Powered By Blogger

Sabtu, 05 Juni 2010

DOA PARA LAJANG


Hati manusia adalah kandungan rahasia dan sebagai lebih mampu merahasiakan dari yang lian. Jika kamu mohon sesuatu kepada allah, mohonlah dengan penuh keyakinan bahwa doamu akan terkabul. Allah tidak akan mangabulkan doa orang yang hatinya lalai dan lengah. (HR.Ahmad)

Doa merupakan senjata ampuh bagi umat manusia untuk melakukan perubahan diri. Mendambakan dan berniat tidak cukup serta menunggu keajiaban makanya kita dianjur berdoa serta dibarengin dengan usaha-usaha insyallah dikabulkan. Berubah status dari gadis jadi istri dan bujang jadi suami merupakan harapan setiap manusia yang lagi lajang saat ini. Namun dengan berbagai usaha telah dilakukan tetapi belum juga ketemu si ”dia”, ”idaman hati”, dan pengejuk hati. Ada baiknya mengoreksi diri kembali salah apa yang kita lakukan namun jangan pernah putus asa. Jalan terakhir yang harus kita jalanin dan sebagai pelengkapan ikhtiar kita adalah doa. Seperti kata pepatah ”hidup tanpa doa bagaikan berjalan dalam kegelapan. Kemungkinan tersandung atau terjerumus dalam keburukan sangatlah besar”.

Untuk itu perlu melakukan sedikit perubahan dalam doanya. Mungkin perlu bertobat dahulu sebelum ketemu jodoh kepada allah. Mungkin salah satu kendala dan hambatan sehingga jodoh yang selama ini ditunggu belum juga muncul-muncul didepan mata. Akan tetapi para layang jangan takut dan pesimis dengan itu semua satu hal yang harus diingitkan adalah yakinlah doa yang selama ini dipanjatkan tidak akan sia-sia. Berikut ini beberapa doa yang harus dibaca para lajang antara lain:
1. Doa Sayyidul Istiqhfar
allaahumma anta rabbii, laa ilaaha illa anta khalaqtanii wa anaa ‘abbuka wa anna ‘alaa ahdika wa wa’dika mastatha ‘tu A’uuddzubika min syarri maa shana’tu. Abuu-u laka bini’matika ‘alayya wa abuu-u bidzanbii. Fahgfirlii fainnahuu laa yagfirudz dzunuuba illaa anta.
Artinya
Ya allah, engkau adalah tuhanku, tiada tuhan yang pantas disembah melainkan engkau yang telah menciptakan diriku. Aku adalah hambamu, dan aku berada dalam perintah dan perjanjian-mu, yang dengan segala kemampuanku perintah-mu aku laksanakan. Aku berlindung kepada-mu dari segala kejelakan yang aku perbuat terhadap mu, engkau telah mencurahkan nikmat-mu kepadaku dan aku senantiasa berbuat dosa. Maka, ampunilah dosa-dosaku, sebab tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain engkau.

2. Doa Tobat
Rabbanaa zhalamna anfusanaa, wa in lam tagfirlanaa wa tarhamnaa, lanakuunanna minal khaasirii.
Artinya
Ya tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri dan jika engkau tidak mengampuni kami serta tidak memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang merugi. (QS. Al-A’raf {7}:23).

Allaahumma innii zhalamtu nafsii zhulman katsiiran, wa laa yaghfirudz dzunnubah illa anta. Faghfirlii maghfiratan min ‘indika war hamnii. Innaka antal ghafuurur rahiim.
Artinya
Ya allah, aku telah banyak berbuat zalim terhadap diriku sendiri, dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali engkau. Maka, curahkanlah ampunan dan belas kasih kepadaku dari-mu. Sungguh, engkau maha pengampun lagi maha penyayang (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Doa Memohon Kemudahan
Rabbanaa aatina min ladunka rahmatan wa hayyi’ lanaa min amrina rasyadan
Artinya
Ya tuhan kami, berikan rahmat kepada kami dari sisi mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini. (QS. Al-Khafi {18}:10).

4. Doa Mensyukuri Nikmat
Rabba auzi’nii an asyukara ni’matakal latii an’amta ’alayya wa a’laa waalidayya wa an a’mala shaalihan tardhaahuu. Wa ashlihlii fii dzurriyyattii. Innii tubtu ilaika wa innii minal muslimin.
Artinya
Ya tuhan ku, tunjukkanlah kepada ku bagaimana mensyukuri nikmat-nikmat mu yang telah engka berikan kepada ku dan kepada ibu bapakku, dan supaya aku dapat berbuat amal saleh yang engkau ridhai. Berikanlah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak-cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri. (QS.al-Ahqaaf {46}:15).

5. Doa Mohon Kesabaran
Rabbana afrigh ’alainaa shabran wa tawaffanaa muslimin
Artinya
Wahai tuhan kami, limpahkan kesabaran kepada kami, dan wafatkanlah kami dalam keadaaan berserah diri (kepada-Mu). (QS.al-A’raf {7}: 126)

6. Doa Memantapkan Hati
allahumma musharrifal quluubi sharrif qulubanaa’alaa thaa’atika
artinya
ya allah, dzat yang mengubah-ubah hati, ubahlah hati kami untuk taat kepada-mu (HR Muslim).

7. Doa Memohon Keluarga Harmonis
rabbana hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyatinaa qurrata a’yunin waj’alnaa lilmuttaqiina imaaman
artinya.
Ya tuhan kami, anugerrahkan kepada kami jodoh dan keturunan yang bisa menjadi penyejuk hati dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa (QS.al-furqaan {25}: 74).

8. Doa Memohon Pendamping Dan Keturunan
rabbi laa tadzarniii fardan wa anta khairul waaritsiin.
Artinya
Ya tuhanku, janganlah engkau membiarkan aku hidup seseorang diri dan engkaulah waris yang paling baik (QS. Al-anbiyah {21}:89).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar