
Mengusir Rasa Gundah dan Resah Kala Usia Senja Tiba
Alloh telah mencurahkan kenikmatan yang banyak dan karunia yang tidak terkira kepada manusia, maka menjadi suatu kewajiban bagi hamba Alloh untuk bersyukur, sementara syukurnya manusia merupakan tujuan akhir dari penciptaannya, sebagaimana firman Alloh :
Dan  Alloh  mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak  mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan  dan hati agar kamu bersyukur. { QS. an-Nahl [16]: 78 }
Hidup manusia di alam fana tidak terlepas dari nikmat dan rohmat Alloh . Nikmat yang dikaruniakan Alloh kepada manusia tidak terhitung jumlahnya, sebagaimana firman Alloh :
Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Alloh, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Alloh benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. ( QS. an Nahl [16]: 18 )
Kalau kita perhatikan dengan saksama anggota badan kita seperti kaki, tangan, perut, mulut, telinga, hidung dan mata, sudah cukup bagi kita untuk membuat kesimpulan betapa kuasa, agung dan murahnya Alloh . Anggota badan manusia ini dijadikan Alloh dengan rapi dan lengkap, sehingga dapat bergerak dan berfungsi serentak pada waktu yang sama. Sambil melihat, kita dapat bercakap-cakap, mendengar dan berjalan. Sungguh luar biasa karunia-Nya.
Tiada kenikmatan apapun wujudnya yang dirasakan manusia melainkan datang dari Alloh . Atas dasar itulah Alloh mengajak manusia agar senantiasa bersyukur kepada-Nya. Karena dengan terus mengingat dan mengakui bahwa kenikmatan tersebut datang dari Alloh kemudian diwujudkan dengan ucapan hamdalah dan disempurnakan dengan amal sholih sembari menafkahkan sebagian kekayaan di jalan yang diridhoi Alloh , maka karunia dan nikmat Alloh akan makin bertambah.
Alloh berfirman:
Dan (ingatlah juga) tatkala Robb-mu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih.”. (QS. Ibrohim [14]: 7)
Syaikh Shiddiq Hasan Khan berkata (mengomentari makna firman Alloh di atas -red): “Jika kalian bersyukur terhadap nikmat yang telah Aku berikan kepada kalian, seperti yang dituturkan di atas, termasuk nikmat keselamatan dan yang lainnya, dengan cara beriman secara baik dan beramal sholih maka Aku akan menambah kenikmatan di atas kenikmatan sebagai karunia dari-Ku“.(1)
_________________________________
(1)“Lihat Tafsir Fathul Bayan karya Shiddiq Hasan Khan (3/528)“
Manfaat dan Faedah Bersyukur
Manfaat bersyukur tidak akan bisa dirasakan kecuali oleh pelakunya sendiri. Dengan bersyukur ia berhak mendapat kesempurnaan nikmat yang telah diraihnya, dan nikmat tersebut akan kekal dan bertambah. Sebagaimana syukur juga berfungsi untuk mengikat kenikmatan yang telah ia dapat seraya menggapai kenikmatan yang belum tercapai.
Para nabi pun senantiasa memerintahkan kaumnya agar selalu bersyukur. Nabi Ibrohim berkata kepada kaumnya:
Dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepada-Nya. Hanya kepada-Nya lah kamu akan dikembalikan.(QS. al-Ankabut [29]: 17)
Do’a yang paling utama ialah memohon pertolongan kepada Alloh dalam mencari keridhoan-Nya; yaitu dengan mensyukuri nikmat-nikmatnya sembari rajin beribadah kepada-Nya.
Semua kenikmatan apabila tidak bisa menjadi sarana mendekatkan diri kepada Alloh , maka ia sesungguhnya adalah Bala’. Karena itu wajib atas kita semua untuk senantiasa bersyukur atas segala kenikmatan-Nya, sebab nikmat yang tercabut dari suatu kaum amat jarang kembali lagi kepada mereka. Jika anda melihat Alloh terus-menerus mencurahkan kenikmatan-Nya kepada anda padahal anda bermaksiat kepada-Nya maka waspadalah!!
Ketika Manusia Mengalami Masa Lansia (Usia Senja)
Setiap manusia pasti mengalami sunnah perubahan dalam hidup sangat dinamis, ada yang saat belum dilahirkan sudah meninggal, ada pula yang begitu dilahirkan meninggal, dan ada pula yang tumbuh menjadi anak yang lucu, sampai dewasa dan bahkan ada yang sampai lanjut usia sebagaimana firman Alloh :
Alloh menciptakan kamu, kemudian mewafatkan kamu. Dan di antara kamu ada yang dikembalikan kepada umur yang paling lemah (pikun), supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang pernah diketahuinya. Sesungguhnya Alloh Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa. (QS. an-Nahl [16]: 70)
Ibnu Katsir berkata: “Alloh mengabarkan tentang perlakuan-Nya kepada hamba-Nya. Dialah yang menciptakan manusia dari tidak ada kemudian setelah itu diwafatkan, namun di antara mereka ada yang diberi umur hingga lanjut usia yaitu kondisi lemah dalam bentuk ciptaan.”(2)
_________________________________
(2)  Lihat Tafsir Ibnu Katsir (4/409)
Perubahan ini bukan suatu yang aneh, tetapi merupakan sunnatulloh yang harus diterima. Ketika manusia berubah menjadi tua, berarti mereka akan mengalami perubahan fisik dari kuat menjadi lemah dan dari gagah menjadi loyo lagi tak berdaya. Dan perubahan itu akan makin membawa problem tersendiri ketika mereka tidak mampu memelihara dan menanganinya dengan baik. Maka bagi seorang muslim, persoalannya bukan panjang atau pendeknya umur, namun keberkahan hidup yang diraih dalam mengarungi bahtera hidup semasa menghabiskan umurnya.
Indahnya Hidup Di kala Usia Senja
Alloh menciptakan alam semesta dalam kondisi yang teratur, pergantian siang dan malam selalu membuahkan cerita romantika baru. Jenis manusia laki dan wanita menjadi pelengkap indahnya hidup, matahari yang memberikan sumber energi bagi kehidupan dunia terus bertasbih mengelilingi bumi. Dihamparkan ladang yang lengkap dengan berbagai tanaman dan pepohonan untuk menjadi sumber rezeki manusia, dan beragam binatang, makanan dan minuman diciptakan agar dapat dikonsumsi oleh manusia. Alam beserta isinya diciptakan Alloh agar manusia mampu mengolah dan memanfaatkannya demi meraih kebahagiaan dan mensyukurinya. Maka Alloh berfirman:
Kami telah menentukan antara mereka penghidupan mereka dalam kehidupan dunia, dan Kami telah meninggikan sebagian mereka atas sebagian yang lain beberapa derajat agar sebagian mereka dapat mempergunakan sebagian yang lain. Dan rohmat Tuhan-mu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan. (QS. az-Zukhruf [43]: 32)
Kebahagiaan di usia senja merupakan harapan semua manusia, apalagi di zaman sekarang, zaman yang penuh fitnah, lemah aqidah, rendah peradaban, rusak moral dan maraknya kemaksiatan.
Namun sungguh sangat disayangkan karena banyak manusia telah salah memahami makna bahagia. Mereka memaknai bahagia hanya sebatas kehidupan dunia belaka yaitu bila kepuasaannya terpenuhi, keinginannya tergapai dan cita-citanya tercapai. Sehingga mereka menghalalkan segala cara untuk meraih manisnya materi, bahkan mereka rela menerjang syari’at untuk bisa bahagia.
Terbayang di pelupuk mata kita, bahagia  di usia senja adalah saat seseorang melewati masa tuanya dengan penuh  kecukupan materi, anak-anaknya pun sudah mapan kehidupan materinya, dan  tidak ada problem dalam kehidupannya. Sehingga orang yang tidak  mendapatkannya dianggap orang yang paling menderita.
Manusia yang paling bahagia ialah mereka yang mampu mempergunakan nikmat  Alloh  sebagai washilah (perantara) untuk meraih keridhoan Alloh  dan  kesuksesan akhiratnya serta memiliki suasana batin yang tenang, mental  terkontrol, emosi terkendali serta lapang dada dan qona’ah (berpikir  positif) dalam menghadapi setiap problem hidup. Dan semuanya akan  tercapai setelah merealisasikan aqidah yang bersih dan akhlaq yang  mulia.
Sementara orang yang paling menderita  dan celaka ialah mereka yang menjadikan kenikmatan tersebut sebagai  pemuas hawa nafsunya belaka.
Alloh  berfirman:
Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezholiman (syirik), mereka Itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS. al-An’am [6]: 82)
Ibnu Katsir berkata: “Mereka yang meng-ikhlas-kan ibadah karena Alloh saja, tiada sekutu bagi-Nya dan mereka tidak berbuat syirik sekecil apapun, maka mereka aman pada hari Kiamat dan mendapat hidayah di dunia dan akhirat.” (3)
_________________________________
(3)  Lihat Tafsir Ibnu Katsir (4/409)
Panjang Umur dengan Silaturrahmi
Seorang muslim yang telah lanjut usia  harus menghiasi hidupnya dengan silaturrahmi, baik dengan kerabat maupun  sesama kaum muslimin dalam rangka mencari ridho Alloh . Dengan  bersilaturrahmi, keberkahan umur dan rezeki akan diraih, dan derajat  mulia akan tercapai di sisi Alloh .
Alloh  berfirman:
Orang-orang yang merusak janji Alloh setelah diikrarkan dengan teguh, dan memutuskan apa-apa yang Alloh perintahkan supaya disambung, dan mengadakan kerusakan di bumi. Orang-orang itulah yang memperoleh kutukan, dan bagi mereka tempat kediaman yang buruk (Jahannam). (QS. ar-Ra’d [13]: 25)
Dari Anas bin Malik bahwa Rosululloh bersabda:
مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَيُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
“Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya dan ditambah umurnya maka hendaklah melakukan silaturrahmi.” (4)
Silaturrahmi yang hakiki bukanlah menyambung hubungan baik terhadap orang-orang yang telah berbuat baik terhadap kita, namun silaturrahmi yang sejati adalah menyambung hubungan dengan orang-orang yang telah memutuskan tali silaturrahmi dengan kita.
Dari Abdulloh bin Amr dari Nabi bersabda:
لَيْسَ الْوَاصِلُ بِالْمُكَافِئِ وَلَكِنِ الْوَاصِلُ الَّذِي إِذَا قُطِعَتْ رَحِمُهُ وَصَلَهَا
“Sesungguhnya bukanlah orang yang menyambung silaturrahmi adalah orang yang membalas kebaikan, namun orang yang menyambung silaturrahmi adalah orang yang menyambung hubungan dengan orang yang telah memutuskan silaturrahmi.” (5)
_______________________________________________________________
(3)  Lihat Tafsir Ibnu Katsir (3/212)
(4)   Lihat Shohih Abu Dawud: 1486, Shohih Adabul Mufrod: 56, Shohih Muslim Bab al-Birru was Silah, Hadits ke-20
(5)  Lihat Shohih Adabul Mufrod: 68 Bab Laisal Wasil bil Mukafi’
Di antara amal sholih yang akan  mendatangkan keberkahan dalam hidup, dan ibadah yang berpahala besar  adalah menyambung tali silaturrahim. Ini merupakan upaya menjalin  hubungan baik dengan setiap orang yang terkait hubungan nasab dengan  kita.
Yang dimaksud dengan ditunda ajalnya ialah umurnya diberkahi, diberi  taufik untuk beramal sholih, dan tidak mengisi waktunya dengan berbagai  amalan yang tidak berguna. Atau menjadikan namanya harum dan senantiasa  dikenang manusia, atau benar-benar umurnya ditambah oleh Alloh .
Rosululloh bersabda: “Barang siapa menjenguk orang yang sakit atau mengunjungi saudaranya karena Alloh maka penyeru akan menyerukan,’Anda mempunyai perilaku yang baik, dan anda telah menyiapkan suatu tempat di Surga.’” (HR. Tirmidzi: 2002)
Bersikap Seimbang dalam Mencari Ilmu dan Harta
Memang benar, hidup yang berkecukupan maka menuntut ilmu menjadi mudah, beribadah menjadi lancar, bersosialisasi menjadi gampang, bergaul makin indah, berdakwah makin sukses, berumah tangga makin stabil dan beramal sholih makin tangguh. Oleh karena itu, harta di tangan seorang mu’min tidak akan berubah menjadi sarana perusak kehidupan dan tatanan sosial serta penghancur kebahagiaan keluarga dan pilar-pilar rumah tangga. Sebaliknya, harta di tangan seorang muslim bisa berfungsi sebagai sarana penyeimbang dalam beribadah dan perekat hubungan dengan makhluk.
Menurut pandangan Ahli-Sunnah wal Jama’ah, tidak ada dikotomi (pertentangan) antara mencari ilmu dengan mencari nafkah, bahkan harus saling menopang dan harus ada kerja sama secara produktif dan simultan (bersamaan). Oleh sebab itu, tidak benar bila ada wacana bahwa orang yang mencari ilmu tidak perlu memikirkan urusan ma’isyah (nafkah), dan sebaliknya orang yang mencari nafkah tidak perlu mengganggu profesinya dengan menuntut ilmu agar tidak merusak kariernya. Hal itu sebuah paradigma (pemikiran) yang keliru dan anggapan yang menyesatkan sebab Alloh berfirman:
Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Alloh kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi, dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Alloh telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Alloh tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (QS. al-Qoshosh [28]: 77)
Ayat mulia di atas memiliki makna sebagai berikut : Pergunakanlah harta kekayaanmu dan kenikmatan melimpah yang telah diberikan kepadamu sebagai bentuk pemberian dan karunia Alloh untuk menunaikan ketaatan dan kebaikan yang bisa mendekatkan dirimu kepada-Nya. Dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari kenikmatan dunia, baik berupa makanan, minuman, pakaian, tempat tinggal dan hubungan biologis, karena Tuhanmu memiliki hak atasmu dan dirimu memiliki hak atasmu, keluargamu punya hak atasmu dan kekuatan tubuhmu juga memiliki hak atasmu maka berikanlah masing-masing hak sesuai dengan porsinya. (6)
Maka hal itu bisa diperoleh dengan ilmu yang dimiliki dan juga usaha yang optimal dalam memenuhi nafkah hidup dengan tetap beribadah kepada Alloh . Satu hal lagi yang perlu diperhatikan oleh seorang muslim adalah etos kerja yang benar dalam bekerja.
Bertaubat Kepada Alloh
Tiada suatu bekal yang paling bagus untuk menuju ke kampung akhirat melainkan persiapan menyambut kematian dengan memperbanyak bertaubat kepada Alloh , menguatkan keimanan dan ketaqwaan dan mendekatkan diri kepada Alloh dengan melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.
Sebagaimana perbuatan dosa menjadi salah satu penyebab terhalangnya rezeki dari pelakunya, maka sebaliknya taubat dan istighfar merupakan salah satu faktor yang dapat mendatangkan rezeki dan keberkahan baginya. Alloh menceritakan tentang Nabi Hud berkata:
Dan (dia berkata): “Wahai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu, lalu bertaubatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa”.(QS. Hud [11]: 52)
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata: “Seorang hamba senantiasa berada di atas kenikmatan dari Alloh yang perlu disyukuri dan dosa yang butuh permohonan ampun, maka semua itu adalah perkara yang harus senantiasa dimiliki oleh setiap hamba. Karena dia selalu bergelimang dengan nikmat Alloh dan karunia-Nya setiap saat yang belum sepenuhnya disyukuri, sehingga selalu butuh kepada taubat dan istighfar.” (7)
_______________________________________________________________
(6)    Lihat Tafsir ath-Thobari juz 20/71, Tafsir al-Baghowi juz, 6/221 dan 71, Tafsir Ibnu Katsir juz 5/129
(7) Lihat Tuhfatul Iraqiyah karya Ibnu Taimiyyah, hal.457
Oleh karena kebahagiaan yang sejati adalah kesuksesan seseorang meraih surga dan selamat dari api neraka, bukan bergelimang harta di kala usia senja, maka Alloh berfirman:
Adapun orang-orang yang berbahagia, maka tempatnya adalah Surga, mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain), sebagai karunia yang tiada putus-putusnya. (QS. Hud [11]: 108)
Persiapan Menuju Kampung Akhirat
Pandangan yang benar terhadap dunia adalah pandangan yang menganggap bahwa apa yang ada di dunia ini, baik harta, kekuasaan dan kekuatan materi lainnya hanyalah sebagai sarana menuju akhirat. Karena itu pada hakikatnya dunia tidak tercela karena dirinya, tetapi pujian atau celaan tergantung pada perbuatan hamba di dalamnya. Dunia merupakan jembatan penyeberangan menuju kampung akhirat.
Selayaknya kita bersiap diri meninggalkan kampung dunia menuju kampung akhirat dengan selalu menambah simpanan amal kebaikan dan bersegera memenuhi panggilan Alloh . Ali bin Abi Tholib berkata: “Sesungguhnya dunia telah habis berlalu dan akhirat makin mendekat, dan di antara keduanya masing-masing mempunyai anak keturunan. Dan jadilah kalian anak keturunan akhirat dan jangan menjadi anak keturunan dunia karena sekarang kesempatan beramal tanpa ada hisab dan besok di akhirat kesempatan hisab dan tidak ada kesempatan beramal.
Perkataan Ali yang juga menjelaskan tentang dunia adalah : “Halalnya adalah perhitungan dan haramnya adalah neraka.”
Wahai saudaraku kaum muslimin, ingatlah akan 4 hal:
- Aku tahu bahwa rezeki-ku tidak akan dimakan orang lain, maka tenteramlah jiwaku.
 - Aku tahu bahwa amalku tidak akan dilakukan orang lain, maka akupun disibukkannya.
 - Aku tahu bahwa kematian akan datang tiba-tiba, maka aku segera menyiapkannya.
 - Aku tahu bahwa diriku tidak akan lepas dari pantauan Alloh , maka aku akan merasa malu kepada-Nya.
 
Orang yang mengosongkan hatinya dari keinginan dunia akan merasa ringan tanpa beban. Dia akan menyongsong Alloh dan mempersiapkan diri untuk datangnya perjalanan. Mengosongkan hati untuk dunia yang fana bukan berarti meninggalkan dunia kerja, enggan mencari kehidupan dunia dan tidak mencoba berusaha. Islam sendiri memerintahkan untuk bekerja dan menganggapnya sebagai satu jenis jihad, bila dengan niat yang tulus dan memenuhi syarat amanah dan ikhlas serta tidak melanggar syari’at.
Urgensi dan Kedudukan Hati Bagi Seorang Muslim

Sesungguhnya topik yang berkaitan dengan  hati merupakan perkara yang sangat penting, dinamakan hati (al-qolbu)  karena proses perubahannya yang sedemikian cepat. Rosululloh bersabda:
إِنَّمَا سُمِّيَ الْقَلْبُ مِنْ تَقَلُّبِهِ.
“Dinamakan hati (al-qolbu) karena cepatnya berubah.” (HR. Ahmad)
Di tempat yang lain Rosululloh bersabda:
مَثَلُ الْقَلْبِ كَمَثَلِ رِيْشَةٍ بِأَرْضٍ فَلَاةٍ تَقْلِبُهَا الرِّيْحُ ظَهْرَا لْبَاطِنِ.
“Perumpamaan hati adalah seperti sebuah bulu di tanah lapang yang diubah  oleh hembusan angin dalam keadaan terbalik.” (HR. Ibnu Abi Ashim)
Sungguhpun begitu, Alloh Maha Besar, Dia mampu mengubah dan menguasai hati-hati manusia sebagaimana sabda Rosululloh :
إِنَّ قُلُوْبَ بَنِيْ آدَمَ كُلُّهَا بَيْنَ أُصْبُعَيْنِ مِنْ أَصَابِعِ الرَّحْمٰنِ لِقَلْبٍ وَاحِدٍ يَصْرِفُهُ حَيْثُ يَشَاءُ.
“Sesungguhnya hati-hati anak Adam berada di antara dua jari-jari Alloh  layaknya satu hati, Dia mengubah menurut kehendak-Nya.” (HR. Muslim)
Kemudian Rosululloh melanjutkan sabda beliau:
اَللّٰهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوْبِ صَرِّفْ قُلُوْبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ.
“Ya Alloh, Dzat yang membolak-balikkan hati, condongkanlah hati kami untuk selalu taat kepada-Mu.” (HR. Muslim)
Bahwa keselamatan dan kesengsaraan hamba, keberhasilan atau kegagalannya bahkan masuknya ke dalam surga atau neraka, berhubungan erat dengan baik atau tidaknya hati, sehat atau sakitnya hati, dalam hal ini Alloh berfirman:
Sesungguhnya beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya. (QS. asy-Syams [91]: 9–10)
Kemudian Rosululloh bersabda:
اَلَا إِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلُحَتْ صَلُحَ الْجَسَدُ  كُلُّهُ وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ اَلَا وَهِيَ  الْقَلْبُ.
“Ketahuilah, sesungguhnya pada setiap jasad ada sekerat daging, apabila  dia baik maka baik seluruh anggota jasad, apabila dia jelek maka jelek  semua anggota jasad, ketahuilah dialah hati.” (HR. Bukhori)
Diagnosa Penyakit Hati
Berikut ini kita akan sebutkan beberapa  perbuatan yang bisa kita jadikan indikasi untuk mendiagnosa terjadinya  rusaknya hati atau penyakit-penyakit hati:
1. Melakukan kedurhakaan dan dosa
Di antara manusia ada yang melakukan kedurhakaan terus-menerus dalam  satu jenis perbuatan. Ada pula yang melakukan dalam beberapa jenis  bahkan semuanya dilakukan dengan terang-terangan, padahal Rosululloh  bersabda:
كُلُّ أُمَّةٍ مُعَافَى إِلَّا الْـمُجَاهِرِيْنَ.
“Setiap umatku akan terampuni kecuali mereka yang melakukan kedurhakaan secara terang- terangan.” (HR. Bukhori)
2. Merasakan adanya kekasaran dan kekakuan hati, seakan-akan batu keras yang tidak bisa dipengaruhi oleh sesuatu pun.
Alloh berfirman:
Kemudian setelah itu hatimu menjadi keras seperti batu, bahkan lebih keras lagi…. (QS. al-Baqoroh [2]: 74)
3. Tidak tekun dalam beribadah,  tidak memperhatikan dengan seksama setiap ucapan atau perbuatan yang  dilakukannya dalam beribadah baik dalam sholat, dalam berdo’a, dan yang  lainnya.
Rosululloh bersabda:
لَا يُقْبَلُ دُعَاءٌ مِنْ قَلْبٍ غَافِلٍ لَاهٍ.
“Tidaklah diterima do’a dari hati yang lalai dan tidak ada kesungguhan.” (HR. Tirmidzi)
4. Malas dalam melaksanakan ketaatan  dan peribadahan, kalaupun beribadah maka dilakukan hanya sekedar ibadah  yang kosong dari makna dan tidak ada ruh di dalamnya.
Sebagaimana yang disebutkan oleh Alloh:
… dan apabila berdiri untuk sholat mereka berdiri dengan malas…. (QS. an-Nisa’ [4]: 142)
Masuk dalam kategori ini ialah perbuatan–perbuatan yang tidak dilakukan dengan mempedulikan nilai dari perbuatan tersebut atau meremehkan waktu-waktu yang tepat untuk melakukannya. Misalnya, melakukan sholat-sholat di akhir waktu, atau menunda-nunda haji padahal sudah ada padanya kemampuan untuk melaksanakan.
5. Perasaan gelisah dan susah hanya karena adanya masalah-masalah yang remeh yang didapatinya
Rosululloh mendefinisikan keimanan adalah:
اَلْإِيْمَانُ: اَلصَّبْرُ وَالسَّمَاحَةُ.
“Iman itu adalah kesabaran dan kelapangan di dada (tidak gampang gelisah).”
6. Tidak tersentuh oleh kandungan ayat-ayat al-Qur’an yang dibacanya, tidak pula oleh janji, ancaman, perintah, larangan, dan lain-lain
7. Lalai dalam berdzikir dan tidak berdo’a kepada Alloh.
Alloh berfirman (ketika menyifati orang-orang munafik:
… dan tidaklah mereka menyebut Alloh kecuali sedikit sekali. (QS. an-Nisa’ [4]: 142)
8. Tidak ada perasaan marah jika ada pelanggaran terhadap hal-hal yang diharamkan Alloh.
Bara ghiroh dalam hati telah padam, tidak menyuruh kepada yang ma’ruf,  tidak pula mencegah dari yang mungkar. Pada puncaknya, dia tidak  mengetahui yang ma’ruf dan tidak mengetahui yang mungkar. Segala urusan  dianggap sama.
9. Gila kehormatan dan publikasi/popularitas
Termasuk di dalamnya, gila terhadap kedudukan ingin tampil sebagai  pemimpin yang menonjol dan tidak dibarengi dengan kemampuan yang  semestinya.
إِنَّكُمْ سَتَحْرِصُوْنَ عَلَى الْإِمَارَةِ وَسَتَكُوْنُ نَدَامَةً يَوْمَ الْقِيَامَةِ.
“Sesunguhnya kamu sekalian akan berhasrat mendapatkan kepemiminan dan  hal ini akan menjadi penyesalan pada hari kiamat.” (HR. Bukhori)
10. Bakhil dan kikir terhadap harta yang dimilikinya
Alloh memuji orang-orang Anshor dengan firman-Nya:
… dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin) atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka dalam kesusahan. Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung. (QS. al-Hasyr [59]: 9)
Rosululloh bahkan bersabda :
لَا يَجْتَمِعُ الشُّحُّ وَ الْإِيْمَانُ فِيْ قَلْبِ عَبْدٍ أَبَدًا.
“Tidaklah berkumpul pada hati seorang hamba selama-lamanya sifat kikir dan keimanan.” (HR. Nasai)
11. Suka mengatakan apa yang tidak dilakukan
Padahal penyakit ini yang menjadikan binasanya umat terdahulu. Alloh berfirman:
Wahai orang-orang yang beriman, mengapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Alloh bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan. (QS. ash-Shof [61]: 2–3)
12. Senang dan gembira di atas penderitaan saudara-saudaranya sesama muslim yang mengalami kegagalan, merugi, atau mendapatkan musibah
13. Hanya pandai menilai kadar dosa yang dilakukannya dan tidak kepada siapa dosa itu dilakukan
14. Tidak peduli terhadap penderitaan kaum muslimin
Padahal Rosululloh bersabda:
الْـمُؤْمِنُ مِنْ أَهْلِ الْإِيْمَانِ بِمَنْزِلَةِ الرَّأْسِ مِنَ  الْجَسَدِ، يَأْلَمُ الْـمُؤْمِنُ لِأَهْلِ الْإِيْمَانِ كَمَا يَأْلَمُ  الْجَسَدُ لِـمَا فِي الرَّأْسِ.
“Sesungguhnya seorang mu’min terhadap mu’min yang lain laksana kepala  dari sebagian badan. Orang mu’min akan menderita karena orang-orang  mu’min yang lain sebagaimana badan ikut menderita karena keadaan di  kepala.” (HR. Ahmad)
15. Gampang memutuskan tali persaudaraan, tidak merasa tergugah tanggung jawabnya untuk beramal demi kepentingan kaum muslimin
16. Suka berbantah-bantahan dan berdebat yang justru membuat hati keras dan kaku
Rosululloh bersabda:
مَا ضَلَّ قَوْمٌ بَعْدَ هُدًى كَانُوْا عَلَيْهِ إِلَّا أُوْتُوا الْجَدَلَ.
“Tidaklah segolongan orang menjadi tersesat sesudah ada petunjuk kecuali jika mereka suka berbantah-bantahan.” (HR. Ahmad)
17. Sibuk dalam perkara keduniaan semata
18. Berlebih-lebihan dalam masalah makan, minum, pakaian, tempat tinggal, dan lain-lain
Rosululloh bersabda:
إِيَّاكَ وَالتَّنَعُّمُ فَإِنَّ عِبَادَ اللّٰـهِ لَيْسُوْا بِالْـمُتَنَعِّمِيْنَ.
“Jauhilah berlebih-lebihan, karena hamba-hamba Alloh bukanlah orang-orang yang hidup berlebih-lebihan.” (HR. Abu Nu’aim)
19. dan lain-lain
Terapi Penyembuhan
Itulah beberapa fenomena dari hati yang berpenyakit. Selanjutnya kita  berusaha untuk mencari terapi dari penyakit-penyakit di atas.
Rosululloh menggambarkan dalam salah satu sabda beliau bahwa keimanan  seorang hamba diibaratkan sebagai pakaian yang dibutuhkan untuk  diperbaharui setiap saat.  Di tempat yang lain, beliau menggambarkan  keimanan adalah ibarat menatap bulan, terkadang bercahaya terkadang  gelap, manakala bulan tersebut tertutup oleh awan maka hilanglah sinar  dari rembulan tersebut, ketika gumpalan-gumpalan awan menghilang maka  nampak kembali cahaya bulan tersebut.
Kemudian, yang terpenting bagi seseorang ketika dia berusaha mengobati  penyakit hatinya maka dia harus meyakini terlebih dahulu bahwa keimanan  seseorang terkadang bertambah terkadang berkurang sebagaimana firman  Alloh :
… supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada)…. (QS. al-Fath [48]: 4)
Juga sebagaimana sabda Nabi :
مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ  يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذٰلِكَ  أَضْعَفُ الْإِيْمَانِ.
“Barangsiapa di antara kamu melihat kemungkaran hendaklah dia mengubah  dengan tangannya, jika dia tidak mampu maka dengan lisannya, jika tidak  mampu maka dengan hatinya, dan yang demikian adalah selemah-lemah iman.”  (HR. Bukhori)
Sebelum melangkah lebih jauh dalam mengupas penyembuhan dari penyakit-penyakit hati tersebut, ada baiknya kita sampaikan bahwa tidak sedikit orang mencari penyembuhan secara eksternal; dengan cara itu mereka berharap bersandar kepada orang lain, padahal dia sendirilah yang mampu untuk mencari penyembuhan bagi dirinya.
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan seorang muslim sebagai upaya penyembuhan penyakit hati yang dideritanya:
1. Membaca dan menyimak al-Qur’an
Alloh telah memastikan bahwa al-Qur’an adalah penawar dari penyakit,  penerang dan cahaya bagi hamba Alloh yang dikehendaki-Nya. Firman Alloh :
Dan Kami turunkan dari al-Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rohmat bagi orang-orang yang beriman…. (QS. al-Isro’ [17: 82)
2. Merasakan keagungan Alloh
Di samping itu, seorang muslim juga harus mengetahui Nama-nama dan  Sifat-sifat Alloh serta memikirkan makna-maknanya. Banyak dalil dari  al-Qur’an dan as-Sunnah yang mengungkap tentang keagungan Alloh. Jika  seorang muslim memperhatikan nash-nash tersebut, niscaya akan bergetar  hatinya dan jiwanya akan tunduk kepada Dzat yang Maha Mendengar dan Maha  Mengetahui sebagaimana firman Alloh :
Dan pada sisi Alloh-lah kunci-kunci semua yang ghoib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh). (QS. al-An’am [6]: 59)
3. Mencari dan mempelajari ilmu agama
Yaitu ilmu yang bisa menghasilkan rasa takut kepada Alloh dan menambah  nilai keimanannya. Tidak akan sama keadaan orang yang mengetahui dan  orang yang tidak mengetahui.
4. Banyak berdzikir kepada Alloh
Dengan berdzikir kepada Alloh keimanan bertambah, rohmat Alloh datang,  hati tenteram, para malaikat datang mengelilingi mereka, dosa-dosa  mereka terampuni. Rosululloh bersabda:
“Demi Dzat yang jiwaku ada dalam genggaman-Nya, andaikata kamu tetap  seperti keadaanmu di sisiku dan di dalam berdzikir, tentu para malaikat  akan menyalami kamu di atas tempat tidurmu dan tatkala dalam  perjalanan.” (HR. Muslim)
5. Memperbanyak amal sholih
Dengan beberapa bentuk, di antaranya:
• Sesegera mungkin melaksanakan amal sholih
• Melaksanakan amal sholih secara terus-menerus
• Tidak gampang bosan dan capai dalam melaksanakannya
• Mengulang beberapa amal sholih yang terlupakan
• Senantiasa berharap apa yang dilakukannya diterima oleh Alloh
6. Banyak melakukan berbagai macam ibadah
Di antara rohmat Alloh ialah dengan diberikan-Nya beberapa macam  peribadatan, sebagiannya berbentuk fisik seperti sholat, sebagiannya  berbentuk materi seperti zakat, sebagiannya berbentuk lisan seperti  dzikir dan do’a. Bahkan satu jenis ibadah bisa dibagi kepada wajib,  sunnah, dan anjuran. Yang wajib pun terkadang terbagi kepada beberapa  bagian. Berbagai jenis ibadah ini memungkinkan untuk dijadikan sebagai  penyembuh dari penyakit hati atau lemahnya keimanan.
7. Takut meninggal dunia dalam keadaan su’ul khotimah
Rasa takut seperti ini dapat mendorong seorang muslim untuk taat dan selalu memperbarui keimanannya.
8. Banyak mengingat mati
Rosululloh bersabda:
أَكْثِرُوْا ذِكْرَ هَادِمِ اللَّذَاتِ يَعْنِيْ الْـمَوْتَ.
“Perbanyaklah mengingat penebas segala kelezatan, yakni kematian.” (HR. Tirmidzi)
Di antara cara yang efektif untuk mengingatkan seseorang terhadap  kematian ialah dengan berziarah kubur, mengunjungi orang sakit,  mengiringkan jenazah, dan lain-lain.
9. Selalu ingat hari akhir
Masuk di dalamnya berbagai kejadian-kejadian di hari kiamat seperti hari  kebangkitan, berkumpul di padang mahsyar, hisab, pahala, timbangan,  jembatan, qishosh, syafa’at, tempat tinggal yang abadi yaitu surga  dengan segala kenikmatannya dan neraka dengan segala kepedihannya.
10. Berinteraksi dengan firman-firman Alloh yang berkaitan dengan peristiwa-peristiwa alam
11. Bermunajat kepada Alloh dan pasrah kepada-Nya
Rosululloh bersabda:
أَقْرَبُ مَا يَكُوْنُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثَرُوا الدُّعَاءَ.
“Saat seseorang paling dekat kepada Alloh ialah tatkala dia melakukan sujud, maka perbanyaklah do’a.”
12. Tidak berangan-angan yang terlalu muluk dalam perkara keduniaan
13. Memikirkan kehinaan duniawi
Rosululloh bersabda:
إِنَّ مَطْعَمَ ابْنِ آدَمَ قَدْ ضُرِبَ لِدُنْيَا مَثَلًا، فَانْظُرْ مَا  يَخْرُجُ مِنْ ابْنِ آدَمَ وَإِنَّ فَزْحَهُ وَمِلْحَهُ قَدْ عُلِمَ إِلَى  مَا يَصِيْرُ.
“Sesungguhnya makanan anak Adam bisa dijadikan sebagai perumpamaan  dunia. Maka lihatlah apa yang keluar dari diri anak Adam, sesungguhnya  apa yang dimakannya sudah bisa diketahui akan menjadi apakah dia.” (HR.  Thobroni)
14. Mengagungkan hal-hal yang mulia di sisi Alloh
Termasuk di dalamnya mengagungkan tempat-tempat suci, tidak menganggap kecil dosa-dosa.
15. Banyak melakukan ibadah-ibadah hati
Seperti cinta kepada Alloh, berharap kepada-Nya, berbaik sangka dan  bertawakkal kepada-Nya, ridho terhadap qodho-Nya, bersyukur terhadap  nikmat-nikmat-Nya, dan sebagainya.
16. Banyak menghisab diri sendiri
Alloh berfirman:
Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Alloh dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat)…. (QS. al-Hasyr [59]: 18)
17. Puncak dari semua yang tersebut di atas adalah berdo’a agar Alloh selalu menjaga keimanannya
Ya Alloh, kami memohon dengan Asma’ (Nama-nama) dan Sifat-sifat-Mu yang Tinggi agar Engkau berkenan memperbarui iman di dalam hati kami dan keluarga kami. Ya Alloh, jadikanlah iman sebagai kunci dan hiasan di hati kami, jadikanlah kami benci terhadap kekufuran, jadikan kami termasuk orang yang mendapat petunjuk. Amiin.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar