Powered By Blogger

Sabtu, 30 Oktober 2010

kesehatan

Masalah Kehamilan Dua Bulan Pertama

Pada bulan awal kehamilan ada 2 masalah yang sering menjadi masalah klasik dari suatu pasangan. Masalah Kehamilan pada dua bulan pertama yaitu kehamilan tidak kunjung datang dan keguguran.

Kehamilan tidak kunjung datang
Banyak pasangan merasa khawatir ketika kehamilan tidak kunjung datang setelah berusaha selama dua atau tiga bulan. Namun, tertundanya kehamilan biasa terjadi dan sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Bulan-bulan selama berusaha untuk hamil bisa menjadi beban yang sangat berat bagi pasangan suami istri. Jika Anda membiarkan pikiran Anda didominasi oleh keinginan untuk segera hamil, maka kecemasan itu akan menjadi semakin besar ketika kehamilan tidak juga terjadi. Rasa cemas itu bisa menjadi bagian dan masalah dan justru memperpanjang penantian Anda.

Keguguran
Dalam beberapa kasus, seorang wanita yang sedang mengandung mengalami keguguran tanpa menyadarinya. Sangat banyak kasus keguguran terjadi dalam dua bulan pertama kehamilan. bahkan sebelum wanita tersebut menyadari bahwa chrinya sedang mengandung. Keguguran pada tahap-tahap awal kehamilan lebih sering terjadi dari yang kita duga. Hal inilah yang kemudian dalam beberapa kasus dianggap sebagai tertundanya kehamilan. Bisa dikatakan bahwa lebih dari 50% kehamilan mengalami keguguran.

Gejala-gejala keguguran mencakup pendarahan vagina. kram di bagian perut. dan rasa pegal pada punggung seperti yang biasa terjadi ketika menstruasi. Muntah berlebihan juga bisa merupakan tanda-tanda awal keguguran. Hampir tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan keguguran. Namun. Anda harus segera mendapatkan saran medis untuk mencegah infeksi dan komplikasi.



Berapa hari masa subur setelah haid berhenti?

Sebenarnya tak terlalu sukar untuk melacaknya sendiri. Hanya saja memerlukan kecermatan. Yang juga tak kalah penting, mau bersabar agar diperoleh hasil yang lebih akurat. Minimal, pelacakan ini dilakukan beberapa kali dalam beberapa bulan.

SIKLUS HAID
Melacak masa subur bisa dilakukan melalui hitungan siklus haid/menstruasi. Masa subur akan amat mudah terlacak jika haid kita selalu teratur setiap bulannya. Siklus yang normal, berjalan antara 28-30 hari. Ada pula ahli yang berpendapat, antara 22-35 hari. “Dengan demikian, sel telur keluar pada pertengahan siklus, sekitar hari ke-14 sampai ke-16 dihitung dari hari pertama menstruasi”.

Jadi, 3 hari sebelum hari ke-14 dan 3 hari setelah hari ke-16 adalah masa yang memungkinkan bagi sel telur untuk dibuahi. Perhitungan ini berdasarkan kemungkinan sel sperma yang bisa bertahan hidup sampai 72 jam sebelum mencapai sel telur.
Siklus normal 28 hari, pertengahan siklusnya hari ke-14 (28: 2). Berarti masa suburnya, tiga hari sebelum hari ke-14, yaitu hari ke-11 (14-3) dan tiga hari setelah hari ke-14, yaitu hari ke-17 (14+3). Jadi, masa subur berlangsung antara hari ke-11 sampai hari ke-17 (7 hari) dari suatu siklus wanita yang normal.

Misalnya, kita datang bulan pada tanggal 1. Nah, masa subur adalah tanggal 11 (14-3) sampai 19 (16+3) pada bulan tersebut.

Pada mereka yang haidnya tidak teratur (siklus kurang dari 28 hari), maka masa subur diperhitungkan dari jadwal menstruasi yang akan datang. Umumnya sel telur akan keluar pada 14 atau 16 hari sebelum haid yang berikut. Misalnya, perkiraan menstruasi yang akan datang tanggal 18 Agustus. Diperkirakan sel telur akan keluar pada tanggal 2 dan 4 Agustus (18-14 hari mundur = 4 Agustus, dan 18-16 hari mundur = 2 Agustus). Berarti masa subur berlangsung antara 31 Juli (2 Agustus – 3 hari sebelum) sampai 7 Agustus (4 Agustus + 3 hari sesudah).

Jika siklus haid sama sekali tidak teratur, diperlukan data siklus minimal 6 bulan sampai setahun. Kemudian dihitung dengan memakai rumus Ogino Knouss. Dicari siklus yang paling pendek berapa hari dan siklus paling panjang berapa hari. Masa subur ditentukan berdasarkan siklus terpendek – 18, siklus terpanjang – 11.

Contoh, siklus terpanjang 40 hari, siklus terpendek 28 hari. Maka, 40-11 = 29 dan 28-18 = 10. Jadi, perkiraan masa suburnya hari ke-10 dihitung sejak menstruasi pertama sampai hari ke-29. Masa suburnya memang menjadi lebih panjang, tetapi tidak bisa diperkirakan kepastian yang paling mendekati. Ini disebabkan menstruasi yang kacau sehingga sulit diketahui, kapan persisnya perkiraan keluarnya sel telur.
Seorang wanita yang siklus menstruasinya kacau sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mencari penyebab dan melakukan pengobatan. Dengan demikian, bisa diketahui masa suburnya.

GETAH LENDIR SERVIKS
Masa subur juga bisa diketahui lewat pemeriksaan getah lendir (mukus) mulut rahim (serviks). Ini pun dapat kita lakukan sendiri. Caranya, lendir dari mulut rahim diperiksa setiap hari.
Pada masa subur terjadi perubahan yang bersifat spinbarkeit. Lendir lentur, tidak terputus jika dipegang, dan lengket seperti agar-agar.

Kalau mau lebih pasti, lendir ini bisa diperiksa ahli pada objek gelas dibawah mikroskop. Lendir yang terjadi pada masa subur, akan terlihat berbentuk seperti daun pakis.

LEWAT USG
Sekarang ini, lewat pemeriksaan USG secara serial, bisa diketahui masa subur seorang wanita. Caranya dengan melihat kelenjar telur, perkembangan terjadinya sel telur sampai sel telur tersebut matang dan hendak keluar (ovulasi). Cara ini bisa dimanfaatkan oleh wanita yang mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur.
Dengan pemeriksaan USG secara serial 2-3 hari dapat diukur siklus haidnya, tanggalan haid, dan tanggalan timbul ovulasi. “Perkembangan ini akan terus dipantau. Dari mulai sel telur terbentuk hingga menghilang.” Nah, jika sudah diperoleh saat terjadinya ovulasi, segera dilakukan pencatatan pada hari ke berapa masa subur itu terjadi, dihitung dari hari pertama menstruasi.



Tanda, gejala dan mekanisme keputihan wanita dan pria

Mengapa keputihan?. Keputihan ada dua jenis. Keputihan yang normal faali, dan keputihan yang tergolong penyakit. Jenis yang faali tak perlu diobati, sebab tidak membahayakan, selain tidak menular Sedang keputihan penyakit harus secepatnya diobati agar tidak bertambah parah, dan menjaga kemungkinan menularkan kepada pasangan seks, selain bisa bermasalah dalam proses terjadinya kehamilan, atau pengaruhnya terhadap penentuan jenis kelamin anak yang bakal dikandung nantinya.
Wanita yang keputihan sebab penyakit cenderung sukar punya anak laki-laki. Kita tahu, spermatozoa dalam air mani laki-laki mengandung separuhnya spermatozoa berjenis X, dan separuhnya lagi berjenis Y. Kedua jenis spermatozoa ini berbeda sifat maupun tabiatnya. Spermatozoa Y lebih ringkih dan lemah dibanding spermatozoa X.

Suasana vagina yang kelewat masam akibat penyakit keputihan yang menjadikan spermatozoa Y, yakni jenis sperma yang membuahi sel telur menjadi bayi laki-laki (sex chromosome XY) mudah rusak dan mati, dibanding spermatozoa jenis yang X pembuah anak perempuan.

Oleh karena spermatozoa X lebih tahan masam selain lebih gesit dibanding spermatozoa Y si pembuah anak laki-laki, maka dalam suasana keputihan, wanita lebih besar peluangnya berbuah bayi perempuan (sex chromosome xx), ketimbang berbuah anak laki-laki.

Keputihan jenis penyakit disebabkan oleh salah satu atau lebih dari tiga jenis bibit penyakit. Secara kasar penyebabnya dapat diduga hanya dengan melihat keluhan, gejala, sifat, dan tanda keputihannya.

Keputihan jenis yang normal dan bukan penyakit biasanya bening encer, umumnya muncul saat ovulasi, menjelang haid, saat mendapat rangsangan seks, atau selagi hamil. Keputihan normal semacam ini biasanya tidak gatal, tidak pula berbau. Keputihan faali tidak menular karena memang tidak ada bibit penyakitnya. Sedangkan keputihan penyakit, oleh karena berbibit penyakit, tentu bisa menular kepada pasangan seks. Sifat lendirnya lebih kental, biasanya menyisakan noda flek di pakaian dalam, mungkin berwama putih susu, kuning, atau kehijauan, dan selalu berbau selain gatal pula.

Dengan melihat seperti apa warna keputihannya, untuk praktisnya dokter dapat menduga apa jenis bibit penyakit yang menjadi penyebabnya. Keputihan yang disebabkan oleh jamur candida albicans berwarna putih susu (menjadi serbuk seperti bedak kalau mengering), yang disertai gatal yang hebat. Akibat garukan yang keras dan berulang, bahkan bisa sampai melukai dan menimbulkan lecet-lecet pada bibir vagina dan sekitarya, menimbulkan tambahan keluhan dan penyakit.

Keputihan yang disebabkan oleh parasit trichomonas vaginalis, dan ini jenis keputihan yang paling sering, biasanya berwarna kekuningan, disertai gatal, berbau, selain kental pula. Sedang keputihan yang disebabkan kuman umumnya berwarna kehijauan, sama-sama gatal, dan berbau juga.

Lain penyebab keputihan, lain pula obatnya. Untuk kepastian apa penyebab keputihannya, aturan mediknya harus dilakukan pemeriksaan khusus. Lendir keputihannya diambil langsung dari vagina dengan alat sendok khusus di laboratorium. Kemudian lendirnya diperiksa, dibiak, dan dari sana akan terungkap siapa bibit penyakit penyebabnya. Namun, cara ini tidaklah praktis dan perlu waktu beberapa hari menunggu hasilnya.
Untuk praktisnya, sering-sering dalam praktik, di tangan dokter yang berpengalaman, hanya dengan menanyakan warna keputihannya saja, seperti apa keluhannya, biasanya sudah dapat langsung diberikan apa jenis obatnya, dan umumnya tepat.

Tak jarang keputihan penyakit bukan hanya satu penyebabnya. Adakalanya oleh penyebab ganda atau lebih dari dua jenis bibit penyakit. Untuk kasus demikian, obatnya pun perlu lebih dari satu jenis.

Keputihan penyakit, apa pun penyebabnya, perlu diobati sebelum hasil perkawinan, agar tidak menulari pasangan hidup nantinya. Selain itu, komplikasi yang mungkin timbul, bisa buruk dampaknya terhadap kesuburan. Bisa jadi infeksi akan menjalar sampai ke bagian organ reproduksi yang lebih atas, yakni ke rahim, dan saluran telur.

Jika masih juga keputihan saat memasuki hari perkawinan, sering lebih sukar menyembuhkannya sebab kemungkinan akan terjadi apa yang disebut sebagai “fenomena pingpong”. Artinya setelah diobati, dan pihak istri sembuh, namun bila suami tak diobati, sewaktu berhubungan seks, suami yang sudah tertular istri, akan menulari kembali istri yang sudah diobati dan sembuh. Dan, begitu terjadi seterusnya sehingga keputihan istri tak kunjung selesai sembuh.

Maka, jika istri kedapatan keputihan, suami pun sekaligus perlu diobati juga kalau terbukti positif. Gejala keputihan pada pria tidak senyata pada wanita. Tidak selalu keluar lendir keputihan seperti pada wanita. Mungkin hanya titik lendir, dan keluhan gatal di ujung liang kemih saja. Dengan cara pemeriksaan lendir yang mungkin keluar dari liang kemih kemaluan, dapat dipastikan apakah memang sudah terjadi penularan keputihan pada pihak suami.

Selama istri dalam pengobatan keputihan, dianjurkan tidak bersetubuh dulu sampai keduanya betul-betul sudah dinyatakan sembuh. Tandanya keputihan sudah sembuh, keluhan dan gejala keputihannya sudah mereda selain lendirnya sudah kering sama sekali.

Seringnya keputihan kambuh, lantaran pengobatan belum tuntas sama sekali sedang obat sudah dihentikan. Mestinya obat belum boleh dihentikan selama keputihannya masih ada sebagaimana mungkin tampak masih keluar lendir abnormalnya yang mungkin membercak di pakaian dalam, selain masih ada keluhan gatal dan berbau.

Keputihan jenis penyakit yang dibiarkan tanpa pengobatan akan berkembang semakin hebat. Keputihan membuat suasana vagina lebih masam. Jika dibiarkan dapat menjalar terus ke organ reproduksi.

Pada wanita yang belum pernah menikah, belum pernah berhubungan seks, obat keputihan hanya dalam bentuk obat minum saja. Sedang untuk wanita yang sudah pernah menikah, bisa juga diberikan obat yang dimasukkan ke liang vagina (vaginal suppositoria) selain obat minum.

Kasus keputihan yang tak kunjung menyembuh kendati sudah berkali-kali diobati, bisa jadi sebab keputihan jenis yang komplit (disebabkan oleh lebih dari satu dari ketiga penyebab), namun tidak diberi obat yang komplet untuk membasmi lebih dari satu jenis penyebabnya. Atau mungkin juga karena masa pemberian obatnya belum tuntas menumpas bibit penyakitnya, selain karena pilihan obatnya tidak sesuai dengan jenis penyebab keputihannya. Jangan lupa, penyakit kelamin kencing nanah pun gejalanya mirip keputihan juga. Mungkin menyerupai keputihan yang disebabkan oleh jamur atau parasit, namun tidak gatal, dan tidak pula berbau. Keputihan kencing nanah muncul pagi hari pada pria. Namun, pada wanita sering samar-samar, dan baru kelihatan jika dilakukan pemeriksaan dalam oleh dokter.

Apabila merasa punya riwayat pernah berhubungan seks dengan pria lain sebelum menikah, lalu muncul keputihan beberapa hari kemudian, waspadalah, siapa tahu benar sudah tertular kencing nanah GO (gonorrhoe). Untuk memastikan betul kalau itu kencing nanah, lendir keputihannya diambil di laboratorium untuk dibiak. Kalau hasilnya ternyata positif GO, sebaiknya diobati sampai tuntas sebelum malam pengantin. Kencing nanah yang tidak diobati bisa berkomplikasi sampai ke dalam kelenjar yang berada di sekitar vagina (bisul vagina) selain kemungkinan menembus memasuki organ reproduksi bagian yang lebih atas, memasuki saluran telur, seperti yang sering menjadi akibat penyakit menular seksual lain (oleh kuman chlamydia). Kedua penyebab itu sama-sama bisa berakhir dengan kemandulan juga.



Penyakit pada Sistem Reproduksi

Sejak tahun 1960-an, ada kecenderungan naiknya penyebaran penyakit kelamin menular yang disebabkan perubahan perilaku seksual. Selain itu, kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi lainnya pun mulai terungkap seiring dengan berkembangnya pengetahuan di bidang kedokteran, seperti kasus ketidakcocokan darah dan kelainan genetis.

Penyakit pada Sistem Reproduksi
Beberapa kasus kegagalan embriogenesis di dalam kandungan sang ibu, membuat kecacatan fisik pada saat reproduksi seperti adanya kelamin ganda (hermafrodit) atau bahkan tidak mempunyai kelamin sama sekali. Pada beberapa kasus, terjadi kembar siam yang dempet pada bagian kepala, dada, atau bagian tubuh lainnya. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Kesehatan reproduksi erat kaitannya dengan perilaku seksual. Umumnya, penyakit pada sistem reproduksi bersifat menular. Infeksi ditularkan melalui hubungan seksual atau melalui pertukaran cairan tubuh secara langsung.

Penderita penyakit seksual menular pada wanita akan lebih parah akibatnya jika dibandingkan dengan pria. Hal tersebutmenyangkut saluran reproduksi bayi. Beberapa jenis penyakit menular dapat menulari bayi yang berada di dalam kandungan, baik melalui plasenta atau pada saat kontak fisik sewaktu proses kelahiran.
Efek yang tampak pada bayi antara lain bayi yang lahir dengan best badan di bawah normal, infeksi pada mata, paru-paru, dash, kerusakan jaringan otak sehingga mengakibatkan kelumpuhan, kebutaan, dan infeksi saluran dalam lainnya. Beberapa penyakit pada sistem reproduksi manusia adalah sebagai berikut.

a. Herpes
Herpes merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus herpes. Gejalanya tidak tampak secara langsung. Umumnya, ditandai dengan timbulnya bintik-bintik merah, rasa sakit ketika urinasi, clan (buang air kecil) gatal-gatal di sekitar alai kelamin. Lama-kelamaan, penyakit ini dapat membuat kelelahan pada otot dan menyerang jaringan saraf pusat..

b. Gonorrhea
Gonorrhea disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Di masyarakat, penyakit kelamin ini dikenal juga dengan nama raja singa. Bakteri penyebab gonorrhea tidak dapat hidup di luar tubuh sehingga hanya akan menular melalui kontak hubungan seksual. Penderita gonorrhea akan mengalami rasa sakit yang luar biasa pada saat buang air kecil (kencing), yaitu rasa pedih dan terbakar. Seringkali disertai dengan urine yang bernanah. Biasanya, penyakit ini tidak cepat dirasakan oleh wanita sehingga jarang sekali wanita yang mengalami keluhan terserang gonorrhea. Pada wanita, infeksi tersebut menyebabkan pembentukan selaput lendir di tuba fallopi yang mencegah pergerakan sperma menuju sel telur sehingga mengakibatkan kemandulan.

c. Sifilis
Gejala pertama pada penyakit ini adalah rasa pedih di sekitar kemaluan atau di sekitar mulut. Penyakit sifilis disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum yang menyebar melalui kontak cairan, seperti di daerah kelamin, mulut, anus, dan cairan payudara. Jika gejala awal tidak segera ditanggulangi, pada tahap selanjutnya, infeksi dapat menyebabkan gangguan organ lainnya, seperti hati, jantung, kelenjar getah boning dan kerusakan sistem saraf pusat.

d. HIV/AIDS
Tentu Anda sudah tidak acing lagi dengan penyakit AIDS. Banyak orang menghubungkan penyakit AIDS dengan kondisi tubuh yang menjadi kurus dan bercak-bercak merah, padahal hal tersebut belum tentu benar, penyakit AIDS hanya dapat menyebar melalui kontak cairan tubuh secara langsung, seperti transfusi darah dan hubungan seksual. AIDS akan menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga dalam waktu yang lama, penderita tidak memiliki sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, penderita dapat terbunuh oleh infeksi penyakit ringan, seperti flu atau tifus



Gatal-gatal kemaluan

Gatal-gatal pada kemaluan perempuan sering tanpa penyebab yang jelas. Oleh karena tidak ditemukan pe-nyebabnya dan gatal-gatalnya sangat mengganggu, sehingga dilakukan pengangkatan bagian luar vagina atau vulva.

Sering kali gatal-gatal kemaluan faktor kejiwaan penyebabnya. Frustrasi seks, membenci suami, dan kegagalan seks, muncul sebagai keluhan gatal-gatal yang secara fisik tidak ditemukan penyebabnya.
Gatal-gatal kemaluan lebih sering sebab gangguan lokal pada bagian luar vagina. Muncul jika terjadi peradangan akibat ada perlukaan di sana. Mungkin sering menggaruk sebelumnya lantaran ada keputihan. Bukan tak mungkin bila ada kutu kudis kemaluan. Kita tahu kudis juga ditularkan lewat hubungan seksual dari pasangan seks yang kudisan.

Selain itu, gatal-gatal juga terjadi gara-gara pakaian dalam kelewat ketat, atau terbuat dari bahan yang bikin alergi (nylon), atau tak cocok bahan pembalutnya. Bukan tak mungkin kalau tumbuh tumor, atau keganasan di situ.

Bukan saja hanya itu penyebab gatal-gatal kemaluan perempuan. Perempuan yang lama kekurangan gizi, anemia, mengidap TBC, alergi makanan, dan obat-obatan, juga sama mengeluh gatal-gatal di sana.
Hanya dengan cara meniadakan penyebab gatal-gatalnya, keluhan yang bisa mengganggu tidur malam itu, bisa diredakan. Kebersihan kemaluan ditingkatkan dengan men-cebok menggunakan air bersih, pakaian dalam tidak ketat dan terbuat dari bahan katun. Hindarkan pemakaian sabun, semprot dan pengharum vagina, serta jenis obat-obatan yang dapat mengiritasi permukaan kemaluan. Pilihlah sabun bayi dan bukan sabun wangi apalagi deterjen.

Reaksi alergi. Jika itu penyebabnya, diredam dengan obat antihistaminika. Selanjutnya jauhkan faktor pencetus aler-ginya, baik yang topikal (sabun, krim, pembalut, pakaian dalam), maupun yang sistemik (obat, jamu, makanan, minuman, alkohol).

Dokter akan memberikan krim corticosteroid peredam reaksi alerginya, yang tak boleh digunakan untuk waktu lama supaya tidak terbentuk kelainan kulit luar kemaluan (mengisut). Dan, apabila penyebabnya faktor kejiwaan, diberikan penenang, sambil penderita sendiri mencoba untuk menanggulangi masalah kejiwaannya.
Pada perempuan usia lanjut, gatal-gatal terjadi karena perubahan lapisan luar kemaluan. Yang sama terjadi pada pengidap kencing manis. Maka, perlu dilakukan pemeriksaan gula darah juga untuk mengetahui apakah gatal-gatal kemaluannya penyakit diabetes penyebabnya.

Jangan lupa kemungkinan air cebok yang tidak bersih. Kebiasaan cebok dengan air dan bukan menggunakan tisu, sering menimbulkan keluhan gatal kemaluan juga. Selain sebab air ceboknya yang tercemar bibit penyakit, secara kimiawi (air leding berkaporit tinggi), sama bisa bikin gatal kemaluan juga.



Apa yang menyebabkan jerawat?

Jerawat dimulai ketika minyak dan sel kulit mati menyumbat pori-pori kulit. Jika kuman masuk ke pori-pori, hasilnya bisa bengkak, kemerahan, dan nanah. Bagi kebanyakan orang, jerawat berawal pada tahun-tahun remaja. Hal ini karena perubahan hormon membuat kulit lebih berminyak setelah pubertas dimulai.

Anda tidak mendapatkan jerawat dari makan cokelat atau makanan berminyak. Tapi Anda dapat membuat lebih buruk dengan menggunakan produk kulit berminyak yang menyumbat pori-pori Anda.

Jerawat yang juga biasa disebut acne vulgaris dapat juga diwariskan dari keluarga. Jika salah satu orangtua Anda memiliki jerawat parah, Anda lebih mungkin untuk memilikinya.



Penyebab Terjadinya Autisme

Penyebab terjadinya belum diketahui secara pasti, hanya diperkirakan mungkin adanya kelainan dari sistem saraf (neurologi) dalam berbagai derajat beratnya ringan penyakit.

Penelitian tentang penyebab dan pengobatan autisme juga masih pada taraf awal, meskipun di negara maju yang sudah sejak lama mengenal dan mengelola autisme. Penyebab yang tepat masih dalam taraf perdebatan di antara para ahli, meskipun pernah di era 50-an sampai 60-an, dikatakan penyebabnya adalah akibat dari pengaruh perlakuan orang tua di masa kanak-kanak. Pada mulanya dulu di tahun 40-an dr. Leo Kanner pernah melaporkan temuannya bahwa orang tua dari anak yang autisme, ternyata kurang memiliki rasa kehangatan dalam membesarkan anaknya. Akibat dan teori penyebab ini, banyak orang tua malah menyesali terjadinya autisme pada anaknya dan berusaha melakukan konsultasi psycho terapi secara intensif dengan biaya yang sangat mahal sekalipun, karena merasa dihina oleh teori tersebut. Sampai sekarang belum ada data yang bisa dipertanggungjawabkan untuk membuktikan kebenaran dari teori penyebab autisme adalah karena perilaku orang tua. Dengan demikian, para profesional hendaknya jangan terlalu mudah menyalahkan perilaku orang tua sebagai penyebab autisme anaknya, dan menganjurkan satu jenis obat tertentu untuk mengatasi anak autisme. Kedua pendapat dan cara belakangan ini sangat menghambat usaha dalam meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap autisme.

Pendapat yang sudah menjadi konsensus bersama para ahli belakangan ini mengakui bahwa autisme diakibatkan terjadi kelainan fungsi luhur di daerah otak.

Kelainan fungsi ini bisa disebabkan berbagai macam trauma seperti:
• Sewaktu bayi dalam kandungan, misalnya karena keadaan keracunan kehamilan (toxemia gravidarum), infeksi virus rubella, virus cytomegalo, dan lain-lain.
• Kejadian segera setelah lahir (perinatal)
seperti kekurangan oksigen (anoksia).
• Keadaan selama kehamilan seperti pem-bentukan otak yang kecil, misalnya vermis otak kecil yang lebih kecil (mikrosepali) atau terjadi pengerutan jaringan otak (tuber sklerosis).
• Mungkin karena kelainan metabolisme seperti pada penyakit Addison, (karena infeksi Tuberkulosa, dimana terjadi bertambahnya pigment tubuh dan kemunduran mental).
• Mungkin karena kelainan chromosom seperti pada syndrome chromosoma X yang fragil seperti diberitakan belakangan ini tinggi insidennya di Gunung kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan sindroma chromosom XYY.
• Mungkin faktor lain.

Pemeriksaan CT scanning dan pneumo encephalogram pada anak autisme, tampak:
• Ventrikel lateral otak tidak normal, terutama daerah temporal.
• Juga terlihat pelebaran ventrikel lateral otak.
Pada pemeriksaan histopatologi:
• Pembentukan sel sel di daerah hipocampus terlihat tidak normal dan amygdala di kedua sisi otak.
Pada pemeriksaan EEG:
• Kelainan tidak khas, meskipun kadangkadang tampak discharge temporal.
Secara laboratorium:
• Diduga ada kaitannya dengan banyaknya pembuangan zat phenil keton melalui air seni (phenil ketonuria).
• Kurang mampu berimajinasi (daya khayal).



Insomnia: Gangguan tidur dan penanganannya

Pengertian insomnia mencakup banyak hal. Insomnia dapat berupa kesulitan untuk tidur atau kesulitan untuk tetap tertidur. Bahkan seseorang yang terbangun dari tidur, tetapi merasa belum cukup tidur dapat disebut mengalami insomnia (Japardi 2002). Dengan demikian, insomnia merupakan ketidakmampuan untuk mencukupi kebutuhan tidur balk secara kualitas maupun kuantitas. Kenyataannya, insomnia bukan berarti sama sekali seseorang tidak dapat tidur atau kurang tidur karena orang yang menderita insomnia sering dapat tidur lebih lama dari yang mereka perkirakan, tetapi kualitasnya kurang.

Ada tiga jenis insomnia yaitu insomnia inisial, insomnia intermiten, dan insomnia terminal. Insomnia inisial adalah ketidakmampuan seseorang untuk dapat memulai tidur. Insomnia intermiten adalah ketidakmampuan untuk mempertahankan tidur atau keadaan sering terjaga dari tidur. Sedangkan insomnia terminal adalah bangun secara dini dan tidak dapat tidur lagi.

Jika diambil garis besamya, faktor-faktor penyebab insomnia yaitu:
- Stres atau kecemasan—Anda didera kegelisahan yang dalam, biasanya karena memikirkan permasalahan yang sedang dihadapi.
- Depresi. Selain menyebabkan insomnia, depresi juga bisa menimbulkan keinginan untuk tidur terus sepanjang waktu karena ingin melepaskan diri dari masalah yang dihadapi. Depresi bisa menyebabkan insomnia dan sebahknya insomnia menyebabkan depresi.
- Kelainan-kelainan kronis. Kelainan tidur (seperti tidur apnea), diabetes, sakit ginjal, artritis, atau penyakit yang mendadak seringkali menyebabkan kesulitan tidur.
- Efek samping pengobatan—Pengobatan untuk suatu penyakit juga dapat menjadi penyebab insomnia.
- Pola makan yang buruk. Mengonsumsi makanan berat sesaat sebelum pergi tidur bisa menyulitkan Anda jatuh tidur.
- Kafein, nikotin, don alkohol. Kafein dan nikotin adalah zat stimulan. Alkohol dapat mengacaukan pola tidur Anda.
Kurang berolahraga—juga bisa menjadi faktor sulit tidur yang signifikan.

Perawat dapat membantu klien mengatasi insomnia melalui pendidikan kesehatan, menciptakan lingkungan yang nyaman, melatih klien relaksasi, dan tindakan lainnya.

Ada beberapa tindakan atau upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi insomnia yaitu:
a. Memakan makanan berprotein tinggi sebelum tidur, seperti keju atau susu. Diperkirakan bahwa triptofan, yang merupakan suatu asam amino dari protein yang dicerna, dapat membantu agar mudah tidur.
b. Usahakan agar selalu beranjak tidur pada waktu yang sama.
c. Hindari tidur di waktu siang atau sore hari.
d. Berusaha untuk tidur hanya apabila merasa benar-benar kantuk dan tidak pada waktu kesadaran penuh.
e. Hindari kegiatan-kegiatan yang mem bangkitkan minat sebelum tidur.
f. Lakukan latihan-latihan gerak badan setiap hari, tetapi tidak menjelang tidur.
g. Gunakan teknik-teknik pelepasan otot-otot serta meditasi sebelum berusaha untuk tidur


Apa beda sakit kepala dengan pusing?

Sakit kepala tidak sama dengan pusing. Pusing itu vertigo. Pada pusing tidak terasa nyeri, melainkan merasa berputar. Merasa melayang, atau melihat barang berputar. Orang menyebutnya tujuh keliling. Orang tak bisa jalan lurus, dan cenderung mau jatuh ke sisi. Penyebabnya lebih dari satu.

Vertigo muncul jika (1) ada gangguan di telinga dalam; (2) gangguan mata; (3) gangguan aliran darah otak; (4) tumor saraf otak; atau (5) gangguan keseimbangan. Susah dilacak penyebabnya, dengan obat mudah diredakan gejalanya.


Mioma Uteri (Leimioma)

Mioma Uteri adalah tumor jinak yang berasal dari otot rahim dan jaringan ikat yang menumpangnya. Tumor ini disebabkan oleh produksi hormon estrogen yang berkepanjangan. Mioma paling banyak ditemukan pada umur 35-45 tahun (kurang lebih 25%). Mioma uteri sering didapat pada wanita yang belum menikah dan yang kurang subur. Faktor keturunan juga berperan. Penderita mioma sering mengalami menopause yang terlambat.

Leiomioma juga adalah tumor jinak miometrium dengan ciri tersendiri, bulat, keras, berwarna putih hingga merah muda pucat, sebagian besar terdiri atas otot polos dengan beberapa jaringan ikat. Kira-kira 95% berasal dari korpus uteri dan 5% dari serviks. Hanya kadang-kadang raja berasal dari tuba fallopii atau ligamentum rotundum. Leiomioma adalah tumor pelvis yang paling sering, terjadi pada kira-kira 25% wanita kulit putih dan 50% kulit hitam pada umur 50 tahun. Leiomioma menyebabkan sekitar 10% masalah ginekologi dan mencapai puncak insiden pada dekade kelima. Meskipun penyebabnya tidak diketahui, setiap tumor (98% multipel) berasal dari sate sel otot (apakah sisa sel embrionik atau otot polos pembuluh darah, tidak jelas). Sel ini membesar sebagai respons terhadap estrogen. Karena itu pembesaran jelas terlihat dengan adanya kehamilan. Leiomioma premenarke jarang terjadi dan menopause atau kastrasi menyebabkan regresi.

Leiomioma uteri diklasifikasikan menurut lokasi anatomi. Paling umum adalah subserosa (di bawah peritoneum), intramural (di dalam dinding uterus) atau submukosa (hanya 5%40% di bawah endometrium).

Apabila mioma dibelah, tampak bahwa mioma terdiri atas berkas otot polos dan jaringan ikat yang tersusun seperti konde/ pusaran air (whorl pattern). Sarang mioma sering ditemukan sebanyak 5-20 bush dalam satu rahim. Tumor ini dapat juga bertangkai dan dapat menonjol ke dalam rongga rahim bahkan melalui serviks ke dalam vagina. Pertumbuhan mioma dapat mencapai berat 5 kg. Diperkirakan memerlukan waktu 3 tahun agar mioma dapat mencapai ukuran sebesar tinju, akan tetapi beberapa kasus ternyata tumbuh cepat. Tumor ini dapat mengalami perubahan karena perubahan dalam aliran darah yang menuju tumor akibat pertumbuhan, kehamilan atau pengecilan rahim pada menopause. Torsi atau terputarnya mioma bertangkai dapat jugs terjadi.

Hampir separuh kasus mioma uteri ditemukan secara kebetulan pada pemeriksaan ginekologik karena tumor ini tidak mengganggu, sering hanya keluhan akan rasa berat dan adanya benjolan di perut bagian bawah saja. Gejala yang dikeluhkan sangat tergantung pada tempat mioma ini berada, besarnya, perubahan dan komplikasi yang terjadi. Nyeri bukan gejala khas tetapi dapat terjadi. Masalah dapat timbul bila terjadi perdarahan abnormal rahim (banyak dan lama serta tidak menentu) yang berlebihan sehingga menimbulkan anemia; penekanan pada kandung kemih yang menyebabkan sering berkemih dan urgensi, serta potensial untuk terjadinya infeksi kandung kemih, penekanan pada rectum menyebabkan sembelit; dan nyeri jika tumor mengalami perubahan atau jika terjadi torsi atau putaran mioma yang bertangkai.

Komplikasi yaitu dapat menjadi ganas (leiomiosarkoma) hanya ditemukan 0,32-0,6% dari seluruh mioma. Pada mioma yang bertangkai dapat terjadi torsi (putaran) sehingga dapat terjadi nekrosis yang mengakibatkan sindrom abdomen akut.

Pada perempuan yang tidak ada keluhan atau mendekati usia menopause, atau yang memiliki tumor yang kecil, tidak diperlukan tindakan khusus. Pemeriksaan teratur harus dilakukan untuk memantau perubahan. Selama masa reproduksi, dapat dilakukan miomektomi jika timbul gejalagejala bermakna yang mengakibatkan inferblitas akibat mioma.



Zat-zat obat susunan saraf pusat

1. Aminofenazon: aminopyrin(F.i),amidopyrin, Pyramidon
Derivat-pirazolinon ini (1887) berkhasiat analgetis, antipiretis dan antiradang. Resorpsinya di usus cepat, mulai kerjanya sesudah 30-45 menit, plasma-t1/2-nya 2-7 jam. Karena efek sampingnya terhadap darah (agranulositosis, leukopenia) sering fatal, obat ini sudah sejak tahun 1980-an dilarang peredarannya di banyak negara. Bila timbul borok-borok kecil di mulut, nyeri tenggorok atau demam (tanda-tanda agranulositosis), pengobatan harus segera dihentikan!

Kehamilan dan laktasi. Semua obat dari kelompok pirazolinon tidak boleh digunakan selama kehamilan dan laktasi.
Dosis: 3 dd 300-600 mg, maksimal 3 g/ hari.

a. Isopropilaminofenazon (isopirin*Pehazon ,*Migran ) adalah derivat-aminopirin dengan khasiat yang sama. Di samping itu zat ini juga berdaya sedatif dan pada dosis tinggi hipnotis. Toksisitasnya lebih ringan. Dosis: oral, rektal atau i.v. 3 dd 400 mg selama 1 minggu, kemudian 600 mg/hari.
b. Fenazon (F.I.) (antipirin) adalah senyawa induk dari obat-obat tersebut di atas tanpa khasiat antiradang (1884). Karena berkhasiat lebih lemah dan lebih sering menimbulkan reaksi kulit, obat ini kini praktis sudah ditinggalkan. Adakalanya fenazon masih digunakan dalam obat kumur pada nyeri tenggorok, berdasarkan efek lokal-anestetis (lemah) dan kerja vasokonstriksinya.
c. Propifenazon (propilantipirin, *Saridon,) adalah derivat fenazon (1951) tanpa daya antiradang dengan sifat k.l. sama. Plasma t1/2-nya 90 menit. Risiko agranulositosis lebih ringan.
Dosis: 1-3 dd 150-300 mg, umumnya terkombinasi dengan analgetika lain.
* Metamizol (antalgin, dipiron, novaminsulfon, metampiron, *Dolo Neurobion, Novalgin, *Unagen) adalah derivat-sulfonat dari aminofenazon yang larut dalam air (1946). Khasiat dan efek sampingnya sama. Obat ini sering dikombinasi dengan obat-obat lain, a.l. dengan aminofenazon. Obat ini dapat secara mendadak dan tak-terduga menimbulkan kelainan darah yang adakalanya fatal. Karena bahaya agranulositosis, obat ini sudah lama dilarang peredarannya di banyak negara, antara lain AS, Swedia, Inggris dan Belanda.
Dosis: oral 0,5-4 g sehari dalam 3-4 dosis.



Manfaat dan kandungan air kelapa untuk kesehatan

Air kelapa merupakan air alamiah yang steril dan mengandung kadar kalium, khlor, serta klorin yang tinggi. Dalam industri makanan, air kelapa dijadikan sebagai bahan bake dalam pembuatan kecap dan nata de coco. Sementara dalam keadaan segar, air kelapa muda merupakan minuman yang menyegarkan.

Sebenarnya, air kelapa telah lama dikenal sebagai sumber zat tumbuh, yaitu sitokinin. Selain itu, air kelapa juga mengandung protein, lemak, mineral, karbohidrat, dan berbagai vitamin (C dan B kompleks) yang dari air kelapa yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan adalah sebagai berikut:

1. Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni.
2. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.
3. Susu yang dicampur dengan air kelapa muda amat baik untuk makanan anak. Campuran air kelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan.
4. Air kelapa muda dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan anti-biotika lain, sehingga menjadikan obat-obat tersebut lebih cepat diserap darah.
5. Air kelapa dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerut-merut wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, dan wajah menjadi nampak berseri. Penggunaan dilakukan dengan membasuhkannya pada muka secara kontinu tiap hari.
6. Air kelapa dicampur sedikit madu merupakan tonikum yang murah, tetapi berkhasiat. Ramuan ini merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat buruk gairah seks yang berlebih.
7. Air kelapa juga baik sebagai obat brokhitis kronis, sembelit, dan wasir.
8. Air kelapa dapat menyembuhkan jerawat. Adapun cara pembuatan ramuannya adalah sebagai berikut: 25 g pasta kunyit dicampur dengan segelas air kelapa dan dibiarkan sernalam, kemudian ditambah dengan 3 sendok teh bubuk cendana merah. Adukaduklah semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disisihkan (disimpan) lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Ramuan tersebut kemudian disaring dengan tiga lapis kain kasa, disimpan dalam botol, dan digunakan dengan cara dioleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat hilang.
9. Air kelapa berkhasiat sebagai obat luka, gatalgatal, telapak kaki pecah, dan eksim. Adapun cara pembuatan ramuannya adalah sebagai berikut: segenggam beras direndam dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling hingga menjadi tepung (bubur halus). Tepung beras tersebut dioleskan setiap hari selama 3 — 4 hari pada bagian tubuh yang sakit.
10. Air kelapa muda dicampur dengan sej umput bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam ukuran yang sama, merupakan obat luka bakar dan menghilangkan rasa panas pada telapak kaki dan telapak tangan.
11. Air kelapa muda hijau yang dicampur dengan air jeruk nipis dan diminum secara teratur, berkhasiat sebagai obat penyakit demam berdarah.
12. Air kelapa muda yang diembunkan semalam dan pagi harinya diminum secara rutin setiap harinya dapat membuat suara menjadi lembut dan merdu.
13. Air kelapa hijau yang dicampur dengan 1 sendok teh garam dan digunakan untuk cuci rambut, berkhasiat mencegah tumbuhnya uban.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar