalla-Wiranto.

Program Golden Hearts tidak berpihak kepada pasangan tertentu, tetapi berpihak kepada keharusan bagi bangsa Indonesia untuk mempercayakan kepemimpinan hidupnya kepada pribadi-pribadi yang baik. Berikut resume yang bisa kami catat:

Janji hanya sebaik hati orang yang beranji. Pribadi yang baik tidak harus berjanji, karena pribadi yang baik sudah menjanjikan. Apapun yang disentuhnya akan menjadi pemuliaan bagi kehidupan kita.

Kita telah banyak mendengar janji yang disampaikan oleh banyak orang yang kemudian terbukti sedikit sekali yang membuktikan kesetiaan mereka pada janji yang menjadikan mereka diutamakan.

Maka bukan janjinya yang seharusnya kita perhatikan, tetapi pribadi dari yang berjanji.

Jika kita menemukan nilai-nilai pada seseorang, yang menjadikan kita mempercayainya, sebetulnya dia sudah tidak perlu berjanji lagi.

Pribadi yang baik tidak perlu berjanji, karena pribadinya telah menjanjikan penghormatan bagi kebaikan orang lain.

Kehidupan sangat tergantung dengan cara memandang hidup ini, kalau dalam materi lihatlah kebawah yaitu orang-orang yang tidak lebih beruntung dari kita, maka akan timbul rasa syukur. Tapi kalau dalam hal prestasi lihatlah keatas yaitu orang-orang yang jauh lebih berprestasi dari kita, maka ini akan menghasilkan suatu cita-cita yang kuat.

Kita melihat yang dibawah sebagai tugas bagi kita untuk mengangkatnya, dan melihat yang diatas dijadikan sebagai contoh tauladan.

Harus ada rencana keberhasilan bagi rakyatnya didalam rencana keberhasilan seorang pemimpin.

Keluarga adalah kelompok terkecil dari bangsa ini, untuk itu keluarga haruslah menjadi contoh dalam kehiduan berbangsa ini.

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang setia terhadap janjinya, sekalipun janji itu dianggap kecil. Pemimpin yang baik akan selalu memuliakan keluarganya, karena orang yang mengkhianati keluarganya memungkinkan mengkhianati siapapun.

Dalam kompetisi untuk Pilpres ini kami yakin kami yang terbaik, karena kalau tidak yakin tentunya kami tidak ikut. Tetapi kalau kami dikalahkan berarti orang yang menang itu lebih baik dari kami untuk bangsa ini, dan kami akan menerimanya dengan ikhlas. (Jusup Kalla)

Pribadi pemimpin yang sangat sederhana akan sangat rendah hati, demikian sederhananya sehingga dampaknya tidak sederhana.

Jarang sekali orang didalam ke-ikhlasan-nya untuk sederhana, meminta Tuhan penggunaan dirinya bagi kebaikan orang lain.

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang tatkala memberikan pengertian tidak berharap imbalan apa-apa dari yang dilakukannya, karena semuanya itu adalah amanat dari Tuhan dan mandat dari yang dipimpin-nya. Tidak boleh ada cara-cara buruk untuk mencapai kebaikan.

Tiga Proses kepemimpinan
- Meneladankan
- Menganjurkan
- Mengharuskan

Tidak ada kepemimpinan yang berhasil hanya dengan meneladankan atau menghimbau, harus ada kekuatan dibalik kelembutan. Semua hati yang keemasan juga hati yang kuat sekali mencegah, supaya kayu jati yang indah itu tidak terbakar jadi arang.
Tugas kepemimpinan adalah :
- Kepemimpinan Manusia
- Kepemimpinan Negara
- Kepemimpinan Alam

Dalam masa kampanye lebih banyak penekankan pada janji kepemimpinan negara, jarang sekali disinggung tentang kepemimpinan kemanusiaan kemudian kepemimpinan alam.

Pada dasarnya kita akan hidup dengan nyaman dan berkelanjutan kalau kita mencintai alam, iklim, dan kebersihan. Mencintai alam dengan tidak merusaknya dan berusaha melestarikannya.

Pelestarian alam sebetulnya sudah diatur dalam undang-undang, tinggal bagaimana para pelaku bisa mematuhinya, dan para penegak hukum bisa melakukan pengawasan dengan tegas.

Kalau kita ingin mencapai kebaikan kita tidak harus menunggu pemimpin. Rayat Indonesia tidak boleh menunggu dibuat untuk berhasil. Kita tidak boleh menjadi pribadi yang ingin diberi, tetapi kita harus menjadi pribadi yang ber-rezeki baik.

Seorang pemimpin tentunya harus memerikan tauladan. Disuatu pihak juga memberikan harapan, sehingga apabila orang bekerja dengan baik, harapan itu bisa tercapai, dengan memberikan fasilitasi, dorongan, juga kemudahan. Serta menjaga dengan tegas apabila ada yang melanggar dari ketentuan-ketentuan hukum yang ada.

Jadi harapan harus diberikan, caranya harus ditunjukan, dorongannya harus diberikan, dan dijaga apabila terjadi gesekan antar masyarakat. Dengan cara ini masyarakat akan bekerja sebaik-baiknya untuk mendapatkan rezeki yang baik.

Ada tiga kata yang merupakan kunci dari yang akan dilakukan seorang calon pemimpin.
- Keadilan
- Kemandirian
- Martabat

Tiga hal ini harus bisa dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat. Yang harus dilakukan pemimpin adalah membantu rakyatnya untuk mendapatkan rezeki lebih baik.

Tidak ada kepemimpinan yang bisa dilakukan dengan kejujuran yang cacat.

Kejujuran adalah modal yang utama disamping ketulusan. Kalau kita tidak jujur akan sangat sulit untuk mengajak orang jujur. Untuk itu kejujuran adalah hal utama untuk dimiliki oleh seorang pemimpin.

Bangsa ini harus dimajukan secara bersama-sama, seorang pemimpin tidak akan sanggup untuk berbuat banyak tanpa jutaan tangan dan kepala untuk bekerja bersama-sama. Untuk itu ajakannya, marilah kita bekerjasama untuk memajukan bangsa ini, sehingga kita menjadi bangsa yang memilki kekuatan yang besar.

Kita memilih seorang pemimpin karena hatinya.

Hati adalah tempat dimulainya semua kualitas.

Seorang yang berhati baik, akan membaikkan sikapnya terhadap orang lain, terhadap kejadian, dan terhadap kehidupan secara lebih luas.

Seorang yang berhati baik, akan membaikkan pikirannya bagi kesejahteraan, kebahagiaan, dan kecemerlangan kehidupannya melalui kesejahteraan, kebahagiaan, dan kecemerlangan mereka yang dipimpinnya.

Seorang yang berhati baik, akan membaikkan tindakannya agar dia bisa meneladankan yang baik, menganjurkan yang baik, dan kemudian mengharuskan yang baik.

Maka jika kita memilih seseorang sebagai pemimpin kita, pastikanlah Anda memilih pribadi yang hatinya baik.

Semua tujuan baik ini hanya akan bisa terwujud. Tatkala hati kita satu, maka bangsa ini akan berjalan dalam koridor kebenaran, dan disanalah cita-cita kita sebagai bangsa yang adil, makmur, mandiri dan bermartabat.

Pribadi pemimpin kita mudah-mudahan dengan tanpa berjanji, menjanjikan kepemimpinan yang menyejahterakan kita semua,yang membahagiakan dan memuliakan kehidupan kita.

Terima kasih Pak Mario Teguh atas ilmu dan nasihat terbaik yang Bapak sampaikan. Semoga kehidupan Bapak dan keluarga semakin berkah.

Demikianlah resume acara Mario Teguh Golden Ways edisi Khusus Golden Hearts dengan Topik “Hati Emas Pemimpin“. Jika sekiranya didapati kekurangan, sudilah kiranya para sahabat meluangkan waktu untuk mengoreksi serta menyempurnakannya.






Bersedekah Kepada Keluarga Terdekat


Dalam suatu riwayat yang dikisahkan oleh Anas bin Malik dikatakan bahwa Abu Thalhah merupakan salah seorang sahabat dari kaum Anshar yang paling banyak hartanya.

Diantara kekayaan yang sangat disukainya adalah kebun yang bernama Baihara. Kebun ini menghadap ke masjid Nabawi dan Rasulallah SAW biasa masuk kedalamnya untuk minum airnya yang tawar. Ketika turun ayat ” Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai,” (QS Ali Imran [3]:92).

Abu Thalhah datang menghadap Rasulallah SAW, lalu Abu Thalhah mengatakan bahwa harta yang paling ia cintai adalah kebun Baihara, dan ia mau menyedekahkan hartanya yang paling berharga itu kepada Rasulallah SAW.

Kemudian Rasulallah SAW bersabda, “Bagus! itu adalah harta yang paling menguntungka. Aku telah mendengar apa yang engkau katakan mengenai kebun itu. Dan aku berpendapat, hendaknya kebun itu engkau berikan kepada kaum kerabatku,” Lalu Abu Thalhah membagi-bagi kebun itu dan memberikannya kepada kaum kerabat dan anak-anak pamannya (HR Bukhari-Muslim)

Apa pelajaran yang bisa dipetik dari riwayat ini?,
Pertama, Tingginya komitmen untuk senantiasa melaksanakan perintah Ilahi. Sosok Abu Thalhah merefleksikan kepribadian ini. Tanpa pikir panjang, melaksanakan perintah Ilahi. Abu Thalhah patut kita jadikan teladan dalam hal ini.

Kedua, mendahulukan kerabat terdekat jika ingin bersedekah. Sedekah yang paling utama adalah kepada kedua orang tua, kemudian kepada keluarga terdekat. Sebagaimana sabda Rasulallah SAW, “Hendaklah kamu berbuat baik kepada Ibumu kemudian ibumu sekali lagi ibumu, kemudian bapakmu kemudian orang orang yang terdekat dan terdekat”,(HR Bukhari). Sedekah kepada keluarga terdekat ini mengandung dua nilai sekaligus, nilai sedekah dan nilai silaturahim.

Jika kita tidak mampu bersedekah dengan harta, maka kita bisa bersedekah dengan tenaga, yakni membantu pekerjaan orang lain. Namun jika besedekah dalam bentuk ini juga tidak bisa, maka hendaknya kita berusaha sekuat tenaga untuk tidak melakukan perbuatan atau perkataan yang menyakiti orang lain.

Pengendalian diri untuk tidak melakukan kejahatan adalah sedekah kita kepada orang lain. Hal ini berdasar Sabda Rasulallah SAW ketika beliau ditanya oleh Abu Dzar. Abu Dzar menyatakan bahwa dirinya tidak mampu bersedekah dengan tenaga membantu pekerjaan orang lain, karena minimnya keterampilan yang ia miliki. Lantas Rasulallah SAW bersabda, “Engkau dapat mengekang kejahatanmu terhadap orang lain. Karena, hal itu merupakan sedekah darimu kepada dirimu,” (HR Bukhari-Muslim) (Siratul Mustakim 262)





The Online Love Psychic

There is an aspect in human’s life that is not touched by the ordinary approach. This aspect can only be approached by the special way that will read anything that is hidden from the physical eyes and another real thing. This psychically approach has also been something commercial and thus, there have been lots of people love to try reading what’s inside their selves in the end.

psychic reading can also be done through the internet this time. You would only need to turn your computer on and then you can simply have the reading work on your needs correctly. But among others, the best website in which you can try to have this reading, including the psychic love readings, is the Myturepsychic.com website.

Through this website, you will only have to pay as much as ten dollars to eventually get the results given by the reliable love psychic from there. Well, there is nothing complicated about this website. After you have made it logging on to the website, you can see the brief explanations about steps you should go through if you want to utilize the service right away. So if you are interested in such psychic world, this website is well recommended for you.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar