Jumat, 10 Februari 2012

ILMU JIWA

Bila Kaki dan Tangan Sering Merasa Dingin


Kaki dan tangan dingin saat berada di ruangan AC atau karena merasa gugup itu sudah biasa. Tapi bila sering merasa kaki dingin padahal tidak berada di tempat dingin atau gugup, bisa jadi itu disebabkan oleh kondisi medis tertentu.

Kaki dan tangan dingin adalah kondisi umum yang dirasakan orang dari berbagai kelompok umur. Tentu, penurunan suhu, stres dan kecemasan yang menyebabkan kaki dingin, tetapi ekstremitas dingin di kaki juga bisa disebabkan karena beberapa kondisi medis.

Dilansir Buzzle, Kamis (9/12/2010), berikut adalah beberapa kondisi medis umum yang bertanggung jawab atas penyebab kaki dingin:

1. Sindrom Raynaud
Sindrom Raynaud adalah gangguan vasospastik, yaitu pembuluh darah terkecil di jari tangan dan kaki mulai mengerut. Hal ini pada gilirannya menyebabkan jari kaki dan tangan menghitamkan dan bahkan kuku berubah rapuh.

Pembuluh darah mulai menyempit bila terkena suhu dingin yang ekstrim atau ketika orang menjadi emosional atau marah. Merokok dan bekerja dengan mesin bergetar kadang-kadang juga sering mengarah pada penyumbatan pembuluh darah.

2. Penyakit Peripheral Vascular
Penyakit peripheral vascular atau Peripheral Vascular Disease (PVD) adalah suatu kondisi yang mana sirkulasi yang buruk terjadi pada kaki dan tangan seseorang.

Ini mungkin terjadi, terutama jika orang menderita diabetes. Arteri yang membawa darah berkonstraksi, sehingga mencegah aliran bebas dari sirkulasi darah berlangsung dan ini pada gilirannya menyebabkan kaki dingin dan bahkan tangan. Meskipun penderita diabetes menderita lebih dari masalah ini, orang-orang non diabetes juga dapat menderita kondisi ini.

3. Radang dingin (Frostbite)
Ini adalah suatu kondisi yang terjadi pada kulit atau jaringan lain akibat dingin dan ini terjadi terutama di bagian-bagian tubuh yang terjauh dari hati. Radang dingin bisa dengan mudah diobati di rumah, tetapi ketika kasus besar radang dingin terjadi, maka perhatian medis segera diperlukan.

4. Hipotiroidisme
Penyebab lain tangan dan kaki dingin adalah hipotiroidisme. Hipotiroidisme adalah ketika kelenjar hormonal seseorang mengeluarkan lebih sedikit hormon.

5. Alergi
Orang yang menderita alergi kronis karena makanan atau karena lingkungan tertentu, adalah penyebab lain kaki terasa dingin.

Saat reaksi alergi, tekanan darah orang terbenam yang selanjutnya mengurangi suhu tubuh, sehingga mengarah ke kaki dingin. Cara terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan menghindari makanan yang membuat Anda alergi dan juga mengambil tindakan pencegahan terhadap lingkungan yang membuat Anda merasa dingin.





11 Cara Instan Atasi Stres


Deraan pekerjaan, masalah keluarga, masalah pasangan, hingga masalah transportasi sehari-hari sudah bisa membuat stres. Nah ada sedikit tips untuk atasi dengan cara instan ini di bawah ini

Berlatih Napas
Ketika Anda secara sadar berusaha untuk bernapas lebih dalam, secara alami akan membantu tubuh Anda kembali ke posisi rileks. Letakkan tangan Anda di perut, dan rasakan ketika ia mengembang saat Anda menarik napas, sambil berhitung hingga hitungan ke tiga atau empat, lalu tahan napas Anda dengan hitungan yang sama, lalu hembuskan selama mungkin, dan rasakan saat perut Anda mengempis. Hal ini akan membantu Anda untuk berfokus pada napas yang akan membantu menyingkirkan stres Anda.

Menantikan Sesuatu
Setiap pagi, pikirkan tentang sesuatu yang kecil, dan menyenangkan untuk Anda lakukan pada hari itu, baik yang kecil (misal, mengisi teka-teki silang) hingga yang sangat besar (misal, menaklukkan gunung Semeru). Ritual ini melatih otak Anda untuk mengalihkan fokus dari permasalahan yang dihadapi pada hari itu.

Membuat Perubahan Kecil Pada Rutinitas
Hal-hal kecil di luar perencanaan bisa membuat seseorang stres. Jika Anda mau mencoba menggali bahkan sedikit saja hal baru di dalam hidup Anda, maka hal itu akan bisa membantu respon kognitif Anda untuk lebih fleksibel dan membantu Anda mengatasi apa pun tantangan yang ada di depan. Contohnya, mengikuti kelas kardio di gym dekat kantor, atau mencicipi makanan dari daerah yang belum pernah Anda coba sebelumnya.

Foto-foto Bahagia
Tatap foto-foto momen bahagia Anda, misal, saat Anda berlibur di Bali atau saat Anda bermain coreng muka bersama keponakan. Hanya menyisihkan waktu 10 detik untuk berkonsentrasi pada gambar-gambar tersebut sudah cukup untuk mengurangi ketegangan otot dan menstabilkan detak jantung.

Berbagi Pujian
Studi menunjukkan, semakin hangat hubungan personal Anda dengan orang lain, semakin baik tubuh Anda dalam memerangi efek stres. Jadi, jangan ragu untuk memberikan pujian kepada rekan kerja Anda yang berhasil mendapatkan klien baru. Hal ini tak hanya membuatnya merasa bahagia, tapi juga membantu Anda merasa nyaman.

Ubah Senin Jadi Hari Luar Biasa
Kebanyakan orang mendeklarasikan hari Jumat atau akhir minggu sebagai hari yang menyenangkan. Namun sisi buruknya, kebiasaan ini akan menganggap hari Senin sebagai hari yang menyebalkan. Tak heran ada laporan yang menyatakan, kebanyakan serangan jantung terjadi di hari Senin ketimbang hari-hari lain. Untuk membuat hari Senin menjadi hari menyenangkan, cobalah untuk menjadwalkan sesuatu yang menyenangkan pada hari tersebut. Misal, makan siang bersama teman di setiap hari tersebut, atau ikuti kelas olahraga yang Anda senangi di hari itu. Semata-mata agar Anda memiliki rasa keinginan untuk menyambut hari tersebut.

Transisi Dari Kantor ke Rumah
Setiap hari Anda melewati jalan yang sama, tapi pernahkah Anda mencoba menikmati pemandangan yang Anda lewati, atau menikmati musik selama perjalanan Anda pulang tersebut? Tak masalah jika Anda membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya. Waktu yang Anda nikmati tersebut akan membantu Anda bertransisi dari suasana kantor ke suasana santai di rumah.

Mengungkapkan Isi Pikiran
Kekhawatiran yang konstan bisa membuat seseorang sulit tertidur. Simpanlah sebuah buku untuk Anda mengutarakan isi pikiran Anda, termasuk kekhawatiran dan solusi untuk mengatasi hal tersebut. Buat pula janji-janji untuk diri Anda sendiri mengenai hal yang bisa membuat Anda lebih baik. Bisa juga Anda berjanji untuk tidak lagi merasa khawatir sebelum pukul 11.00 pagi besok. Dengan begini, otak Anda akan berusaha mencari cara untuk mengalihkan pikiran dari hal yang bisa membuat Anda merasa khawatir.

Belajar untuk Berdebat dengan Adil
Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh majalah SELF, tersebutlah bahwa bertengkar dengan pasangan menempati posisi pertama sebagai penyebab stres. Berdebat atau bertengkar dengan pasangan memang boleh dan perlu untuk bisa memahami pola pikir masing-masing. Namun, disarankan untuk mengambil waktu sejenak di sela-sela perdebatan untuk bisa mengambil napas dan menenangkan diri. Usai perdebatan yang diakhiri dengan kesepakatan, lanjutkan dengan kegiatan positif, seperti berpelukan atau bercumbu dengan pasangan untuk meningkatkan level endorfin.

Wangi Rosemary
Sebuah studi yang berlangsung di Jepang mengatakan, bahwa dengan menghirup wangi aroma rosemary bisa menurunkan tingkat kortisol dalam otak seseorang. Anda bisa coba cari wangi ini di toko-toko yang menjual aromaterapi.

Nah, selamat mencoba!





Bencana Akibat Berciuman

Berciuman dengan pasangan terbukti bisa meredakan stres, menenangkan jiwa dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tapi jika kondisi badan tidak sehat, berciuman malah bisa berbuah menjadi bencana.

Saat berciuman, kadang terjadi pertukaran saliva (air liur) antar kedua orang tersebut. Hal ini ternyata bisa menimbulkan infeksi mononuecleosis atau dikenal dengan kissing disease.

Infeksi mononuecleosis ini disebabkan oleh virus Epstein-Barr dan Cytomegalovirus (CMV). Virus ini menyebar melalui cairan tubuh seperti air liur, lendir atau air mata.

Sebagian besar penularan penyakit adalah melalui ciuman, sehingga sering disebut dengan kissing disease. Makan dengan menggunakan sendok dan garpu yang sama, minum dari gelas yang sama serta berbagi sikat gigi juga bisa menularkan infeksi mononuecleosis.

Infeksi mikroba lain yang menyebar melalui air liur dengan menempel pada permukaan bagian dalam dari pipi dan mulut, lidah atau gigi, contohnya adalah bakteri Streptococcus, yang dapat menyebabkan berbagai infeksi, termasuk penyakit gusi dan sakit tenggorokan.

Dilansir mayoclinic, Selasa (28/12/2010), berikut beberapa gejala yang ditimbulkan dari kissing disease:
1. Demam tinggi
2. Sakit tenggorokan
3. Pembengkakan kelenjar
4. Amandel
5. Merasa lemah dan lesu

Kebanyakan orang yang menderita penyakit ini adalah orang-orang muda, tapi tak jarang anak-anak pun bisa mengalaminya.

Namun jika terjadi pada anak-anak biasanya tidak menunjukkan gejala atau gejala yang timbul sangat ringan. Orang-orang yang telah terinfeksi biasanya tidak menunjukkan gejala selama 4-8 minggu setelah terpapar.

Virus ini akan melewati air liur dan masuk ke dalam sel epitel bagian luar mulut dan tenggorokan, kondisi ini memungkinkan virus untuk berkembang biak dan menginfeksi sel-sel darah putih yang disebut dengan sel B.

Infeksi virus pada sel B menyebabkan penyebaran virus di seluruh getah bening, sistem kelenjar dan limpa (dikenal dengan sistem lymphoreticular).

Beberapa komplikasi dapat terjadi karena infeksi mononuecleosis ini, antara lain pembesaran limpa, gangguan hati, anemia makin parah, penurunan jumlah trombosit yang mempengaruhi pembekuan darah (trombositopenia) dan gangguan sistem saraf.

Yang perlu diingat, permukaan saluran pernapasan (hidung, mulut dan tenggorokan) kontinu dan terdiri dari jaringan yang sama. Akibatnya, mikroba yang ditemukan dalam air liur umumnya dapat ditemukan juga di bagian lain dari saluran pernapasan, termasuk hidung dan tenggorokan.

Oleh karena itu, selain menyebabkan infeksi mononuecleosis berciuman dengan orang yang tidak sehat juga dapat menyebabkan penyakit lain, seperti dilansir About.com antara lain herpes oral dan flu Singapura atau Hand Foot and Mouth Disease (HFMD).

Penyebaran mikroba menular melalui air liur dapat terjadi ketika ketahanan alami di mulut berkurang. Sebagai contoh, infeksi gusi dapat terjadi pada orang dengan kekurangan vitamin C, sedangkan sariawan disebabkan oleh infeksi ragi Candida, lebih cenderung terjadi pada orang yang telah minum antibiotik.

Tapi sariawan tidak menular. Berbeda dengan virus herpes oral dan HFMD, sariawan tidak memiliki asal penyakit menular dan tidak dapat menyebar melalui air liur atau berciuman.






Bentuk Hidung Bisa Identifikasikan Karakter Seseorang

Selama ini, untuk mengidentifikasi karakter seseorang biasanya digunakan analisa sidik jari. Tapi berdasarkan sebuah studi, jarak antara mata dan bentuk ujung hidung juga bisa mengidentikasikan karakter seseorang.

“Hidung mudah untuk difoto dan sulit untuk disembunyikan, sehingga sistem deteksi hidung akan bekerja lebih baik pada kasus hukum dengan subjek yang tidak kooperatif atau dalam pengawasan rahasia,”
Peneliti membedakan bentuk hidung menjadi enam kategori, yaitu Turned-up (terbalik), Hawk (elang), Greek (Yunani), Roman (Romawi), Nubian, Snub (pesek).

Simon Brown, seorang pakar analisis wajah dan juga pengarang buku The Secrets Of Face Reading, mengungkapkan arti di balik bentuk hidung masing-masing orang.

1. Turned-u
Contoh orang terkenal dengan hidung Turned-up adalah Marilyn Monroe. Orang dengan tipe hidung ini cenderung memiliki kepribadian yang ramah, optimistis, penuh karakter, tipe pengasuh dan pemberi dukungan kepada orang lain.

Orang dengan bentuk hidung seperti ini juga sering memiliki antusiasme tak terbatas untuk hal-hal dan pengalaman baru. Orang-orang ini biasanya cenderung suka melakukan petualangan.

2. Hawk
Contoh orang terkenal dengan hidung Hawk adalah John Lennon. Orang dengan tipe hidung hawk cenderung memiliki jalan pikiran yang berbeda dari kebanyakan orang dan lebih sering memberontak.

Dari keenam tipe bentuk hidung, orang dengan tipe hawk sangat peduli dengan penilaian orang terhadapnya. Tapi orang-orang seperti ini sangat suka melakukan hal dengan tujuannya sendiri.

3. Greek
Contoh orang terkenal dengan hidung Greek adalah Admiral Lord Nelson. Hidung tipe Greek menunjukkan seseorang yang menginspirasi, fungsional dan pengatur yang terampil. Orang dengan tipe hidung ini cenderung tidak panik, berpikir secara logis dan pintar menjaga emosi.

4. Roman
Contoh orang terkenal dengan hidung Roman adalah Abraham Lincoln. Orang dengan tipe hidung ini adalah orang yang kuat tetapi tidak agresif, teliti dan memiliki jiwa pemimpin.

Orang-orang ini tidak bersifat impulsif (cepat bertindak secara tiba-tiba menurut gerak hati), tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan dan sangat pandai mempengaruhi orang lain.

5. Nubian
Contoh orang terkenal dengan hidung Nubian adalah Barack Obama. Bentuk hidung seperti ini menandakan kreativitas dan semangat.

Orang dengan tipe hidung ini selalu memikirkan cara-cara baru untuk menangani masalah dan perubahan. Orang-orang ini berpikiran terbuka, penasaran, ekspresif sangat karismatik dan cenderung suka menebus kesalahan.

6. Snup
Contoh orang terkenal dengan hidung Snub adalah Muhammad Ali. Bentuk hidung seperti ini menunjukkan orang yang cerdas, baik secara fisik maupun mental.

Orang dengan tipe hidung seperti ini dapat berpikir lebih cepat dari rata-rata orang, bahkan mungkin bereaksi terlalu cepat yang dapat menyebabkan agresi







8 Tipe Kepribadian Ini Pengaruhi Kesehatan

Dapatkah tipe kepribadian seseorang mengungkap semua hal tentang kesehatannya? Jawabannya adalah ya! Pasalnya, terdapat banyak bukti yang mengindikasikan bahwa karakter dapat memengaruhi kualitas kesehatan seseorang.

“Kepribadian merupakan hasil dari pengaruh gen dan lingkungan. Dengan mengetahui Anda termasuk karakter mana bukan tidak berarti akan mengidap sejenis penyakit tertentu seperti jantung misalnya, tetapi setidaknya menjadi waspada akan risiko kesehatan,”
Manfaat positif lainnya, Anda juga memeroleh kesempatan mengenal dan menganalisis aspek yang kurang sehat dalam karakter Anda, seperti kebiasaan merokok atau minum alkohol.

Berikut adalah beberapa tipe kepribadian seseorang beserta kondisi kesehatan yang biasa dikaitkan dengan karakternya :

1. Tipe Periang, Optimistis
Mereka yang masuk kategori ini biasanya punya pandangan yang luas akan kehidupan, tetapi mereka yang optimistis cenderung kelebihan berat badan.

Para ahli dari Doshisha University di Kyoto, Jepang, meneliti pria dan wanita obesitas yang sedang menjalani program pelangsingan termasuk konseling, latihan olahraga dan pengaturan nutrisi.

Peneliti menemukan, mereka yang pikirannya paling positif justru mencatat penurunan berat badan paling sedikit. Diduga, dengan melihat sisi terang membuat pasien tidak terlalu peduli akan berat badannya dan selalu terjebak dalam godaan.

Sementara itu temuan peneliti Universitas California AS menunjukkan, rasa percayaan diri mengatasi kesulitan hidup serta kerelaan justru dapat memicu risiko lebih besar. Hal ini juga dapat menjelaskan mengapa mereka berkarakter periang relatif meninggal di usia muda.
Psikolog Dr Howard S. Friedman menganalisa data lebih dari 1.500 anak usia 10 tahun dan memantau perkembangannya hingga usia dewasa. “Mereka yang punya selera humor saat anak-anak rata-rata berumur pendek dibandingkan mereka yang kurang riang .” Riset lain di Universitas Stanford menemukan bahwa anak-anak tipe periang memiliki kecenderungan melakoni hobi yang lebih berisiko

2. Tipe Cemas
Para ahli di Universitas Descartes, Paris, dan Centre for Addiction and Mental Health, Toronto, Kanada, menemukan mereka yang berkepribadian needy (terlalu berharap) lima kali berisiko mengidap masalah pencernaan seperti tukak lambung.

Orang yang dependen dan secara emosional kurang stabil juga cenderung merokok dan minum alkohol, punya kebiasaan makan tidak teratur dan gangguan tidur. Semua kebiasaan itu dapat memicu rata-rata produksi asam lambung menjadi tinggi sehingga memicu tukak lambung.

Tingginya kadar hormom stres kortisol juga dapat memicu sakit kepala, jerawat dan infeksi kandung kemih.
Kabar baiknya? Mereka yang bertipe cemas ini lebih banyak melakukan seks, menurut sebuah penelitian dari Sheffield University, Inggris.
“Wanita yang bermasalah neurotik cenderung punya lebih banyak pasangan untuk hubungan jangka pendek, yang mengindikasikan adanya hubungan antara gairah seks mereka dan kepribadian,” Dr Virpi Lummaa, dari Departmen Ilmu Tumbuhan dan Binatang di Inggris
Hal ini mungkin terjadi karena ketakutan akan tidak menemukan orang yang tepat atau gagal bereproduksi membuat mereka lebih sering melakukan hubungan seks dengan lebih banyak pasangan.

3. Tipe Sensitif
Pria yang tipenya cenderung seperti wanita — simpatik dan pengiba — memiliki kadar stres yang lebih rendah dan berisiko lebih kecil mengalami serangan jantung, menurut sebuah riset di Universitas Glasgow Skotlandia.

Dalam riset itu, para pria diberikan nilai ‘maskulinitas’ dan ‘kewanitaan’ berdasarkan perilakunya seperti kemampuan memimpin, keteladanan, agresi, pengambilan risiko, afeksi, rasa belas kasih dan sensitivitas pada kebutuhan orang lain.
Penelitian menemukan, kecenderungan atau risiko pria mengidap penyakit jantung kronis mengalami penurunan seiring dengan nilai ‘kewanitaan’. Para ahli menyatakan, keterlibatan mereka dalam perasaan menyebabkan para pria lebih dapat menyampaikan emosinya dan memeroleh dukungan termasuk berkonsultasi ke dokter.

4. Tipe Argumentatif
Permusuhan (hostile) dan perilaku agresif adalah salah satu kepribadian yang tidak sehat. Dalam studi terhadap 448 wanita yang menjalani pusat skrining payudara di Oncological Hospital of Kifissia, Athena, terungkap bahwa tipe perempuan tipe hostile cenderung mengidap kanker payudara.

Penelitian lain terhadap 61 pria yang mengidap kanker colon oleh ilmuwan di Creighton University School of Medicine, Nebraska, menemukan peningkatan risiko yang serupa. Diduga bahwa permusuhan dan amarah menghambat efektivitas sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat tubuh lebih rentan sakit.
Amarah juga memberi 50 persen peningkatan risiko memburuknya kesehatan. Orang yang marah merespon stres dengan lebih cepat dan kuat baik secara mental maupun fisilogis, sehingga meingkatkan tensi darah dan detak jantung — menyebabkan kerusakan pada sistem kardiovaskuler.

5. Tipe Ramah
Menurut riset para ahli di Universitas Milan, pria berkepribadian ekstrovert berisiko lebih rendah mengidap sakit jantung. Mereka juga tidak mudah terkena infeksi dan lebih cepat pulih dari penyakit.
Hal ini terjadi akibat menurunya hormon stres, pasalnya – para ekstrovert mampu mengatasi ancaman terhadap dirinya dengan lebih baik. Dan jika mereka merasa memiliki masalah kesehatan, mereka akan mengungkapkannya. Pria yang ekstrovert juga cenderung punya lebih banyak anak.

6. Pemalu
Menurut penelitian, mereka yang punya sifat pemalu 50 persen berisiko lebih besar mengidap sakit jantung. Peneliti yang melakukan studi selama 30 tahun menyatakan hal ini disebabkan para pemalu cenderung memilih hidupnya terlindungi sehingga bila menemukan situasi baru menjadi lebih mudah stres.
Tipe pemalu juga lebih rentan terhadap infeksi virus seperti selesma yang lebih banyak dipicu akibat stres, menurut peneliti dari Universitas California.
“Tampaknya orang yang sensitif menjadi mudah merespon stres lebih kuat ketimbang mereka cuek,” kata Bruce Naliboff salah seorang peneliti.

7. Tipe Bodoh
Rendahnya IQ berhubungan dengan risiko yang lebih besar mengalami kecemasan, demensia dan gangguan stres pascatrauma. Selain itu, riset yang dilakukan peneliti dari Harvard School of Public Health terhadap anak-anak dengan IQ rendah menemukan peningkatan risiko depresi dan skizofrenia.
Salah satu teorinya sederhana : orang yang intelejensianya rendah butuh waktu lebih lama memahami pentingnya hidup sehat. Rendahnya IQ anak juga mengancam anak-anak menjadi rentan terhadap beberapa jenis gangguan mental.

8. Tipe ‘Virtuous’ (berbudi baik)
Seperti yang diharapkan, mereka yang teliti akan menuai manfaat dari sisi kesehatan.Mereka yang memiliki tipe ini cenderung terhindar dari semua jenis penyakit seperti diabetes, hernia, masalah tulang, strok bahkan Alzheimer. Hasil tinjauan dari sekitar 190 riset menunjukkan bahwa orang yang teliti melakukan perilaku konsisten yang mendukung kesehatan, seperti rutin berolahraga dan diet makanan sehat






Pola Asuh Pengaruhi Kepribadian Anak

Bila Anda tidak ingin memiliki anak dengan perilaku buruk, kuatkan hubungan emosi Anda dengan si buah hati. Penelitian menunjukkan, anak yang diasuh dalam rasa aman dan kedekatan emosi yang erat dengan ibunya akan tumbuh menjadi anak dengan perilaku baik

Analisa yang dilakukan Dr Pasco Fearon dari School of Psychology dan Clinical Languge Sciences terhadap 69 studi yang melibatkan lebih dari 6000 anak pra remaja, menunjukkan kualitas hubungan anak, terutama anak laki-laki dengan ibunya di masa kecil berpengaruh kuat pada pembentukan perilaku anak.

Anak yang besar dalam perasaan aman dan mendapat motivasi dan dukungan dari orang yang mengasuhnya, akan tumbuh jadi anak yang “tak bermasalah”. Sebaliknya, anak yang merasa tidak dicintai, ditolak, dan kurang didukung, menjadi anak berperilaku buruk.

“Yang menarik adalah pola pengasuhan di masa kecil akan berpengaruh besar pada pola kepribadian dan perilakunya saat mereka dewasa,” kata Fearon.

Selain itu, orangtua perlu menyadari bahwa orangtua adalah model bagi anak-anaknya. Sikap orangtua akan direkam dalam ingatan anak. Sikap orangtua terhadap rumah, keluarga, dan orang lain, terekam dengan baik dalam memori anak. Oleh sebab itu, mulailah menjadi orangtua yang patut ditiru. Sikap yang santun, berempati dan menghargai orang lain akan menjadi teladan bagi anak.






Air Mata Wanita Padamkan Gairah Pria


Menangis memang bisa mendatangkan empati dan kesedihan, tapi bagi pria air mata yang menetes dari mata wanita bisa menimbulkan dampak lain, menurunnya gairah bercinta. Hal ini terjadi karena menurut studi terbaru air mata kaum wanita mengandung zat kimia tertentu.

Meski tidak berbau, namun sebenarnya zat kimia dalam air mata tersebut mengirimkan sinyal tertentu yang bisa membuat kadar testosteron pria berkurang sementara. Akibatnya seorang pria akan kehilangan gairah untuk bercinta. Demikian penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Science.

Walau riset ini hanya dilakukan pada sejumlah kecil responden, namun terungkap bahwa air mata memengerahui kadar testosteron pada pria, respon kulit, gambaran otak dan deskripsi pria pada gairah mereka. Peneliti membandingkan efek air mata wanita dengan larutan garam yang diteteskan ke pipi wanita.

“Sinyal kimia termasuk dalam bentuk bahasa. Pada dasarnya kami menemukan bahwa air mata perempuan mengirimkan sinyal kata ‘tidak’ atau ‘tidak sekarang’,” papar Dr.Noam Sobel, profesor neurobiologi dari Weizmann Institute, Israel.

Sebenarnya, lanjut Sobel, hal ini tidak hanya berlaku pada air mata perempuan saja, namun dalam riset ini ia memang memfokuskan pada perempuan karena kaum hawa ini memang lebih mudah menangis. “Cukup sulit mencari responden pria yang gampang menangis,” katanya.
Air mata yang dimaksud oleh peneliti adalah air mata emosional. “Kandungan kimianya berbeda dengan air mata yang keluar karena mata kelilipan misalnya,” katanya.

Pada tikus, air mata yang dikeluarkannya mengandung feromon, molekul tidak berbau yang memicu insting alamiah. Penasaran dengan hal tersebut, Sobel dan timnya melakukan riset untuk mengetahui apakah air mata manusia juga mengandung zat kimia tertentu.
Dalam risetnya ia mengumpulkan air mata dari para partisipan studi yang diminta menonton film sedih. Sebagai perbandingan, para peneliti meneteskan larutan garam pada pipi partisipan lalu mengumpulkannya dalam tabung kecil.

Kemudian para pria diminta mencium kedua jenis air tersebut tanpa mengetahui perbedaannya. Para pria ini lalu diminta menilai foto-foto perempuan. Ternyata, setelah mencium air mata, mereka merasa tidak begitu tertarik dengan wanita yang ada di foto.

Selain menguji lewat foto, para pria itu juga diukur kadar testosteronnya dengan memeriksa air liur mereka. Terakhir adalah melihat aktivitas otak melalui pemindaian otak lewat MRI, setelah mencium air mata dan setelah mencium larutan garam.

Dr.Esen Akpek dari Johns Hopkins University’s mengatakan hasil penelitian ini masuk akal karena kelenjar yang mengeluarkan air mata juga mengandung hormon seks. “Hubungannya lebih jelas terlihat ketika mata kering, kondisi yang biasa dialami perempuan di masa pasca menopause,” katanya.

Sobel juga menjelaskan bahwa air mata bisa berdampak pada berkurangnya agresi. “Sinyal yang dikirimkan bisa diterjemahkan sebagai ‘sekarang bukan waktu yang tepat’, ” katanya.






Sinar Terang Redakan Depresi Orang Tua

Selama ini cahaya terang di malam hari disebut-sebut sebagai salah satu pemicu stres dan gangguan tidur. Sebaliknya bagi lansia, cahaya terang justru digunakan sebagai terapi untuk mengatasi gejala depresi.

Selain menjaga mood atau suasana hati, cahaya terang pada lanisa juga bisa memperbaiki pola tidur sekaligus meningkatkan produksi hormon serotonin. Hormon ini berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk mengendalikan stres.

Efek ini terungkap dalam penelitian yang dilakukan VU University Medical Center di Amsterdam, Belanda. Penelitian eksperimental tersebut melibatkan 89 orang lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun, yang didiagnosis mengalami depresi.

Para partisipan dibagi menjadi 2 kelompok dan mendapatkan perlakuan berbeda. Satu kelompok mendapatkan terapi cahaya biru terang selama 1 jam menjelang subuh, sementara kelompok lainnya mendapat terapi cahaya merah redup pada waktu yang sama.

Perkembangan kondisi para partisipan diamati setelah 3 pekan mendapatkan terapi. Gejala depresi pada kelompok yang mendapat cahaya terang berkurang 43 persen sementara kelompok lainnya hanya berkurang 36 persen.

Setelah terapi dihentikan, peneliti kembali mengamati perkembangan kondisi partisipan pada 3 pekan kemudian. Perbedaannya makin besar, gejala depresi pada kelompok yang mendapat cahaya terang membaik 54 persen sementara kelompok lainnya hanya 33 persen.

“Terapi cahaya bisa dijadikan alternatif bagi pasien yang tidak mempan dengan pengobatan lain termasuk antidepresan,” ungkap salah seorang peneliti, Ritsaert Leiverse, MD seperti dikutip dari WebMD, Minggu (9/1/2011).

Sebelumnya, pengaruh cahaya bagi kesehatan jiwa juga pernah diteliti di Ohio State University pada tahun 2009. Hasil penelitian terhadap tikus dewasa saat itu menunjukkan hasil berbeda, cahaya terang justru memperburuk kondisi tikus-tikus yang mengalami depresi.







Orang Ekstrovert Lebih Bahagia


Orang-orang berkepribadian terbuka alias ekstrovert sebenarnya adalah orang yang berbahagia. Kebahagiaan tersebut ternyata berawal dari ingatan mereka akan masa lalu.

Menurut penelitian, si ekstrovert biasanya lebih mengingat hal-hal positif dari masa lalunya dibanding orang dengan kepribadian lainnya. Jurang kebahagiaan antara orang yang ekstrovert terutama terlihat dengan orang yang berkepribadian nerotik yang memiliki ciri pencemas dan mudah marah.

“Kami menemukan orang yang sangat ekstrovert sangat bahagia dengan hidupnya karena mereka lebih menyimpan kenangan-kenangan positif dan lebih sedikit memiliki pikiran negatif serta penyesalan,” kata Ryan Howell, psikolog dari San Francisco State University.

Sementara itu, orang berkepribadian nerotik memiliki pandangan akan masa lalu yang bertolak belakang dengan si ekstrovert. Akibatnya mereka pun sering merasa tak bahagia.

Howell dan timnya mewawancara 754 mahasiswa tentang kepribadian, kepuasan hidup dan memori personal. Hasilnya diketahui orang yang ekstrovert, yang ditandai dengan penuh energi dan lebih suka ditemani orang lain, lebih sering mengingat hal-hal menyenangkan dari masa lalunya ketimbang memori yang membuat sedih.

Melihat masa lalu dengan positif ternyata sangat berkaitan dengan kepuasan hidup seseorang. Untuk orang bertipe nerotik, makin banyak memori negatif dari masa lalunya, makin hidupnya jauh dari bahagia.
Meski kepribadian sulit untuk diubah, namun menurut Howell kita masih bisa mengubah cara pandang kita. “Melupakan hal-hal negatif dan menggantinya dengan hal yang positif bisa meningkatkan kepuasan hidup,” katanya







Menebak Kepribadian Lewat Penampilan

Orangtua mengajarkan kita agar jangan menilai seseorang berdasarkan penampilannya saja, apalagi kalau baru pertama bertemu. Namun, studi terbaru secara mengejutkan menunjukkan, justru kesan pertama sering kali benar.

Lebih dari 100 mahasiswa University of Texas ikut terlibat dalam penelitian mengenai penilaian kepribadian berdasarkan penampilan. Para mahasiswa itu bertindak sebagai subyek atau sebagai juri penilai. Sebagai juri, mereka diminta menilai kepribadian seseorang dari selembar foto.

Begini cara penelitian dilakukan. Pertama, para responden diminta berpose dengan kaku, menatap ke kamera, tidak tersenyum, kaki dirapatkan, dan tangan di sisi tubuh. Setelah itu, mereka diminta berpose lagi, kali ini secara natural dan spontan. Kemudian para responden itu diminta mengisi kuisioner mengenai kepribadian mereka. Para rekan mereka juga diminta menyebutkan sifat kepribadian para responden.

Setelah itu, para juri mengevaluasi kepribadian para subyek yang difoto. Ternyata saat melihat foto pertama, para juri ini bisa menilai secara akurat karakter para subyek foto, yakni extrovert, percaya diri, atau orang yang religius. Kemudian saat melihat foto dengan pose natural, mayoritas juri menilai dengan tepat kepribadian para subyek.

“Sejak lama orang sering membuat penilaian berdasarkan informasi yang minim. Namun, dari hasil penelitian ini bisa kami katakan bahwa kesan pertama memang memancarkan karakter seseorang, bahkan hanya dengan melihat fotonya saja,” kata Sam Gosling, peneliti dari University of Texas.

Gosling menambahkan, orang yang berkepribadian extrovert atau terbuka cenderung lebih banyak tersenyum, berdiri dengan energik, terlihat sehat, rapi, dan bergaya. Gosling menyimpulkan, kepribadian kita mungkin bisa terbaca dari penampilan dan ekpresi. Kalau begitu, mungkin kita boleh menilai buku dari sampulnya.








Makna di Balik Coretan Tangan

Pernah iseng membuat corat-coret di atas kertas yang membentuk sebuah gambar? Itu bukan semata coretan enggak meaning, lho. Kepribadian dan perasaan kita yang tersembunyi, bisa terungkap dari situ. Ingin tahu makna coretan Anda?

Corat-coret sambil mengerjakan sesuatu yang lain, misalnya mengikuti rapat atau menelepon memang sering kita lakukan tanpa sadar. Gambar corat-coret ini sebenarnya merupakan ungkapan alam bawah sadar kita. Sama sepreti mimpi, corat-coret ini menggunakan bahasa gambar dan bisa kita cari maknanya. Lalu, apa ya artinya?

GAMBAR BENTUK

PANAH
Menunjukkan Anda orang yang ambisius dan agresif. Tanda panah ke kiri berarti senang mengenang masa lalu. Tanda panah ke kanan berarti siap untuk menyongsong masa depan. Tanda panah ke suatu objek berarti marah atau penasaran dengan objek tersebut.

LINGKARAN
Gambar ini sering dikaitkan dengan keramahan, senang bicara dan senang berteman. Artinya Anda fleksibel, mudah beradaptasi dan menyesuaikan diri. Anda juga memiliki iman yang kuat sehingga berjiwa optimis dan pantang menyerah.

BENTUK GEOMETRIS
Gambar segitiga, segi empat, persegi panjang dan formasi pola lain menunjukkan pikiran yang logis. Gambar ini juga menandakan pikiran yang teratur, proses pemikiran yang jernih dan ketrampilan dalam membuat perencanaan efisiensi dan tujuan. Meski orang menilai Anda kolot, Anda mampu menyelesaikan pekerjaan dalam situasi kritis sekalipun.

BENANG KUSUT
Lingkaran kusut yang besar melambangkan keinginan akan gaya hidup bebas yang menggelinding begitu saja. Sementara lingkaran kusut yang kecil melambangkan perasaan marah yang terpendam.

GAMBAR ABSTRAK
Gambar ini sering melambangkan ketegangan, kesulitan dan gangguan dalam konsentrasi.

KOTAK
Gambar ini memang lebih banyak digambar kaum lelaki. Kotak yang ditumpuk menunjukkan pemikiran yang metodis dan konstruktif. Kotak tertutup menandakan Anda orang yang menghargai privasi. Sementara kotak terbuka mencerminkan harapan untuk menyambut seseorang atau sebaliknya keinginan lari dari situasi yang menekan.

GAMBAR BENDA HIDUP
BINATANG
Mencerminkan bagaimana memandang diri sendiri. Jika menggambar hewan peliharaan, kucing misalnya, berarti Anda memiliki pribadi yang ramah dan sensitif. Gambar burung, artinya Anda memiliki daya imajinasi yang tinggi, penuh pertimbangan, cinta kasih, dan menyukai kebebasan. Jika Anda menggambar hewan kecil, ini mengindikasikan perasaan takut yang tersembunyi. Juga menggambarkan lemah, pasif, kurang percaya diri dan introvert. Sedangkan gambar hewan liar mencerminkan agresivitas dan ketegasan. Gambar hewan yang suka bersenang-senang, misalnya anjing menunjukkan Anda orang yang senang bermain. Gambar hewan berjalan pelan, misalnya kura-kura menunjukkan kepribadian yang senang merenung.

BUNGA
Melambangkan sisi feminin dan keinginan melihat pertumbuhan, alam dan reproduksi. Gambar bunga juga menunjukkan keinginan berkembang dan menghasilkan sesuatu dalam hidup. Bunga dalam rangkaian bisa menggambarkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan. Sementara gambar bunga dan tumbuhan menunjukkan Anda orang yang sensitif, manusiawi, hangat dan terbuka.

POHON
Gambar ini melambangkan ego dan ambisi. Jika pohon itu memiliki daun yang lebat dan buah, ini menunjukkan Anda orang yang mendambakan cinta, seks dan anak. Pohon tanpa daun dan buah, dengan daun terkulai menunjukkan depresi dan kurang semangat juang. Lalu, kalau pohon digambar dengan akar, menunjukkan orang yang mementingkan asal-usul.

HATI
Ini sering digambar orang yang sedang jatuh cinta. Hati melambangkan pikiran orang yang menggambarnya dipenuhi cinta dan sentimentil.

WAJAH CANTIK
Menggambarkan rasa kasih sayang kepada orang lain. Orang yang senang menggambar wajah cantik melihat hal-hal positif dalam diri seseorang, situasi, optimistik, manusiawi, bersifat baik, sensitif terhadap sesama. Ia juga mampu menunjukkan empati, ramah dan senang bergaul.

WAJAH JELEK
Artinya Anda penuh curiga, tidak suka dan tidak percaya pada orang lain. Anda memiliki jiwa pemberontak, kurang percaya diri, senang melihat hal-hal buruk dalam diri setiap orang dan situasi. Anda juga defensif, cenderung mengubah fakta karena pandangan Anda yang ‘gelap’ dan sempit.

GAMBAR LAINNYA
RUMAH
Coretan ini banyak digambar perempuan. Gambar ini menunjukkan perasaan terhadap lingkungan rumah. Coba perhatikan pintu depannya terbuka atau tertutup? Apakah cerobong asap mengeluarkan asap? Rumah yang tidak bahagia biasanya dilambangkan dengan rumah berbentuk asimetris tanpa jendela. Sementara rumah dengan cerobong asap yang mengeluarkan asap menunjukkan Anda orang yang bahagia dengan sikap positif terhadap kehidupan di rumah. Rumah yang dingin tanpa hiasan menunjukkan rasa tidak senang dengan kehidupan di rumah.

BENDA LANGIT
Gambar bintang dan benda-benda langit menunjukkan perasaan penuh harapan, optimisme, ambisi dan kebutuhan untuk membuktikan serta mempromosikan diri.

KENDARAAN
Gambar alat transportasi dalam bentuk apa pun melambangkan hasrat untuk pergi atau mencapai tujuan. Makin cepat jenis kendaraan yang digambar artinya Anda ingin cepat-cepat menyampaikan pendapat atau pergi.

MAKANAN
Gambar ini memiliki tiga makna. Pertama, kebutuhan akan cinta. Kedua, hasrat yang ingin dipenuhi. Dan ketiga haus akan sesuatu. Mana yang sesuai dengan Anda?

SENJATA
Gambar pistol, senapan dan anak panah menunjukkan sikap persaingan dan kebutuhan untuk membuktikan diri.

TANGGA
Menunjukkan banyak ambisi, dorongan yang kuat untuk membuktikan diri, tidak sabar terhadap proses yang panjang dan berusaha untuk mencapai tujuan terdekat.

ALAT VITAL
Memang ini lebih banyak digambar kaum Adam. Jika ada lelaki yang menggambarkan payudara besar atau vagina, artinya hidup lelaki itu sedang terancam oleh perempuan. Namun, jika ia senang menggambarkan alat vital dari kaum sejenisnya, artinya ia memiliki kelainan seksual. Lalu, bagaimana jika Anda menggambarkan penis? Bukan tidak mungkin Anda tiba-tiba menggambarkannya kan? Jika Anda melakukannya, ini berarti Anda sedang merasa dikucilkan laki-laki.

CORETAN NAMA
Jika Anda senang menulis nama sendiri dengan bentuk tulisan berbeda maka Anda adalah seorang yang sedang mengalami krisis kepribadian. Anda tidak yakin dengan arah kehidupan Anda sendiri.

TANDA TANGAN
Lalu bagaimana dengan goresan tanda tangan yang berulang-ulang secara tak sadar? Ini menandakan konflik emosional dan intelektual sedang meningkat sehingga Anda berada dalam kesulitan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar