Selasa, 06 Agustus 2013

KESEHATAN

Hidup Sehat Ala Rasulullah 

 

Obati Jiwa dengan obat jiwa terbaik yaitu al-Qur’an, jadikan diri senantiasa dekat dengan kebaikan dan amal ibadah
SERINGKALI saya sampaikan di berbagai acara seminar, workshop kesehatan Islam yang diadakan bahwa Islam, agama yang kita cintai ini sudah memberi banyak arahan, petunjuk dalam sebuah kesempurnaan yang nyata.
Nah, akhirnya kita sampai pada satu pemahaman yakni, Kesehatan juga ternyata diatur dalam agama yang kita cintai ini, sehingga ketika semua dilakukan dengan baik dan sempurna, maka pastinya yang melakukan akan mendapatkan dan merasakan kesempurnaan itu.
Mau contoh?
Saya akan katakan bahwa seluruh syariat atau amal ibadah yang Allah perintahkan semuanya membuat kita sehat., meski kita melakukannya bukan untuk itu,tapi karena kewajiban dan syukur kita kepada Allah.
1. Laksanakan semua amal ibadah dengan benar maka engkau akan sehat.
2.Obati Jiwa dengan obat jiwa terbaik yaitu al-Qur’an, jadikan diri senantiasa dekat dengan kebaikan dan amal ibadah.
3. Berikanlah raga makanan yang Halal dan Baik, alami, dan tidak berlebih-lebihan.
Kunci dasar nya itu..penjabarannya? buanyak banget.*




Sehat dengan bersedekah
AGAMA yang sempurna..itulah Islam,semua telah diatur dan dipraktekkan dengan sangat jelas dan nyata dengan bukti bukti yang masih kita bisa lihat hingga saat ini, khususnya yang berkaitan dengan kejayaan Islam.
Namun, sayangnya dalam bidang pengobatan atau kesehatan, kita justru tak mendapatkan kesan-kesan kejayaann itu dalam bentuk bentuk pengobatan masa kini, apa itu? KeTAUHIDan.
Kenapa bisa terjadi seperti itu? Sederhana alasannya, Ilmu Ketauhidan atau akidah tak lah menjadi pegangan wajib bagi praktisi praktisi kesehatan masa kini sehingga yang terjadi adalah lahirnya para praktisi kesehatan yang tidak faham fikih pengobatan, tidak faham fikih halal-haram dalam pengobatan,semua hanya didasarkan pada materialisme semata, sakit? Obatnya ini..tapi tak diajarkan jika sakit nutrisi, pola hidup, perbaikan spritual seperti ini.
Nggak percaya? Adakah puasa; puasa sunnah Senin-Kamis, Puasa Daud, menjadi bagian penting sebagai suatu perbaikan ruhiyah bagi seorang penderita kolesterol tinggi? Pernah ada tenaga kesehatan yang menganjurkan puasa bagi penderita kolesterol tinggi?
Setahu saya tidak. Sudah ratusan mungkin artikel yang ditulis oleh sains modern tentang dahsyatnya puasa, namun adakah jadi rujukan dalam pengobatan penyakit penyaki tertentu? Setahu saya tidak, wallahu a’lam.
Lalu , kesehatan holistik dalam Islam itu sebenarnya apa? Coba baca dulu tulisan saya mengenai mens-sana in corpore sano, sebuah slogan klasik yang sampai sekarang masih dipakai, adakah bersesuaian dengan sabda baginda Rasul? Tidak sama sekali.
Jadi Langkah apa yang harus dilakukan dalam sebuah kesehatan holistik menurut pandangan Islam?





Jangan jadi Manusia Biasa

 

Passion seorang Mukmin sesungguhnya adalah ia tahu bahwa kebaikan yang dikerjakannya di dunia ini akan diberi balasan oleh Allah
www.guardian.co.uk
Oleh: Zaidul Akbar
PASSION sebuah kata untuk menggambarkan kecintaan kita saat melakukan sesuatu, kecintaan kita saat mengerjakan suatu pekerjaan yang kita lakukan.
Tanpa itu? Ya siap-siap menuju kehancuran kata mas Jamil Azzaini dalam bukunya terbaru yang bikin ON (judulnya memang ON).
Kalau kita kembalikan kepada kehidupan sehari hari kita sebagai seorang Muslim, pastinya kita punya passion dalam beragama, siapa yang memberi passion?
Ya jelas Allah tabarakallahu wata’ala, darimana informasinya? Dari al-Qur’an atau informasi dari hadits-hadits Rasulullah.
Passion seorang Mukmin sesungguhnya adalah ia tahu bahwa kebaikan yang dikerjakannya di dunia ini akan diberi balasan oleh Allah, dan balasan itu nggak tanggung-tanggung,surga yang kata Allah seluas langit dan bumi.
Masih kurang? Allah nanti langsung akan menemui hambaNya, menyapa nya di surga Nya nanti, bahkan kita melihat wajah Allah yang indah..indah banget..nggak bisa dibayangkan kayak apa indahnya..syarat dan ketentuan berlaku tentunya.
Nggak tanggung-tanggung kalau passion ini menjadi sebuah semangat yang tak kenal lelah di dunia ini untuk mengejarkan hal-hal yang luar biasa, luar biasa dalam melakukan kebaikan dan luar biasa dalam menebar manfaat, dan itu tak bisa dilakukan orang orang biasa yang hidupnya hanya jam gandul..pergi pagi..pulang petang..aktifitas hanya itu itu saja.
Pernah dengar cerita sahabat Rasulullah yang bernama Hanzolah? passionnya apa? ingin jadi ahli surga, apa yang beliau lakukan, karena tahu janji Allah dan RasulNya kepada orang orang yang membela agamaNya maka ia rela ikut berjuang bersama Rasulullah dalam sebuah peperangan yang ternyata ia baru saja menikah malam sebelumnya dan ternyata ia syahid dalam perang bersama Rasulullah saat itu.
Belum lah sampai Ruh itu ke langit, Rasulullah mengabarkan bahwa jasad Hanzolah dimandikan oleh malaikat (karena ternyata ia berperang dalam keadaan junub), Subhanalllah..kurang keren gimana itu.
Punya passion, ok banget, tapi milikilah passion yang membuat kita mengerjakan pengerjaan dan aktifitas sehari-hari kita menjadi aktifitas yang berbuah surga, semangat untuk terus melakukannya karena ada janji Allah disana yang diberikanNya dalam passion tersebut.
Masih mau jadi manusia biasa? Jangan deh..milikilah passion yang luar biasa..agar terus semangat dan bisa berbuat kebaikan dan manfaat yang luar biasa pula.
Semangat Jum’at..mari bershalawat..mari bersedekah.*

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar