Selasa, 28 Februari 2012

ILMU JIWA

8 Cara Mengejutkan untuk Turunkan Kadar Hormon Stres


Ketika mengalami stres, tubuh menghasilkan hormon yang disebut kortisol. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar adrenal. Fungsinya membantu mengatur tekanan darah dan sistem kekebalan tubuh selama datangnya krisis, baik krisis fisik ataupun emosional. Kortisol baik untuk membentuk cadangan energi dan meningkatkan kemampuan tubuh melawan infeksi.
Masalahnya, stres yang tak kenal lelah juga dapat membuat tubuh waspada dan membuat manfaatnya berubah merugikan. Kadar kortisol yang tinggi dapat menyebabkan gangguan tidur, menekan sistem kekebalan, menyebabkan kenaikan gula darah, dan kenaikan berat badan.

“Ketika terjadi lonjakan kortisol, hormon ini memberitahu tubuh untuk makan banyak kalori, taktik bertahan hidup yang membutuhkan energi besar untuk melarikan diri predator. Namun taktik ini tidak efektif jika mencemaskan banyaknya tagihan yang harus dibayar,” kata Shawn Talbott, PhD, ahli biokimia gizi sekaligus penulis buku ‘The Cortisol Connection’.

Untungnya, tubuh telah berevolusi untuk menangkal lonjakan ini, yaitu dengan melakukan relaksasi. Seperti dilansir prevention.com, berikut adalah delapan cara yang mengejutkan untuk memangkas kadar kortisol hampir separuh.

1. Meditasi = Mengurangi Kortisol 20 persen
Dalam sebuah peneiltian di Thailand, orang yang berlatih meditasi secara signifikan mengalami penurunan kortisol dan tekanan darah dalam waktu 6 minggu. Demikian pula orang yang bermeditasi setiap hari selama 4 bulan mengalami penurunan kortisol rata-rata sebesar 20 persen, menurut sebuah penelitian di Maharishi University.

2. Mendengarkan Musik = Mengurangi Kortisol 66 persen
Musik dapat memiliki efek menenangkan otak, terutama saat sedang menghadapi pemicu stres. Ketika seorang dokter di Osaka Medical Center, Jepang, memainkan lagu untuk sekelompok pasien yang menjalani kolonoskopi, tingkat kortisol pasien naik lebih sedikit dibandingkan pasien lain yang menjalani prosedur sama di ruangan yang tenang.

Mencegah lonjakan kortisol dalam situasi pemicu stres lainnya dapat dilakukan dengan mengalunkan musik instrumental. Dan jika ingin lebih cepat tertidur, dengarkanlah musik yang menenangkan, jangan menonton TV.

3. Tidur lebih awal atau tidur siang = Mengurangi Kortisol 50 persen
“Apa perbedaan antara tidur selama 6 jam dengan 8 jam seperti yang direkomendasikan? Kenaikan Lima puluh persen kortisol lebih dalam aliran darah,” kata Talbott.

Ketika sekelompok pilot tidur 6 jam atau kurang selama 7 malam saat bertugas, tingkat kortisolnya meningkat secara signifikan dan tetap meningkat selama 2 hari, demikian kesimpulan penelitian yang dilakukan Jerman Institute for Aerospace Medicine. Tidur 8 jam direkomendasikan karena memberikan tubuh waktu untuk memulihkan diri dari stres seharian.

Jika tidak dapat memenuhi 8 jam tidur, pastikan dapat tidur siang pada hari berikutnya. Peneliti dari Pennsylvania State University menemukan bahwa tidur siang dapat mengurangi kortisol yang diakibatkan kurang tidur pada malam sebelumnya.

4. Minum teh hitam = Mengurangi Kortisol 47 persen
Teh hitam terbukti ampuh meredakan lonjakan kortisol. Ketika relawan di University College London diberi tugas yang memicu stres, kadar kortisol orang yang biasa minum teh hitam turun sebesar 47 persen dalam satu jam setelah menyelesaikan tugas. Sedangkan peserta lain yang minum teh palsu hanya mengalami penurunan 27 persen. Sang peneliti, Andrew Steptoe, PhD, menduga bahwa bahan kimia alami seperti polifenol dan flavonoid berperan penting atas efek menenangkan ini.

5. Bergaul dengan teman yang lucu = Mengurangi Kortisol 39 persen
Sahabat yang selalu dapat membuat tertawa tak hanya dapat mengalihkan perhatian dari masalah, tapi kehadirannya dapat membantu meredam stres. Tertawa saja sudah cukup untuk mengurangi kortisol hampir setengahnya, menurut para peneliti di Loma Linda University. Jika teman-teman sudah pada sibuk dengan urusannya masing-masing, menonton acara komedi juga dapat membantu.

6. Pijat = Mengurangi Kortisol 31 persen
Pijatan lembut dapat memangkas tingkat stres. Setelah beberapa minggu terapi pijat, rata-rata kadar kortisol akan menurun sebesar hampir sepertiga, menurut penelitian di University of Miami School of Medicine. Selain menjaga kadar kortisol, pijat juga dapat mengurangi stres dengan meningkatkan produksi dopamin dan serotonin, hormon yang dilepaskan ketika bersosialisasi dengan teman atau melakukan sesuatu yang menyenangkan.

7. Beribadah = Mengurangi Kortisol 25 persen
Menurut penelitian dari Universitas Mississippi, ritual keagamaan membentengi banyak orang dari tekanan sehari-hari, dan juga dapat menurunkan kadar kortisol. Subyek penelitian yang rajin ke gereja memiliki kadar hormon stres lebih rendah daripada yang tidak menghadiri ibadah sama sekali. Jika ritual tidak cukup menarik, cobalah mengembangkan sisi spiritual dengan berjalan-jalan di alam, hutan, pantai, atau menjadi relawan dalam kegiatan sosial.

8. Kunyah permen karet = Mengurangi Kortisol 12-16 persen
Mengunyah permen karet dapat meredakan ketegangan, demikian saran dari peneliti di Northumbria University di Inggris. Ketika menghadapi tekanan, pengunyah permen karet memiliki kadar kortisol 12 persen lebih rendah dibandingkan yang tidak mengunyah permen. Pengunyah permen karet ditemukan memiliki kewaspadaan lebih besar dibandingkan yang tidak mengunyah permen. Diduga, mengunyah permen karet meningkatkan aliran darah dan aktivitas saraf pada salah satu bagian otak.







5 Hal Menarik Tentang Berciuman yang Belum Anda Tahu

Berciuman merupakan cara paling indah untuk mengekspresikan cinta, juga bentuk foreplay yang difavoritkan banyak pasangan menikah saat bercinta. Tapi tahukah Anda, bahwa ciuman bisa meningkatkan kesehatan tubuh bahkan membantu membakar kalori? Masih banyak hal-hal menarik lain tentang berciuman yang mungkin Anda belum tahu, seperti dikutip dari All Women Stalk.
1. Ciuman Bisa Menyehatkan Tubuh
Dilansir intimate medicine, saat Anda mencium pasangan dalam waktu yang lama, detak jantung bisa meningkat hingga 110 per menit. Ini bisa menjadi latihan yang bagus bagi kesehatan jantung. Selain itu saat berciuman, produksi saliva atau air liur otomatis lebih banyak. Asam yang terkandung dalam saliva akan menjadi pelindung yang baik bagi gigi Anda.

2. Ciuman = Olahraga Ringan
Tahukah Anda, bahwa manusia harus menggunakan 34 otot di wajahnya saat melakukan ciuman yang intens (french kiss)? Ciuman yang lama dan panas juga bisa membantu Anda membakar sekitar 5 kalori. Berciuman selama satu menit bahkan bisa membakar 26 kalori. Sementara berciuman selama satu jam, kalori yang terbakar bisa mencapai 1.560 kalori!

3. Ciuman Membuat Kecanduan
Saat berciuman, tubuh melepaskan endorphin (hormon bahagia) yang efeknya 200 kali lebih kuat dibandingkan mengonsumsi morfin. Ketika seseorang mulai mencium bibir orang yang dicintainya, urat syaraf di area bibir jadi lebih sensitif. Stimulasi ini menyebabkan syaraf mengirimkan sinyal-sinyal pada korteks di otak untuk melepaskan dopamine, endorphine dan phenylethylamine. Dopamine merupakan neurotransmiter yang bertanggungjawab memunculkan rasa senang dan motivasi untuk terus terlibat dalam aktivitas yang menyenangkan. Endorphin, dipercaya bisa meredakan rasa sakit pada tubuh yang sekaligus menimbulkan kesenangan yang berlebihan.

4. Ciuman Bisa Jadi Sumber Penularan Kuman
Di samping berbagai keuntungan, ciuman juga berpotensi membahayakan kesehatan. Dalam satu kali ciuman, Anda bisa saling bertukar 278 jenis bakteri. Ciuman yang lama bahkan bisa menularkan 10 juta bakteri. Oleh karena itu, tetaplah setia dengan pasangan Anda dan hanya berikan ciuman sensual pada suami tercinta. Juga, selalu sikat gigi Anda sebelum dan setelah berciuman.

5. Ciuman Dianggap Ilegal di Beberapa Tempat
Pada abad ke-16, Kota Naples di Italia memberlakukan hukuman mati bagi pasangan yang berciuman di depan umum. Di beberapa tempat di Amerika Serikat, ada ketentuan hukum dalam berciuman. Di Ceder Rapids, Iowa, misalnya, mencium orang asing adalah perbuatan yang dilarang dan bisa membuat pelakunya terjerat hukum. Sedangkan di Hartford Connecticut, seorang wanita tidak boleh mencium suaminya sendiri pada Hari Minggu. Belum diketahui latar belakang kenapa dibuat larangan tersebut.






Ternyata Pria Pun Mahluk yang Emosional

Semasa kecil, laki-laki akan belajar untuk menyembunyikan emosinya. Karena konon, menunjukkan emosi, menurut kultur, dinilai tidak jantan.

Dari dulu hingga sekarang, perempuan seringkali dinilai sebagai jender yang lebih emosional. Namun, ternyata penelitian menunjukkan bahwa pria pun sama emosionalnya dengan wanita.

Sebuah penelitian mengatakan, bahwa bayi berkelamin laki-laki lebih reaktif dan ekspresif ketimbang bayi perempuan. Sementara pria dewasa memiliki reaksi emosional yang cukup kuat, namun hanya berlangsung hingga rasa emosi itu akan mulai terlihat. Sebuah riset yang dipublikasikan di Scandinavian Journal of Psychology mengatakan, begitu emosi mencapai batas kesadaran, atau ketika si pria menyadari bahwa emosinya mulai meledak, ia akan memasang wajah datar kembali dan menahan emosinya.

Semasa kecil, laki-laki akan belajar untuk menyembunyikan emosinya. Karena konon, menunjukkan emosi, menurut kultur, dinilai tidak jantan. Tetapi, menekan emosi agar tidak meledak bisa menimbulkan respons keinginan untuk berkelahi. Reaksi pria yang keras dan melatih menekan emosinya akan membuatnya terlatih untuk menghadapi ancaman, begitu laporan hasil studi yang dilakukan Lund University di Swedia.

Lain lagi dengan masalah merasa sendirian. Tak ada orang yang akan merasa nyaman berada dalam kesendirian dalam waktu lama. Kesendirian lama-kelamaan akan mengikis kesehatan psikologis dan fisik seseorang. Namun, ternyata, menurut Dr. Louann Brizendine, profesor psikologi klinis di University of California, San Fransisco, pria lebih rentan saat menghadapi kesendirian.

Ditengarai, pria lebih sering mencari teman saat mengalami kesendirian. Pria yang hidup bersama wanita dan memiliki hubungan yang stabil dinilai memiliki kesehatan yang lebih baik, hidup lebih lama, dan memiliki hormon yang mengindikasikan penurunan kekhawatiran.

Hidup bersama wanita pun ternyata baik untuk kesuburan pria. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Biology of Reproduction pada tahun 2009 mengatakan, bahwa tingkat kesuburan tikus percobaan berkelamin laki-laki yang hidup berdampingan dengan tikus percobaan berkelamin perempuan memiliki angka yang cukup baik ketimbang tikus berkelamin laki-laki yang hidup sendirian.







8 Kebiasaan yang Bisa Buat Orang Depresi

Depresi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti trauma dan stres. Namun, bukan hanya masalah berat saja yang memicu orang menjadi depresi. Salah satunya karena aktivitas sehari-hari. Seperti yang dikutip dari HealthMeUp, berikut ini delapan kebiasaan yang bisa memicu terjadinya depresi.



1. Merokok

Depresi sering dikaitkan dengan tingkat kecanduan merokok. Sering kali, orang yang ingin berhenti merokok mengalami perubahan suasana hati dan cemas.



2. Kurang Tidur

Kita sering merasa kesal dan cepat marah jika kurang tidur. Jika masalah kurang tidur ini terjadi terus-menerus, lama-lama efeknya bisa membuat seseorang depresi.



3. Kurang Konsumsi Ikan

Stres dan depresi bisa mudah terjadi karena kurangnya kandungan omega 3 dalam tubuh. Asam lemak omega 3 pada ikan terbukti dapat memerangi gejala depresi. Seseorang dengan asupan ikan yang teratur dapat menangani masalah emosional lebih efektif.



4. Facebook

Penelitian yang dilakukan oleh Stony Brook University, New York, mengatakan bahwa kebiasaan mengakses situs jejaring sosial dapat menyebabkan depresi. Dari hasilnya ditemukan bahwa anak-anak yang suka menceritakan kehidupan dan pikiran mereka melalui Facebook, memiliki tingkat depresi yang lebih tinggi.



5. Tidur dengan Lampu Menyala

Sebuah penelitian di Amerika membuktikan bahwa paparan cahaya yang terlalu banyak di malam hari bisa membuat seseorang merasa depresi. Menurut Laura Fonken dari Ohio State University, cahaya lampu itu bisa membuat sel-sel tidak bisa beristirahat dengan baik.



6. Mengonsumsi Makanan Manis

Saat stres, biasanya kita lebih memilih untuk memakan makanan serba manis karena dapat memberikan rasa nyaman. Namun menurut Helen Bond dari British Dietic Association, meningkatnya kadar dopamin dapat bantu meningkatkan mood, namun jika dosisnya salah, malah akan membuat Anda stres.



7. Terpapar Cuaca Panas

Ribuan orang menganggap cuaca yang terlalu panas membuat mereka terserang depresi. Hal itu dianggap terkait sensitivitas terhadap panas dan ketidakseimbangan hormon. Pada saat cuaca panas, tubuh lebih sedikit memproduksi hormon tiroid, inilah yang menyebabkan energi tubuh berkurang.



8. Kerja Lembur

Peneliti Inggris menemukan fakta bahwa mereka yang menghabiskan waktu di meja kerja lebih dari 11 jam perharinya atau 55 jam dalam seminggu, dapat menghadapi risiko depresi lebih tinggi. Hal itu biasanya dialami oleh pekerja wanita muda dan memiliki gaji rendah.







7 Kelebihan Mr. Happy Sesuai Bentuknya


Setiap pria mempunyai bentuk alat vital yang berbeda-beda. Setiap bentuk tentunya memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri. Coba kenali agar aktivitas bercinta bisa semakin maksimal.



Si Cabe Merah

Seperti dipaparkan Savvymiss, Mr. Happy jenis ini bentuknya tidak lurus, melainkan melengkung. Ada yang ke kiri ataupun ke kanan. Pada posisi yang benar, maka Mr. Happy ini akan mengenai tempat yang tepat.



Si Ibu Jari

Pendek namun gemuk. Jangan meremehkan Mr. Happy yang satu ini. Anda tidak akan membutuhkan pelumas saat bersamanya karena biasanya pria yang memiliki ‘ibu jari’ ini sangat mahir dalam foreplay dan akan membuat pasangannya bahagia.



Si Kaleng Soda

Disebut juga sebagai ‘sang terpilih’. Lebarnya hampir sama dengan panjangnya. Belum lagi ditambah dengan kemampuannya mengeluarkan cairan semen yang kuat dan dahsyat.



Si Pensil

Meskipun tidak gemuk, biasanya Mr. Happy jenis ini memiliki panjang di atas rata-rata. Sepertinya Anda bisa menulis semua cerita di atas ranjang dengan ‘pensil’-nya.



Si Belalai Gajah

Seperti namanya, Mr. Happy jenis ini memang memiliki panjang dan lebar yang proporsional. Hanya saja arah ereksinya yang sedikit berbeda, yakni ke bawah. Hanya posisi tertentu yang bisa membuat kegiatan di atas ranjang menjadi nyaman.



Hot Dog

Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Ukurannya bisa dibilang standar, namun tentunya akan pas pada semua bentuk Miss. V.



Monumen

Lebar pada dasar, mengecil di ujungnya. Anda akan mendapatkan sensasi yang semakin hebat ketika monumen ini semakin tenggelam seiring penetrasi.






Rasanya Cinta


Cinta itu rasanya seperti ketika ibumu harus sedia pasung sebelum anaknya gila…

Agama itu adalah candu begitu Karl Marx bilang, hanya saja bagi orang yang jatuh cinta, yang menjadi candu itu adalah cinta. Bahkan Jody Picoult dalam Vanishing Act bilang, jika Cinta adalah kecanduan yang berbahaya. Cinta mengubah kita menjadi orang yang bukan diri kita. membuat kita menderita, dan membuat kita melakukan hal-hal yang mustahil, merusak kita untuk semua yang lain.

Beberapa orang mungkin setuju jika cinta rasanya seperti narkotik. Mula-mula mendatangkan euforia penyerahan diri, lalu berikutnya kau menginginkan lebih banyak. Kau belum kecanduan, tapi kau menyukai sensasinya dan kau masih bisa mengendalikan semuanya. Kau memikirkan orang yang kau cintai selama dua menit dan melupakannya selama tiga jam.Tapi kemudian kau terbiasa dengan orang itu, dan mulai bergantung sepenuhnya pada mereka. Sekarang kamu memikirkannya tiga jam & melupakannya selama dua menit. Kalau ia tak ada, kau merasa seperti pecandu yang selalu membutuhkan morfin. Dan seperti halnya pecandu yang akan mencuri & mempermalukan diri sendiri demi memenuhi kebutuhan mereka. Kau pun bersedia melakukan apa saja demi cinta. Seperti halnya yang dirasakan seorang tokoh rekaan Paulo Coelho dalam In The River Piedra I Sat Down and Wept.

Aku bahkan berani bertaruh ketika kau jatuh cinta adalah masa-masa paling gila dalam hidupmu. Memang benar pengarang ikal Andrea Hirata itu, katanya “cinta dan gila itu samar saja bedanya”.

Bayangkan saja ketika suatu waktu dia berbisik di telingamu, katanya “I Love You…” atau “aku cinta sama kamu Neng…cinta sekali melebihi diriku sendiri” okay kau akan bilang dia yang kau cintai itu gombal, rajanya deh melebihi Raja Gombal yang ada di tv. Tapi, ketika kau jatuh cinta, kalimat gombal sejenis itu akan cukup membuatmu berlari menyusuri aspal, tak peduli jika kakimu tak memakai sandal kau selalu ingin sekali berlari tanpa berhenti sampai kakimu melepuh karena aspal (kebetulan kau berlari ketika matahari sedang angot-angotnya), kau juga akan berteriak pada setiap orang ”woy…ada orang yang mencintai aku, kamu tahu…ada orang yang mencintai aku” kau pelototi setiap orang di jalanan untuk meyakinkan mereka jika sekarang kau punya seseorang untuk bersandar, seseorang yang tawanya membuat kamu begitu bahagia.

Hari-hari ketika kau jatuh cinta adalah hari dimana seluruh dunia yang kau kenali menjadi tuli, kau tuli karena telingamu hanya bisa mendengar kalimat cinta, cumbu rayu dari kekasihmu itu, sementara mereka…teman-temanmu, adikmu, saudara sepupumu, keponakan, terpaksa tuli akibat dirimu yang tidak bisa berhenti berbicara tentang dia, dia, dan dia orang yang kau cinta. Baiklah, mereka harus maklum jika dalam kamus hidupmu saat itu kau hanya mengenal satu bahasa, bahasa cinta.

Lalu ada saat dimana kau memandang kekasihmu, matanya…hidungnya…pipinya…bibirnya yang ingin kau lumat setiap saat itu, ah…dan bahwa suatu saat nanti kau mungkin tak lagi bisa mengingat warna matanya dengan tepat, sentuhan kulitnya yang dingin, serta tekstur suaranya. Kau tidak bisa memikirkannya, tapi kau harus mengingatnya.Karena satu hal yang perlu kuyakini agar kau bisa hidup-kau harus tahu dia ada. Itu saja. Yang lain-lain masih bisa kau tahan. Pokoknya asal dia ada…Dia yang kau cinta itu. Seperti halnya Bella Swan mengingat Edward Cullen dalam Twilight Saga. Saat kau bersamanya, kau akan berusaha merekam kehadirannya dengan seluruh indramu.

Di waktu yang lain kau sampai pada momen dimana kekasihmu menciummu, sekedar ciuman di pipi saja atau di kening, ah kau tahu kan jika kau akan mengingatnya, bibirmu akan tersenyum lalu tertawa, tersenyum…hingga orang-orang bilang kau memang sedang gila. Lalu tak peduli jika kau hanya memakai celana pendek dan kutang, kau (selalu) ingin berdiri di perempatan jalan sambil menyeret toa masjid dan pengumuman dengan sekeras-kerasnya….“Dengar yah semuanya, pengumuman penting hari ini untuk pertama kalinya aku merasa diinginkan, aku dibutuhkan, aku dikagumi, seseorang membuatku merasa berharga.” Orang-orang kemudian harus maklum jika untuk seterusnya mereka melihatmu menggaruk-garuk dinding atau bercermin di kaca sambil memperlihatkan senyummu yang mendadak teramat manis. Semanis ciuman di pipimu itu.

Hari itu kau membuktikan apa yang di bilang oleh Pope Joan, seorang Paus wanita,tokoh fiksi tentu saja yang ada dalam buku Donna Woolfolk Cross, katanya “Cinta adalah sebentuk penyakit. Cinta mengubah orang, membuat mereka bertingkah dan berperilaku aneh serta tidak rasional.”

Seperti hari ini misalnya saat kau bercermin di kaca, kau dapati disana sebuah wajah berbinar, mata bersinar seperti ketika fajar merekah di pagi hari…di cerminmu ada aku, aku yang sedang jatuh cinta. Begitulah, aku mungkin bisa mendeskripsikan kegilaanmu ketika jatuh cinta tapi seperti kata Dee dalam Madre, tetap saja cinta itu juga seperti arsitektur, tidak bisa dipahami hanya dengan diceritakan, harus dirasakan dan diselami untuk bisa disimpulkan. Walau begitu mungkin ibuku harus memulai memikirkan untuk memasung anaknya yang mendadak terdiagnosa kegilaan akibat cinta. Sahabatku, jika kau bertemu ibuku tolong bilang jika dia harus sedia pasung sebelum anaknya gila… J








7 Fakta Menarik Tentang Payudara Wanita


Payudara merupakan daya tarik seksual utama yang dimiliki wanita. Tak heran, kaum wanita sangat memperhatikan keindahan payudaranya, bahkan ada yang sampai rela melakukan implan. Namun, sudahkah para wanita tahu dan mengenal lebih banyak tentang payudaranya sendiri? Berikut ini hal-hal menarik seputar payudara wanita, seperti dilansir Times of India.



1. Payudara Sebelah Kiri Lebih Besar dari yang Kanan

Ukuran payudara wanita tidak pernah simetris, dan payudara sebelah kiri biasanya lebih besar dari yang kanan. Puting payudara juga juga memiliki ukuran yang berbeda-beda. Jadi, selama tidak ada keluhan sakit, gatal atau tonjolan yang aneh, tidak perlu khawatir jika Anda mendapati payudara lebih besar sebelah.



2. Setiap Wanita Punya Rambut Tipis di Putingnya

Hal yang sangat normal jika ada rambut-rambut tipis tumbuh di sekitar puting Anda. Semakin gelap warna kulit dan rambut, akan semakin jelas juga rambut di area puting. Payudara juga bisa ditumbuhi komedo hitam dan jerawat, jadi rawat baik-baik kesehatannya



3. Berat Payudara Rata-rata 0,5 kg

Umumnya, payudara wanita memiliki berat sekitar 0,5 kilogram. Masing-masing payudara menyumbang sekitar 4-5 persen lemak pada tubuh, dan 1 persen dari total berat badan wanita bertubuh sedang. Payudara bisa membesar seiring bertambahnya usia wanita. Dan perlu diingat, wanita perokok akan memiliki payudara yang lebih kendur dibandingkan non-perokok.



4. Lebih dari 2 Juta Wanita di Dunia Memakai Payudara Palsu

Mulai dari Pamela Anderson hingga Katie Price, ada lebih dari 2 juta wanita menggunakan implan payudara. Namun tak semua wanita yang operasi pembesaran payudara puas akan hasilnya. Usia rata-rata wanita yang ingin memasang implan payudara adalah 34 tahun.



5. Payudara Bisa Membesar Saat Wanita Terangsang

Payudara bisa membesar dan lebih kencang ketika wanita terangsang atau mendapat stimulasi pada area tersebut. Hal yang sama pun terjadi pada puting payudara.



6. Payudara Harus Dijaga Agar Tidak Sering Berguncang

Aktivitas seperti jogging, berjalan dan aerobik bisa menyebabkan guncangan pada payudara, dan biasanya menyebabkan sakit. Saat beraktivitas olahraga, selalu gunakan sport bra untuk meminimalisir guncangan sehingga Anda bisa lebih bebas bergerak. Ingat, fungsi utama bra adalah menjaga kesehatan payudara, jadi pilihlah bra yang sesuai dan berkualitas baik.



7. Bentuk Payudara Bisa Berubah

Mungkin terdengar aneh, tapi bentuk payudara bisa mengalami perubahan. Selain karena faktor usia, terkadang posisi tidur yang kurang tepat bisa memengaruhi keindahan bentuk payudara. Selalu perhatikan posisi tidur agar kekencangan dan bentuk payudara tetap sempurna. Hindari tidur tengkurap, posisi tidur terbaik adalah menyamping ke kiri/kanan, dengan bantal di bawah untuk menopang tubuh dan payudara Anda.







Tenyata Mandi Air Dingin Bisa Kurangi Rasa Sakit

Mandi air dingin 5-24 menit mampu mengurangi rasa sakit dan nyeri otot.

Berenang di kolam air dingin atau mengguyur tubuh di bawah shower air dingin memang terasa menyegarkan. Ternyata, mandi dengan air dingin mampu mencegah nyeri otot dan rasa sakit setelah berolahraga.

Secara umum, peneliti mengatakan hanya ada sedikit penelitian berkualitas soal cryotherapy, atau pengobatan dengan menggunakan air untuk mengurangi rasa sakit. “Ini adalah intervensi khusus dalam olahraga yang dimulai pada olahraga profesional dan secara bertahap turun ke bawah,” ujar Chris Bleakley, penulis utama penelitian dari Universitas Ulster di Irlandia Utara.

Bleakley dan timnya mengumpulkan data 366 atlet dari 17 studi dalam artikel di Cochrane Library, yang memuat penelitian medis. Peneliti membandingkan 14 studi terhadap atlet yang mandi air dingin selama 5-24 menit untuk mengurangi rasa sakit, sedangkan atlet lainnya hanya beristirahat.

Secara keseluruhan, rasa sakit yang dialami atlet empat hari kemudian berkurang antara 15 hingga 20 persen. Namun dia menekankan mandi air dingin hanya mengurangi rasa sakit, dan tak membuat otot lebih kuat. “Ini murni perasaan subyektif dengan berkurangnya rasa nyeri,” katanya kepada Foxnews.

Walaupun secara keseluruhan pengobatan ini dapat mengurangi rasa sakit, sebagian pakar menyebut metode ini tak mampu dijadikan standar pengobatan.

“Tidak ada resep tunggal, dan hasilnya akan berbeda dalam situasi yang berbeda pula,” ungkap Dr Thomas Best dari Ohio State University Sport Medicine, yang tak terlibat penelitian. Best mengungkap studi tak menjawab seberapa sering seorang atlet harus mandi air dingin dan berapa lama mereka harus melakukannya setelah berolahraga.

Dia menambahkan, studi ini dilakukan pada atlet profesional dan kemungkinan hasilnya takkan sama bagi semua orang.






Patah Hati Bisa Picu Gangguan Fisik

Patah hati tak hanya sekedar menyangkut perasaan. Kehilangan orang terkasih memicu seseorang terkena gangguan fisik serius. Penelitian terbaru menunjukkan patah hati dapat menimbulkan penyakit yang sulit untuk disembuhkan.
Dokter Nickhil Joshi menjelaskan bahwa awal dari sindrom patah hati disebabkan oleh adrenalin berlebihan yang dipicu oleh stres emosional. Stres dan kecemasan menyebabkan terjadi gangguan kesehatan. Bahkan penelitian terbaru menunjukkan orang yang ditinggal mati pasangannya, memiliki kesempatan tinggi untuk menderita serangan jantung.

“Pada hari pertama kematian pasangan, risiko serangan jantung meningkat 21 kali pada minggu pertama bagi mereka yang patah hati ditinggal mati,” papar Dr Dr Michael Miller, University of Maryland School of Medicine.

Patah hati akibat kehilangan orang yang dicintai dikenal dengan istilah Takotsubo atau sindrom patah hati. Banyak dokter yang menganggap kondisi ini misterius.

“Tanda-tanda dan gejalanya mirip dengan seseorang yang terkena serangan jantung. Kebanyakan orang tidak merasa jika mereka mengidap sindrom patah hati dan malah berpikir mereka terkena serangan jantung,” papar Dr Nikhil Joshi, dilansir melalui kxii.

Dr Joshi menjelaskan bahwa gejalanya seperti ada rasa sesak atau berat di bagian dada. Diagnosa yang dibuat dokter dengan melakukan scan jantung pasien juga dianggap percuma, karena hasilnya tidak akan terlihat adanya penyumbatan.

“Sebaiknya orang yang mengalami kondisi seperti ini harus segera dibawa ke rumah sakit dan kemudian mereka diminta untuk mengeluarkan cerita traumatis dalam hidupnya yang menyebabkan ia menjadi begini,” tambahnya.

Ia juga menambahkan kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, terutama wanita. “Penyembuhan sindrom patah hati setiap orang berbeda-beda. Dan jika memungkinkan, para keluarga dan teman korban harus senantiasa memberikan dukungan agar korban bisa melewatinya. Tingkat kesembuhan para penderita sindrom patah hati lebih cepat daripada penderita serangan jantung,” jelasnya.









Cara Bijaksana Hadapi Anak di Usia Puber

Pubertas merupakan masa transisi dan tahapan kritis yang dialami oleh anak-anak yang mengalami akil baligh. Masa ini ditandai dengan adanya perubahan fisik, yang melahirkan konsekuensi perubahan hormonal dan mempengaruhi kondisi psikologis dan emosi anak.

Pemahaman mengenai pubertas ini merupakan kurikulum yang wajib diketahui orang tua. Karena di masa seperti ini, anak belum bisa mengendalikan perilaku dan etika seksual mereka.

Berikut beberapa langkah bijak menghadapi masa puber anak Anda:


1. Jangan panik

Masa pubertas adalah proses alami, jadi jangan panik ketika anak Anda melalui tahap ini. Misalnya, ketika anak perempuan Anda yang duduk di kelas 5 atau 6 SD mendapat haid pertama atau anak laki-laki mendapat mimpi basah.

2. Jangan dilarang

Jangan melarang keinginannya, saat ia mulai menyenangi lawan jenisnya. Sebagai orangtua Anda wajib mendekati preferensi seksual si anak, sehingga jika ada penyimpangan disfungsi psikoseksual bisa diatasi sejak dini.

3. Menghargai pendapat mereka
Hargai pendapat anak antara lain dengan berusaha menjadi pendengar yang baik bagi mereka. Pada masa ini, logika mereka semakin matang.

4. Jangan terlalu protektif
Jika terlalu protektif, bisa jadi Anda tidak tahu dengan siapa anak Anda berteman. Semakin dilarang, anak akan semakin membangkang.

5.Menjadi teman dekatnya

Karena dengan demikian anak akan lebih mudah mengungkapkan isi hati dan problematikanya. Prinsipnya, lebih baik anak curhat ke orang tuanya, dari pada kepada teman, koran, internet dan yang lainnya.
Semoga bermanfaat!








Membaca Bahasa Tubuh Wanita Ketika Menyukai Pria

Bagi pria, wanita merupakan makhluk yang sulit dimengerti. Ya, wanita dan pria memang memiliki banyak perbedaan. Selain perbedaan fisik, wanita dan pria pun memiliki perbedaan sikap.
Pria mungkin sulit membaca bahasa tubuh wanita, apalagi ketika sedang mendekati si wanita, pria sering bingung mengartikan sikapnya. Janine Driver, seorang ahli bahasa tubuh membantu para pria untuk mengetahui bahasa tubuh wanita, seperti dirangkum Modern Man.

1. Memelintir Rambut

Pria mungkin sering melihat wanita memainkan rambutnya, tanpa berpikir sikap si wanita tersebut tidak memiliki arti apa-apa. Padahal menurut Janine, ketika wanita memelintir rambutnya itu tanda bahwa dia menyukai pria dan ingin pria melihat bahwa dia tampil cantik untuk orang yang disukainya.

2. Menyilangkan Kaki

Ketika wanita menyilangkan dan menunjukkan kakinya berarti itu pertanda baik. Menurut Janine, wanita telah mempercayai pria dan ia telah nyaman bersama pria tersebut. “Jika kakinya disilangkan dan sepatunya menggantung di kakinya sehingga menunjukkan telapak kakinya, berarti dia tidak ingin jauh dari Anda,” ujar Janine.

3. Senyum Terpaksa

Ketika wanita telah mengeluarkan senyuman sinis tersebut, waspadalah. Sebanyak apapun usaha Anda namun jika wanita tersenyum dengan mimik wajah yang terpaksa, itu tanda bahwa ia tidak menyukai pria.

4. Menyentuh

Sentuhan dari wanita bisa menjadi tanda bahwa ia menyukai pria. Namun, bukan berarti ketika wanita tidak menyentuh pria, itu tanda bahwa dia tidak menyukai si pria. Menurut Janine, wanita tidak menyentuh pria bisa jadi karena ia malu. Ada satu cara untuk mengetes wanita suka dengan pria, yakni si pria harus menaruh tali di pundaknya, lihat reaksi si wanita. Jika wanita menyentuh pundak dan menyingkirkan tali tersebut, itu tanda bahwa ia menyukai Anda, tapi ketika wanita hanya memberitahu si pria jika ada tali di pundaknya, maka bisa menjadi tanda si wanita tidak menyukai pria.

5. Melihat ke Bawah atau ke Kanan & ke Kiri

Jika si wanita bergelagat seperti ini berarti ada suatu hal yang mengganjal dari dirinya. Ada beberapa hal dari sikapnya itu yang bisa ditangkap, pertama dia sangat bosan dengan pria tersebut, dia berharap si pria menyukainya atau memang ada masalah pribadi yang mengganjal hatinya. Janine menyarankan kepada pria, agar si pria menanyakan sambil menyentuh tangannya. Katakan ‘Hei, aku membaca pikiranmu, dan aku tahu ada yang sedang dipikirkan olehmu’. Hal ini bisa menenangkan si wanita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar