Jumat, 17 Februari 2012

ILMU JIWA

6 Latihan Menuju Hidup Sadar

Disadari atau tidak, kita menghabiskan sebagian besar waktu yang dimiliki untuk tinggal di masa lalu atau melakukan antisipati untuk masa yang akan datang. Tak cukup banyak waktu tersisa untuk fokus pada masa sekarang.

Mungkin juga karena alasan kesibukan dan efisiensi saat ini Anda tengah membaca artikel ini sambil makan atau memikirkan apa yang akan dilanjutkan setelah ini. Kebiasaan ini akan membuat kita hidup tanpa kesadaran diri (mindfullness).

Meditasi merupakan cara terbaik untuk melatih kesadaran diri. Meditasi juga bisa menjadi hadiah paling indah bagi diri sendiri karena ketenangan yang timbul dari aktivitas ini akan membentuk kebahagiaan diri.

Anda juga bisa berlatih untuk membawa ketenangan dalam batin kita agar kita bisa belajar hidup di masa sekarang.

1. Satu tugas.

Melakukan sesuatu secara buru-buru dan multitasking mungkin hanya berguna untuk jangka pendek. Tetapi kebiasaan tergesa-gesa itu berarti kita tidak maksimal mengerjakan sesuatu. Cobalah untuk fokus pada satu tugas yang dihadapi dan lakukan secara hati-hati. Hal ini akan membantu kita lebih sadar dan membuat sebuah tugas lebih memuaskan.

2. Bangun lebih pagi.

Bangkitlah dari tempat tidur dan duduklah di lantai dengan menegakkan punggung dan mencoba rileks. Pejamkan mata dan rasakan setiap hembusan napas selama beberapa menit. “Latihan ini secara rutin tiap hari bisa menjadi semacam sistem peringatan dini sehingga kita siap menghadapi tantangan dan situasi stres,” kata Martin Wilks, psikolog.

3. Makan dengan kesadaran.

Lihatlah waktu makan sebagai sesuatu yang menyenangkan. “Cobalah untuk menikmati sarapan tanpa membaca,” kata Bodhipaksa, guru meditasi. Lihatlah apa yang terjadi saat kita memperhatikan makanan yang terhidang dan merasakan kembali pengalaman makan.

4. Buang daftar tugas.

Fokuslah pada tiga hal dan lakukan dulu yang pertama, kemudian nikmati setiap saat ketika melakukannya. “Kita sering merasa momen sekarang tidak bisa diterima. Kemudian kita sibuk mencari hal lain untuk dilakukan. Pengalihan yang konstan seperti ini akan membuat kita merasa tidak berhak menikmati saat sekarang,” kata Wilks.



5. Kreatif.

Aktivitas yang kreatif atau hobi aktif akan menjauhkan kita dari pekerjaan yang membuat kita stres dan tidak menikmati waktu. Galilah hobi Anda dan lakukan kegiatan itu di waktu luang Anda.

6. Lambatkan langkah.

Jangan mencoba mengubah banyak hal dalam satu waktu. Sebaliknya, buatlah perubahan kecil dalam satu langkah setiap waktu dan lihat bagimana hal itu bisa membuat Anda lebih percaya diri untuk membuat perubahan lain.






Kebencian Hari Ini, Masalah Hari Esok


Teman percayakah anda, sebuah dendam dan kebencian yang ditebar hari ini membuahkan celaka bagi generasi mendatang? Mari kita tengok.

Berapa sering kita mendengar banyaknya korban akibat ranjau yang ditanam saat perang puluhan tahun silam. Di Rusia, Cina, Kolombia, Kamboja, Jenewa, Irak, Afganistan, negara-negara Afrika, dan lain-lain.

Ranjau-ranjau itu adalah sisa-sisa amarah, bekas-bekas angkara, dan jejak-jejak amuk, dan bekas-bekas kebencian. Kebencian atas penindasan dan ketidakadilan. Kebencian akan perilaku adikuasa.

Kita tak pernah tahu kapan semua itu akan tersapu bersih. Meski damai telah dijabat tangankan, siapa bisa menjamin tak ada penyesalan di kemudian hari? Betapa mahalnya sebuah kebencian.

Hal ini mengajarkan pada kita untuk tidak hanya mempertimbangkan apa yang terjadi pada esok hari akibat perbuatan kita hari ini. Ketika kita membenci sesuatu, maka kebencian itu akan beranak pinak, dan akan kembali kepada kita sebesar kebencian yang kita tebarkan.

Mari tanyakan pada diri sendiri, buat apa kebencian ini? Adakah manfaatnya? Adakah akibat diesok hari buat diri kita dan anak cucu kita? Adakah jalan yang lebih baik? Karena ranjau-ranjau kebencian itu akan melukai orang yang membenci, juga orang yang dibenci. Dua-duanya sama-sama terluka.

Namun ada yang harus digaris bawahi, bahwa kebencian tidaklah sama dengan ketegasan sikap dalam menegakkan aturan dan batas-batas norma kehidupan. Kebencian lebih condong mengarah pada subjek, sedang ketegasan lebih mengacu pada perilaku dan perbuatan.

Semakin jauh kita memandang ke depan, semestinya semakin besar nilai perbuatan kita hari ini bagi kemanusiaan. Semakin berhati-hati dalam menentukan langkah dalam bertindak.








Dan Mandi Air Hangat Ternyata Bisa Usir Rasa Kesepian

Jika Anda merasa kesepian dan sendirian, cobalah berendam air hangat. Penelitian menemukan bahwa mandi air hangat dapat membuat orang merasa lebih baik dan mengusir rasa sepi.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Yale University di Amerika Serikat menunjukkan bahwa air hangat dapat bertindak sebagai pengganti teman.

Peneliti mengatakan semakin orang merasa kesepian, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk dapat mengusir perasaan tersebut.

Dalam penelitian tersebut, peneliti meminta sekelompok partisipan yang beranggotan 400 orang dan berusia antara 18 sampai 65 tahun, untuk membuat catatan dari kebiasaan mandi mereka dan mencatat bagaimana perasaan mereka sebelum dan sesudah mandi.

Peneliti juga mencatat tingkat kesepian partisipan dan mengkonfirmasi hubungan antara kehangatan fisik dan kehangatan sosial yang berasal dari teman-teman dan keluarga.

“Kehangatan pengalaman fisik ditemukan secara signifikan dapat mengurangi penderitaan pengucilan sosial,” tulis laporan penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal psikologi Emotion.

Menurut peneliti, cara ini dapat mengganti kehangatan sosial yang hilang dengan kehangatan fisik yang berasal dari air hangat. Peneliti percaya bahwa kesimpulan ini bisa memiliki implikasi yang luas untuk mengatasi depresi dan gangguan emosional lainnya.

Temuan ini juga mendukung penelitian di Kanada yang menemukan bahwa orang akan merasa lebih dingin secara fisik saat kesepian.

Selain bermanfaat untuk mengusir rasa sepi, mandi air hangat ternyata juga banyak memiliki manfaat, antara lain seperti dilansir Healthmad:
1. Meredakan stres
2. Air hangat lebih ampuh mengangkat kelebihan minyak dan kotoran yang menempel di permukaan kulit
3. Melancarkan peredaran darah
4. Membuka pori-pori kulit
5. Mengatasi insomnia







Ternyata Mandi Air Hangat di Pagi Hari Bisa Bikin Sakit Kepala

Bila Anda sering menderita sakit kepala jangan langsung sembarangan minum obat penghilang nyeri, tapi temukan penyebabnya. Ada kebiasaan-kebiasaan yang tanpa disadari dapat memicu sakit kepala, salah satunya mandi air hangat di pagi hari.

Mandi air hangat di pagi yang dingin mungkin bisa membuat orang lebih nyaman, tapi pada beberapa orang kebiasaan ini benar-benar bisa menyebabkan sakit kepala.

Diperkirakan perubahan suhu dari dinginnya pagi dan air hangat dapat mengubah tekanan darah tubuh, termasuk di daerah kepala, yang akhirnya memicu rasa sakit kepala dengan puncak rasa tertusuk tajam di dahi sekitar 30-60 detik setelah disiram air.

Rasa sakit kepala karena mandi air hangat di pagi ini biasanya tidak berlangsung lama, tidak lebih dari lima menit.

“Dingin ekstrem seperti berenang di air dingin atau makan es krim juga dapat memicu rasa sakit,” ujar Dr Michael Gross, ahli saraf dan direktur klinis di Clementine Churchill Hospital, Middlesex.

Selain sering mandi air hangat di pagi hari, ada beberapa kebiasaan lain yang dapat memicu sakit kepala, yaitu:

1. Pergi ke salon
penyebab sakit kepala yang tak terduga adalah penata rambut atau tukang cukur. Ketika penata rambut membasuh rambut di wastafel bisa menyebabkan leher menjadi canggung, merangsang salah satu saraf yang mengaktifkan jalur trigemino-cervical.

2. Menyangga telepon dengan bahu
“penyebeb lain sakit kepala termasuk memeluk telepon antara bahu dan telinga dan duduk di kursi tanpa dukungan punggung bawah,” jelas Dr Gross.

3. Batuk
Ada jenis sakit kepala yang disebut dengan ‘sakit kepala batuk’. Hal ini dipicu oleh batuk dan jenis ketegangan lainnya, seperti bersin, ingus atau membungkuk.

Sekitar 1 persen dari sakit kepala disebabkan oleh batuk, dengan pria lebih rentan mengalaminya. Hal ini terjadi karena ada tekanan di otak yang menyebabkan rasa sakit tajam, menusuk yang biasanya berlangsung beberapa detik hingga beberapa menit, paling menonjol di belakang kepala.

4. Kebanyakan makan daging ham dan makanan yang diawetkan
Ham biasanya mengandung tiramin serta pengawet (nitrat atau nitrit) yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak yang memicu sakit kepala. Menariknya, sakit kepala yang disebabkan oleh aditif makanan biasanya terasa di kedua sisi kepala (kontras dengan migrain klasik yang menyerang satu sisi kepala).

Tiramin merupakan bentuk dari pemecahan protein yang sebagian besar ditemukan dalam makanan yang telah diawetkan (acar atau diasapi, diasinkan atau difermentasi).

Makanan lain yang tinggi dalam aditif tiramin atau makanan termasuk keju, coklat, daging olahan seperti salami dan buah-buahan tertentu seperti nanas dan pisang.






Terapi Wangi untuk Solusi


Aromaterapi sering kali diartikan sebagai segala jenis terapi dengan memakai beragam aroma/wewangian. Bahkan, deterjen atau pewangi lantai yang diberi pewangi pun sering dianggap sebagai aromaterapi. Benarkah demikian?

Menurut dr Rachmi Primadiati, MN Med, DArom, Dherb.Med, CIDESCO, CIBTAC, BABTAC, spesialis kecantikan dan medical aromatherapyst, tidak semudah itu menganggap semua harum-haruman sebagai aromaterapi. “Aromaterapi itu satu teknik terapi menggunakan minyak esensial tumbuhan. Ada yang dihirup, diminum, dioleskan, atau dipijatkan.”

Manfaat aromaterapi juga tak sekadar perawatan kecantikan atau merilekskan tubuh. Ada fungsi lain yang lebih ‘mulia’, mengobati tubuh dari penyakit-penyakit ‘serius’. Tetapi jangan salah lho. Tak semua wewangian bersifat menyembuhkan. “Hanya yang dari minyak esensial hasil penyulingan dan perasan bagian-bagian tumbuhan aromatik saja yang menyembuhkan,” jelas Rachmi.

Menurut Rachmi, layanan aromaterapi yang banyak diberikan pusat-pusat kecantikan sifatnya tidak untuk mengobati, melainkan sekadar relaksasi dan menyegarkan. “Tak semua orang cocok dengan semua minyak esensial. Mereka juga tidak memperhitungkan dosis yang tepat.”

Untuk keluhan saluran napas dan emosi, misalnya, cara paling pas adalah dihirup. Keluhan saluran pencernaan lebih baik memakai bahan yang diminum. Sedangkan untuk kasus-kasus kulit dan menyeimbangkan fungsi-fungsi organ tubuh, dengan pengolesan plus pijatan. “Agar tak meleset khasiatnya, lakukan di bawah pengawasan orang yang punya pengetahuan dasar kedokteran dan aromaterapi, atau orang yang sudah mempelajari aromaterapi secara khusus.”

Berbeda dengan obat kimiawi sintetis, pemakaian minyak esensial tumbuhan tidak dianggap benda asing di dalam tubuh sehingga tidak memperberat kerja organ-organ tubuh. Menurut Dr Dietrich Gumbel, PhD, penulis buku Principles of Holistic Skin Therapy with Herbal Essence, tumbuhan memiliki komposisi yang sama persis dengan manusia. Menurut Gumbel, minyak esensial akan masuk ke sirkulasi tubuh. Minyak esensial yang dioles di kulit akan terserap masuk ke lapisan kulit dalam, mencapai sirkulasi darah dan menuju organ sasaran untuk berefek.

Sejauh ini, semua penyakit bisa disembuhkan dengan metode aromaterapi medis, baik secara langsung maupun diintegrasikan dengan cabang ilmu kedokteran lain, khususnya antarcabang kedokteran naturopati. Untuk pengidap jantung koroner, misalnya, pasien akan dibantu aromaterapi yang dikombinasi dengan hidroterapi (terapi dengan air, misalnya spa) untuk mengurangi sumbatan. Sedangkan pada pasien stroke, fungsi pengobatan aromaterapinya adalah membantu memperlancar sirkulasi darah, getah bening, memperkuat fungsi saraf, dan menambah kekuatan otot.

Di Amerika dan Eropa, terapi aroma sudah diakui sebagai cabang ilmu kedokteran dan masuk ke dalam bidang ilmu naturopati. “Bahkan di negara-negara Eropa dan Amerika, pengobatan dengan cara alami sudah dapat di-cover oleh asuransi, lho,” cetus Rachmi yang lama tinggal di Amerika dan Eropa ini.

Meskipun secara mendasar pengobatan aromaterapi berbeda dengan cara pengobatan konvensional, namun dalam proses pemeriksaannya sama saja. “Jika diperlukan, tetap dilakukan pemeriksaan laboratorium, MRI, atau rontgen.”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar